09 January 2018

KISI-KISI OGN 2018 BIMBINGAN KONSELING


KISI-KISI OGN 2018 BIMBINGAN KONSELING

1. Menguasai ilmu pendidikan untuk praksis bimbingan dan konseling

2. Menguasai ilmu bimbingan dan konseling dan landasan keilmuannya

3. Menguasai teori asesmen dalam bimbingan dan konseling

4. Mengimplementasikan prinsip-prinsip pendidikan dan pembelajaran secara kontekstual dalam praksis bimbingan dan konseling

5. Menganalisis target capaian perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir peserta didik

6. Menerapkan strategi, pendekatan, teknik, dan metode dalam memfasilitasi perkembangan pribadi, sosial, belajar dan karir peserta didik.

7. Mengevaluasi tingkat capaian perkembangan pribadi, sosial, belajar dan karir peserta didik.

8. Menguasai konsep, pendekatan, teknik, dan metode keilmuan bimbingan dan konseling.

9. Menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode keilmuan bimbingan dan konseling.

10. Menguasai strategi layanan bimbingan dan konseling secara individual, kelompok, klasikal, dan lintas kelas atau kelas besar.

11. Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan formal, nonformal, informal

12. Menguasai metodologi penelitian dalam bimbingan dan konseling.


KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)

CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN

1. Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.

2. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependidikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.

3. Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.

4. Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.

5. Pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik.

(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)




0 komentar:

Post a Comment