05 November 2017

MEMBACA MATRIKS/TABEL DAN GRAFIK

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 SMK/MAK
MENENTUKAN INFORMASI TERSURAT DALAM MATRIKS 
Kunci Jawaban: C
Pembahasan



Soal di atas menanyakan pernyataan yang sesuai dengan isi matriks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menentukan informasi tersurat teks/menentukan pernyataan yang sesuai isi matriks dengan tepat.


Matriks adalah tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraian yang diisikan dapat dibaca dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Berdasarkan data-data yang terdapat dalam matriks tersebut, pernyataan yang sesuai dengan isi matriks adalah Jumlah korban yang meninggal lebih dari 100 orang terjadi pada kecelakaan mobil dan motor (pilihan jawaban C). Hal ini sesuai dengan data pada matriks yang menunjukkan jumlah korban yang meninggal pada kecelakaan mobil 126 dan pada motor 159 orang. Pilihan jawaban A, B, D, dan E tidak sesuai dengan isi informasi pada matriks.

 RINGKASAN MATERI
MEMBACA MATRIKS DAN GRAFIK

A.  Pengertian Matriks dan Grafik

Matriks adalah tabel yang disusun dalam lajur dan jajaran sehingga butir-butir uraian yang diisikan dapat dibaca dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan (https://kbbi.web.id/matriks)

Grafik adalah lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya) (https://kbbi.web.id/grafik)

B.  Langkah-Langkah Membaca Matriks dan Grafik

Langkah-langkah untuk membaca grafik dan matriks adalah sebagai berikut.

1.        Membaca judul matriks atau grafik
Judul pada grafik dan matriks memberikan gambaran yang padat tentang informasi yang akan disampaikan. 

2.         Membaca informasi dalam matriks atau grafik
Informasi pada matriks  atau grafik terdapat pada bagian atas, bagian bawah, dan sisi dari grafik atau matriks yang merupakan kunci penjelasan tentang materi yang disajikan dan berupa urutan tahun  persentase, dan angka-angka

3.         Mengajukan pertanyaan tentang isi matriks atau grafik
Untuk mengetahui informasi dalam matriks atau grafik kita dapat mengjukan pertanyaan tentang tujuan grafik atau matriks tersebut. Untuk dapat mengetahui tujuan itu dengan mengubah judul menjadi pertanyaan di mana, seberapa banyak, atau bagaimana terjadinya. Jawaban dari pertanyaan tersebut ada pada grafik atau matriks.

4.         Membaca secara keseluruhan data-data pada matriks atau grafik
untuk mendapat keterangan dan informasi yang disajikan secara utuh, kita harus membaca data-data dalam matriks atau grafiks secara menyeluruh. Sementara membaca, kita harus selalu mengingat maksud dan tujuan informasi matriks atau grafik tersebut.




0 komentar:

Post a Comment