CONTOH SURAT TUGAS
SURAT - TUGAS
Nomor: 800 / /
2016
Dengan
ini Kepala SMP Negeri 3 Kartasura :
Nama :
NIP :
Jabatan : Kepala Sekolah
Unit
Kerja : SMP Negeri 3 Kartasura
memberikan
tugas kepada :
Nama : ......
NIP : ........
Jabatan : Guru
Unit
Kerja : SMP Negeri 3 Kartasura
Hari : Selasa
Tanggal : 22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016
Waktu : 07.00 WIB s/d selesai
Tempat : Universitas Muhammadiyah Surakarta dan SMP N 4 Sukoharjo
Keperluan : Mengikuti
Diklat Peningkatan Karier Guru SMP se- Kabupaten Sukoharjo
Demikian
untuk dilaksanakan sebaik-baiknya dan melaporkan hasilnya setelah selesai
melaksanakan tugas.
Kartasura,
19 November 2016
Kepala
Sekolah,
....................................
NIP
..................................
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
DIKLAT PENINGKATAN
KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
Di
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Tanggal:
22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016
Disusun Oleh:
NIP
PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 3 KARTASURA
TAHUN 2016
IDENTITAS GURU
1.
Nama Sekolah : SMP
Negeri 3 Kartasura
2.
Nama Guru :
3.
NIP :
4.
NRG : 083926063016
5.
NUPTK : 2639749650300012
6.
Sertifikat Pendidik : 08030908730093
7.
Jabatan/Golongan : Guru
Madya / IVa
8.
Alamat Instansi
·
Desa /Jalan : Jalan
P. Diponegoro 64, Kartasura
·
Kabupaten : Kabupaten
Sukoharjo
·
Provinsi : Jawa Tengah
·
Telepon/Fax : 0271780034
·
Surel : smp.gazura@yahoo.co.id
9.
Mengajar Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
10. SK
Pengangkatan
a.
Sebagai CPNS
·
Pejabat yang Mengangkat : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
·
Nomor SK : 71841/A2/KP/1995
·
Tanggal SK : 24 -11 -1995
·
TMT : 01
– 12 - 1995
b.
Pangkat Terakhir
·
Pejabat yang Mengangkat : Gubernur Jateng
·
Nomor SK : 823.4/07244
·
Tanggal SK : 31 – 10 - 2007
·
TMT : 1
– 10 - 2007
11. Alamat
Rumah
·
Alamat / Jalan :
·
Kabupaten : Sukoharjo
·
Provinsi : Jawa Tengah
·
Telepon/Fax :
·
sur-el :
PENGESAHAN
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
DIKLAT PENINGKATAN
KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
Disusun
Oleh:
NIP
Kartasura, 8 Desember 2016
Mengesahkan
Kepala SMP N 3
Kartasura, Koordinator
PKB,
…………….. ………...
NIP ………… NIP ………..
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas
limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan Buku Laporan Pendidikan
dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru SMP Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016 di Universitas
Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 22 November 2016, 29 November 206, dan 6 Desember 2016 oleh MGMP Kabupaten Sukoharjo
dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Di dalam Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan
Karier Guru dan penyusunan laporan ini, penulis mendapatkan banyak kesempatan, bimbingan,
petunjuk, bantuan, serta saran-saran yang bermanaat dari berbagai pihak, yang
semuanya itu dapat memberikan kemudahan dan menunjang dalam menyelesaikan
penulisan laporan ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan
terima kasih sebesar-besarnya, kepada yang terhormat:
1.
Agus
Ulinuha,Ph.D., Ketua LPPM UMS;
2.
Drs.
Darno, Kepala Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo;
3.
Drs.
Juwardi, M.Pd.I, Kepala SMP Negeri 3 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo; dan
4.
Narasumber
serta rekan-rekan peserta Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru SMP
Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016.
Penulis menyadari, bahwa masih banyak terdapat kekurangan
dan kekeliruan dalam penyusunan laporan pengembangan diri ini yang disebabkan
oleh keterbatasan waktu, kemampuan, dan pengetahuan. Oleh karena itu, penulis
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan
ini.
Akhirnya, penulis berharap laporan ini dapat bermanfaat
bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis sendiri khususnya.
Kartasura,
8 Desember 2016
Penulis,
NIP
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL …………………………………………………………. i
IDENTITAS
DIRI ……………………………………………………………. ii
HALAMAN
PENGESAHAN ………………………………………………... iii
KATA
PENGANTAR ………………………………………………………... iv
DAFTAR
ISI ………………………………………………………………..... v
KEGIATAN
PENGEMBANGAN DIRI
A.
PENDAHULUAN ……………………………………………………….. 1
B.
ALASAN MENGIKUTI PELATIHAN
…………………………………. 2
C.
PELAKSANAAN PELATIHAN ………………………………………… 2
D.
TEMPAT DAN WAKTU ………………………………………………... 2
E.
TUJUAN PELATIHAN …………………………………………………. 2
F.
MATERI DALAM PELATIHAN ……………………………………….. 3
G.
NARASUMBER …………………………………………………………. 5
H.
PESERTA PELATIHAN ………………………………………………… 6
I.
STRATEGI KEGIATAN ………………………………………………… 6
J.
HASIL / MANFAAT YANG DIPEROLEH
…………………………….. 6
K.
TINDAK LANJUT ………………………………………………………. 6
L.
DAMPAK SETELAH MENGIKUTI PELATIHAN
……………………. 7
M.
PENUTUP ………………………………………………………………... 7
LAMPIRAN
– LAMPIRAN
1.
Surat Tugas dari Kepala Sekolah tanggal 19 November 2016
2.
Daftar Peserta Pelatihan
3.
Jadwal Kegiatan
4.
Sertifikat (Nomor: 475/a.3-VIII/LPPM/XII/2016)
DIKLAT PENINGKATAN
KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
A. PENDAHULUAN
Guru
sebagai Tenaga Pendidik Profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas
dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai
tenaga profesional hendaklah berusaha mengembangkan kariernya. Karier seorang guru dapat dikembangkan melalui
berbagai kegiatan, misalnya kegiatan pendidikan dan pelatihan. Melalui kegiatan
tersebut pengetahuan dan keterampilannya akan selalu berkembang sehingga layanan
yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang semakin berkualitas.
Tugas
seorang guru yang profesional tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang
baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik
saja melainkan juga harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Berbagai
hal bisa
dilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan profesionalismenya. Menurut Permeneg PAN dan RB no 16 tahun 2009,
seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan
melalui tiga komponen yaitu: 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) melakukan publikasi
ilmiah dan 3) menemukan dan menciptakan karya-karya inovatif.
Kegiatan
pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional
dan kegiatan kolektif guru. Semua
kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau MGMP termasuk ke dalam
kegiatan kolektif guru sedangkan kegiatan lain di luar MGMP termasuk ke dalam
diklat fungsional.
Seorang guru
yang melaksanakan pengembangan
diri atau kegiatan
pengembangan keprofesian
berkelanjutan lainnya di samping akan
dapat meningkatkan pengetahuan
dan keterampilan sebagai seorang
guru, juga mendapat
penghargaan angka kredit
yang dapat diperhitungkan untuk
perkembangan kariernya.
B. ALASAN MENGIKUTI PELATIHAN
1.
Surat
Tugas Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Kartasura, Sukoharjo tanggal 19 November 2016.
2.
Untuk
meningkatkan pemahaman tentang pengembangan karier guru melalui Kegiatan Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan
3.
Untuk
meningkatkan profesionalitas guru
C. PELAKSANAAN PELATIHAN
Pelaksanaan Diklat Peningkatan Karier Guru SMP Kabupaten Sukoharjo dirancang
melalui pendekatan andragogi melalui:
a.
Pemaparan
materi melaui ceramah, tanya jawab, dan
diskusi/kerja kelompok
b.
Pemaparan hasil kerja kelompok
c.
Sharing
pengalaman mengikuti kegiatan PKB
D. TEMPAT DAN WAKTU
Kegiatan
Diklat Peningkatan Karier Guru SMP Kabupaten Sukoharjo
dilaksanakan
mulai tanggal 22 November
2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016 bertempat di
Universitas Muhammadiyah Surakarta
dan SMP Negeri 4 Sukoharjo.
E. TUJUAN PELATIHAN
Kegiatan
Diklat Peningkatan Karier Guru SMP ini
bertujuan untuk
memotivasi dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengikuti dan melaksanakan Kegiatan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) sehingga karier guru dapat berkembang karena terpenuhinya
kebutuhan penilaian angka
kredit (PAK). Kegiatan Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi kegiatan Pengembangan Diri (PD),
Publikasi Ilmiah (PI), dan Karya Inovatif (KI).
F. MATERI PELATIHAN
Materi utama yang diberikan dalam Diklat
ini adalah Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) selama 32 jam pelatihan dengan rincian
sebagai berikut.
a.
Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan
1.
Publikasi
Ilmiah (15 jam pelatihan)
2.
Karya
Inovatif (5 jam pelatihan)
b.
Praktik
Penulisan PTK (6 jam pelatihan)
c.
Praktik
Penulisan Artikel/Jurnal (6 jam pelatihan)
Deskripsi Materi
Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan
PKB mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi,
dan refleksi yang didesain untuk meningkatkan karakteristik, pengetahuan,
pemahaman, dan keterampilan. Dengan perencanaan dan refleksi pada pengalaman
belajar guru dan/atau praktisi pendidikan akan mempercepat pengembangan
pengetahuan dan keterampilan guru sertakemajuan karir guru dan/atau praktisi
pendidikan. PKB adalah bagian penting
dari proses pengembangan keprofesionalan guru. PKB dalam rangka pengembangan pengetahuan dan
keterampilan merupakan tanggung-jawab guru secara individu sesuai dengan masyarakat pembelajar, jadi
sangat penting bagi guru yang berada di ujung
paling depan pendidikan. PKB adalah
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan
guru untuk mencapai standar kompetensi profesi dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesinya yang
sekaligus berimplikasi kepada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. PKB mencakup
tiga hal; yakni pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
a. Pengembangan Diri
Pengembangan Diri adalah upaya-upaya meningkatkan
profesionalisme diri agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan
agar mampu melaksanakan tugas pokok dan kewajibannya dalam
pembelajaran/pembimbingan termasuk pelaksanaan tugas-tugas tambahan yang
relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah.
Kegiatan pengembangan diri terdiri dari diklat fungsional dan kegiatan kolektif
guru untuk mencapai dan/atau meningkatkan kompetensi
profesi guru yang mencakup kompetensi
pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana yang
diamanatkan dalam Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sedangkan untuk mampu melaksanakan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi
sekolah/madrasah. program PKB diorientasikan kepada kegiatan peningkatan
kompetensi sesuai dengan tugas-tugas tambahan tersebut (misalnya kompetensi
bagi kepala sekolah, kepala laboratorium, kepala perpustakaan, dsb.).
b. Publikasi Ilmiah
Publikasi ilmiah adalah salah satu unsur
utama dalam penilaian kinerja guru yang dimaksudkan untuk meningkatkan
profesionalisme guru sehingga oleh karenanya diberi angka kredit.Bentuk publikasi
yang dapat dilakukan oleh guru adalah presentasi pada forum ilmiah, publikasi
hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, dan
publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru.
Sesuai
dengan ketentuan KEPMENPAN No: 84/1993 ada 7 (tujuh) macam publikasi ilmiah
yang merupakan bagian kegiatan pengembangan profesi. Sejak tahun 2009,
ketentuan tersebut diperbaharui dengan diterbitkannya PERMENPAN dan RB No: 19
Tahun 2009 yang menetapkan sebanyak 10 macam publikasi sebagai bagian dari
kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yaitu:
1)
Presentasi di forum ilmiah
2)
Hasil penelitian
3)
Tinjauan ilmiah
4)
Tulisan ilmiah populer
5)
Artikel ilmiah
6)
Buku pelajaran
7)
Modul/diktat
8)
Buku dalam bidang pendidikan
9)
Karya terjemahan
10) Buku pedoman guru
Publikasi ilmiah yang layak memperoleh
angka kredit harus memenuhi kriteria yang dinyatakan dalam akronim APIK, yang artinya: Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten. Asli, bukan
merupakan hasil plagiat tetapi gagasan orisinil yang bersangkutan. Perlu,
yang berarti menyelesaikan masalah yang secara nyata terjadi atau dihadapi oleh
guru yang bersangkutan dalam lingkungan tugasnya. Ilmiah,
yaitu berbentuk penelitian yang berisi dan dilakukan mengikuti kaidah-kaidah
kebenaran ilmiah. Konsisten, dalam
arti harus disusun sesuai dengan tugas pokok dan fungsi penyusunnya.
c.
Karya Inovatif
Karya
inovatif adalah karya yang bersifat pengembangan, modifikasi
atau penemuan baru sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas
proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan,
sains/teknologi, dan seni. Karya inovatif ini mencakup:
1) penemuan
teknologi tepat guna kategori kompleks dan/atau sederhana;
2) penemuan/peciptaan
atau pengembangan karya senikategori kompleks dan/atau sederhana;
3) pembuatan/pemodifikasian
alat pelajaran/peraga/-praktikum
kategori kompleks dan/ atau sederhana;
4) penyusunan standar, pedoman, soal dan
sejenisnya pada tingkat
nasional maupun provinsi
Penekanan materi yang disampaikan dalam Diklat
ini
adalah Penulisan
PTK dan Karya Ilmiah berupa artikel. Adapun
hal-hal yang disampakan adalah kebijakan bahasa,
orientasi menulis karya ilmiah,penggalian topik penelitian dan judul,
penyusunan rancangan proposal penelitian, metode dan teknik penelitian PTK, pemanfaatan
bahasa dalam KI, penyuntingan KI,sumber penulisan KI, ulasan artikel, dan
praktik penulisan artikel..
G. NARASUMBER
Narasumber
Diklat Peningkatan Karier Guru SMP Kabupaten Sukoharjo
ini
adalah:
No
|
Nama
|
Status
|
Asal Sekolah
|
1
|
Prof. Dr. Markhamah, M. Hum.
|
Guru Besar dan Widyaiswara UMS
|
UMS Surakarta
|
2
|
Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd.
|
Tim Penilai PAK,
Kabupaten Sukoharjo
|
SMKN 2 Sukoharjo
|
H. PESERTA PELATIHAN
Peserta
Diklat Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru berjumlah
22 orang yang terdiri dari guru Bahasa Indonesia SMP se-Kabupaten Sukoharjo (terlampir).
I.
STRATEGI
KEGIATAN
J.
HASIL
/ MANFAAT YANG DIPEROLEH
Hasil yang diperoleh dari Diklat Peningkatan Karier Guru SMP adalah
terlatihnya guru dalam menghasilkan
berbagai Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif.
K. TINDAK LANJUT
Tindak lanjut dari Diklat Peningkatan Karier Guru SMP
adalah guru berusaha dapat melaksanakan berbagai kegiatan
PKB terutama Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif. Selanjutnya mereka
mengusulkan angka kredit yang diperoleh untuk kenaikan pangkat mereka.
L. DAMPAK SETELAH MENGIKUTI KEGIATAN
Dampak yang diharapkan melalui
pelaksanaan Diklat Peningkatan
Karier Guru SMP antara lain:
1.
Guru
memahami berbagai kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
2.
Guru
mau melaksanakan berbagai kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(PKB).
3.
Karier/profesionalitas
guru meningkat
4.
Prestasi
belajar peserta didik meningkat, dan mutu pendidikan juga meningkat.
M. PENUTUP
Secara
umum Diklat Peningkatan Karier Guru SMP bertujuan agar para peserta lebih
memahami berbagai jenis kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan karier
mereka. Kegiatan yang dimaksud tidak lain adalah kegiatan Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB). Beberapa kegiatan yang termasuk dalam kegiatan PKB
tersebut adalah kegiatan Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif.
Setelah para peserta memahami, diharapkan mereka mau mempraktikkannya. Dengan pemahaman
dan kemauan mempraktikkan (baca: melaksanakan) karier mereka akan meningkat.
Selanjutnya akan terbentuk profesionalitas guru. Dampak positif yang dirasakan
adalah meningkatnya prestasi peserta didik yang berarti meningkatnya mutu
pendidikan.
DAFTAR PESERTA
DIKLAT PENINGKATAN
KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
No
|
Nama
|
Asal Sekolah
|
1
|
Sri Santosa,
S.Pd., M.Pd.
|
SMPN 1
Nguter
|
2
|
Imtihan
Syamsul Maarif, S.Pd.
|
SMPN 4
Sukoharjo
|
3
|
Titiek Maryuni,
S.Pd., M.Pd.
|
SMPN 3
Nguter
|
4
|
Dra. Eny
Haryaningsih, M.Pd.
|
SMPN 1
Sukoharjo
|
5
|
Dra, Eny
Haryaningsih, M.Pd.
|
SMPN 1
Sukoharjo
|
6
|
Dudung
Andriyano, S.Pd., M.Pd.
|
SMPN 3
Sukoharjo
|
7
|
Suparti,
S.Pd., M.Pd.
|
SMPN 2
Bendosaari
|
8
|
Bambang
Wisnu, S.Pd.
|
SMPN 1 Gatak
|
9
|
Dra. Maya
Maria Hartanti
|
MTS.
