PROGRAM TAHUNAN
Alokasi waktu 4 jam
pelajaran/minggu
Semester Ganjil dan
Genap
SMA …………………
Kelas X
Kompetnsi
inti
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, esni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
SMT
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
@ 45’
|
1
|
3.1
Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
16
|
4.1
Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis.
|
||
3.2. Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan
memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
||
4.2
Mengidentifikasi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi
yang didengar dan atau dibaca
|
||
3.3. Menganalisis struktur, isi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau
dibaca
|
14
|
|
4.3
Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan / tulis.
|
||
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
||
4.4
Mengonstruksikan
teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
||
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
14
|
|
4.5 Mengonstruksi makna
tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
||
3.6. Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks anekdot.
|
||
4.6
Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan
maupun tulis
|
||
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan
isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
14
|
|
4.7
Menceritakan
kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
|
||
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan
kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
||
4.8
Mengembangkan
cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai.
|
||
3.9. Mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
14
|
|
4.9
Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu
novel yang dibaca.
|
||
Jumlah Jam Efektif
|
72
|
|
Jumlah Jam UH + UTS +UAS
|
8
|
|
Jumlah Jam Cadanagan
|
0
|
|
Jumlah Jam Tidak Efektif
|
24
|
|
Jumlah Jam Total Semester Ganjil
|
104
|
|
2
|
3.10. Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
14
|
4.10
Menyampaikan
pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara
lisan atau tulis.
|
||
3.11. Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
|
||
4.11
Mengkonstruksikan
teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
|
||
3.12. Menghubungkan permasalahan/ isu,
sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
|
14
|
|
4.12
Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan
untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
||
3.13. Menganalisis
isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
|
||
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut
pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
|
||
3.14. Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
|
14
|
|
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat
diteladani dari tokoh yang terdapat dalam
teks biografi yang dibaca secara
tertulis.
|
||
3.15. Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks
biografi.
|
||
4.15 Menceritakan kembali isi teks
biografi baik lisan maupun tulis
|
||
3.16. Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa
puisi yang terkandung dalam antologi
puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
|
14
|
|
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
||
3.17. Menganalisis
unsur pembangun puisi.
|
12
|
|
4.17 Menulis puisi
dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji,
struktur, perwajahan)
|
||
3.18. Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan
satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
|
||
4.18 Mempresentasikan
replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
|
||
Jumlah Jam Efektif
|
68
|
|
Jumlah Jam UH + UTS +UAS
|
8
|
|
Jumlah Jam Cadanagan
|
0
|
|
Jumlah Jam Tidak Efektif
|
28
|
|
Jumlah Jam Total Semester Genap
|
104
|
|
JUMLAH JAM EFEKTIK TOTAL
|
140 JP
|
Boyolali, Januari 2018
Mengetahui
Kepala
SMA………… Guru Mata
Pelajaran
.................... ..................................
UNDUH PROTA KELAS X DI SINI
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA
Alokasi Waktu: 4
jam pelajaran/minggu
SEMESTER GANJIL
DAN GENAP
SMA ………………….
KELAS XI
(SEBELAS)
Kompetnsi
inti
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural,
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
SMT
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
@ 45’
|
1
|
3.1.
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
12
|
4.1.
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan
organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
||
3.2.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
||
4.2.
Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap
isi, struktur, dan kebahasaan
|
||
3.3.
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks
ekplanasi lisan dan tulis
|
12
|
|
4.3.
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks
eksplanasi secara lisan dan tulis
|
||
3.4.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
|
||
4.4.
Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan
struktur dan kebahasaan
|
||
Penilaian Harian
|
4
|
|
3.5.
Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan
dalam ceramah
|
16
|
|
4.5.
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan
untuk disajikan dalam ceramah
|
||
3.6.
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
||
4.6.
Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan
aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
|
||
3.7.
Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
yang dibaca
|
8
|
|
4.7.
Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
|
||
3.10.
Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
||
4.10.
Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca
dalam bentuk teks eksplanasi singkat
|
||
Penilaian Harian
|
4
|
|
3.8.
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan
cerita pendek yang dibaca
|
16
|
|
4.8.
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita
pendek
|
||
3.9.
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan
cerita pendek
|
||
4.9.
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen
|
||
Penilaian Harian
|
4
|
|
Remedial / Pengayaan
|
4
|
|
Jumlah Jam Efektif
|
68
|
|
Jumlah Jam UH + UTS +UAS
|
16
|
|
Jumlah Jam Cadanagan
|
0
|
|
Jumlah Jam Tidak Efektif
|
20
|
|
Jumlah Jam Total Semester Ganjil
|
104
|
|
2
|
3.11.
Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
12
|
4.11.
Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
||
3.20.
Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi)
yang dibaca
|
||
4.20.
Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang
dikaitkan dengan situasi kekinian
|
||
3.12.
Mengidentifikasi formasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau
penelitian yang dibaca
|
12
|
|
4.12.
Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif
|
||
3.13.
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
|
||
4.13.
Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi,
tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
||
Penilaian Harian
|
4
|
|
3.14.
Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang
dibaca
|
12
|
|
4.14.
Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya
ilmiah
|
||
3.15.
Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah
|
||
4.15.
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika,
dan kebahasaan
|
||
3.16.
Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah
resensi
|
12
|
|
4.16.
Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa
teks resensi
|
||
3.17.
Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda
|
||
4.17.
Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel
yang sudah dibaca
|
||
Penilaian Harian
|
4
|
|
3.18.
Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama
yang dibaca atau ditonton
|
10
|
|
4.18.
Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton
secara lisan
|
||
3.19.
Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
||
4.19.
Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan
kebahasaan
|
||
Remedial / Pengayaan
|
8
|
|
Jumlah Jam Efektif
|
68
|
|
Jumlah Jam UH + UTS +UAS
|
12
|
|
Jumlah Jam Cadanagan
|
0
|
|
Jumlah Jam Tidak Efektif
|
24
|
|
Jumlah Jam Total Semester Genap
|
104
|
|
JUMLAH JAM EFEKTIK TOTAL
|
140 JP
|
Boyolali, Januari 2018
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
.................................
...................
PROGRAM TAHUNAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Alokasi waktu 4 jam
pelajaran/minggu
Semester Ganjil dan
Genap
SMA …………………….
Kelas XII
Kompetnsi
inti
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
SMT
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
@ 45’
|
1
|
3.1.
Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
18
|
4.1.
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik
secara lisan maupun tulis
|
||
3.2.
Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
|
||
4.2.
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan
kebahasaan
|
||
3.3.
Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian
yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan
atau tulis
|
16
|
|
4.3.
Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks
eksplanasi
|
||
3.4.
Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
||
4.4.
Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
|
||
3.5.
Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan
terhadap suatu isu) dalam teks editorial
|
16
|
|
4.5.
Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan
maupun tulis
|
||
3.6.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
|
||
4.6.
Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik
secara lisan maupun tulis
|
||
Penilaian Harian
|
2
|
|
3.7.
Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi)
dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
10
|
|
4.7.
Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan
maupun tulis
|
||
3.8.
Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca
|
||
4.8.
Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara
lisan maupun tulis
|
||
3.10.
Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel
yang dibaca
|
14
|
|
4.10.
Menyusun opini dalam bentuk artikel
|
||
Remedial / Pengayaan
|
8
|
|
Jumlah Jam Efektif
|
74
|
|
Jumlah Jam UH + UTS +UAS
|
6
|
|
Jumlah Jam Cadanagan
|
0
|
|
Jumlah Jam Tidak Efektif
|
20
|
|
Jumlah Jam Total Semester Ganjil
|
104
|
|
2
|
3.9.
Menganalisis isi dan kebahasaan novel
|
10
|
4.9.
Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik
secara lisan maupun tulis
|
||
Penilaian Harian
|
2
|
|
3.11.
Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
|
10
|
|
4.11.
Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
||
Penilaian Harian
|
2
|
|
3.12.
Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan
penulis
|
8
|
|
4.12.
Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan
pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.13.
Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai
|
||
4.13.
Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan
kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
||
Penilaian Harian
|
2
|
|
3.14.
Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan
(nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
8
|
|
4.14.
Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku
pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
||
Penilaian Harian
|
2
|
|
Remedial / Pengayaan
|
8
|
|
Jumlah Jam Efektif
|
46
|
|
Jumlah Jam UH + UTS +UAS
|
14
|
|
Jumlah Jam Cadanagan
|
0
|
|
Jumlah Jam Tidak Efektif
|
0
|
|
Jumlah Jam Total Semester Genap
|
68
|
|
JUMLAH JAM EFEKTIK TOTAL
|
120 JP
|
Boyolali, Januari 2018
Mengetahui
Kepala SMA…… Guru
Mata Pelajaran
…………………. ……………………..
UNDUH PROTA KELAS XII DI SINI
0 komentar:
Post a Comment