14 February 2018

MEMPERBAIKI KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN: SERI PERSIAPAN USBN SD



Memperbaiki Kesalahan Penggunaan Ejaan

Memperbaiki artinya membetulkan kesalahan atau  kekeliruan (http://kbbi.kata.web.id/memperbaiki/).  Ejaan adalah kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca; (https://kbbi.web.id/eja)

Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan artinya membetulkan kesalahan atau kekeliruan penggunaan kaidah-kaidah kebahasaan/ejaan. Kesalahan pengguanaan ejaan dapat terjadi pada pembentukan kata, kalimat, dan paragraf.


Contoh soal dan pembahasan

1.    Perhatikan cuplikan laporan berikut !

Laporan Kunjungan ke Museum Kereta Api

Pada hari Sabtu, 3 November 2012 kami mengadakan kunjungan ke Museum Kereta Api. Museum tersebut berada di kawasan Kota Ambarawa. Kami tidak sekedar melakukan kunjungan, tetapi juga belajar banyak hal tentang perlengkapan sarana transportasi Kereta Api. Kami sangat senang sekali dikarenakan kami dapat mengetahui berbagai macam perlengkapan sarana transportasi Kereta Api.

Perbaikan kata yang dicetak miring dalam laporan di atas adalah . . . .

A. sekedar, sangat senang sekali, dikarena.

B. sekadar, sangat senang, karena.

C. sekadar, senang sekali, sebabnya.

D. sekedar, sangat senang, karena

2. Bacalah paragraf berikut!
setelah lulus dari sd adiluhung tessa berencana melanjutkan pendidikan ke smp putra bangsa.
Tessa rajin mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah, agar dapat lolos seleksi masuk sekolah.
Tessa ingin sekali membahagiakan kedua orang tuanya dengan masuk ke SMP favorit di kotanya
tersebut.
Perbaikan penulisan ejaan pada kalimat yang bercetak miring adalah . . .
A. Setelah lulus dari sd Adiluhung, tessa berencana melanjutkan pendidikan ke SMP Putra Bangsa.
B. Setelah lulus dari SD Adiluhung , Tessa berencana melanjutkan pendidikan ke SMP putra bangsa
C. setelah lulus dari SD Adiluhung , Tessa berencana melanjutkan pendidikan ke SMP putra bangsa.
D. Setelah lulus dari SD Adiluhung, Tessa berencana melanjutkan pendidikan ke SMP Putra Bangsa.

UNDUH KAIDAH PEMAKAIAN TANDA BACA DI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA DI SINI 
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 
  1. menentukan antonim/sinonim
  1. menggali informasi tersurat teks
  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
  1. menentukan ide pokok teks
  1. menggali informasi tersirat teks
  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks
  1. mengidentifikasi jenis teks
  1. memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
  1. membandingkan isi teks
  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
  1. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.  menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan 
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html

UNDUH KAIDAH PEMAKAIAN TANDA BACA DI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA DI SINI 

2 comments: