RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
|
: SMP/MTs.
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: IX/2
|
Alokasi Waktu
|
: 4 X 40
menit (2 pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
10. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi
B. Kompetensi Dasar
10.1
Berpidato/berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan
artikulasi serta
volume suara yang jelas
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
1. Mampu menyusun garis besar kerangka pidato
2. Mampu berpidato dengan intonasi yang tepat
dan artikulasi serta volume suara yang jelas
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyusun garis besar kerangka pidato
2. Siswa dapat berpidato dengan intonasi tepat, artikulasi serta volume yang jelas.
E. PBKB
1. Teliti
2. Percaya
Diri
3. Mandiri
4. Kesantunan
F. Indikator
Pencapaian PBKB
1.
Teliti
a. Serius
dan tidak menyepelekan hal-hal kecil
b. Menyelesaikan
tugas dengan hati-hati
c. Ulet
dalam menyelesaikan tugas
2.
Percaya Diri
a.
Berani berbicara di depan kelas
b.
Tidak memperlihatkan sikap canggung
c.
Menguasai suasana dan keadaan pada saat berpidato
3.
Mandiri
a.
Melakukan kegiatan dengan tidak bergantung pada orang
lain
b.
Menyelesaikan kegiatan tepat waktu tanpa bantuan orang
lain
4.
Kesantunan
a.
Kalimat yang digunakan komunikatif
b.
Kata yang digunakan sangat sopan dan santun
G. Materi
Pembelajaran
1.
Kerangka pidato
2.
Berpidato
3.
Teknik
berpidato
H. Model
/ Metode Pembelajaran
1.
Model
Pembelajaran: Demonstrasi
2. Metode Pembelajaran : Tanya jawab,Pemodelan, Inkuiri, Diskusi, Demonstrasi, Penugasan
I. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
Pendahu-luan
|
1. Guru mengaitkan materi pembelajaran
dengan pengalaman siswa.
2. Guru bersama siswa melakukan tanya jawab
tentang hal-hal yang berkaitan dengan pidato
3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Guru memberikan motivasi kepada siswa
agar terbiasa melakukan pidato.
|
Tanya Jawab
|
10 menit
|
Inti
|
Eksplorasi
1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang
kegiatan menyusun kerangka pidato
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang teks pidato
yang sudah diamati.
Elaborasi
3. Siswa mendiskusikan tentang cara-cara
menyusun garis besar kerangka pidato dengan topik lain.
4. Siswa mengidentifikasi topik yang akan
dibuat untuk menyusun kerangka pidato.
5. Siswa berlatih berpidato dalam kelompok
masing-masing
6. Teman satu kelompok memberikan komentar/ penilaian
Konfirmasi
7. guru memberikan penegasan penegasan/penguatan-penguatan
|
Inkuiri
Diskusi
Demonstrasi
Penugasan
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan simpulan
2.
Guru
dengan siswa melakukan refleksi.
3.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
Penugasan
|
10 menit
|
Pertemuan kedua
Kegiatan
|
Rincian Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
Pendahu-luan
|
5. Guru mengaitkan materi pembelajaran
dengan pengalaman siswa.
6. Guru bersama siswa melakukan tanya jawab
tentang hal-hal yang berkaitan dengan pidato
7. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
8. Guru memberikan motivasi kepada siswa
agar terbiasa melakukan pidato
|
Tanya
Jawab
|
10 menit
|
Inti
|
Eksplorasi
7. Siswa dan guru bertanya jawab tentang
kegiatan berlatih berpidato
pada pertemuan pertama
Elaborasi
8. Siswa melanjutkan kegiatan berpidato ( di depan kelas)
sesuai dengan tema yang dikembangkan
9. Siswa lain memberikan komentar/penilaian.
Konfirmasi
10. Guru memberikan
penegasan-penegasan/penguatan-penguatan
|
Inkuiri
Diskusi
Demonstrasi
Penugasan
|
60 menit
|
Penutup
|
4.
Guru memberikan simpulan
5.
Guru
dengan siswa melakukan refleksi.
6.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
Penugasan
|
10 menit
|
J. Kegiatan di Luar Tatap Muka
1. Penugasan Terstruktur
Siswa menulis
kerangka pidato dengan tema tertentu dan berpidato di hadapan teman
(pasangannya)
|
Waktu: 1 minggu
|
2. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
Siswa
memperhatikan gaya berpidato setiap
pembina upacara dan memberikan penilaian.
|
Waktu:
Kesepakatan guru dan siswa
|
K. Penilaian
Penilaian Pencapaian Kompetensi
Dasar
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1.Siswa dapat menyusun garis besar kerangka
pidato
2.Siswa dapat berpidato dengan
intonasi yang tepat dan artikulasi yang jelas.
3.Siswa dapat berpidato dengan
volume suara yang jelas.
|
Tes Unjuk Kerja
|
-------------
|
Soal/Instrumen :
Susunlah garis besar kerangka pidato dengan topik tertentu!
Pedoman Penskoran
No
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
2
3
|
Siswa
menuliskan garis besar kerangka pidato sesuai dengan topik yang dipilih.
Siswa
menuliskan garis besar kerangka pidato tidak sesuai topik.
Siswa tidak
menulis garis besar kerangka pidato.
|
5
2
0
|
Jumlah skor
|
5
|
1. Bawakan pidato yang telah kamu susun dengan intonasi yang tepat serta artikulasi yang jelas!
2. Bawakan pidato dengan volume suara yang jelas!
Rubrik Penilaian Berpidato
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor Maksimal
|
1
2
3
4
5
|
Intonasi dan
jeda
Kesesuaian isi
dengan topik
Pelafalan
Gerak dan mimik
Volume suara
|
Pengaturan
jeda, tinggi rendah nada, keras lemah suara, cepat-lambat
Isi
pidato sesuai dengan topik yang sudah ditentukan
Pelafalan kata secara jelas dan tapat
Keserasian
antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan
Keras lemahnya suara
|
4
4
4
4
4
|
Total skor
maksimal
|
20
|
Skor maksimal
No. 1) = 5
No. 2) = 20
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
SkorPerolehan
|
||||
Nilai Akhir
|
=
|
--------------------
|
x
|
Skor Ideal (100)
|
Skor Maksimal
|
b.
Pengamatan selama proses pembelajaran untuk penilaian
PBKB
No
|
Pencapaian
Penilaian PBKB
|
PBKB
|
Skor
|
|||
Teliti
|
Mandiri
|
Percaya Diri
|
Kesantunan
|
|||
1
|
MK (membudaya)
|
4
|
4
|
4
|
4
|
16
|
2
|
MB (mulai berkembang)
|
3
|
3
|
3
|
3
|
12
|
3
|
MT (mulai terlihat)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8
|
4
|
BT(belum terlihat)
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
Skor
Maksimal
|
4
|
4
|
4
|
4
|
16
|
L. Alat, Sumber, Media Pembelajaran
1. Alat:
Papan tulis, spidol
2. Sumber:
· Atikah Anindyarini, dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (Paket BSE). Jakarta: Puskurbuk Kemdiknas. halaman ... .
· Kosasih, E & Restuti. 2006. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri) Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Erlangga. halaman ... .
3. Media: Model berpidato
..............., ............ 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
.............. .........................................................
Yg bnr aja rpp revisi 2028...
ReplyDelete