06 November 2017

MEMVARIASIKAN KATA

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 SMK/MAK NOMOR 12
MENENTUKAN SINONIM KATA PADA TEKS
Kunci Jawaban: A
Pembahasan

Soal di atas menanyakan sinonim kata pada teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018, soal di atas termasuk ke dalam ruang menulis terbatas level kognitif penalaran. Kompetensi yang diuji yaitu memvariasikan kata (sinonim)

Sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain; muradif; (https://kbbi.web.id/sinonim).

Kata persepsi memiliki arti tanggapan (penerimaan) langsung dari sesuatu; serapan: perlu diteliti -- masyarakat terhadap alasan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak; 2 proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pancaindranya; (https://kbbi.web.id/persepsi).

Berdasarkan penjelasan di atas, sinonim kata persepsi adalah tanggapan (pilihan jawaban A)

RINGKASAN MATERI
SINONIM

Sinonim adalah kata yang memiliki persamaan arti.
Sinonim adalah beberapa kata yang mempunyai arti sama atau hampir sama. Sinonim disebut juga padan kata. Sinonim adalah kata yang memiliki makna atau arti yang sama. Contoh kata sinonim misalnya ; kredit = mencicil, berdusta = berbohong, haus = dahaga, baju = pakaian, bunga = kembang dan masih banyak lagi contoh lainnya. Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin bisa disebut juga dengan persamaan kata atau padanan kata.

Contoh kalimat yang menggunakan kata sinonim sebagai berikut

·       Mobil pak Tono dibeli dengan cara kredit, karena ia lebih suka mencicil dari pada membayar penuh. sinonim dari kredit = mencicil
·       Semoga saja bu Sinta itu tidak berdusta, karena organisasi tidak menyukai orang yang suka berbohong. sinonim dari berdusta = berbohong
·       Sinonim kata kredit adalah mencicil/mengangsur.
·       Sinonim kata musibah adalah bencana.

Contoh Sinonim

·       bohong = dusta
·       haus = dahaga
·       pakaian = baju
·       bertemu = berjumpa
·       buruk = jelek
·       bunga = kembang
·       mati = wafat
·       hulubalang = komandan
·       aku = saya
·       melihat = melirik


0 komentar:

Post a Comment