18 January 2018

RPP KELAS IX SEMESTER 2 BAHASA INDONESIA





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah
: SMP/MTs.
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: IX/2
Alokasi Waktu           
: 2  X  40 menit (1 pertemuan)


A.     Standar Kompetensi

9.  Memahami isi pidato/khotbah/ceramah 

B.      Kompetensi Dasar

9.1   Menyimpulkan pesan pidato/khotbah/ceramah yang didengar 

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar

1.      Mampu menemukan hal-hal pokok dalam pidato

2.      Mampu menyimpulkan pesan pidato 

D.     Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat menemukan hal-hal pokok dalam pesan pidato

2.      Siswa dapat menyimpulkan pesan pidato


E.      PBKB

1.      Teliti

2.      Mandiri

3.      Berpikir Logis 

F.      Indikator Pencapaian PBKB

1.      Teliti

a.         Cermat dalam menemukan hal-hal pokok dalam pidato

b.        Serius dan tidak menyepelekan hal-hal kecil

2.      Mandiri

a.      Melakukan kegiatan dengan tidak bergantung pada orang lain

b.      Menyelesaikan kegiatan tepat waktu tanpa bantuan orang lain

3.      Berpikir Logis

a.        Mampu menyimpulkan pesan pidato/khotbah sesuai dengan masalah yang disampaikan

b.        Mampu membuat kalimat simpulan secaratepat dan jelas 

G.     Materi Pembelajaran

1.      Hal-hal pokok dalam pidato

2.      Pesan pidato

3.      Simpulan pesan pidato

4.      Cara menyimpulkan pesan pidato     


H.    Model / Metode Pembelajaran

1.      Model Pembelajaran: Group Investigation

2.        Metode Pembelajaran :Tanya jawab, Inkuiri, Diskusi, Demonstrasi, Penugasan

I.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan
Rincian Kegiatan
Metode
Waktu
Pendahu-
luan
1.        Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa
2.        Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan pidato
3.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.        Guru memberikan motivasi kepada siswa agar terbiasa mendengarkan/ menonton pidato
Tanya jawab
10  menit
Inti

Eksplorasi
1.        Guru menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan  pidato       yang pernah didengarkannya.
2.        Guru memotivasi siswa agar terbiasa mendengarkan pidato dengan saksama 
Elaborasi
3.        Siswa mendengarkan pidato
4.        Siswa mendiskusikan hal-hal pokok dalam pidato
5.        Siswa mendiskusikan pesan pidato
Konfirmasi
6.        Siswa menyimpulkan hal-hal pokok dalam pidato
7.        Siswa menyimpulkan pesan pidato
8.        Guru memberikan penegasan hasil diskusi.




Inkuiri
Diskusi
Demonstrasi



60 menit
Penutup
1.        Guru dan siswa melakukan refleksi.
2.        Guru  menugasi siswa untuk mendengarkan pidato di televisi/radio.
Penugasan

10 menit


J.        Kegiatan di Luar Tatap Muka

1.      Penugasan Terstruktur


Siswa mencatat hal penting dalam pidato pembina upacara bendera Senin pagi.
Waktu 2 minggu


2.      Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur


Siswa mencatat hal penting dan menyimpulkan pesan pidato di TV
Kesepakatan guru dan siswa

K.     Penilaian

a.    Penilaian Pencapaian Kompetensi Dasar

Indikator Penilaian :
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.  Siswa dapatmenemukan hal-hal pokok dalam pidato
2.  Siswa dapat menyimpulkan pesan pidato
Tes Tertulis
 Tes Uraian



            
Soal /Instrumen       :

           Dengarkan pidato berikut, kemudian lakukan hal-hal berikut.

 1.  Tulislah hal-hal pokok dari pidato yang Anda dengarkan!

 2.  Simpulkan pesan pidato ke dalam beberapa kalimat!


  Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100




Skor Perolehan


Nilai Akhir
=
--------------------
x
Skor Ideal (100)


Skor Maksimal








b.      Pengamatan   selama proses pembelajaran untuk penilaian PBKB


No
Pencapaian Penilaian PBKB
PBKB
Skor
Teliti
Mandiri
Berpikir Logis
1
MK (membudaya)
4
4
4
12
2
MB (mulai berkembang)
3
3
3
9
3
MT (mulai terlihat)
2
2
2
6
4
BT(belum terlihat)
1
1
1
3

Skor Maksimal
4
4
4
12

L.      Alat, Sumber, Media Pembelajaran

1.    Alat:    Papan tulis, spidol

2.    Sumber:  

·  Atikah Anindyarini, dkk. 2008. Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (Paket BSE). Jakarta: Puskurbuk Kemdiknas. halaman ... .

·  Kosasih, E & Restuti. 2006. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri)  Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Erlangga.  halaman ... .

3. Media: Teks pidato

  

                                                                                    ..............., ............ 2018

Mengetahui  

Kepala Sekolah,                                           Guru Mata Pelajaran,




..............                                                          .........................................................

0 komentar:

Post a Comment