18 November 2017

SOAL PERSIAPAN TES AKHIR PKB MODUL G PEDAGOGIK KOMUNIKASI EFEKTIF


SOAL LATIHAN /PERSIAPAN TES AKHIR PKB
KOMPETENSI PEDAGOGIK KOMUNIKASI EFEKTIF 
Evaluasi

Pilihlah A, B, C, atau D untuk jawaban yang paling tepat pada soal-soal berikut!

1.   Saudara mengajar di kelas 12 yang berjumlah 25 siswa yang terbagi menjadi 6 kelompok secara acak. Siswa Saudara akan berdiskusi kelompok dengan 6 topik yang berbeda. Kondisi kelas Saudara sering ramai jika  melakukan diskusi karena volume suara mereka keras dan gaduh. Bila diskusi kelompok berlangsung kondisi kelas tidak efektif dan tujuan diskusi tidak tercapai.

Apa yang akan Saudara lakukan?

A.     Saudara meminta mereka berdiskusi sampai selesai dan meminta perwakilan dari 3 kelompok menyampaikan hasilnya.
B.     Saudara memberikan  kebebasan  berdiskusi   dan meminta hasilnya dalam bentuk plakat.
C.     Saudara menyampaikan aturan diskusi antara lain: mencari tempat yang nyaman di luar kelas dan setiap anggota kelompok wajib menyampaikan pendapatnya secara efektif.
D.     Saudara  memberikan kebebasan mereka berdiskusi dan meminta perwakilan dari semua kelompok menyampaikan hasilnya di  depan kelas.



2.   Kata-kata santun yang dapat digunakan untuk menasihati siswa dalam kelas yang lebih dari sebagian peserta didiknya telah membolos adalah ….

A.  Disiplin itu kebutuhan hidup. Untuk bisa sukses, syarat utamanya adalah disiplin. Membolos merupakan oposisi disiplin. Bisakah peristiwa ini kita kubur dalam-dalam?
B.  Sejarah baru sekolah ini ada kelas yang peserta didiknya membolos lebih dari dari separuh isi kelas. Kalian apa punya hatiya? Tolong jangan diulangi peristiwa ini.
C.  Ujian nasional tinggal sebulan, di mana letak kepedulian Anda perihal UN. Reputasi sekolah jangan hancur di tangan kalian. Mari kita jaga bersama prestasi sekolah ini.
D.  Ibu masih senang mendengar kalian lebih dari 50% membolos. Apa jadinya kelas ini seandainya 100% membolos. Bisakah peristiwa ini terulang?

3.   Dalam berkomunikasi menyebut nama komunikan adalah cara yang menyenangkan telinga mereka. Nama seseorang adalah salah satu kata yang memiliki emosional yang sangat kuat bagi mereka. Tapi hal itu belum tentu seberapa sering Anda katakan nama seseorang. Namun, lebih pada bagaimana Anda mengatakannya. Hal ini dapat terbantu dengan cara Anda berlatih mengatakan nama seseorang untuk satu atau dua menit sampai Anda merasakan adanya emosional yang kuat. Ketika Anda menyebutkan nama mereka lebih menyentuh dibanding orang lain yang mereka kenal, mereka akan menemukan bahwa Andalah yang paling berkesan.

Uraian di atas merupakan bagian dari ….

A.     Tujuan komunikasi
B.     Komunikasi yang efektif
C.     Metode Komunikasi
D.     Prinsip Komunikasi

4.   Pak Imron memberikan pujian kepada Asmawi, peserta didiknya yang mampu menjawab dengan tepat pertanyaan yang diberikan kepada Asmawi. Pujian yang diberikan Pak Imron kepada Asmawi adalah dengan cara Pak Imron mengacungkan jempol.

Pujian seperti yang dilakukan Pak Imron kepada Asmawi merupakan jenis komunikasi…

A.  personal
B.  satu arah
C.  verbal
D.  nonverbal

5.   Ibu Prapti menjelaskan materi pelajaran kepada peserta didiknya di kelas IV dengan jelas. Sehingga materi pelajaran yang disampaikan Bu Prapti dapat dimengerti dengan baik oleh peserta didik.

Berdasarkan ilustrasi di atas, berarti Bu Prapti sudah menerapkan strategi komunikasi dalam pembelajaran, yaitu….

A.     clarity
B.     humble
C.     audible
D.     respect

6.   Ibu Malihah menegur siswa yang tidak memperhatikan saat ia mengajar dengan cara menatap langsung siswa tersebut.

Komunikasi yang diberikan ibu Malihah kepada siswa tersebut merupakan komunikasi…

A.     verbal
B.     nonverbal
C.     kelompok
D.     massa

7.   Pelambangan pesan ke dalam bentuk bahasa disebut dengan....

A.   huruf
B.   decoding
C.   encoding
D.   noise

8.      Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan menggunakan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut …..

A.  1. membrikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon;  2.  Penyiapan kondisi psikologis peserta didik; 3. Respon peserta didik untuk merespon; 4. Reaksi guru terhadap respons peserta didik.
B.  1. reaksi  guru terhadap respons peserta didik; 2. Penyiapan kondisi psilogis peserta didik; 3. memberikan  pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. Respon peserta didik untuk merespon.
C.  1. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. Respon peserta didik untuk merespon; 3. Reaksi guru terhadap respon peserta didik; 4. Penyiapan kondisi psilogis peserta didik
D.  1. Penyiapan kondisi psikologis peserta didik; 2. Memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3. Respon peserta didik untuk merespon; 4. Reaksi guru terhadap respon peserta didik.

9.      Saat pembelajaran, guru memberikan pertanyaan yang dijawab beberapa siswa. Salah satu siswa menjawab salah atau berbeda dengan siswa lainnya. Cara guru dalam memberi tanggapan yang efektif, empati, dan santun yaitu …. # Soal-Soal LK 1 Penerapan Komunikasi Efektif

A.  “Coba kita dengar bersama, mengapa jawaban teman kamu berbeda dengan yang lain?”
B.  ”Coba kamu pelajari lagi materinya, mengapa jawaban kamu bisa berbeda?”
C.  ”Menurut yang lain, mana jawaban yang benar?”
D.  ”Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!”

 10. Saat akhir pembelajaran, guru  memberikan pertanyaan secara klasikal untuk menggali kemampuan siswa menyimpulkan materi  yang telah dipelajari. Salah satu siswa menjawab salah. Cara guru merespon siswa tersebut dengan empati dan santun adalah ….

A. “Mengapa kamu menjawab begitu? Coba berikan alasanmu!”
B.”Kurang tepat. Siapa yang dapat menjawab dengan benar?”
C.”Kurang tepat, kamu perlu banyak belajar!”
D.”Siapa yang dapat menjawab dengan benar?”


Kunci Jawaban

1
C
6
B
2
A
7
B
3
B
8
C
4
D
9
A
5
C
10
A









Sumber:
Ariani, Farida,dkk. 2017. Komunikasi Efektif. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 


0 komentar:

Post a Comment