22 January 2018

RPP BAHASA INDONESIA KELAS IX SEMESTER 2 TAHUN 2017/2018 KD 11.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)       

Sekolah
: SMP/MTs.
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: IX/2
Alokasi Waktu           
: 2  X  40 menit (1 pertemuan)



A.    Standar Kompetensi

11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif dan

membaca cepat

B.     Kompetensi Dasar

11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca

 intensif

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar

1.      Mampu memaparkan isi grafik, tabel, atau bagan ke dalam beberapa kalimat

2.      Mampu memaparkan isi grafik, table, atau bagan ke dalam uraian.

D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat memaparkan isi grafik, tabel, atau bagan ke dalam beberapa kalimat.

2.      Siswa mampu memaparkan isi grafik, table, atau bagan menjadi uraian

E.     PBKB

1.      Tanggung Jawab

2.      Teliti

3.      Mandiri

F.      Indikator Pencapaian PBKB

1.      Tanggung Jawab

a.       Ulet dalam memahami isi grafik, tabel, atau bagan

b.      Konsisten dalam mengerjakan tugas

2.      Teliti

a.       Menyelesaikan tugas dengan hati-hati

b.      Cermat dan tidak menyepelekan hal-hal kecil

3.      Mandiri

a.    Melakukan kegiatan dengan tidak bergantung pada orang lain

b.      Menyelesaikan kegiatan tepat waktu tanpa bantuan orang lain

G.    Materi Pembelajaran

1.      Memaparkan isi grafik, table, atau bagan ke dalam beberapa kalimat

2.      Memaparkan isi grafik, table, atau bagan menjadi uraian

H.    Model / Metode Pembelajaran

1.   Model Pembelajaran                : Demonstrasi

2.      Metode Pembelajaran         : Tanya jawab, Inkuiri, Diskusi, Demonstrasi, Penugasan

I.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Rincian Kegiatan
Metode
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa.
2.      Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif.
3.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.      Guru memberikan motivasi kepada siswa agar terbiasa membaca grafik, tabel, atau bagan.
Tanya jawab
10  menit
Inti

Eksplorasi
1.      Siswa membaca grafik, tabel, atau bagan.
2.      Siswa dan guru bertanya jawab isi grafik, tabel, atau bagan.

Elaborasi
3.      Siswa mengidentifikasi isi grafik, tabel, dan bagan.
4.      Secara role table, siswa memaparkan isi grafik, tabel, atau bagan ke dalam beberapa kalimat.
5.      Siswa secara berkelompok memaparkan isi grafik,tabel, atau bagan menjadi uraian.

Konfirmasi
6.      Siswa dan guru memberi penilaian
7.      Siswa memajangkan hasil kerja di papan pajang.

Inkuiri





Diskusi
Demonstrasi



Penugasan


60 menit
Penutup
1.      Guru memberikan simpulan
2.      Guru dengan siswa melakukan refleksi.
3.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Penugasan


10 menit

  
J.       Kegiatan di Luar Tatap Muka

1.      Penugasan Terstruktur


Siswa menguraikan grafik,tabel,bagan yang ada di kelas/sekolah dalam beberapa kalimat.
Waktu:1 minggu


2.      Kegiatan Mandiri tidak Terstruktur


Siswa menguraikan grafik, tabel, dan bagan yang ada di papan pengumuan sekitar tempat tinggalnya menjadi uraian.
Waktu:
Kesepakatan guru dan siswa

K.    Penilaian

a.    Penilaian Pencapaian Kompetensi Dasar

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.      Siswa dapat menentukan isi grafik, tabel, atau bagan dalam bentuk kalimat.
2.      Siswa dapat memaparkan isi grafik, tabel, atau bagan ke dalam bentuk uraian.
Tes Tertulis
Tes Uraian


 Soal/Instrumen : 

1. Tulislah isi grafik, tabel, atau bagan dalam bentuk  kalimat! 

Pedoman Penskoran

           

No
Kegiatan
Skor
1
2
3
4
5
6
Siswa menuliskan  5  isi grafik, tabel, atau bagan dalam kalimat
Siswa menuliskan 4  isi grafik, tabel, atau bagan dalam kalmat
Siswa menuliskan 3 isi grafik, tabel, atau bagan dalam kalmat
Siswa menuliskan 2  isi grafik, tabel, atau bagan dalam kalmat
Siswa menuliskan 1  isi grafik, tabel, atau bagan dalam kalmat
Siswa tidak menuliskan apa-apa
5
4
3
2
1
0


2. Paparkan isi grafik, tabel, atau bagan tersebut ke dalam bentuk uraian!

Pedoman Penskoran

           

No
Kegiatan
Skor
1

2

3
Siswa memaparkan isi grafik, tabel, bagan dalam bentukuraian dengan tepat
Siswa memaparkan isi grafik, tabel, bagan dalam bentuk uraian kurang tepat
Siswa tidak menuliskan apa-apa
5

3

0

Skor maksimal

No. 1) = 5

No. 2) = 5

Jumlah = 10                


Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100



SkorPerolehan


Nilai Akhir
=
--------------------
x
Skor Ideal (100)


Skor Maksimal





b.              Pengamatan   selama proses pembelajaran untuk penilaian PBKB


No
Pencapaian Penilaian PBKB
PBKB
Skor
Tanggung Jawab
Teliti
Mandiri
1
MK (membudaya)
4
4
4
12
2
MB (mulai berkembang)
3
3
3
9
3
MT (mulai terlihat)
2
2
2
6
4
BT(belum terlihat)
1
1
1
3

Skor Maksimal
4
4
4
12

  
L.     Alat, Sumber, Media Pembelajaran

1.   Alat:    Papan tulis, spidol

2.   Sumber:  

· Atikah Anindyarini, dkk. 2008. Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (Paket BSE). Jakarta: Puskurbuk Kemdiknas. halaman ... .

·   Kosasih, E & Restuti. 2006. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri)  Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Erlangga.  halaman ... .

.
3. Media: grafik, tabel, bagan, diagram 

                                                                                    ..............., ............ 2018

Mengetahui    

Kepala Sekolah,                                              Guru Mata Pelajaran,  



..............                                                          .........................................................

..........                                                              ......................................

0 komentar:

Post a Comment