05 November 2017

MELENGKAPI TEKS DENGAN KATA GANTI ATAU PRONOMINA YANG TEPAT

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 SMK/MAK
MELENGKAPI TEKS  DENGAN KATA GANTI ATAU PRONOMINA YANG TEPAT.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan



Soal di atas menanyakan pronominal yang tepat untuk melengkapi teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018, soal di atas termasuk ke ruang lingkup materi menulis terbatas level kognitif aplikasi. Kompetensi yang diuji yaitu melengkapi kata/istilah yang tepat sesuai konteks.


Pronomina atau kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Salah satu jenis pronomina yaitu kata ganti orang (pronomina persona) yang terbagi tiga (kata ganti orang pertama, kedua, dan ketiga) dan dapat bersifat tunggal maupun jamak. Pada soal di atas pronomina digunakan untuk mengganti kata Usman (orang ketiga tunggal). Oleh karena itu, pronomina yang tepat untuk mengganti  kata Usman adalah dia (pilihan jawaban B).

RINGKASAN MATERI
PRONOMINA
Pronomina atau kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Contohnya adalah saya, kapan, -nya, ini.
Penggolongan
Cara pembagian kata ganti bermacam-macam tergantung rujukan yang digunakan. Berikut adalah salah satu cara penggolongan pronomina.

1.      Kata ganti orang (pronomina persona). Terbagi tiga dan dapat bersifat tunggal maupun jamak, baik kata maupun frasa pronomina. Hanya dapat digunakan untuk mengganti nomina orang, nama orang, atau hal-hal lain yang dipersonifikasikan. Perkecualian adalah "ia", yang dalam kalangan terbatas sering digunakan untuk menggantikan nomina tak bernyawa

Penjelasan kata ganti orang sebagai berikut. 
      a. Kata ganti orang pertama tunggal
          Contoh  : aku, saya
      b. Kata ganti orang pertama jamak
          Contoh  : kami, kita.
      c. Kata ganti orang kedua tunggal
          Contoh : kamu, anda
      d. Kata ganti orang kedua jamak
          Contoh : kalian
      e. Kata ganti orang ketiga tunggal
          Contoh : dia, ia, beliau
      f. Kata ganti orang ketiga jamak
   Contoh : mereka

o        Pronomina perlu dibedakan dari sapaan, seperti Saudara, Bapak, Ibu, Tuan, Nyonya, Yang   Mulia, dsb. Sebagian dari mereka termasuk nomina.
2.      Kata ganti pemilik. Misalnya -ku, -mu, -nya. Untuk "-nya" dapat digunakan untuk kata ganti selain nomina orang.
3.      Kata ganti penanya; berfungsi menanyakan benda, waktu, tempat, keadaan, atau jumlah,dsb. Misalnya apa, kapan, mengapa, siapa, bagaimana, berapa, di mana, ke mana.
4.      Kata ganti petunjuk. Misalnya ini, itu.
5.      Kata ganti penghubung. Misalnya yang.
6.      Kata ganti tak tentu. Misalnya barang siapa. (https://id.wikipedia.org/wiki/Pronomina)

0 komentar:

Post a Comment