03 December 2017

TEKS ULASAN FILM


PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/SMK
MENENTUKAN BAGIAN STRUKTUR TEKS ULASAN FILM
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Soal tersebut menanyakan bagian struktur teks ulasan film. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menentukan bagian teks.
teks ulasan (flm/drama) merupakan hasil interpretasi terhadap suatu tayangan atau pementasan drama/flm tertentu. 
Struktur teks terdiri atas tiga bagian, yaitu pengenalan isu atau tinjauan karya (flm/drama) yang di dalamnya berupa judul, sutradara, para pemain, termasuk gambaran isi karya itu sendiri, yakni yang biasa disebut sebagai sinopsis, pemaparan argumen, dan penilaian dan rekomendasi. 
Kutipan teks ulasan berisi tentang keunggulan dan kelemahan film “Beth” (pilihan jawaban A). Kalimat yang menyatakan keunggulan film adalah “Beth” sebagai film alternatif yang kaya makna. Kalimat yang menyatakan kelemahan film adalah “Beth” hanya mengambil satu setting yakni kehidupan di suatu rumah sakit jiwa.

RINGKASAN MATERI
STRUKTUR TEKS ULASAN
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia (2008), ulasan merupakan ‘kupasan’, ‘tafsiran’, atau ‘komentar’. teks ulasan (flm/drama) merupakan hasil interpretasi terhadap suatu tayangan atau pementasan drama/flm tertentu. Dengan ulasan tersebut, pembaca/penyimaknya menjadi terbantu di dalam memahami suatu tayangan. Dengan sinopsis, seseorang menjadi tahu isi ceritanya secara garis besar. Dengan membaca analisisnya, khalayak menjadi tahu struktur tayangan itu, sekaligus kelebihan dan kelemahannya.
Teks ulasan flm/drama memiliki struktur umum sebagai berikut.
A. Pengenalan isu atau tinjauan karya (flm/drama) yang di dalamnya berupa judul, sutradara,
para pemain, termasuk gambaran isi karya itu sendiri, yakni yang biasa disebut sebagai
sinopsis.
B. Pemaparan argumen, sebagai bagian inti teks, berisi analisis berkenaan dengan unsur-unsur karya berdasarkan prespektif tertentu. Pada bagian ini dikemukakan juga faktafakta pendukung untuk memperkuat argumen penulis/pembicara.
C. Penilaian dan rekomendasi, berisi timbangan keunggulan dan kelemahan flm/drama
yang diulas. Pada bagian ini dapat pula disertai saran-saran untuk khalayak terkait
dengan kepentingan pengapresiasiannya. (Kosasih, 2014: 203-206)
 

1 comment: