KISI-KISI OGN 2018 MATA PELAJARAN
SENI BUDAYA SMA/SMK/SMALB
1. Seni
musik: Unsur Musik, bentuk dan Nilai Not, Tanda Dinamik, Akor/Trinada, Struktur
Lagu, Solfegio dan Bayangan Nada, Tangganada, Letak dan Nama Nada, Teknik
Vokal, Karakteristik lagu daerah, Mendireksi, Musik tradisional Nusantara,
Musik Ansambel, Tokoh Musik Nasional, Lagu daerah
2. Seni
tari: Tari tradisional berdasar jenis dan fungsinya, Eksplorasi gerak tari gaya
tradisional berdasarkan makna, simbol, dan nilai estetis, Improvisasi gerak
tari gaya tradisional berdasarkan jenis dan fungsi, Gerak Tari Gaya , Kreasi,
Pembelajaran Musik Kreatif
3. Seni Teater: Arti teater, Prosedur penyajian
pembelajaran teater, Ruang lingkup teater tradisi, Tugas sutradara teater,
Perlengkapan struktur baku sebuah teater, Aspek-aspek teater, Urutan plot dalam
teater, Struktur teater, Jenis teks teater, Teknik pemilihan peran dalam
teater, Fungsi iringan dalam teater, Syarat menjadi actor teater, Lakon teater tradisional,
Nama kelompok teater, Nama tokoh sutradara teater, Daya kepekaan actor teater,
Latihan akting aktor teater, Langkah latihan akting, Bentuk latihan acting
teater, Teknik menjadi aktor teater, Macam Rias dalam permainan teater,
Karakteristik alat tatarias teater, Klasifikasi tata rias, Tujuan mengenakan
bentuk kostum pemain teater, Tata lampu (lighting), Klasifikasi tata sinar
lampu (lighting) dalam pertunjukan teater, Jenispentasteater modern, Salah satu
judul lakon teater modern, Bentuk aliran dekorasi dalam pertunjukan teater,
Motif komposisi pentas teater, Bentuk pertunjukan teater,
4. Seni
Rupa: Tahapan apresiasi seni dan budaya, Jenis cat, Gaya karya seni rupa, Ragam
seni rupa, Unsur dasar dalam seni rupa, Unsur fisik seni rupa, Jenis seni rupa,
Proses menggambar dalam seni rupa, Contoh gambar dua dimensi, Teknik membatik,
Pemanfaatan media elektronik dalam seni rupa, Ragam seni rupa, Ragam bentuk
gambar, Ragam fungsi ukiran, Aliran seni rupa, Cabang seni rupa.
KISI-KISI
OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)
CAKUPAN
MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN
1.
Pemahaman peserta didik secara
mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip
kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.
2.
Perancangan pembelajaran, termasuk
pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan
kependi-dikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan
karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar,
serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
3.
Pelaksanaan pembelajaran: penataan
latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.
4.
Perancangan dan pelaksanaan evaluasi
pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara
berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan
hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning),
dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program
pembelajaran secara umum.
5.
Pengembangan potensi peserta didik
untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan berbagai potensi
akademik dan nonakademik peserta didik.
(Dikutip
dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah
Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)
0 komentar:
Post a Comment