MENGGALI INFORMASI TERSURAT TEKS
Bacaan atau
paragraf memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah
informasi yang tertulis secara jelas dalam bacaan. Informasi tersirat adalah
informasi yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi.
Langkah-langkah menentukan
pertanyaan/jawaban sesuai isi teks.
1.
Bacalah dengan cermat kutipan teks.
2.
Pahamilah isi teks dengan benar.
3.
Tentukan pertanyaan/jawaban sesuai
dengan isi teks.
Berikut kalimat
pertanyaan dan jawaban atas pertanyaan berkaitan isi teks.
a.
Apa (what) peristiwanya?
Jawaban
sesuatu/perihal peristiwa dalam bacaan
b. Siapa (who) yang mengalami peristiwa itu?
Jawaban: Pihak (subjek) yang
diinformasikan
c. Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: tempat terjadinya peristiwa
d. Kapan (when) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: Waktu terjadinya peristiwa
e. Mengapa (why) peristiwa itu terjadi?
Jawaban: alasan/penyebab terjadinya
peristiwa
f. Bagaimana (how) proses peristiwanya?
Jawaban: kondisi atau proses terjadinya
peristiwa
Contoh soal dan pembahasan
1.
Bersepeda merupakan olahraga yang menyehatkan
tubuh. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan mengayuh sepeda,
otot perut, kaki, tangan, dan jantung
akan bergerak. Otot organ tubuh yang bergerak akan merangsang keluarnya
keringat. Semakin banyak keringat yang keluar semakin banyak pula lemak yang
keluar dari dalam tubuh. Semakin sedikit tumpukan lemak semakin lancar
peredaran darah kita.
Kalimat tanya yang sesuai dengan
isi paragraf di atas adalah ....
A. Bagaimanakah cara bersepeda
yang baik?
B. Mengapa bersepeda dapat menyehatkan tubuh?
C. Sepeda apa yang baik
digunakan untuk berolahraga?
D. Siapa saja yang dapat
melakukan olahraga bersepeda?
2. Humus si
Penyubur Tanah
Apakah humus itu? Humus adalah
bunga tanah. Bunga tanah merupakan bahan makartan untuk tanaman. Humus berasal
dari tumbuhan dan hewan yang membusuk.
Jika ingin tanahmu subur, kamu
dapat membuat hurnus sendiri. Caranya kumpulkan sampah daun-daunan. Kernudian,
timbun sampah-ssunpah itu dalam lubang. Sebaiknya. lubang dibuat di dawah pohon
yang rindang. Alasannya, karena udara lembab akan mempercepat pembusukan.
Setelah beberapa lama, daun-daun
itu akan membusuk. Bentuknya berupa gumpalan-gumpalan hitam yang bercampur
dengan tanah. Itulah yang disebut humus. Tanah yang berhumus ini terasa
berminyak jika kita pegang.
Jika humus tadi dicampur dengan
tanah padat, tanah padat tersebut akan menjadi gembur. Tanah gembur sangat
subur. Di dalamnya tersedia banyak makanan untuk tanaman. Tanah gembur juga
memudahkan akar mencari makanan untuk
pertumbuhannya.
Bagaimana cara membuat humus?
A. Masukkan sampah ke datam
lubung lalu bakar sampai jadi abu.
B. Campur sampah dengan tanah
padat kemudian diaduk.
C. Sampah daun-daunan ditimbun di dalam lubang hingga membusuk.
D. Sampah dari tumbuhan dicampur
dengan tanah gembur.
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali informasi tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan ide pokok teks
- menggali informasi tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28. menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html
0 komentar:
Post a Comment