11 November 2017

SOAL UN MENENTUKAN LATAR CERITA

MENENTUKAN LATAR TEMPAT
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMK/MAK
Kunci Jawaban: C
Pembahasan
Soal di atas menanyakan latar (tempat) dalam pada karya sastra. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 termasuk ke ruang lingkup materi membaca sastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji adalah mampu menentukan latar cerita dengan tepat.


Menurut KBBI Latar ialah keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam karya sastra. Latar tempat (berkaitan dengan di mana peristiwa dalam cerita itu terjadi). Latar waktu (berkaitan dengan kapan peristiwa dalam cerita terjadi). Latar Suasana (berkaitan dengan perasaan atau suasana kejadian peristiwa dalam cerita itu terjadi).

Latar tempat pada kutipan cerita di atas ditunjukkan pada kalimat nomor 1 yaitu /di alun-alun Negara Gelgel telah penuh sesak orang/.

RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN LATAR CERITA

A.  Pengertian Latar

Latar adalah keterangan mengenai waktu, ruang, dan suasana terjadinya lakuan dalam karya sastra; (https://kbbi.web.id/latar)

B.     Macam-macam Latar

Unsur-unsur latar dapat dibedakan menjadi tiga yakni : Latar Tempat, Latar Waktu, dan Latar Sosial.

1.       Latar Tempat

Yaitu latar yang mengacu pada tempat atau lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi. Misalnya perkotaan, pedesaan, di desa, di kota, di penjara, di rumah, dan sebagainya.

2.       Latar Waktu

Yaitu latar yang mengacu pada waktu kapan terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi.  Dapat berupa jam, hari, tanggal, bulan, tahun, peristiwa sejarah, bahkan zaman tertentu yang melatar belakanginya.

3.       Latar Sosial

Yaitu latar yang mengacu pada kondisi sosial masyarakat yang diceritakan dalam karya fiksi. Seperti latar sosial bawah/rendah, latar sosial menengah, latar sosial tinggi, dan sebagainya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Fiksi)

4.       Latar suasana

Yaitu situasi apa saja yang terjadi ketika saat si tokoh atau si pelaku melakukan sesuatu. Seperti misanya: saat galau, gembira, lelah, dan lain sebagainya.

Contoh analisis latar cerpen

Ibu terkulai di kursi seperti orang mati. Pintu, jendela, televisi, telepon, perabotan, buku, cangkir teh, dan lain-lain masih seperti dulu—tetapi waktu telah berlalu sepuluh tahun. Tinggal Ibu kini di ruang keluarga itu, masih terkulai seperti sepuluh tahun yang lalu. Rambut, wajah, dan busananya bagai menunjuk keberadaan waktu.
Telepon berdering. Ibu tersentak bangun dan langsung menyambar telepon. Diangkatnya ke telinga. Ternyata yang berbunyi telepon genggam. Ketika disambarnya pula, deringnya sudah berhenti..( Ibu yang Anaknya Diculik Itu oleh Seno Gumira Ajidarma )
Analisis unsur intrinsik setting atau latarnya.

·         Latar tempat: ruang keluarga
·         Latar waktu: masa kini
· Latar suasana: sedih (terkulai di kursi seperti orang mati. (https://www.merdeka.com/pendidikan/cari-tahu-latar-tempat-waktu-dan-suasana-dalam-cerpen-yuk.html)

0 komentar:

Post a Comment