SILABUS BAHASA INDONESIA
SMA
……
KELAS
XII
Kompetnsi
inti
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
3.1.
Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran
pekerjaan yang dibaca
|
Surat
Lamaran Pekerjaan:
·
identifikasi
surat
·
Isi
·
Sistematika
·
Bahasa
·
Lampiran
·
Kalimat
efektif.
|
· Mendata
sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
· Menyimpulkan
sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
· mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan.
|
4.1.
Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur
isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.2.
Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan
|
Surat
Lamaran Pekerjaan:
·
unsur
kebahasaan;
·
penulisan
EYD; dan
·
daftar
riwayat hidup.
|
·
Mendata ciri kebahasaan surat lamaran
pekerjaan
·
Menyusun surat lamaran pekerjaan
dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
|
4.2.
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan
|
||
3.3.
Mengidentifikasi informasi, yang mencakup
orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi,
dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
Teks
cerita (novel) sejarah
·
struktur
teks cerita sejarah;
·
isi
teks cerita sejarah;
·
nilai-nilai
cerita (novel) sejarah; dan
·
kebahasaan
teks cerita sejarah.
|
· Mendata
struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan
resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah.
· Menyusun
kembali nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi
· Mempresentasikan,
menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
4.3.
Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita
sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
||
3.4.
Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
Teks
cerita (novel) sejarah
·
kebahasaan cerita (novel) sejarah;
·
unsur-unsur
cerita;
·
topik;
dan
·
kerangka
karangan.
|
·
Mendata kebahasaan dan unsur-unsur cerita sejarah yang tersaji
·
Menyusun teks cerita (novel) sejarah
pribadi
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan
merevisi teks cerita (novel) sejarah
yang telah ditulis
|
4.4.
Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan
kebahasaan
|
||
3.5.
Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif
solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
|
Teks
Editorial:
·
isi
teks editorial;
·
pendapat;
·
ragam
informasi; dan
·
simpulan.
|
·
Menemukan pendapat, alternatif solusi,
dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan
teks editorial
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan
simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks
editorial.
|
4.5.
Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks
editorial baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.6.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
editorial
|
Teks
Editorial:
·
struktur;
·
unsur
kebahasaan;
·
topik;
dan
·
kerangka
karangan.
|
· Menentukan
struktur dan unsur kebahasaan dalam teks editorial
· Menyusun teks editorial yang sesuai topik, struktur, dan kebahasaan
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks
editorial yang telah disusun
|
4.6.
Merancang teks editorial dengan memerhatikan
struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.7.
Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek
atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku Pengayaan:
Laporan Hasil Membaca Buku
·
nilai-nilai
dalam novel (agama, sosial, budya, moral, dll);
·
kaitan
nilai dalam novel dengan kehidupan;
·
amanat
dalam novel; dan
·
laporan
hasil membaca buku.
|
Laporan Hasil Membaca Buku
·
Menyusun Laporan buku fiksi yang
dibaca.
·
Mempresentasikanlaporan yang
ditulisnya di depan kelas.
·
Menanggapi laporan yang
dipresentasikan
|
4.7.
Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu
topik baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.8.
Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan
dalam novel yang dibaca
|
·
Pandangan
pengarang
|
·
Menentukan pandangan pengarang
terhadap kehidupan nyata dalam novel yang dibaca
·
Mempresentasikan dan menanggapi
pandangan pengarang.
|
4.8.
Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan
pengarang baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.9.
Menganalisis isi dan kebahasaan novel
|
·
Unsur
intrinsik dan ekstrinsik
·
Unsur
kebahasaan
·
Ungkapan
·
Majas
·
Peribahasa
|
·
Menemukan isi (unsur intrinsik dan
ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribahasa) novel
·
Menyusun novel berdasarkan rancangan
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan
merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil
penyusunan novel
|
4.9.
Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan
isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.10.
Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini,
dalam sebuah artikel yang dibaca
|
·
Artikel.
·
masalah
·
fakta
dan opini
·
penyusunan
opini
·
topik
·
masalah
·
kerangka
|
·
Mengkritisimasalah, fakta, opini, dan
aspek kebahasaan dalam artikel.
· Menulis
opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur artikel.
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan
opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel.
|
4.10.
Menyusun opini dalam bentuk artikel
|
||
3.11.
Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku
ilmiah
|
Artikel:
·
Masalah;
·
fakta
dan opini;
·
penyusunan
opini
·
topik
·
masalah
·
kerangka
·
Persamaan
dan perbedaan penggunaan bahasa.
|
·
Menemukan unsur kebahasaan artikel
dan/atau buku ilmiah
· Menyusun
artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun,
|
4.11.
Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan
fakta dan kebahasaan
|
||
3.12.
Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek
pengetahuan dan pandangan penulis
|
Kritik
dan Esai:
·
pengertian
kritik;
·
jenis-jenis
esai;
·
bagian-bagian
esai (pembukaan, isi, penutup);
·
perbedaan
kritik dan esai; dan
·
penyusunan
kritik dan esai.
|
·
Menentukan unsur-unsur kritik dan
esai, persamaan dan perbedaan kritik
dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan
·
Menulis kritik dan esai dengan
memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis
· Mempresentasikan,
menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis
|
4.12.
Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek
pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.13.
Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan
esai
|
Kritik
dan Esai
·
pengertian
kritik dan esai;
·
jenis-jenis
kritik dan esai;
·
bagian-bagian
kritik dan esai (pembukaan, isi, penutup);
·
perbedaan
kritik dan esai; dan
·
penyusunan
kritik dan esai
|
·
Menemukan isi dan sistematika,
kebahasaan kritik dan esai
·
Menyusun kritik dan esai berdasarkan
konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan
·
Mempresentasikan, Memberikan penilaian terhadap kritik dan
esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan
|
4.13.
Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan
memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.14.
Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam
sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
Laporan
Hasil Membaca Buku
·
Laporan
hasil pembacaan buku dan drama fiksi
|
·
Menyusun laporan yang berisi refleksi
nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca.
·
Mempresentasikanlaporan buku yang
ditulisnya
|
4.14.
Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang
terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
…., …………..2018
Mengetahui
Kepala………….. Guru
Mata Pelajaran
UNDUH SILABUS BAHASA INDONESIA DI SINI
untuk kelas XII yang KTSP ada, Pak? jika ada, mohon informasinya.
ReplyDelete