30 November 2017

MENENTUKAN BAGIAN ALUR TEKS CERPEN


PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTS
MENENTUKAN BAGIAN ALUR TEKS CERPEN
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Kunci Jawaban: C
Pembahasan

Soal tersebut menanyakan bagian alur cerpen dari suatu teks cerpen. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca sastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menentukan bagian cerpen.


Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian perkenalan. Isi bagian perkenalan yaitu mengenalkan tokoh (Cartim) , penokohan (orangya tidak terlalu ganteng bahkan nyaris mendekati jelek), hingga latar sebuah cerita (di Kampung Bilawong).

RINGKASAN CERITA

BAGIAN-BAGIAN ALUR CERPEN

Secara sederhana, alur memiliki beberapa tahapan, mulai awalnya pengenalan, konflik, komplikasi (kerumitan), klimaks, leraian, sampai pada penyelesaian. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing bagian alur.

1. Pengenalan

Pada tahap ini, pembaca dikenalkan pada tokoh, penokohan, hingga latar sebuah cerita.

2. Konflik

Setelah itu, pembaca akan dihadapkan pada bagian cerita yang menampilkan masalah utama dari kisah. Masalah bisa menyangkut persoalan dalam diri sang tokoh, perselisihan dengan tokoh lain, sampai antara satu tokoh dan lingkungannya. Untuk cerpen, biasanya hanya ada satu konflik yang membangun kisahnya.

3. Klimaks

Ketika masalah sudah mencapai puncaknya, itulah yang dikenal dengan istilah klimaks. Di tahap ini pembaca bisa mendapatkan puncak ketegangan dari persoalan yang diusung pengarang.

4. Peleraian

Setelah mencapai puncak, persoalan akan menemui titik balik yang cenderung menurun. Tingkat ketegangan berkurang karena masalah sedang menuju pada tahap akhir.

5. Penyelesaian

Tahap akhir yang dimaksud adalah penyelesaian. Pada bagian ini, semua masalah diuraikan dan didapati solusinya. Namun, ada juga cerpen yang membuat penyelesaiannya secara terbuka sehingga bagian solusi tidak diceritakan. (http://www.studiobelajar.com/unsur-intrinsik-cerpen/)


5 comments: