03 Desember 2017

MELENGKAPI TEKS PETUNJUK KERJA ATAU TEKS PROSEDUR


PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMK/MAK
MELENGKAPI TEKS PETUNJUK KERJA 

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci jawaban: C
Pembahasan
Soal tersebut menanyakan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks petunjuk kerja. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMK/MAK, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi menulis terbatas level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu melengkapi unsur teks prosedur atau petunjuk kerja.
Teks prosedur adalah teks yang berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan tertentu. 
Cara menentukan kalimat untuk melengkapi teks prosedur yang rumpang adalah dengan mencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat sebelum bagian rumpang berisi bagian yang kental dimikser selama 15 menit dan sesudah bagian yang rumpang berisi penjelasan setelah diendapkan akan terbentu 3 lapisan. Berdasarkan isi kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang pada teks di atas, kalimat yang tepat untuk melengkapi teks adalah Pindahkan cairan yang telah dimikser ke tempat yang lebih kecil lalu endapkan lagi (pilihan jawaban C). 
RINGKASAN MATERI
MELENGKAPI TEKS PROSEDUR

A.    Pengertian teks prosedur

Teks prosedur adalah teks yang berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu dengan urutan-urutan tertentu.

B.     Ciri-Ciri Teks Prosedur
Ciri-ciri teks prosedur antara lain sebagai berikut.

  • Umumnya menggunakan kalimat perintah atau imperatif.
  • Memakai kata kerja aktif.
  • Adanya penggunaan konjungsi guna mengurutkan kegiatan, seperti kemudian, setelah itu, kemudian, dan selanjutnya.
  • Ada istilah tentang waktu, tempat, dan cara secara akurat.
  • Teks prosedur terdiri dari 3 bagian yaitu bagian tujuan teks prosedur / mekanisme, material, dan langkah-langkah
C.    Struktur Teks Prosedur Kompleks
 Teks prosedur memiliki tiga struktur sebagai berikut.

  • Bagian tujuan, berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.
  • Bagian bahan dan alat/material, berisikan bahan-bahan, alat-alat, atau material yang diperlukan. Bagian ini bersifat opsional.
  • Bagian langkah-langkah, bagian ini berisikan langkah-langkah yang urut dan harus ditempuh untuk memperoleh hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. 
D.    Langkah-langkah melengkapi teks prosedur

1.      Cermati jenis teks dan tujuan teks. Teks prosedur teks yang berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu dengan urutan-urutan tertentu.

2.      Cermati isi kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Isi kalimat pada teks prosedur adalah urutan langkah-langkah melakukan atau membuat sesuatu.

3.      Pilihlah kalimat yang berhubungan dengan kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Kalimat-kalimat tersebut pada umumnya menunjukkan urutan logika berpikir.

E.       Contoh teks prosedur

7 Langkah Mudah Membuat Paspor Baru

Cara membuat paspor sekarang ini bisa dilakukan online maupun datang langsung ke kantor imigrasi. Semua orang pasti akan membutuhkan paspor, terlebih mereka yang sering ke bepergian. Karena paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang wajib kita bawa bila kita bepergian keluar negeri. paspor hijau yang dimiliki oleh warga negara biasa dan paspor biru yang dimiliki oleh para diplomat atau pejabat negara. Masa berlaku paspor adalah 5 tahun sejak masa diterbitkan dan kita wajib untuk memperpanjang paspor 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis atau kita akan dikenakan denda bila melebihi 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Untuk menghindari menggunakan calo, kita harus mengetahui betul cara membuat paspor.

Cara Membuat Paspor

  1. Datang dahulu ke kantor imigrasi. Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau datang saja ke kantor imigrasi terdekat.
  2. Kemudian Anda beli formulir permohonan. Formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang Anda miliki dan bawalah dokumen yang asli.
  3. Serahkan formulir yang telah diisi ke loket pendaftaran.
  4. Setelah itu ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari. Untuk pengambilan sidik jari dan jadwal foto bisa datang pada hari berikutnya jika nomor antrian Anda masih lama.
  5. Apabila Anda sudah foto dan mengambil sidik jari, maka Anda akan sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.
  6. Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai.
  7. Pada saat tanggal yang telah ditentukan, kita dapat datang kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu paspor baru Anda sudah selesai dan bisa diambil. (http://caramembuat123.blogspot.co.id/2013/04/cara-membuat-paspor.html)


0 komentar:

Posting Komentar