RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Wajib
Kelas /Semester : X/Genap
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Alokasi Waktu : 16 JP ( 4 Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses
pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
1.
Memahami
batasan debat
2.
Memahami
unsur-unsur debat.
3.
Memahami
tata cara debat
4.
Memahami
mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang
sedang berkembang
5.
Memahami
pendapat dan argumen disampaikan tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral
terhadap mosi.
6.
Memahami
ragam bahasa debat
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.12 Menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
3.13 Menganalisis isi debat
(permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan
|
3.12.1 Merumuskan batasan debat
3.12.2 Mengidentifikasi unsur-unsur debat.
3.12.3 Merumuskan tata cara debat
3.12.4 Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang berkembang
3.12.5 Mengnalisis pendapat dan argumen disampaikan tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral terhadap mosi.
3.13.1 Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
3.13.2 Mengidentifikasi ragam bahasa debat
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa
pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari
debat.
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang
dilengkapi argumen dalam berdebat.
|
4.12.1 Menyusun permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen pihak afirmasi,
pihak oposisi, dan pihak netral terhadap permasalahan.
4.12.2 Menyimpulkan hasil debat.
4.13.1
Menyusun mosi dari
permsalahan aktual
4.13.2
Menyusun pendapat
untuk mendukung atau menolak mosi
4.13.3
Melaksanakan debat
sesuai dengan peran yng ditetapkan
|
C. Materi
Pembelajaran
1. Fakta
Contoh-contoh
Teks debat
2.
Konsep
Ø
Ragam
bahasa debat
Ø
Unsur-unsur
debat
Ø
Isi
debat:
·
mosi/topik
permasalahan yang diperdebatkan;
·
pernyataan
sikap (mendukung atau menolak);
·
argumentasi
untuk mendukung sikap.
Ø
Pihak-pihak
pelaksana debat:
·
pihak
yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;
·
tim
afirmatif (yang setuju dengan mosi);
·
tim
oposisi yang tidak setuju dengan mosi);
·
pemimpin/wasit
debat (yang menjaga tata tertib)’
·
Penonton/
juri.
3.
Prinsip
·
Pelaksanaan
debat yang santun
4.
Prosedur
·
Merumuskan
mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang berkembang
·
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral
dalam debat
D. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning
E. Media
Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media
:
© Worksheet atau lembar kerja
(siswa)
© Lembar penilaian
© Laboratorium komputer
sekolah atau warnet
© Perpustakaan sekolah
2. Alat/Bahan
:
© Penggaris, spidol,
papan tulis
© Laptop & infocus
© Slide presentasi
(ppt)
F. Sumber
Belajar:
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa Indonesia.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3.
Buku teks pelajaran yang relevan
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik
dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang:
ª Menemukan Esensi Debat
© Merumuskan esensi debat;
© Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
© Merumuskan tata cara debat.
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok
belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat.
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat.
v Membaca
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
ª Peserta didik diminta membaca teks debat Bahasa Inggris VS Bahasa
Indonesia di Era globalisasi yang terdapat pada buku siswa halaman 232-233.
ª Peserta didik diminta membaca teks debat Penyerapan
Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam
Interaksi dengan Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman 179-182.
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat.
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª
Peserta
didik diminta menyimak teks debat
Bahasa Inggris VS Bahasa Indonesia di Era globalisasi yang terdapat pada
buku siswa halaman 232-233.
ª
Peserta
didik diminta menyimak teks debat Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti
Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain yang
terdapat pada buku siswa halaman 179-182.
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat.
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Membaca sumber
lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca
artikel tentang
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat.
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat.
v Aktivitas
ª Peserta didik diminta membaca teks debat Bahasa
Inggris VS Bahasa Indonesia di Era globalisasi pada buku siswa halman
176-177, kemudian peserta didik diminta untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan pada kolom berikut ini.
ª Peserta didik diminta membaca dan menyimak teks debat
Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia
dalam Interaksi dengan Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman
179-182, kemudian peserta didik diminta untuk megerjakan tugas-tugas
berikut ini.
1.
Sebutkan unsur-unsur dalam teks debat!
2.
Sebutkan unsur-unsur manusia (siapa saja) yang terdapat dalam
debat?
3.
Jelaskan peran masing-masing unsur manusia dalam debat!
4.
Pada teks debat di atas ada tim Netral. Dalam kegiatan debat,
seringkali tidak ada Tim Netral. Bagaimana pendapatmu?
