RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 Menit (1 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
3. Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
B. Kompetensi Dasar
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks
iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif.
C. Indikator
Pencapaian KD
1.
Mampu mengidentifikasi fakta dan opini
dalam teks iklan di surat kabar
2.
Mampu membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan
di surat kabar
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di
surat kabar melalui kegiatan membaca intensif dengan logis.
E. Nilai PBKB
- Kecerdasan
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
F. Indikator
Pencapaian PBKB
- Kecerdasan
mampu mengidentifikasi fakta dan opini dalam iklan surat
kabar
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
mampu membedakan fakta dan opini dalam iklan surat kabar
G. Materi
Pembelajaran
- Fakta dan opini dalam iklan di surat kabar
- Perbedaan fakta dan opini dalam iklan di surat kabar
H. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang fakta dan opini.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1.
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang iklan di surat
kabar.
2.
Siswa mencermati contoh-contoh iklan dari
surat kabar.
Elaborasi
1.
Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi fakta dan opini
dalam teks iklan dengan memberikan
data pendukung (kecerdasan,
berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif)
2.
Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di
dinding-dinding kelas
3.
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
4.
Siswa memberikan
penilaian dengan format penilaian yang telah disepakati bersama dan memberi
tanda bintang
Konfirmasi
1.
Guru memberikan konfirmasi dan penghargaan
pada kelompok yang terbaik.
2.
Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan
atau simpulan mengenai fakta dan opini iklan.
# Selanjutnya siswa mengikuti kegiatan penilaian
utuk mengukur pencapaian kompetensi
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang perbedaan
fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari mengidentifikasi fakta
dan opini dari teks iklan di surat kabar?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecerdasan
dan Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas
terstruktur (mencari dan menggunting sebuah teks iklan di surat kabar kemudian menentukan kalimat fakta dan opini
yang terdapat dalam teks iklan
tersebut dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (membuat kliping
teks iklan, kemudian menggarisbawahi fakta yang ada dalam teks iklan dengan
tinta merah, opini dengan tinta hitam/biru)
7.
Siswa menerima
informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.
|
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 64 – 65)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Teks –teks iklan di surat kabar
4.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 17-24
5.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Tes
Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes
Uraian
c. Soal Instrumen :
Bacalah teks
iklan dengan saksama kemudian kerjakan soal berikut!
1)
Temukan fakta dan
opini yang terdapat dalam iklan tersebut!
2)
Jelaskan perbedaan fakta danopini dalam iklan tersebut
dengan alasan yang mendukung!
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1)
No.
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
|
Siswa dapat mengidentifikasi semua fakta dan pendapat yang terdapat dalam teks
iklan di surat kabar dengan benar
|
5
|
2
|
Siswa dapat mengidentifikasi beberapa/sebagian fakta dan pendapat yang terdapat dalam teks
iklan di surat kabar dengan benar
|
3
|
3
|
Siswa dapat
mengidentifikasi sedikit sekali /sebagian kecil fakta dan pendapat yang
terdapat dalam teks iklan di surat kabar dengan benar
|
1
|
|
Skor Maksimal
|
5
|
Soal nomor 2)
No.
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
|
Siswa dapat membedakan fakta dan opini dengan alasan
yang mendukung
|
5
|
2
|
Siswa dapat membedakan fakta dan opini dengan alasan
yang kurang mendukung
|
3
|
3
|
Siswa dapat membedakan fakta dan opini dengan alasan
yang tidak mendukung
|
1
|
|
Skor Maksimal
|
5
|
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
|
10
|
|
|
|
2. Penilaian
Pencapaian KD
No.
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
Nilai
PBKB
|
Skor
|
|
Kecerdasan
|
Berpikir
Logis, Kritis, Kreatif, Inovatif
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment