21 January 2018

RPP KELAS IX SEMESTER 2 SMP/MTs. KURIKULUM 2006 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah
: SMP/MTs.
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: IX/2
Alokasi Waktu           
: 2  X  40 menit (1 pertemuan)




A.    Standar Kompetensi

11  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif,danmembaca cepat

B.     Kompetensi Dasar

11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat 300 kata permenit

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar

1.      Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman

2.      Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang kecapatan 75%;

3.      Mampu menyimpulkan gagasan utama suatu teks.


D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman.

2.      Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan peluang kecapatan 75%.

3.      Siswa dapat menyimpulkan gagasan utama suatu teks.


E.     PBKB

1.      Jujur

2.      Teliti

3.      Kerja Sama

4.      Berpikir Logis


F.      Indikator Pencapaian PBKB

1.      Jujur

a.       Menyampaikan data sesuai fakta yang ada

2.      Teliti

a.       Menyelesaikan tugas dengan hati-hati

b.      Cermat dan tidak menyepelekan hal-hal yang kecil

3.      Kerja Sama

a.       Tugas dikerjakan dengan semangat bersama teman kelompok

4.      Berpikir Logis

a.       Menjawab pertanyaan dan menyimpulkan secara logis 


G.    Materi Pembelajaran

1.      Mengukur kecepatan membaca

2.      Menjawab pertanyaan isi bacaan

3.      Penyimpulan gagasan utama teks bacaan

H.    Model / Metode Pembelajaran

1. Model Pembelajaran                  : Mind Mapping

2.   Metode Pembelajaran              : Tanya jawab, Inkuiri, Diskusi, Demonstrasi, Penugasan

                        
I.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan
Rincian Kegiatan
Metode
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa.
2.      Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat 300 kata permenit.
3.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.      Guru memberikan motivasi kepada siswa agar terbiasa membaca teks dengan cepat .
Tanya jawab
10  menit
Inti












Eksplorasi
1.      Siswa dan guru bertanya jawab soal membaca cepat.
2.      Siswa membaca cepat sebuah teks.

Elaborasi
3.      Siswa mengukur kecepatan untuk diri sendiri dan teman.
4.      Siswa menjawab pertanyaan dari teks yang telah dibaca dengan cepat.
5.      Siswa menyimpulkan gagasan utama suatu teks yang dibacanya.

Konfirmasi
6.      Siswa dan guru mengevaluasi kegiatan yang baru saja diselesaikan.
Inkuiri




Diskusi
Demonstrasi




Penugasan
60 menit













Penutup
1.      Guru dengan siswa melakukan refleksi.
2.      Guru menugasi siswa untuk mengukur kecepatan membaca diri sendiri dan temannya.
3.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Penugasan

10 menit
         

J.       Kegiatan di Luar Tatap Muka

1. Penugasan Terstruktur


Siswa membaca cepat sebuah artikel di koran kemudian menyimpulkan gagasan utamanya.
Waktu: 1 minggu


2.      Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur


Siswa membaca beberapa artikel di koran sekolah, kemudian menyimpulkan gagasan utamanya.
Waktu:
Kesepakatan guru dan siswa


K.    Penilaian

Penilaian Pencapaian Kompetensi Dasar

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.Siswa dapat mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman.
2.      Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan peluang kecapatan 75%.
3.      Siswa dapat menyimpulkan gagasan utama suatu teks.
Tes Tertulis
Tes Uraian


Soal/Instrumen        :

1.Ukurlah kecepatan membaca temanmu!

Pedoman Penskoran


            
No
Kegiatan
Skor
1
2
3
4
Siswa memperoleh 300 kata lebih
Siswa memeproleh 200-299 kata
Siswa memperoleh 100-199 kata
Siswa memperoleh 0-99 kata
3
2
1
0



2.Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat (pertanyaan yang berhubungan

  dengan teks yang dibaca)!


Pedoman Penskoran

No
Kegiatan
Skor
1
2
3
4
5
Siswa menjawab 75% ke atas benar
Siswa menjawab kurang dari 75% sampai 50%
Siswa menjawab kurang dari 50% sampai 25%
Siswa menjawab kurang dari 25% sampai 1%
Siswa tidak menjawab apa-apa
4
3
2
1
0


3. Buatlah simpulan teks yang baru saja kamu baca!

Pedoman Penskoran


No
Kegiatan
Skor
1
2
3
Siswa menuliskan simpulan dengan sempurna
Siswa menuliskan simpulan tidak sempurna
Siswa tidak menuliskan simpulan
3
2
0


Skor maksimal

No. 1) = 3

No. 2) = 4

No. 3) = 3

Jumlah = 10


Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100




SkorPerolehan


Nilai Akhir
=
--------------------
x
Skor Ideal (100)


Skor Maksimal





b.      Pengamatan   selama proses pembelajaran untuk penilaian PBKB

No
Pencapaian Penilaian PBKB
PBKB
Skor
Jujur
Teliti
Kerja Sama
Berpikir Logis
1
MK (membudaya)
4

4
4
4
16
2
MB (mulai berkembang)
3
3
3
3
12
3
MT (mulai terlihat)
2
2
2
2
8
4
BT(belum terlihat)
1
1
1
1
4








Skor Maksimal
4
4
4
4
16


L.     Alat, Sumber, Media Pembelajaran

1.   Alat:    Papan tulis, spidol

2.   Sumber:  

· Atikah Anindyarini, dkk. 2008. Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (Paket BSE). Jakarta: Puskurbuk Kemdiknas. halaman ... .

·   Kosasih, E & Restuti. 2006. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri)  Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Erlangga.  halaman ... .

3. Media: Teks /artikel nonsastra


                                                                                    ..............., ............ 2018

Mengetahui    

Kepala Sekolah,                                              Guru Mata Pelajaran,


0 komentar:

Post a Comment