5.
Namun debat pada dasarnya hampir sama dengan diskusi
membutuhkan moderator dan sekretaris. Dalam teks debat di atas, tidak tampak
adanya peran sekretaris. Menurut pendapatmu, apakah dalam debat dipelukan
seorang sekretaris? Jelaskan pendapatmu!
v Mempraktikan
v Mendiskusikan
ª Peserta didik diminta mendiskusikan hasil kerja Tugas
1 yang terdapat pada buku siswa halaman 178.Berdasarkan hasil diskusi
peserta di ajak untuk mendiskusikan tentang esensi debat.
ª Peserta didik diminta mendiskusikan Tata Cara Berdebat
yang Baik
v Saling tukar
informasi tentang :
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat.
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat.
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat.
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari
guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat.
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª Menemukan Esensi Debat
©
Merumuskan esensi debat;
©
Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
©
Merumuskan tata cara debat
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik
dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Menemukan Esensi Debat
© Merumuskan esensi debat;
© Mengidentifikasi unsur-unsur debat;
© Merumuskan tata cara debat
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang:
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
© Merumuskan mosi berdasarkan isu atau
permasalahan yang sedang berkembang
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam
debat
©
Menyimpulkan hasil
debat.
v
Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok
belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
v Membaca
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
ª Peserta didik diminta membaca penggalan debat yang
terdapat pada buku siswa halaman 185-186.
ª Peserta didik diminta membaca mosi yang terdapat pada
buku siswa halaman 188.
ª Peserta didik diminta membaca teks yang dirumpangkan
pada buku siswa halaman 192.
ª Peserta didik diminta membaca kembali teks debat
Bahasa Inggris sebagai Alat Penting di Era Globalisasi yang terdapat pada
buku siswa halaman 232-233.
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi,
dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab
pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Membaca sumber
lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca
artikel tentang
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
v Aktivitas
ª Peserta didik diminta membaca penggalan debat berikut
ini kemdian kerjakan soal-soal berikut ini.
ª Peserta didik diminta menyusun mosi dengan bertolak
dari tema-tema berikut ini.
ª Peserta didik diminta membaca mosi-mosi yang terdapat
pada tabel kolom dan menyampaikan pendapat tentang mosi. Lengkapi dengan
argument yang mendukung pedapmu.
ª Peserta didik diminta
membaca teks yang di rumpangkan yang terdapat pada buku siswa halaman
192, kemudian melengkapi bagian yang rumpang dengan kesimpulan yang tepat
dan tentukan cara penarikan kesimpulan yang kamu lakukan dengan menggunakan
tabel.
ª Peserta didik diminta membaca kembali teks debat
Bahasa Inggris sebagai Alat Penting di Era Globalisasi, kemudian buatlah
simpulan pendapat yang disampaikan (a) Tim afirmasi (b) tim oposisi (c) tim
netral.
v Mempraktikan
v Mendiskusikan
ª Peserta didik diminta membaca surat surat penawaran
yang terdapat pada buku siswa halaman 208 kemudian berdikusi untuk
menemukan isi surat tersebut yang menunjukan bahwa surat penawaran juga
termasuk teks negosiasi.
v Saling tukar
informasi tentang :
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
v Menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari
guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
v
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan
informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam
membuktikan :
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
©
Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
©
Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat
©
Menyimpulkan hasil debat
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik
dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Mengonstruksi Bagian-bagian dalam debat
© Merumuskan mosi berdasarkan isu atau
permasalahan yang sedang berkembang
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam
debat
© Menyimpulkan hasil debat.
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang:
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen
Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat
tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok
belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
©
Menganalisis
pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
©
Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
v Membaca
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
ª Peserta didik diminta membaca teks Penyerapan Kosa
Kata Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Berimteraksi dengan
Bahasa Lain yang terdapat pada buku siswa halaman 179-182.
ª Peserta didik diminta membaca teks debat Apakah Ponsel
Berbahaya? Yang terdapat pada buku siswa halaman 195-198.
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
v Mengumpulkan
informasi
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Membaca sumber
lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca
artikel tentang
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
v Aktivitas
ª Peserta didik diminta membaca Penyerapan Kosa Kata
Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan
Bahasa Lain kemudian kerjakan tugas-tugas berikut ini menggunakan tabel
berikut.
1.
Identifikasikanlah pendapat dan argumen yang disampaikan
masing-masing tim!
