25 January 2018

KALIMAT TIDAK PADU DALAM PARAGRAF



Mengidentifikasi Kalimat Tidak Padu dalam Paragraf 
Kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak memiliki korelasi dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf. Kalimat tidak padu juga seringkali bertentangan dengan ide paragraf yang hendak disampaikan. Kalimat ini bisa saja terjadi karena kesalahan penulisan pada saat menyisipkan gagasan ke dalam kalimat. Berikut beberapa ciri dari kalimat tidak padu :
a. Kalimat tidak padu seingkali bertentangan dengan ide pokok pada kalimat utama dalam paragraf. Jika pembaca mencermati tiap kalimat pada paragraf, maka akan dengan mudah mengidentifikasi kalimat tak padu tersebut.
b. Kalimat tidak padu jika diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atau tidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraf.
c. Kalimat tak padu seringkali keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat.

Hal-hal yang harus dilakukan guna mengidentifikasikan kalimat sumbang adalah terlebih dahulu menentukan kalimat utama yang memuat ide pokok paragraf. Setelah itu tentukan beberapa kaliama penjelas yang mendukung serta berkesesuaian dengan kalimat utama. Jika terdapat kalimat yang tidak sambung dengan kalimat utama dan penjelas, maka dapat dipastikan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat tidak padu.

Contoh Kalimat Tak Padu
Contoh 1 :
(1)Andi adalah anak yang cerdas. (2)Tak heran jika dirinya selalu mendapatkan peringkat pertama di kelasnya. (3)Beberapa kali juga ia sempat mewakili sekolahnya dalam ajang perlombaan cerdas cermat ataupun olimpiade sains. (4)ia juga sering memboyong banyak tropi dalam beberapa event perlombaan sejenis Lomba Cepat Tepat (LCT). (5)Karena dianggap sebagai siswa yang cerdas, ia sering dimintai tolong oleh gurunya untuk membimbing teman-temannya yang merasa kesulitan dalam hal materi pelajaran sekolah. (6)Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu lalu. (7)Di tahun terakhir sekolahnya ia tak lagi bingung untuk mencari tempat berkuliah. (8)Ia telah diterima di salah satu pergutuan tinggi negeri terkemuka di Indonesia dan mendapatkan beasiswa penuh selama studi.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Andi adalah anak yang cerdas“ merupakan kalimat utama yang memuat ide pokok paragraf. Kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada kalimat nomor 6 yakni “Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu lalu.” Kalimat tersebut menyimpang dari fokus masalah yang dibahas pada kalimat utama dan kalimat penjelas.
Contoh soal UN 2016/2017 SMA/MA dan pembahasan  


Kunci Jawaban : D
Pembahasan: 
Kalimat yang tidak padu pada paragraf di atas adalah kalimat nomor 4. Paragraf di atas memiliki ide pokok varietas baru sorgum. Penjelasan yang berkaitan dengan ide pokok adalah nama, ciri-ciri, dan keunggulan verietas atau jenis baru sorgum (kalimat nomor 2, 3, dan 5). Sedangkan kalimat nomor 4 berisi kelemahan sorgum dibandingkan dengan padi. Dengan demikian, kalimat nomor 4 tidak mendukung ide pokok paragraf dan merupakan kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut.
Contoh soal UN SMP/MTs 2016/2017

Kunci Jawaban: B
Pembahasan

Perbaikan paragraf tersebut supaya padu adalah dengan menghilangkan kalimat nomor (2) Harga BBM semakin hari semakin murah (pilihan jawaban B). Kalimat tersebut tidak mendukung ide pokok dan tidak sesuai dengan isi kalimat-kalimat lain dalam paragraf, yaitu tentang keterkaitan program mobil murah dan ramah lingkungan dengan meningkatnya subsidi BBM. Di samping itu, isi kalimat (2) yang menyatakan harga BBM semakin hari semakin murah tidak sesuai dengan kenyataan di masyarakat yang menunjukkan harga BBM semakin hari semakin mahal.

18 comments:

  1. Sangat brmanfaat,suka aja sama soal trus langsung ada pembahasannya, jdi betul" memahami di mna letak kesalahan

    ReplyDelete
  2. Mksh kak,penjelasan nya sangat mudah di pahami

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Kak. Penjelasannya mudah serta cepat dipahami.

    ReplyDelete