30 January 2018

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA : PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL USBN SD TAHUN 2018





BEDAH KISI-KISI/PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA

Kisi-Kisi USBN Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD/MI terdiri atas 32 indikator yang tercakup dalam  4 lingkup materi sebagai berikut.


1.            Membaca Nonsastra=11 indikator; 

2.            Membaca Sastra = 8 indikator;

3.            Menulis Terbatas = 7 indikator; dan 

4.            Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca = 6 indicator.


BEDAH KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SD

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

TAHUN PELAJARAN 2017/2018


No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
1.menentukan makna kata/istilah pada teks
Disajikan paragraf, siswa mampu meentukan makna kata/istilah dalam paragraf dengan tepat
1.       
2.menentukan
antonim/sinonim
Disajikan paragraf, siswa mampu meentukan makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat

2.       

Disajikan kalimat yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan sinonim/antonim kata yang dicetak miring dengan tepat
3.       

3.menggali informasi tersurat teks
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat jawaban dari kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat.
4.       
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat.
5.       
Disajikan teks laporan, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan isi laporan dengan tepat
6.       
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan kalimat utama paragraf dengan tepat
7.       
Aplikasi
• Menyimpulkan
• Menggunakan
konsep/prinsip
5.menentukan ide pokok teks
5. Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide pokok  paragraf dengan tepat.

8.       

6.menggali informasi tersirat teks
6. Disajikan paragraf, siswa mampu menyimpulkan isi paragraf dengan tepat.
9.       

7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
10.   
8.Mengidentifikasi jenis teks
Disajikan sebuah teks (deskripsi/narasi), siswa mampu menentukan jenis teks dengan tepat
11.   
Penalaran
• Mengevaluasi
• Membandingkan pola
(menganalisis)
• Menanggapi
9.memprediksi
kejadian berdasarkan isi teks
Disajikan sebuah teks yang berisi sebuah kondisi/peristiwa, siswa mampu menentukan kejadian berdasarkan isi teks
12.   
10.              membandingkan isi teks
Disajikan dua teks, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan isi dua teks dengan tepat
13.   

11.              melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
Disajikan penggalan teks berisi data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi tabel sesuai dengan data/informasi pada  teks dengan tepat.
14.   

2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
12.              Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
Disajikan teks drama, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks drama dengan tepat.
15.   
Disajikan teks cerita, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks cerita dengan tepat
16.   
Disajikan bait pantun, siswa mampu menentukan maksud/isi pantun dengan tepat
17.   
13.              menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat
18.   
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan watak tokoh pada kutipan dengan tepat
19.   
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan latar pada kutipan dengan tepat
20.   
14.              menentukan makna kata/simbol/kias
Disajikan teks syair , siswa mampu menentukan makna kata pada syair dengan tepat
21.   
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan makna kata simbol/kias pada kutipan  dengan tepat
22.   

Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

15.              menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
Disajikan kutipan drama/dialog, siswa mampu menentukan topik/tema dalam kutipan dengan  dengan tepat.
23.   
Disajikan teks cerita, siswa mampu menentukan simpulan cerita dengan tepat
24.   
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan makna bagian teks/kalimat dengan tepat
25.   
16.              menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
Disajikan kutipan teks sastra, siswa mampu menentukan konflik dalam kutipan teks dengan tepat.
26.   

Disajikan kutipan teks pantun, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
27.   

Disajikan kutipan teks cerita, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
28.   

Disajikan kutipan teks sastra, siswa mampu menentukan tema  dengan tepat.
29.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi

17.              Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat.
30.   
18.              menentukan nilai-nilai cerita
Disajikan kutipan cerita, siswa mampu menentukan nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat
31.   

19.              menentukan
keteladanan tokoh cerita
Disajikan teks cerita/biografi, siswa mampu menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh pada kutipan teks dengan tepat
32.   


3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
20.              Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat
33.   
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan ungkapan dengan tepat
34.   
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan peribahasa dengan tepat
35.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

21.              menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu  mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
36.   

Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
37.   

22.              menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
Disajikan gambar, siswa mampu menyusun kalimat deskripsi dengan tepat.
38.   
Disajikan ilustrasi, siswa mampu menyusun teks narasi sesuai ilustrasi dengan tepat
39.   
23.              melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
Disajikan teks laporan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat
40.   
Disajikan teks iklan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat
41.   
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kalimat dengan tepat
42.   
24.              melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
43.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi

25.              Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata tidak tepat, siswa mampu memperbaiki penulisan kata/istilah dengan tepat.
44.   
26.              memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
Disajikan sebuah paragraf dengan salah satu kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak tepat , siswa mampu memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat
45.   
4
Menyunting
kata/istilah, frase,
kalimat, paragraf,
ejaan, dan tanda baca
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
27.              Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat/paragraf yang salah satu kata tidak tepat, siswa mampu menunjukkan penulisan kata (huruf capital) yang tidak tepat.
46.   
28.              Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/paragraf yang salah penggunaan tanda baca, siswa mampu menunjukkan penggunaan tanda baca (titik, titik dua, koma) yang salah dengan tepat
47.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

29.              menggunakan ejaan
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata yang penulisannya tepat.
48.   
30.              menggunaan tanda baca
Disajikan teks surat pribadi yang kalimatnya diberi nomor, siswa mampu menentukan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut.
49.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi

31.              Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat yang salah satu katanya ditulis dengan salah, siswa mampu memperbaiki sesuai ejaan bahasa Indonesia yang tepat.
50.   
32.              Memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/ paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa mampu menentukan perbaikan penggunaan tanda baca dengan tepat.
51.   

UNDUH KISI-KISI USBN 2018 SD/MI DI SINI


BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim

  1. menggali informasi tersurat teks

  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

  1. menentukan ide pokok teks

  1. menggali informasi tersirat teks

  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks

  1. mengidentifikasi jenis teks

  1. memprediksi kejadian berdasarkan isi teks

  1. membandingkan isi teks

  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.  menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan 
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html

10 comments:

  1. terima kasih, materi ini bisa menjadi inspirasi, panduan gunamelatih siswa dalam menghadapi unsd 2018 yang sudah di ambang pintu, tepatnya tanggal 3,4,5 Mei 2018, semoga sukses.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, jika bermanfaat... aamiin, sukses juga untuk Bapak Nuryanto Hadi Darsono

    ReplyDelete
  3. Terima kasih,bahan referensi untuk latihan Persiapan siswa menghadapi USBN,semoga sukses

    ReplyDelete
  4. Referensi yang sangat bermanfaat bagi siswa dalam menghadapai USBN,Terima kasih dan sukses selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, trm kasih Pak Eddy Hursepuni, sukses untuk Bapak

      Delete
  5. Assalamualaikaum Pak, mohon ijin, kami membaca dan mengopi untuk bahan referensi membedah soal-soal USBN bersama anak-anak.doakan semoga ilmu bermanfaat dan barokah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sila, Pak. Kangguru, semoga bermanfaat, sukses buat Bapak dan anak didik Bapak. Terima kasih, aamiin yra

      Delete
  6. Kalau bisa IPA dan matematika juga makasih

    ReplyDelete