2.
Analisislah kekuatan dan kelemahan pendapat masing-masing pihak berdasarkan argumen
yang disampaikan.
ª Peserta didik diminta untuk membaca kembali teks debat
Penyerupaan Kosa Kata Bahasa Asing, Apakah Ponsel Berbahaya atau teks debat
lainya (termasuk dari rekaman video), kemudian temukanlah penggunaan ragam
bahasa tidak baku di dalam teks tersebut lalu analisilah penyebab
ketidakbakuan kalimat tersebut dan benahilah kalimat tidak baku tersebut
agar menjadi kalimat ragam baku menggunakan tabel berikut.
v Mempraktikan
v Mendiskusikan
v Saling tukar informasi tentang :
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari
guru terkait pembelajaran tentang:
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut
Pandang dan Argumen Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat tim afirmasi, tim
oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi
ragam bahasa debat.
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
© Peserta didik diminta
menganalisis kekuatan dan kelemahan pendapat yang di sampaikan oleh
masing-masing pihak yang berdebat yang terdapat pada buku siswa halaman 195.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
4. Pertemuan Ke-4 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran
peserta didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik
dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª Menganalisis Isi Debat (Permasalahan/ Isu, Sudut Pandang dan Argumen
Beberapa Pihak dan Simpulan)
© Menganalisis pendapat
tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
© Mengidentifikasi ragam bahasa debat.
v
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang:
ª Berlatih Praktik Debat
© Menyusun mosi.
© Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi.
© Melaksanakan debat sesuai peran yang telah
ditetapkan.
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok
belajar
v
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Orientasi peserta didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik
ª Berlatih Praktik Debat
© Menyusun mosi
© Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
© Melaksanakan debat sesuai peran yang telah ditetapkan
dengan cara :
v Melihat (tanpa atau
dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v Mengamati
lembar
kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
v Membaca
materi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
v Mendengar
pemberian
materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
v Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang :
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
|
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk
menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Membaca sumber
lain selain buku teks,
mengunjungi
laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca
artikel tentang
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
v Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
v Aktivitas
ª Peserta didik secara berkelompok diminta untuk
menyusun mosi berdasarkan dua berita Berita 1 dan Berita 2 yang terdapat
pada buku siswa halaman 201-202.
ª Peserta didik diminta untuk berlatih menyusun pendapat
baik yang mendukung maupun yang menentang mosi tersebut dengan menggunakan
mosi hasil kerja pada kegiatan 1 dengan berkelompok. Dalam debat, setiap
tim mengambil sikap sebagai pihak yang mendukung mosi (afirmasi) atau yang
menolak mosi (oposisi) menggunakan tabel berikut ini.
ª Peserta didik diminta untuk melakukan debat dengan
mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1.
Pembicara I dari kelompok afirmasi menyampaikan argumentasi
pembuka (Pemahaman topik, permasalahan, analisis) secara umum yang
menunjukkan bahwa mereka mendukung mosi.
2.
Pembicara I dari regu oposisi menyampaikan argumentasi pembuka
(Pemahaman topik, permasalahan, analisis) secara umum yang menunjukan
mereka tidk setuju dengan mosi.
3.
Pada babak pertama ini tidak diperkenankan melakukan
interupsi.
4.
Peserta II dari regu afirmasi menyampaikan dan memperkuat
argumentasi yang disampaikan pembicara I.
5.
Peserta II dari regu oposisi menyampaikan dan memperkuat
argumentasi yang disampaikan pembicara I.
6.
Peserta III dari regu afirmasi menyampaikan dan memperkuat
argumentasi yang disampaikan pembicara I dan II sekaligus menyampaikan
kesimpulan terhadap mosi.
7.
Peserta III dari regu oposisi menyampaikan dan memperkuat
argumentasi yang disampaikan pembicara I dan II sekaligus menyampaikan
kesimpulan terhadap mosi.
8.
Tim Lawan dapat melakukan interupsi dimulai pada Pembicara II,
dua menit setelah pembicara memaparkan argumentasi. Dengan maksimal dua
kali interupsi & waktu 30 detik pada satu kali interupsi. Interupsi
dilarang pada 1 menit terakhir.
9.
Pemberian interupsi harus atas seizin moderator.
10.
Waktu yang diberikan kepada setiap regu maksimal lima menit.
Laksanakanlah
debat sesuai dengan tata tertib yang telah disepakati.
v Mendiskusikan
v Saling tukar
informasi tentang :
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya atas
presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari
guru terkait pembelajaran tentang: ……
v Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v Peserta didik
mengerjakan beberapa soal mengenai
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
v Menambah keluasan
dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai
kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,
taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª Berlatih Praktik Debat
©
Menyusun mosi
©
Menyusun pendapat untuk mendukung dan menolak mosi
©
Melaksanakan
debat sesuai peran yang telah di tetapkan
|
|
150
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan pelajaran. tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a) Pilihan
ganda
b) Uraian/esai
2)
Tes Lisan
b. Penilaian
Kompetensi Keterampilan
1) Proyek,
pengamatan, wawancara’
ª Mempelajari
buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
ª Menyimak
tayangan/demo tentang materi pokok
ª Menyelesaikan
tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio
/ unjuk kerja
ª Laporan
tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b. Pertemuan
Kedua (Terlampir)
c. Pertemuan
Ketiga (Terlampir)
d. Pertemuan
Keempat (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
v
Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai
KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas
dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum
mencapai Kompetensi Dasar
ª Merumuskan mosi berdasarkan isu atau permasalahan yang sedang
berkembang
ª Menganalisis
pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat
v
Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik
yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai
berikut.
b. Pengayaan
v
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai
materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas
mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai
kesepakatan dengan peserta didik.
v
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang
membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª Menganalisis
pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat.
ª Mengidentifikasi
ragam bahasa debat
……………, …….2018
Mengetahui
Kepala SMA/SMK ….. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes Uraian
1.
.
2.
.
3.
.
4.
.
5.
.
Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman
Penskoran
Alternatif jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
|
2
|
2
|
|
2
|
3
|
|
2
|
4
|
|
2
|
5
|
|
2
|
|
Jumlah
|
10
|
Nilai =
Penilaian
Pengetahuan - Tes Tulis Uraian
|
Topik : ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
a.
………………….
b.
………………….
Jawaban :
a.
…………………
- …………………
Pedoman Penskoran
No
|
Jawaban
|
Skor
|
a.
|
|
|
b.
|
|
|
Skor maksimal
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
e.
dst.
Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman
Penskoran
Alternatif Jawaban
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
|
1
|
2
|
|
1
|
3
|
|
1
|
4
|
|
1
|
....
|
|
1
|
20
|
|
1
|
|
Jumlah
|
20
|
Nilai =
Penilaian
Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda
|
Topik : ………………….
Indikator : …………………..
Soal : ………………….
Jawaban :
a.
…………………
- …………………
- …………………
- …………………
- …………………
|
LEMBAR PENILAIAN
PENGETAHUAN (ANALISIS)- TES TERTULIS
NO
|
NAMA
|
PILIHAN GANDA
|
ESSAY
|
SKOR
|
NILAI
|
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
07
|
08
|
09
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
PG
|
E
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS
: . ……………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Pernyataan
|
Pengungkapan
gagasan yang
orisinil
|
Kebenaran Konsep
|
Ketepatan
penggunaan istilah
|
Dan lain sebaginya
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
|
Nama
Peserta
Didik
|
Pernyataan
|
Jumlah
|
Pengungkapan
gagasan yang orisinil
|
Kebenaran konsep
|
Ketepatan
penggunaan istilah
|
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
YA
|
TIDAK
|
Fitria
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Gina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
....
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN
Penilaian Pengetahuan - Penugasan
|
Mengidentifikasi …………………….
Tugas : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara
kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai media.
Indikator : membuat laporan hasil percobaan cara kerja
…………………….
Langkah Tugas :
1.
Lakukan observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan
informasi mengenai …………………….
2.
Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi
……………………., ……………………..
3.
Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama
teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a.
Jenis …………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran?
b.
Bagaimana yang terjadi?
c.
Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan?
4.
Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan
serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya
|
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Kelompok
|
9
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketepatan memilih
bahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan waktu
pengumpulan tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Kerapihan hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 4
= sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1 = kurang baik
NilaiPerolehan =
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA
Pekerjaan :
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
Tabel : Rubrik
Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat
|
Kriteria
|
4
|
Jawaban
menunjukkan penerapan konsep
mendasar yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban
benar, sesuai dengan
prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungan dengan tugas ini
|
3
|
Jawaban
menunjukkan penerapan konsep
mendasar yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban
benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikit kesalahan perhitungan dapat diterima
|
2
|
Jawaban
menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan
tugas ini.
Ciri-ciri:
Ada jawaban yang
benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan
permasalahan yang ditanyakan.
|
1
|
Jawaban hanya
menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuan bahasa Inggris yang berhubungan dengan
masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban salah,
atau
Jawaban benar
tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yang benar.
|
0
|
Tidak ada jawaban
atau lembar kerja kosong
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA
KELAS
: . …………..
No
|
Nama Siswa
|
Tingkat
|
Nilai
|
Ket.
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Pengamatan
Penilaian
Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik
|
Topik : ………………………..
KI : ………………………..
KD : ………………………..
Indikator : ………………………..
No
|
Nama
|
Persiapan
Percobaan
|
Pelaksanaan
Percobaan
|
Kegiatan Akhir
Percobaan
|
Jumlah Skor
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
….
|
|
|
|
|
|
No
|
Keterampilan yang
dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan)
|
30
|
- Alat-alat tertata
rapih sesuai dengan keperluannya
- Rangkaian alat
percobaan tersusun dengan benar dan tepat
- Bahan-bahan tersedia
di tempat yang sudah ditentukan.
|
20
|
Ada 2 aspek yang tersedia
|
10
|
Ada 1 aspek yang tersedia
|
2
|
Pelaksanaan Percobaan
|
30
|
- Menggunakan alat
dengan tepat
- Membuat bahan
percobaan yang diperlukan dengan tepat
- Menuangkan /
menambahkan bahan yang tepat
- Mengamati hasil
percobaan dengan tepat
|
|
|
20
|
Ada 3 aspek yang tersedia
|
10
|
Ada 2 aspek yang tersedia
|
3
|
Kegiatan akhir praktikum
|
30
|
- Membuang larutan atau sampah ketempatnya
- Membersihkan alat dengan baik
- Membersihkan meja praktikum
- Mengembalikan alat ke tempat semula
|
20
|
Ada 3 aspek yang tersedia
|
10
|
Ada 2 aspek yang tersedia
|
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK
Proyek :
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
Orientasi Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di
……………..mu. Ambil alat …………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap …………….
……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang
sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!
Langkah-langkah Pengerjaan:
1.
Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling
banyak 4 orang.
2.
Selesaikan masalah terkait ……………
3.
Cari data …………… dengan ……………….. tersebut
4.
Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
5.
Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut
6.
Hasil pemecahan masalah dibuat
dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi
perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan
masalah
7.
Laporan bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b)
persiapan/strategi untuk pemecahan masalah
8.
Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b)
proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil
9.
Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b)
pengembangan hasil pada masalah lain (jika memungkinkan)
10. Laporan dikumpulkan
paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan
Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria
|
Skor
|
· Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan
persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan
memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal
(nalar) dan penyajian data berbasis bukti
· Bagian pelaporan
memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil
pada masalah lain
· Kerjasama kelompok
sangat baik
|
4
|
· Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan
persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan
memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal
(nalar) dan penyajian data berbasis bukti
· Bagian pelaporan
memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan
hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok
sangat baik
|
3
|
· Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
· Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan
persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik,
pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang
berbasis bukti
· Bagian pelaporan
memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat
pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok
baik
|
2
|
· Jawaban tidak benar
· Laporan memuat
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
· Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan
persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
· Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik,
pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak
berbasis bukti
· Bagian pelaporan
memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat
pengembangan hasil pada masalah lain
· Kerjasama kelompok
kurang baik
|
1
|
Tidak melakukan
tugas proyek
|
0
|
Penilaian Keterampilan – Proyek
|
Mata Pelajaran : …………… Guru
Pembimbing : ……………
Nama Proyek : …………… Nama : ……………
Alokasi Waktu : …………… Kelas : ……………
No
|
Aspek
|
Skor
(1 – 5)
|
1
|
PERENCANAAN :
a. Rancangan Alat
- Alat dan bahan
- Gambar rancangan/desain
b. Uraian cara
menggunakan alat
|
|
2
|
PELAKSANAAN :
a. Keakuratan
Sumber Data / Informasi
b. Kuantitas dan
kualitas Sumber Data
c. Analisis Data
d. Penarikan
Kesimpulan
|
|
3
|
LAPORAN PROYEK :
a. Sistematika
Laporan
b. Performans
c. Presentasi
|
|
Total Skor
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PRODUK
Nama Produk : ………………………………..
