08 February 2018

MELENGKAPI BERBAGAI JENIS TEKS (LAPORAN, IKLAN, PIDATO): MATERI DAN SOAL PERSIAPAN USBN SD



MELENGKAPI BERBAGAI JENIS TEKS (LAPORAN, IKLAN, PIDATO)

A.    Pengertian Laporan, Iklan, dan Pidato
Laporan adalah  segala sesuatu yang dilaporkan; berita; (https://kbbi.web.id/lapor).
Sesuatu yang dilaporkan dapat merupakan bentuk hasil dari sebuah pengamatan yang dilakukan.. Berdasarkan pengertian tersebut, teks laporan adalah sebuah bentuk tulisan yang memaparkan suatu fenomena hasil dari pengamatan kepada para pembacanya.
Iklan adalah  1 berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan; 2 pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum; (https://kbbi.web.id/iklan
Pidato adalah 1 pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; 2 wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak; (https://kbbi.web.id/pidato)

B.  Contoh Soal dan Kunci jawaban Melengkapi Teks Pidato, Iklan, dan Pidato
1. Bacalah teks laporan berikut.
Laporan Hasil Kunjungan
1. Objek : Mengenal dunia penerbangan dan profesi pilot
2. Waktu : Minggu, 15 April 2012
3. Tempat : Skadron 31 Bandara Ahmad Yani Semarang
4. Pengamat : Farrah Kharisma Putri
5. Hasil :

Untuk menunjang proses pembelajaran, TK Nasima Jalan Pusponjolo Tengah Raya 69 
Semarang menggelar kunjungan profesi ke Skadron 31 Bandara Ahmad Yani Semarang.
Anak-anak diajak menonton film macam-macam helikopter di aula . . . Mereka merasa
kegirangan berada di dalam helicopter.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah . . . .
A. Setelah itu, mereka diajak langsung masuk helikopter dan diperkenalkan beberapa
perlengkapan beserta fungsinya.
C. Mereka sangat senang meskipun hanya diberikan kesempatan menonton gambar helicopter.
D. Salah seorang pilot yang juga wali siswa, Joko Budiyanto mengaku senang teman-teman
anaknya dapat juga mengamati langsung bandara helicopter.
E. Bandara Ahmad Yani Semarang selalu ramai dikunjungi oleh sekolah-sekolah terutama
berasal dari Taman Kanak-kanak.

2. Bacalah kutipan pidato berikut.
……..

Untuk menghadapi situasi saat ini, kita harus selalu waspada. Sehubungan dengan isu penculikkan dan pembunuhan di daerah kita ini, diharapkan orang tua khususnya para wali murid serta para anak-anak tidak perlu merasa cemas. Bukankah belum ada bukti yang nyata ? Namun, kita harus tetap waspada.
Kalimat pembuka yang tepat untuk melengkapi pidato di atas adalah. …

A.    Bapak-bapak, Ibu-ibu wali murid, serta anak-anak

B.     Mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa

C.     Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf

D.    Assalamu’alaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua

3. Perhatikan gambar berikut.




Kalimat iklan yang tepat untuk menyertai gambar tersebut adalah ….
A. Berguna untuk membuat jus.
B. Harga murah, terbuat dari plastic.
C. Perlengkapan dapur yang canggih.
D. Harga hemat, aneka jus tersaji cepat.
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim


  1. menggali informasi tersurat teks


  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)


  1. menentukan ide pokok teks


  1. menggali informasi tersirat teks


  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks


  1. mengidentifikasi jenis teks


  1. memprediksi kejadian berdasarkan isi teks


  1. membandingkan isi teks


  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks


KISI-KISI SOAL UJI COBA USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/kisi-kisi-soal-uji-coba-usbn-sd-mi.html

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
  1. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
7.       Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html


1 comment: