CAKUPAN
MATERI KOMPETENSI PROFESIONAL OGN 2018 MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
1.
Menangkap makna teks interaksi interpersonal dan transaksional lisan:
a.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga
b.
Teks interaksi interpersonal lisan yang melibatkan tindakan memberikan ucapan
selamat
c.
Teks interaksi interpersonal lisan sederhana yang melibatkan tindakan memuji
bersayap
d.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
e.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di
waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya
f.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait saran
g.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait tawaran
h.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pendapat
i.
Teks interaksi interpersonal lisanyang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan
menanggapinya
j.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran
2.
Menangkap makna teks khusus lisan:
Teks
khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) lisan
3.
Menangkap makna teks fungsional lisan:
a.
Teks news items lisan dalam bentuk berita radio
b.
Teks prosedur lisan dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan
kiat-kiat (tips)
c.
Teks eksposisi analitis lisan terkait isu aktual
4.
Menyusun teks interaksi lisan (secara tidak langsung):
a.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga
b.
Teks interaksi interpersonal lisan yang melibatkan tindakan memberikan ucapan
selamat
c.
Teks interaksi interpersonal lisan yang melibatkan tindakan memuji bersayap
d.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan
e.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di
waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya
f.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait saran
g.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait tawaran
h.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pendapat
i.
Teks interaksi interpersonal lisanyang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan
menanggapinya
j.
Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran
5.
Menangkap makna teks khusus tulis:
a.
Teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) tulis
b.
Teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara
lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja
6.
Menangkap makna teks fungsional tulis
KISI-KISI
OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)
CAKUPAN
MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN
1.
Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif
peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal
peserta didik.
2.
Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk
kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori belajar dan pembelajaran,
strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang
ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan
strategi yang dipilih.
3.
Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan
pembelajaran yang kondusif.
4.
Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses
dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis
hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan
belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk
perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
5.
Pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru:
pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik.
(Dikutip
dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah
Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)
ada brp buah soal OGN bahasa Inggris SMA yaa? pilihan ganda atau uraian? trus,ada listening juga kah?
ReplyDeleteTahun kemarin seleksi provinsi: 100 soal, waktu 120 menit, PG, tidak ada uraian, tanpa listening, kompetensi professional 80 persen, pedagogic 20 persen...
DeleteUntuk tes OGN ditingkat provinsi materi tesnya meliputi apa saja ya?
ReplyDeleteMateri soal profesi saja apa dengan pedagogik?
Kduanya ..profesi dan pedagogik... lebih banyak profesi (kurang lebih 80 persen). Baca lebih jelas di PEDOMAN, karena setiap tahunnya berbeda
Delete