Nama Peserta Didik : ………………………………..
No
|
Aspek
|
Skor
|
1
|
Perencanaan Bahan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Proses Pembuatan
a.
Persiapan Alat dan Bahan
b.
Teknik Pengolahan
c.
K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)
|
|
|
|
|
3
|
Hasil Produk
a.
Bentuk Fisik
b.
Bahan
c.
Warna
d.
Pewangi
e.
……..
|
|
|
|
|
Total Skor
|
|
|
|
|
|
Ø
Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat
Ø
Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban
yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan
skor.
LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
·
....................................................................................................................................................
Rubrik Penilaian
Nama siswa : ………………….
Kelas : ………………….
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1
|
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai
dengan rencana?
|
|
|
2
|
2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner
yang dibuat sesuai?
|
|
|
3
|
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur
pengukuran/pengamatan yang dilakukan?
|
|
|
4
|
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan
dilakukan secara benar?
|
|
|
5.
|
Apakah data dan fakta yang disajikan
akurat?
|
|
|
6.
|
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang
dibuat logis?
|
|
|
7.
|
Apakah tulisan dan diagram disajikan secara
menarik?
|
|
|
8.
|
Apakah bahasa yang digunakan untuk
menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Kriteria: 5 = sangatbaik, 4
= baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
Penilaian Keterampilan – Produk
|
Mata Pelajaran : …………… Nama
Peserta Didik : ……………
Nama Produk : …………… Kelas : ……………
Alokasi Waktu : ……………
No
|
Aspek
|
Skor
(1 – 5)
|
1
|
Tahap Perencanaan
Bahan
|
|
2
|
Tahap Proses
Pembuatan :
a. Persiapan alat
dan bahan
b. Teknik
Pengolahan
c. K3
(Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan)
|
|
3
|
Tahap Akhir
(Hasil Produk)
a. Bentuk fisik
b. Inovasi
|
|
Total Skor
|
|
|
Penilaian Keterampilan - Portofolio
|
Mata Pelajaran : …………………………..
Kelas/Semester : …………………………..
Peminatan : …………………………..
Tahun Ajaran : 2015/2016
Judul portofolio : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum
dan Penyusunan laporan praktikum
Tujuan : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan
praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
Ruang lingkup :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil
rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1
Uraian tugas
portofolio
1. Buatlah laporan
kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai
tulisan ilmiah
2. Setiap laporan
dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan
tugas
Penilaian
Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan Praktik
|
Mata Pelajaran : …………………
Alokasi Waktu :
Sampel yang dikumpulkan :
Laporan
Nama Peserta didik : …………………
Kelas : …………………
No
|
Indikator
|
Periode
|
Aspek yang
dinilai
|
Catatan / Nilai
|
Kebenaran
Konsep
|
Kelengkapan
gagasan
|
Sistematika
|
Tata Bahasa
|
1
|
….
|
….
|
|
|
|
|
|
2
|
Menyusun laporan perancangan
percobaan
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menyusun laporan praktikum
|
|
|
|
|
|
|
4
|
….
|
….
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian portofolio Laporan Praktikum
|
No
|
Komponen
|
Skor
|
1
|
Kebenaran Konsep
|
Skor 25 jika seluruh konsep bidang
studi pada laporan benar
Skor 15 jika sebagian konsep
bidang studi pada laporan benar
Skor 5 jika semua konsep bidang
studi pada laporan salah
|
2
|
Kelengkapan gagasan
|
Skor 25 jika kelengkapan gagasan
sesuai konsep
Skor 15 jika kelengkapan gagasan
kurang sesuai konsep
Skor 5 jika kelengkapan gagasan
tidak sesuai konsep
|
3
|
Sistematika
|
Skor 25 jika sistematika laporan
sesuai aturan yang disepakati
Skor 15 jika sistematika laporan
kuang sesuai aturan yang disepakati
Skor 5 jika sistematika laporan
tidak sesuai aturan yang disepakati
|
4
|
Tatabahasa
|
Skor 25 jika tatabahasa laporan
sesuai aturan
Skor 15 jika tatabahasa laporan
kuang sesuai aturan
Skor 5 jika tatabahasa laporan
tidak sesuai aturan
|
Keterangan:
Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 =
100
Nilai portofolio = 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=
x 4
|
|
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis
laporan dan menulis surat.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan
menulis surat.)
|
JUDUL
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
|
……………, 25
Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMA ….. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
0 komentar:
Post a Comment