05 November 2017

SOAL PERSIAPAN UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs. KOMPETENSI MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF

MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF
Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama paragraf. Letaknya bisa terdapat pada awal, tengah, menyebar,  akhir, awal dan akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
CONTOH SOAL UN 2016/2017 DAN PEMBAHASAN
Kunci Jawaban: A
Pembahasan



Soal nomor 4 di atas menanyakan tentang ide pokok paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN bahasa Indonesia tahun 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal di atas tergolong level kognitif aplikasi atau penerapan. Kompetensi yang diuji yaitu menentukan ide pokok  pada bacaan/paragraf.
(Baca Bedah Kisi-Kisi UN 2017/2018Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs.)
Ide pokok paragraf merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan paragraf. Ide pokok terdapat pada kalimat utama paragraf. Letaknya bisa terdapat pada awal, tengah, menyebar,  akhir, awal dan akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah terjadinya gempa bumi (jawaban A). Pada paragraf tersebut kata-kata yang merujuk ide pokok adalah terjadi.
Gempa bumi disebabkan pelepasan energi yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama, tekanan itu kian membesar. Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional.
Kata kunci: Kata yang merujuknya terjadi.
CONTOH SOAL PREDIKSI UN 2017/2018 KOMPETENSI MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF
Perhatikan kutipan paragraf berikut!
            Kini ada ratusan jenis teh yang bisa dinikmati. Bahan bakunya juga tak hanya dari daun teh tapi juga dari berbagai jenis buah, seperti apel, strawberry, blueberry, atau campuran bermacam buah. Atau dari berbagai bunga, seperti melati dan rosela. Bahkan dari dedaunan lain, seperti pepermint. Tapi secara umum, ada tiga jenis teh yang dikenal, yaitu teh hitam, teh olong, dan teh hijau.
Pikiran utama paragraf tersebut adalah ... .

A.    bahan baku teh
B.     bahan campuran teh
C.     kenikmatan jenis teh
D.    jenis-jenis teh

1 comment: