07 January 2018

SILABUS BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS XII TAPEL 2017/2018


SILABUS BAHASA INDONESIA

SMA ……

KELAS XII 

Kompetnsi inti

3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
1.   
2.   
3.   
3.1.  Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
Surat Lamaran Pekerjaan:
·      identifikasi surat
·      Isi
·      Sistematika
·      Bahasa
·      Lampiran
·      Kalimat efektif.
·      Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
·      Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
·      mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
4.   
4.1.  Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.  Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
Surat Lamaran Pekerjaan:
·      unsur kebahasaan;
·      penulisan EYD; dan
·      daftar riwayat hidup.
·      Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan
·      Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
4.   
4.1.   
4.2.  Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.  Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
Teks cerita (novel) sejarah
·      struktur teks cerita sejarah;
·      isi teks cerita sejarah;
·      nilai-nilai cerita (novel) sejarah; dan
·      kebahasaan teks cerita sejarah.
·      Mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah.
·      Menyusun kembali nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi
·      Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.  Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.  Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
Teks cerita (novel) sejarah
·      kebahasaan  cerita (novel) sejarah;
·      unsur-unsur cerita;
·      topik; dan
·      kerangka karangan.
·      Mendata kebahasaan dan  unsur-unsur cerita  sejarah yang tersaji
·      Menyusun teks cerita (novel) sejarah pribadi
·     Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi  teks cerita (novel) sejarah yang telah ditulis
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.  Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.  Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
Teks Editorial:
·      isi teks editorial;
·      pendapat;
·      ragam informasi; dan
·      simpulan.
·      Menemukan pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial
·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.  Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
Teks Editorial:
·      struktur;
·      unsur kebahasaan;
·      topik; dan
·      kerangka karangan.
·      Menentukan struktur dan unsur kebahasaan dalam teks editorial
·      Menyusun  teks editorial yang sesuai topik,  struktur, dan kebahasaan
·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.  Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.  Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Buku Pengayaan:
Laporan Hasil Membaca Buku
·      nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budya, moral, dll);
·      kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan;
·      amanat dalam novel; dan
·      laporan hasil membaca buku.
Laporan Hasil Membaca Buku
·      Menyusun Laporan buku fiksi yang dibaca.
·      Mempresentasikanlaporan yang ditulisnya di depan kelas.
·      Menanggapi laporan yang dipresentasikan
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.   
4.7.  Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.  Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca
·      Pandangan pengarang


·      Menentukan pandangan pengarang terhadap kehidupan nyata dalam novel yang dibaca
·      Mempresentasikan dan menanggapi pandangan pengarang.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.   
4.7.   
4.8.  Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.  Menganalisis isi dan kebahasaan novel
·      Unsur intrinsik dan ekstrinsik
·      Unsur kebahasaan
·         Ungkapan
·         Majas
·         Peribahasa
·     Menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribahasa) novel
·      Menyusun novel berdasarkan rancangan
·     Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan  novel
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.   
4.7.   
4.8.   
4.9.  Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.        Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
·      Artikel.
·      masalah
·      fakta dan opini
·      penyusunan opini
·      topik
·      masalah
·      kerangka
·      Mengkritisimasalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam artikel.
·      Menulis opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur artikel.
·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel.
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.        Menyusun opini dalam bentuk artikel
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.        Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
Artikel:
·      Masalah;
·      fakta dan opini;
·      penyusunan opini
·         topik
·         masalah
·         kerangka
·           Persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa.
·      Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
·      Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta
·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun,
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.        Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.         
3.12.        Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
Kritik dan Esai:
·           pengertian kritik;
·           jenis-jenis esai;
·           bagian-bagian esai (pembukaan, isi, penutup);
·           perbedaan kritik dan esai; dan
·           penyusunan kritik dan esai.


·      Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan  kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan
·      Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis
·      Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.         
4.12.        Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.         
3.12.         
3.13.        Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai
Kritik dan Esai
·           pengertian kritik dan esai;
·           jenis-jenis kritik dan esai;
·           bagian-bagian kritik dan esai (pembukaan, isi, penutup);
·           perbedaan kritik dan esai; dan
·           penyusunan kritik dan esai
·      Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai
·     Menyusun kritik dan esai berdasarkan konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan
·     Mempresentasikan,  Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.         
4.12.         
4.13.        Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.         
3.12.         
3.13.         
3.14.        Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
Laporan Hasil Membaca Buku
·           Laporan hasil pembacaan buku dan drama fiksi
·      Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca.
·          Mempresentasikanlaporan buku yang ditulisnya
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.         
4.12.         
4.13.         
4.14.        Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)



                                                                                               …., …………..2018

Mengetahui

Kepala…………..                                                                   Guru Mata Pelajaran



UNDUH SILABUS BAHASA INDONESIA DI SINI


1 comment:

  1. untuk kelas XII yang KTSP ada, Pak? jika ada, mohon informasinya.

    ReplyDelete