BEDAH KISI-KISI/PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA
Kisi-Kisi USBN Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
SD/MI terdiri atas 32 indikator yang tercakup dalam 4 lingkup materi sebagai berikut.
1. Membaca
Nonsastra=11 indikator;
2. Membaca
Sastra = 8 indikator;
3. Menulis
Terbatas = 7 indikator; dan
4. Menyunting
Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca = 6 indicator.
BEDAH KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SD
MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
No.
|
Aspek
|
Level Kognitif
|
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
|
1
|
Membaca Nonsastra
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
|
1.menentukan makna kata/istilah pada teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu meentukan makna kata/istilah dalam
paragraf dengan tepat
|
1.
|
|
2.menentukan
antonim/sinonim
|
Disajikan paragraf, siswa
mampu meentukan makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat
|
2.
|
||||
Disajikan kalimat yang
salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan sinonim/antonim
kata yang dicetak miring dengan tepat
|
3.
|
|||||
3.menggali informasi tersurat teks
|
Disajikan paragraf, siswa
mampu mengidentifikasi kalimat jawaban dari kalimat tanya (dengan kata tanya
apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi
paragraf dengan tepat.
|
4.
|
||||
Disajikan paragraf, siswa
mampu mengidentifikasi kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat.
|
5.
|
|||||
Disajikan teks laporan,
siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan isi laporan dengan tepat
|
6.
|
|||||
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
|
Disajikan paragraf, siswa
mampu menentukan kalimat utama paragraf dengan tepat
|
7.
|
||||
Aplikasi
• Menyimpulkan
• Menggunakan
konsep/prinsip
|
5.menentukan ide pokok teks
|
5. Disajikan paragraf,
siswa mampu menemukan ide pokok
paragraf dengan tepat.
|
8.
|
|||
6.menggali informasi
tersirat teks
|
6. Disajikan paragraf,
siswa mampu menyimpulkan isi paragraf dengan tepat.
|
9.
|
||||
7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks
|
Disajikan paragraf, siswa
mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
|
10.
|
||||
8.Mengidentifikasi
jenis teks
|
Disajikan sebuah teks
(deskripsi/narasi), siswa mampu menentukan jenis teks dengan tepat
|
11.
|
||||
Penalaran
• Mengevaluasi
• Membandingkan pola
(menganalisis)
• Menanggapi
|
9.memprediksi
kejadian
berdasarkan isi teks
|
Disajikan sebuah teks yang berisi sebuah kondisi/peristiwa, siswa
mampu menentukan kejadian berdasarkan isi teks
|
12.
|
|||
10.
membandingkan isi teks
|
Disajikan dua teks, siswa
mampu menentukan persamaan/perbedaan isi dua teks dengan tepat
|
13.
|
||||
11.
melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran
berdasarkan isi teks
|
Disajikan penggalan teks
berisi data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi
tabel sesuai dengan data/informasi pada teks dengan tepat.
|
14.
|
||||
2
|
Membaca Sastra
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
|
12.
Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
|
Disajikan teks drama,
siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks drama dengan
tepat.
|
15.
|
|
Disajikan teks cerita,
siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks cerita dengan
tepat
|
16.
|
|||||
Disajikan bait pantun,
siswa mampu menentukan maksud/isi pantun dengan tepat
|
17.
|
|||||
13.
menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh,
latar, watak tokoh)
|
Disajikan kutipan cerita ,
siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat
|
18.
|
||||
Disajikan kutipan cerita
, siswa mampu menentukan watak tokoh pada kutipan dengan tepat
|
19.
|
|||||
Disajikan kutipan cerita
, siswa mampu menentukan latar pada kutipan dengan tepat
|
20.
|
|||||
14.
menentukan makna kata/simbol/kias
|
Disajikan teks syair ,
siswa mampu menentukan makna kata pada syair dengan tepat
|
21.
|
||||
Disajikan kutipan cerpen,
siswa mampu menentukan makna kata simbol/kias pada kutipan dengan tepat
|
22.
|
|||||
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
15.
menggali informasi tersirat dalam karya sastra
(menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
|
Disajikan kutipan drama/dialog,
siswa mampu menentukan topik/tema dalam kutipan dengan dengan tepat.
|
23.
|
|||
Disajikan teks cerita,
siswa mampu menentukan simpulan cerita dengan tepat
|
24.
|
|||||
Disajikan kutipan teks
yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan makna
bagian teks/kalimat dengan tepat
|
25.
|
|||||
16.
menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik,
amanat, tema)
|
Disajikan kutipan teks
sastra, siswa mampu menentukan konflik dalam kutipan teks dengan tepat.
|
26.
|
||||
Disajikan kutipan teks
pantun, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
|
27.
|
|||||
Disajikan kutipan teks
cerita, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
|
28.
|
|||||
Disajikan kutipan teks
sastra, siswa mampu menentukan tema dengan tepat.
|
29.
|
|||||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
|
17.
Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
|
Disajikan dua kutipan
teks sastra sejenis (fabel), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai)
dua kutipan dengan tepat.
|
30.
|
|||
18.
menentukan nilai-nilai cerita
|
Disajikan kutipan cerita,
siswa mampu menentukan nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat
|
31.
|
||||
19.
menentukan
keteladanan tokoh cerita
|
Disajikan teks
cerita/biografi, siswa mampu menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari
tokoh pada kutipan teks dengan tepat
|
32.
|
||||
3
|
Menulis Terbatas
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
|
20.
Melengkapi kalimat/teks dengan
istilah/kata/ungkapan/peribahasa
|
Disajikan kalimat/teks
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat
|
33.
|
|
Disajikan kalimat/teks
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan ungkapan dengan tepat
|
34.
|
|||||
Disajikan kalimat/teks
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan peribahasa dengan tepat
|
35.
|
|||||
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
21.
menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat
sesuatu)
|
Disajikan lima kalimat
eksposisi secara acak, siswa mampu
mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
|
36.
|
|||
Disajikan lima kalimat
prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks
prosedur dengan tepat.
|
37.
|
|||||
22.
menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
|
Disajikan gambar, siswa
mampu menyusun kalimat deskripsi dengan tepat.
|
38.
|
||||
Disajikan ilustrasi,
siswa mampu menyusun teks narasi sesuai ilustrasi dengan tepat
|
39.
|
|||||
23.
melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan,
pidato)
|
Disajikan teks laporan
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang
tepat
|
40.
|
||||
Disajikan teks iklan yang
dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat
|
41.
|
|||||
Disajikan teks pidato
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kalimat dengan tepat
|
42.
|
|||||
24.
melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
|
Disajikan penggalan teks yang
dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata bentukan
(kata berimbuhan) dengan tepat.
|
43.
|
||||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
|
25.
Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
|
Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata tidak tepat,
siswa mampu memperbaiki penulisan kata/istilah dengan tepat.
|
44.
|
|||
26.
memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
|
Disajikan sebuah paragraf
dengan salah satu kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak tepat ,
siswa mampu memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat
|
45.
|
||||
4
|
Menyunting
kata/istilah, frase,
kalimat, paragraf,
ejaan, dan tanda baca
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
|
27.
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan
kalimat/paragraf yang salah satu kata tidak tepat, siswa mampu menunjukkan penulisan
kata (huruf capital) yang tidak tepat.
|
46.
|
|
28.
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan
kalimat/paragraf yang salah penggunaan tanda baca, siswa mampu menunjukkan
penggunaan tanda baca (titik, titik dua, koma) yang salah dengan tepat
|
47.
|
||||
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
29.
menggunakan ejaan
|
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian
rumpang dengan kata yang penulisannya tepat.
|
48.
|
|||
30.
menggunaan tanda baca
|
Disajikan teks surat
pribadi yang kalimatnya diberi nomor, siswa mampu menentukan tanda baca yang
tepat pada kalimat tersebut.
|
49.
|
||||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
|
31.
Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan kalimat yang
salah satu katanya ditulis dengan salah, siswa mampu memperbaiki sesuai ejaan
bahasa Indonesia yang tepat.
|
50.
|
|||
32.
Memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda
baca
|
Disajikan kalimat/
paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa mampu
menentukan perbaikan penggunaan tanda baca dengan tepat.
|
51.
|
UNDUH KISI-KISI USBN 2018 SD/MI DI SINI
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018:
KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA
A.
Ruang Lingkup Materi Membaca
Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali informasi tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan ide pokok teks
- menggali informasi tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi
tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan informasi
tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi
tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26. Memperbaiki
tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH,
FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.
menunjukkan kesalahan penggunaan tanda
baca
29.menggunakan
ejaan
30.menggunaan
tanda baca
31.memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca
BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html
terima kasih, materi ini bisa menjadi inspirasi, panduan gunamelatih siswa dalam menghadapi unsd 2018 yang sudah di ambang pintu, tepatnya tanggal 3,4,5 Mei 2018, semoga sukses.
ReplyDeleteAlhamdulillah, jika bermanfaat... aamiin, sukses juga untuk Bapak Nuryanto Hadi Darsono
ReplyDeleteTerima kasih,bahan referensi untuk latihan Persiapan siswa menghadapi USBN,semoga sukses
ReplyDeleteterima kasih juga, salam sukses
DeleteReferensi yang sangat bermanfaat bagi siswa dalam menghadapai USBN,Terima kasih dan sukses selalu...
ReplyDeleteAamiin, trm kasih Pak Eddy Hursepuni, sukses untuk Bapak
DeleteAssalamualaikaum Pak, mohon ijin, kami membaca dan mengopi untuk bahan referensi membedah soal-soal USBN bersama anak-anak.doakan semoga ilmu bermanfaat dan barokah..
ReplyDeleteSila, Pak. Kangguru, semoga bermanfaat, sukses buat Bapak dan anak didik Bapak. Terima kasih, aamiin yra
DeleteKalau bisa IPA dan matematika juga makasih
ReplyDeletemakasih banget kak mambantu banget kak
ReplyDeletesurah al kafirun