CONTOH RPP TEKS NEGOSIASI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA/SMK …
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA WAJIB
Kelas/Semester : X/2 (Genap)
Alokasi Waktu : 3 X
45 menit (3 jp)
A.
Kompetensi Inti
KI-1 dan KI-2;
Memiliki sikap
jujur, disiplin, kerjasama, responsif, dan proaktif dalam mencari solusi
permasalahan, sehingga dapat menyadari dirinya sebagai mahluk ciptaan yang
Maha Kuasa serta menjalankan kewajibannya sesuai dengan agama yang dianutnya.
KI
3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencampaian Kompetensi
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran
dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
3.10.1 Mampu merumuskan ciri teks negosiasi secara tepat pada teks negosiasi
lisan maupun tertulis
3.10.2 Mampu menjelaskan cara menyampaikan pengajuan, penawaran teks
negosiasi lisan maupun tertulis
secara runtut dan logis
3.10.3 Mampu menjelaskan syarat tercapainya persetujuan (kesepakatan) teks
negosiasi lisan maupun tertulis
.secara tepat
|
4.10 Menyampaikan
pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara
lisan atau tulis.
|
3.10.4 Mampu menganalisis faktor penentu keberhasilan teks negosiasi lisan
maupun tertulis
secara tepat.
4.10.1 Mampu menggunakan alasan yang tepat untuk melakukan negosiasi.
4.10.2 Mampu menjelaskan pola-pola penyajian teks negosiasi inovasi
mengurangi sampah plastik.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1: Melalui kegiatan pembelajaran dengan
pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran PBL,
peserta didik dapat mengidentifikasi ciri,cara, dan syarat teks negosiasi dengan rasa ingin tahu,
responsif, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap jujur,
percaya diri, serta pantang menyerah.
Pertemuan
2: Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik,
dan CLIL dengan diskusi dan penugasan, peserta didik mampu menganalisis, menggunakan alasan, dan
menjelaskan pola teks negosiasi dengan rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung
jawab selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta
pantang menyerah.
D.
Materi
Pembelajaran
a.
Pengertian teks negosiasi
b.
Ciri-ciri teks negosiasi
c.
Cara menyampaikan pengajuan penawaran
d.
Syarat tercapainya kesepakatan
e.
Sapaan tuturan teks negosiasi
f.
Pola-pola penyajian teks negosiasi
(terlampir
1)
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi
genre, Saintifik approach, CILL
Model : Prolem
Based Learning
Metode : penugasan,
tanya jawab, diskusi.
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Model Pembelajaran : Saintifik
dan PBL
Pertemuan
ke 1
No
|
Kegiatan dan Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
PENDAHULUAN
1.
Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan mengucapkan salam.
2.
Guru menginformasikan kompetensi yang akan
dipelajari dan dikembangkan
3.
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Menyampaikan
topik dan kegiatan yang akan dilakukan.
5. Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
|
15 menit
|
2
|
1.
Orientasi kepada masalah (mengamati)
Peserta
didik mengamati Teks yang berjudul Hobi yang Menyenangkan.
Peserta
didik mencatat ciri teks negosiasi
2. Mengorganisasikan
peserta didik (menanya)
1.
Guru menanyakan
ciri teks Teks
yang berjudul Hobi yang Menyenangkan berupa:
a. Partisipan yang terlibat
b. Perbedaan kepentingan kedua belah pihak
c. Pengajuan dan penawaran yang dilakukan
d. Hasil kesepakatan
2.
Peserta didik dengan bimbingan guru
membentuk 6 (enam) kelompok dan topik.
3.
Guru menjelaskan pembuatan Proyek 1:
Teks negosiasi dalam kehidupan sehari-hari. (Proyek 1)
4.
Peserta didik dengan bimbingan guru merumuskan kegiatan
teks (cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan
pencapaian persetujuan)
negosiasi dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Membimbing Penyelidikan Secara Kelompok (mengumpulkan informasi)
1. Peserta
didik dengan bimbingan guru melakukan penyelidikan secara kelompok untuk menentukan partisipan yang terlibat
dalam negosiasi kelompok.
2. Peserta
didik secara berkelompok membuat kerangka negosiasi. (Kerjasama)
3.
Mengembangkan Hasil Karya (mengasosiasi)
1.
Peserta didik secara
berkelompok menyusun skenario untuk mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian
persetujuan melalui kegiatan negosiasi dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Peserta didik menyusun alasan yang tepat melalui kegiatan negosiasi dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan
negosiasi di luar jam pelajaran. (Praktik
1)
4. Menyajikan hasil karya dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
(mengkomunikasi)
1. Peserta
didik mengomunikasikan kepada guru hasil diskusi kelompok.
|
60 menit
|
3
|
PENUTUP
1.
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran tentang ciri
teks negosiasi cara menyampaikan pengajuan, syarat tercapainya persetujuan
(kesepakatan), menggunakan alasan yang tepat dalam negosiasi, dan pembuatan teks
negosiasi.
2.
Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan baik tentang proses maupun hasil yang dicapai.
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran tentang pembuatan teks negosiasi.
4.
Guru melakukan penilaian berkenaan dengan diskusi
kelompok pembuatan teks negosiasi.
5.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk demonstrasi teks negosiasi kelompok.
6.
Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
15 menit
|
Model Pembelajaran : Saintifik
dan Diskusi
Pertemuan
ke 2
No
|
Kegiatan dan Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
PENDAHULUAN
1.
Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan mengucapkan salam.
2.
Guru menata kelas menjadi forum diskusi
menyenangkan.
3.
Guru menanyakan hasil kerja kelompok.
|
15 menit
|
2
|
Pertemuan 2
INTI
1.
Orientasi kepada masalah (mengamati)
1.
Peserta didik mengamati dan
mendengarkan saran dan masukan dari guru terkait teks negosiasi.
2.
Peserta didik mencatat dan mengklasifikasi hasil pengamatan.
2. Mengorganisasikan
peserta didik (menanya)
Guru menanyakan faktor
penentu keberhasilan negosiasi kelompok dalam bentuk teks, berupa:
a) Kesediaan untuk berkompromi,
b) Pihak yang diuntungkan dan dirugikan,
c) Kepraktisan kesepakatan yang dicapai, dan
d) Alasan yang mampu memengaruhi pihak terkait.
3. Membimbing Penyelidikan
Secara Kelompok (mengumpulkan informasi)
1. Peserta
didik secara berkelompok melakukan penyelidikan secara untuk menganalisis
faktor keberhasilan negosiasi.
4. Mengembangkan
Hasil Karya (mengasosiasi)
1. Peserta
didik secara berkelompok menyusun pertanyaan, power point, dan teks untuk
diskusi.
5. Menyajikan hasil karya dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah (mengkomunikasi)
1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan teks. (praktik 2)
2. Peserta diskusi menyiapkan diri untuk mengamati dan menjawab
pertanyaan kelompok penyaji. (hasilnya
untuk tes lisan 1 dan 2).
3. Peserta diskusi memberikan tanggapan
hasil presentasi kelompok penyaji secara lisan (kekurangan dan kelebihan
dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat).
|
60 menit
|
3
|
PENUTUP
1.
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat
rangkuman/simpulan kegiatan diskusi kelompok.
2.
Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan baik tentang proses maupun hasil yang dicapai dalam kegiatan
diskusi.
3.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran tentang pembuatan teks negosiasi.
4.
Guru melakukan penilaian berkenaan dengan diskusi
kelompok negosiasi.
5.
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk demonstrasi teks negosiasi kelompok selanjutnya.
6.
Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
15 menit
|
Model Pembelajaran : Saintifik
dan TGT
Pertemuan
ke 3
No
|
Kegiatan dan Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
PENDAHULUAN
1.
Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
dengan mengucapkan salam.
2.
Guru menata kelas menjadi forum diskusi
menyenangkan.
3.
Guru menanyakan proses pembelajaran selama
pertemuan 2-9.
|
15
menit
|
2
|
INTI
1.
Orientasi kepada masalah (mengamati)
1)
Peserta didik mengamati surat
penawaran
2)
Peserta didik mencatat dan mengklasifikasi hasil pengamatan.
2. Mengorganisasikan
peserta didik (menanya)
Guru menanyakan
faktor penentu keberhasilan negosiasi, berupa:
a) Kesediaan untuk berkompromi,
b) Pihak yang diuntungkan dan dirugikan,
c) Kepraktisan kesepakatan yang dicapai, dan
d) Alasan yang mampu memengaruhi pihak terkait.
Guru menanyakan
ciri-ciri teks negosiasi, berupa:
a. Partisipan yang terlibat
b. Perbedaan kepentingan kedua belah pihak
c. Pengajuan dan penawaran yang dilakukan
d. Hasil kesepakatan
Guru menanyakan
pola-pola penyajian teks negosiasi, berupa:
a. dialog
b. narasi
c. surat-menyurat
3. Membimbing Penyelidikan
Secara Kelompok (mengumpulkan informasi)
Peserta
didik bersama guru melakukan penyelidikan untuk menentukan bagian-bagian
surat tawar-menawar.
4.
Mengembangkan Hasil Karya (mengasosiasi)
1. Peserta
didik secara berkelompok berdiskusi menyusun kerangka surat tawar menawar,
yang bertemakan:
a. sosialisasi
kepada khalayak umum tentang pemanfaatan sampah plastik,
b. sosialisasi
kepada khalayak umum tentang pengelolaan sampah organik,
c. sosialisasi
kepada khalayak umum tentang peran ibu rumah tangga terhadap sampah plastik,
dan
d. sosialisasi
kepada khalayak umum tentang peran bank sampah bagi lingkungan dan ekonomi
ibu ruah tangga.
5. Menyajikan hasil karya dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah (mengkomunikasi)
1. Peserta didik secara berkelompok mengirimkan surat penawarannya kepada
kelompok lain.
2. Peserta diskusi memberikan tanggapan hasil kerja kelompok lain secara tertulis
(kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi penawaran, kelengkapan
data, EYD, penggunaan kalimat, dan kelengkapan bagian-bagian surat) dan
menyampaikan kepada pihak kelompok.
3. Memberikan
penilaian hasil kerja kelompok lain.
4. Peserta didik
bersama kelompok memperbaiki surat-tawar menawar yang telah dikoreksi
kelompok lain.
5. Peserta didik
mengirimkan kepada pihak luar (ibu PKK, komunitas Remaja Masjid, ibu
posyandu, dsb).
|
60 menit
|
3
|
PENUTUP
7.
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat
rangkuman/simpulan kegiatan diskusi kelompok.
8.
Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan baik tentang proses maupun hasil yang dicapai dalam kegiatan
diskusi.
9.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran tentang negosiasi melalui surat-menyurat.
10. Guru melakukan penilaian berkenaan dengan diskusi kelompok negosiasi (praktik 2 dan produk
2)
11. Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk menerapkan
tawar-menawar kegiatan ajakan membuang sampah sembarangan melalui
surat-menyurat dalam kehidupan sehari-hari. (proyek 2)
12. Guru menutup pelajaran dengan
mengucapkan salam.
|
15 menit
|
G.
Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Sikap Melalui
Observasi
Penilaian Sikap Kegiatan Diskusi
Instrumen:
Format Pengamatan Sikap dalam Kegiatan
Praktikum/Diskusi
Peduli dan Proaktif
Indikator:
-
Mengikuti tahapan diskusi
dengan baik
-
Responsif terhadap
permasalahan sampah plastik
-
Mengajukan pertanyaan dan
menjawab pertanyaan dalam diskusi
-
Mampu berinteraksi dengan anggota
kelompok
Rubrik pemberian Skor :
4 = jika semua indikator dilakukan peserta
didik
3 = jika 3 indikator
dilakukan peserta didik
2 = jika 2 indikator dilakukan peserta didik
1 = jika 1 indikator dilakukan peserta didik
|
2. Instrumen Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tulis
Soal
Instrumen
Soal
a.
Buatlah surat
tawar-menawar tentang “Pengadaan program peduli sampah dan air di lingkungan
setempat”.
b.
Kirimlah surat
yang kalin buat kepada pihak yang bersangkutan!
|
2)
Tes Lisan
Instrumen:
Soal:
|
3)
Penugasan
Instrumen
Tugas 1:
Membuat transkrip dan translate teks negosiasi.
Tugas 2: Membuat
surat tawar-menawar.
|
3. Instrumen Penilaian
Kompetensi Keterampilan
a Penilaian
Proyek
Instrumen
1. Buatlah teks tawar menawar dalam kehidupan sehari-hari.
Format Penilaian Proyek 1
|
Instrumen
1. Buatlah teks tawar menawar dalam kehidupan sehari-hari.
Format Penilaian Proyek 2
|
b. Penilaian
Produk
Instrumen:
Susunlah teks negosiasi dengan runtut dan jelas.
Penilaian Produk 1
Pengembangan produk ada 3
tahapan yang perlu dinilai :
1. Tahap persiapn meliputi kemampuan peserta didik dan merencanakan,
menggali dan mengembangkan gagasan dan mendesain produk.
2. Tahap pembuatan produk meliputi penilaian kemampuan peserta didik dalam
menyeleksi dan menggunakan bahan, alat dan teknik.
3. Tahap penilian produk meliputi penilaian produk yang dihasilkan peserta didik seusuai kriteria yang
ditetapkan
|
Instrumen:
i.
Buatlah surat-tawar menawar tentang ajakan membuang sampah sembarangan.
ii.
Perhatikan
kelengkapan isi surat tawar menawar dari segi: a) struktur tawar-menawar, b)
kelengkapan bagian surat, dan c) kaidah penulisan!
Penilaian Produk 2
Pengembangan produk ada 3
tahapan yang perlu dinilai :
1. Tahap persiapn meliputi kemampuan peserta didik dan merencanakan,
menggali dan mengembangkan gagasan dan mendesain produk.
2. Tahap pembuatan produk meliputi penilaian kemampuan peserta didik dalam
menyeleksi dan menggunakan bahan, alat dan teknik.
3. Tahap penilian produk meliputi penilaian produk yang dihasilkan peserta didik seusuai kriteria yang
ditetapkan
|
c. Penilaian
Portofolio
Instrumen
Rubrik Penilaian Portofolio :
1.
Bila
mengumpulkan tepat waktu dan benar
nilai = 91 – 100
2. Bila
mengumpulkan tidak tepat waktu dan benar nilai = 80 – 90
3. Bila
mengumpulkan tepat waktu dan salah nilai = 70 – 79
4. Bila
mengumpulkan tidak tepat waktu dan salah nilai = 60 – 69
5.
Bila
tidak mengumpulkan = 0
|
H.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
·
Teks negosiasi
·
Partisipan
·
Email/pos
·
Internet
2. Alat
·
Laptop
·
LCD
·
Papan tulis
3. Sumber Pembelajaran
·
Kemendikbud. 2017. Bahasa
Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
·
Soedjito. Tanpa Tahun. Surat-Menyurat. Bandung: CV. Sinar Agung.
...., Maret 2018
Mengetahui,
Kepala
SMA/SMK Guru Mata Pelajaran
………….. …………………….
LAMPIRAN
1: MATERI TEKS NEGOSIASI
a.
Pengertian teks negosiasi
Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang
berfungsi untuk mencari penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang
mempunyai perbedaan kepentingan.
Teks negosiasi adalah teks yang menguraikan tentang
proses tawar-menawar oleh dua partisipan atau lebih untuk mencapai kesepakatan
bersama, baik berupa dialog maupun narasi.
b.
Ciri-ciri teks negosiasi
a) partisipanà biasanya
pihak yang menyampaikan pengajuan dan pihak yang menawar. Pada beberapa
negosiasi untuk memecahkan konflik dan pertikaian, ada partisipan ketiga yang
berperan sebagai perantara, penengah, dan pemandu.
b) Adanya
perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak.
c) Ada
pengajuan dan penawaran.
d) Ada
kesepakatan sebagai hasil negosiasi. Ketika tidak tercapai kesepakatan berarti
tidak terjadi negosiasi.
c.
Cara menyampaikan pengajuan penawaran
1. Pembeli
dan penjual bersikap sopan dalam menyampaikan pengajuan.
2. Pembeli
dan penjual tidak menekan pihak lain dalam menyampaikan pengajuan.
3. Pembeli
dan penjual menyertakan alasan dalam menyampaikan pengajuan.
4. Pembeli
dan penjual menyampaikan alasan dengan cara halus untuk membujuk pihak lain.
d.
Syarat tercapainya kesepakatan
1. Menerima
alasan yang disampaikan pihak lain.
2. Mengajukan
tuntutan sampai mencapai titik temu.
e.
Sapaan tuturan teks negosiasi
Sapaan/pasangan tuturan adalah tindakan saling memberi
pesan dan merespon antara partisipan dalam kegiatan negosiasi.
Berikut contoh-contoh pasangan tuturan dalam
negosiasi.
1. Mengucapkan
salam><menjawab salam
2. Bertanya><menjawab
dan tidak menjawab
3. Meminta
tolong>< memenuhi atau menerima permintaan
4. Meminta><memenuhi
atau menerima permintaan
5. Menawarkan><menerima
atau menolak tawaran
6. Mengusulkan><menerima
atau menolak usulan
f.
Pola-pola penyajian teks negosiasi
1. Berpola
dialog
2. Berpola
narasi
3. Berpola
surat-menyurat
Lampiran 2: Teks Negosiasi
Hobi yang
Menyenangkan
Yovi dan Esa adalah teman karib yang sama – sama
memiliki hobi mengoleksi action figure maupun gundam.
Selain itu mereka juga memiliki hobi bermain games. Percakapan ini
terjadi melalui telepon.
}
} Yovi : “Halo, selamat siang. Ini Yovi. Bisa bicara
dengan Esa?”
} Esa : “Halo, selamat siang. Dengan saya
sendiri. Ada apa
Yov?”
} Yovi : “Begini, kemarin aku baru membeli Gundam terbaru.
Kebetulan aku beli dua. Kamu mau membeli satu?”
} Esa : “Hmm, boleh juga tuh. Memang
berapa harganya?”
} Yovi : “Rp
200.000. Gimana?”
} Esa : “Wah, aku belum ada
uang. Gimana kalau aku barter dengan DVD game Monster
Girl Quest 3?”
} Yovi : “Wah boleh
juga tuh. Kebetulan aku lagi
cari game itu. Tapi itu DVDOriginal kan?”
} Esa : “Iya dong. Gimana?”
} Yovi : “Hmmm.
Gimana kalau dibarter dengan DVD game itu
plus Rp 50.000?”
} Esa :
“Ya udah, deal ya?”
} Yovi : “Oke. Kapan
bisa ketemuan?”
} Esa : “Minggu jam 08.00 WIB di alun –
alun ya?”
} Yovi : “Jangan, aku masih di Kampus. Jam 10.00 WIB
di Kedai Santai ya? Dekat SMP 1.”
} Esa :
“Ok. Tapi nanti aku traktir makan ya?”
} Yovi : “Siap,
datang aja besok Minggu ya, aku tunggu. Selamat siang.”
} Esa : “Ya, selamat siang.”
} Percakapan selesai, akhirnya
Esa dan Yovi menentukan kesepakatan bersama
RPP DAN MATERI PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN
2017/2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X (SMA/SMK)
1.
TEKS NEGOSIASI
2.
TEKS DEBAT
3.
TEKS BIOGRAFI
4.
TEKS PUISI
post stamps
ReplyDeleteusps postage
postage stamps