Bekonang
|
10
|
Drs. Widodo
|
SMPN 2
Nguter
|
11
|
Drs.
Martanto
|
SMPN 1 Bulu
|
12
|
Dra. Hagni
Sri Wiyanti
|
SMP Muh.
Sukoharjo
|
13
|
Sukrisno
Santoso, S.Pd.
|
Mutiara
Insan, Sukoharjo
|
14
|
Endah
Mustaqimah, S.Pd., M.Hum.
|
SMPN 3
Kartasura
|
15
|
Dra. Bekti
Dwi Hastuti
|
SMPN 1
Grogol
|
16
|
Dra. Sri
Harsono
|
SMPN 5
Sukoharjo
|
17
|
Anas Charis
Fachrudin, S.Pd.
|
SMP Al Azhar
21
|
18
|
Isminatun,
S.Pd., M.Pd.
|
SMPN 2 Gatak
|
19
|
Suwardji,
S.Pd.
|
SMPN 5
Sukoharjo
|
20
|
Susi
Handayani, S.Pd., M.Pd.
|
SMPN 1
Kartasura
|
21
|
Dra. Sri
Rahayu
|
SMPN 3
Tawangsari
|
22
|
Ida Arijani,
S.Pd.
|
SMPN 4
Polokarto
|
JADWAL KEGIATAN
DIKLAT PENINGKATAN
KARIER GURU SMP
KABUPATEN
SUKOHARJO
No
|
Waktu
|
Materi
|
Narasumber
|
Petugas
|
Tempat
|
PENINGKATAN KARIER
Pertemuan 1: Selasa, 22 November 2016
|
|||||
1
|
07.00 – 10.00
|
PKB
|
Prof. Dr.
Markhamah, M.Hum.
|
PANITIA
|
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
|
2
|
10.00 – 10.15
|
Break
|
|||
3
|
10.15 – 12.15
|
Best Practice
|
Prof. Dr.
Markhamah, M.Hum.
|
||
4
|
12.15 – 13.00
|
Ishoma
|
|||
5
|
13.00 – 15.00
|
PTK
|
Prof. Dr.
Markhamah, M.Hum.
|
||
6
|
15.00 – 15.15
|
Break
|
|||
7
|
15.15 – 16.15
|
PTK
|
Prof. Dr.
Markhamah, M.Hum.
|
||
Peningkatan Karier
Pertemuan 2: Selasa, 29 November 2016
|
|||||
1
|
07.00 – 10.00
|
SKP
|
Prof. Dr.
Markhamah, M.Hum.
|
PANITIA
|
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
|
2
|
10.00 – 10.15
|
Break
|
|||
3
|
10.15 – 12.15
|
SKP
|
Prof. Dr.
Markhamah, M.Hum.
|
||
4
|
12.15 – 13.00
|
Ishoma
|
|||
5
|
13.00 – 15.00
|
SKP
|
Prof. Dr.
Markhamah, M.Hum.
|
||
6
|
15.00 – 15.15
|
Break
|
|||
7
|
15.15 – 16.15
|
SKP
|
Prof. Dr.
Markhamah, M.Hum.
|
||
Peningkatan Karier
Pertemuan 3: Selasa, 6 Desember 2016
|
|||||
1
|
07.00 – 10.00
|
DUPAK
|
Dwi
Susilowati, S.Pd., M.Pd.
|
PANITIA
|
SMP N 4 SUKOHARJO
|
2
|
10.00 – 10.15
|
Break
|
|||
3
|
10.15 – 12.15
|
DUPAK
|
Dwi
Susilowati, S.Pd., M.Pd.
|
||
4
|
12.15 – 13.00
|
Ishoma
|
|||
5
|
13.00 – 15.00
|
DUPAK
|
Dwi Susilowati,
S.Pd., M.Pd.
|
||
6
|
15.00 – 15.15
|
Break
|
|||
7
|
15.15 – 16.15
|
DUPAK
|
Dwi
Susilowati, S.Pd., M.Pd.
|
Punten bu, ada kontak WA? saya Guru SMKN Bukateja Purbalingga, sedang berusaha mengumpulkan nilai PAK dengan pengembangan diri awbagai target utama
ReplyDeletesiiiip....
DeleteRIBET
ReplyDelete