04 November 2017

MENGURUTKAN KALIMAT ACAK TEKS EKSPOSISI

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMK/MAK
MENGURUTKAN KALIMAT ACAK MENJADI TEKS EKSPOSISI YANG PADU
Kunci jawaban: D
Pembahasan



Soal di atas menanyakan urutan kalimat agar menjadi paragraf eksposisi padu. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi menulis terbatas level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu menggabungkan kalimat / mengurutkan kalimat acak.
BACA BEDAH KISI-KISI UN TAHUN2017/2018 BAHASA INDONESIA SMK/MAK
Teks di atas berjenis teks eksposisi. Struktur teks eksposisi terdiri pernyataan pendapat/tesis, diikuti argumentasi, dan penegasan.
Pernyataan pendapat pada teks tersebut adalah kalimat (3) Jumlah pelanggar jalur Trans-Jakarta akhir-akhir ini cenderung menurun. Urutan argumen untuk mendukung tesis kalimat (3) adalah kalimat (4), (1), (2). Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban D (3), (4), (1), (2).

RINGKASAN MATERI
MENGURUTKAN KALIMAT ACAK MENJADI PARAGRAF PADU (TEKS EKSPOSISI)
Kalimat acak adalah kalimat lepas yang dapat dijadikan paragraf yang padu dengan cara menempatkan kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas yang diurutkan secara logis dan berhubungan satu dengan yang lain. Pada teks eksposisi, kalimat utama berupa pernyataan pendapat dan kalimat penjelas berupa argumen-argumen.
Struktur teks eksposisi diawali dengan pernyataan pendapat/tesis, kemudian diikuti argumen dan penegasan.
Langkah-langkah mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf padu teks ekspoisisi adalah sebagai berikut.
1.  Bacalah dengan cermat.
2.  Pilihlah kalimat yang berisi pernyataan pendapat/tesis. Gunakan kalimat tersebut sebagai kalimat awal kemudian diikuti kalimat argumen dan penegasan yang mendukung tesis tersebut.
3.  Susun data atau kalimat yang disajikan menjadi paragraf padu.

0 komentar:

Post a Comment