Kisi-Kisi
USBN Tahun 2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD/MI terdiri atas 32 indikator
yang tercakup dalam 4 lingkup materi sebagai berikut.
yang tercakup dalam 4 lingkup materi sebagai berikut.
1. Membaca Nonsastra=11 indikator;
2. Membaca Sastra = 8 indikator;
3. Menulis Terbatas = 7 indikator; dan
4. Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca =
6 indikator.
Berikut
dikembangkan kisi-kisi try out atau uji coba USBN SD/MI tahun 2018
KISI-KISI
UJI COBA USBN SD/MI TAHUN 2018
MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
No.
|
Aspek
|
Level Kognitif
|
Indikator Materi
|
Indikator Soal
|
No soal
|
Bentuk Soal
|
|
1
|
Membaca Nonsastra
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
|
1.menentukan makna kata/istilah pada teks
|
Disajikan paragraf, siswa mampu meentukan makna kata/istilah dalam
paragraf dengan tepat
|
1.
|
PG
|
|
2.menentukan
antonim/sinonim
|
Disajikan paragraf, siswa
mampu meentukan makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat
|
2.
|
PG
|
||||
Disajikan kalimat yang
salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan sinonim/antonim
kata yang dicetak miring dengan tepat
|
3.
|
PG
|
|||||
3.menggali informasi tersurat teks
|
Disajikan paragraf, siswa
mampu mengidentifikasi kalimat tanya/ jawaban dari kalimat tanya (dengan kata
tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan
isi paragraf dengan tepat.
|
4.
|
PG
|
||||
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
|
Disajikan paragraf, siswa
mampu menentukan kalimat utama paragraf dengan tepat
|
5.
|
PG
|
||||
Aplikasi
• Menyimpulkan
• Menggunakan
konsep/prinsip
|
5.menentukan ide pokok teks
|
5. Disajikan paragraf,
siswa mampu menemukan ide pokok
paragraf dengan tepat.
|
6.
|
PG
|
|||
6.menggali informasi
tersirat teks
|
6. Disajikan paragraf,
siswa mampu menyimpulkan isi paragraf dengan tepat.
|
7.
|
PG
|
||||
7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks
|
Disajikan paragraf, siswa
mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf
|
8.
|
PG Uraian
|
||||
8.Mengidentifikasi
jenis teks
|
Disajikan sebuah teks
(deskripsi/narasi), siswa mampu menentukan jenis teks dengan tepat
|
9.
|
PG
|
||||
Penalaran
• Mengevaluasi
• Membandingkan pola
(menganalisis)
• Menanggapi
|
9.memprediksi
kejadian
berdasarkan isi teks
|
Disajikan sebuah teks yang berisi sebuah kondisi/peristiwa, siswa
mampu menentukan kejadian berdasarkan isi teks
|
10.
|
PG
|
|||
10.
membandingkan isi teks
|
Disajikan dua teks, siswa
mampu menentukan persamaan/perbedaan isi dua teks dengan tepat
|
11.
|
PG Uraian
|
||||
11.
melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran
berdasarkan isi teks
|
Disajikan penggalan teks
berisi data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi
tabel sesuai dengan data/informasi pada teks dengan tepat.
|
12.
|
PG
|
||||
2
|
Membaca Sastra
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
|
12.
Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
|
Disajikan teks sastra (pantun,
cerita prosa/ drama), siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan
isi teks drama dengan tepat.
|
13.
|
PG
|
|
13.
menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh,
latar, watak tokoh)
|
Disajikan kutipan cerita ,
siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat
|
14.
|
PG
|
||||
Disajikan kutipan cerita
, siswa mampu menentukan watak tokoh pada kutipan dengan tepat
|
15.
|
PG
|
|||||
Disajikan kutipan cerita
, siswa mampu menentukan latar pada kutipan dengan tepat
|
16.
|
PG
|
|||||
14.
menentukan makna kata/simbol/kias
|
Disajikan teks syair/cerita
, siswa mampu menentukan makna kata pada syair dengan tepat
|
17.
|
PG
|
||||
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
15.
menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/
memaknai bagian teks )
|
Disajikan kutipan drama/dialog,
siswa mampu menentukan topik/tema dalam kutipan dengan dengan tepat.
|
18.
|
PG
|
|||
Disajikan teks cerita,
siswa mampu menentukan simpulan cerita dengan tepat
|
19.
|
PG
|
|||||
Disajikan kutipan teks
yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan makna
bagian teks/kalimat dengan tepat
|
20.
|
PG
|
|||||
16.
menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik,
amanat, tema)
|
Disajikan kutipan teks
sastra, siswa mampu menentukan konflik dalam kutipan teks dengan tepat.
|
21.
|
PG
|
||||
Disajikan kutipan teks
pantun, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
|
22.
|
PG
|
|||||
Disajikan kutipan teks
cerita, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
|
23.
|
PG
|
|||||
Disajikan kutipan teks
sastra, siswa mampu menentukan tema dengan tepat.
|
24.
|
PG
|
|||||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
|
17.
Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
|
Disajikan dua kutipan
teks sastra sejenis (fabel), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai)
dua kutipan dengan tepat.
|
25.
|
PG
|
|||
18.
menentukan nilai-nilai cerita
|
Disajikan kutipan cerita,
siswa mampu menentukan nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat
|
26.
|
PG Uraian
|
||||
19.
menentukan
keteladanan tokoh cerita
|
Disajikan teks
cerita/biografi, siswa mampu menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari
tokoh pada kutipan teks dengan tepat
|
27.
|
PG
|
||||
3
|
Menulis Terbatas
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
|
20.
Melengkapi kalimat/teks dengan
istilah/kata/ungkapan/peribahasa
|
Disajikan kalimat/teks
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat
|
28.
|
PG
|
|
Disajikan kalimat/teks
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan ungkapan dengan tepat
|
29.
|
PG
|
|||||
Disajikan kalimat/teks
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan peribahasa dengan tepat
|
30.
|
PG
|
|||||
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
21. menyusun berbagai
petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
|
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan
kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
|
31.
|
PG
|
|||
22. menyusun berbagai
teks (deskripsi, narasi)
|
Disajikan gambar, siswa
mampu menyusun kalimat deskripsi dengan tepat.
|
32.
|
PG Uraian
|
||||
Disajikan ilustrasi,
siswa mampu menyusun teks narasi sesuai ilustrasi dengan tepat
|
33.
|
PG
|
|||||
23. melengkapi berbagai
jenis teks (laporan, iklan, pidato)
|
Disajikan teks laporan
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang
tepat
|
34.
|
PG
|
||||
Disajikan teks iklan yang
dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat
|
35.
|
PG
|
|||||
Disajikan teks pidato
yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kalimat dengan tepat
|
36.
|
PG
|
|||||
24. melengkapi
kalimat/teks dengan kata bentukan
|
Disajikan penggalan teks yang
dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata bentukan
(kata berimbuhan) dengan tepat.
|
37.
|
PG
|
||||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
|
25. Memperbaiki
penulisan/penggunaan istilah/kata
|
Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata tidak tepat,
siswa mampu memperbaiki penulisan kata/istilah dengan tepat.
|
38.
|
PG
|
|||
26. memperbaiki tata
kalimat dalam paragraf
|
Disajikan sebuah paragraf
dengan salah satu kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak tepat ,
siswa mampu memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat
|
39.
|
PG
|
||||
4
|
Menyunting
kata/istilah, frase,
kalimat, paragraf,
ejaan, dan tanda baca
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai
|
27. Menunjukkan
kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan
kalimat/paragraf yang salah satu kata tidak tepat, siswa mampu menunjukkan penulisan
kata (huruf capital) yang tidak tepat.
|
40.
|
PG
|
|
28. Menunjukkan
kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan
kalimat/paragraf yang salah penggunaan tanda baca, siswa mampu menunjukkan
penggunaan tanda baca (titik, titik dua, koma) yang salah dengan tepat
|
41.
|
PG Uraian
|
||||
Aplikasi
-
Menyimpulkan
-
Menggunakan konsep/prinsip
|
29. menggunakan ejaan
|
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian
rumpang dengan kata yang penulisannya tepat.
|
42. 38
|
PG
|
|||
30. menggunaan tanda
baca
|
Disajikan teks surat
pribadi yang kalimatnya diberi nomor, siswa mampu menentukan tanda baca yang
tepat pada kalimat tersebut.
|
43.
|
PG
|
||||
Penalaran
-
Mengevaluasi
-
Membandingkan pola (menganalisis)
-
Menanggapi
|
31. Memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan
|
Disajikan kalimat yang
salah satu katanya ditulis dengan salah, siswa mampu memperbaiki sesuai ejaan
bahasa Indonesia yang tepat.
|
44. 47
|
PG
|
|||
32. Memperbaiki
penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
|
Disajikan kalimat/
paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa mampu
menentukan perbaikan penggunaan tanda baca dengan tepat.
|
45.
|
PG
|
UNDUH KISI-KISI USBN SD DI SINI
UNDUH BEDAH KISI-KISI/PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL USBN DI SINI
UNDUH BEDAH KISI-KISI/PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL USBN DI SINI
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali informasi tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan ide pokok teks
- menggali informasi tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html
thks infonya..mohon dilanjut sampe no 45
ReplyDelete