09 November 2017

PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT SANTUN

KALIMAT SANTUN DALAM TEKS NEGOSIASI
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMK/MAK

Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Soal di atas menanyakan kalimat santun pada teks negosiasi. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 SMK/MAK, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif level aplikatif. Kompetensi yang diuji yaitu menyimpulkan isi tersirat dalam teks/interpretasi maksud kalimat.


Kalimat santun adalah kalimat yang halus, baik, dan sopan. Ciri kalimat santun antara lain menggunakan kata kata “mohon” atau “maaf” untuk meminta bantuan, memerintah, melarangnya atau meminta sesuatu.
Kalimat santun pada teks tersebut adalah kalimat (2) “Siang, Pak. Mohon maaf boleh saya lihat dulu mukenanya” (pilihan jawaban E) 

RINGKASAN MATERI
PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT SANTUN

Arti kata santun adalah halus dan baik (budi bahasanya, tingkah lakunya); sabar dan tenang; sopan; 2 penuh rasa belas kasihan; suka menolong; (https://kbbi.web.id/santun). 
Kalimat santun adalah kalimat yang halus, baik, sopan, dan dapat menghindari konflik antarpembicara di dalam proses komunikasi.
Kalimat santun dipengaruhi oleh pilihan kata dan nada kalimat. Kalimat santun menggunakan kata-kata yang halus, baik, dan sopan. Misalnya, mohon, maaf, minta tolong, dan sebagainya. Nada kalimat santun yaitu rendah, halus, sabar, penuh kehati-hatian, tidak terlalu cepat, dan tidak terlalu tinggi.

Contoh kalimat tidak santun.

1.      Segera rapikan meja ini!
2.      Anak Ibu malas dan bodoh sehingga nilai-nilainya sangat jelek.
3.      Saya sangat tidak setuju dengan pendapat Anda.

Contoh kalimat santun

1.      Tolong, rapikan meja ini.
2.      Putra Ibu sebenarnya pandai, hanya kurang tekun sehingga nilai-nilainya kurang bagus.
3.      Maaf, saya tidak sependapat dengan gagasan Anda.

3 comments:

  1. Harusnya contoh kalimatnya ditambah lagi, kebetulan saya ada tugas . Kan bisa membantu yang lainnya juga. Oiya jangan lupa follow Instagram saya @setyaash17 jangan lupa ya :)

    ReplyDelete