13 February 2018

TEKS RESENSI: PENGERTIAN, JENIS, FUNGSI, DAN STRUKTUR


TEKS RESENSI: PENGERTIAN, JENIS, FUNGSI, DAN STRUKTUR

A.  Pengertian Teks Resensi/Ulasan

Resensi adalah ulasan atau penilaian atau pembicaraan mengenai suatu karya baik itu buku, flm, atau karya lain. Tugas penulis resensi adalah memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya apakah layak dibaca atau tidak.
B. Macam-Macam Teks Resensi

Berdasarkan objek karyanya, resensi terdiri atas bermacam-macam jenis. Seperti yang terdapat di dalam contoh di atas. Ada resensi untuk novel; ada pula yang berupa kumpulan cerpen.

Berdasarkan objek tanggapannya, ada pula yang berupa flm, drama, lagu, buku ilmu pengetahuan, lukisan, dan karya-karya lainnya.

C. Fungsi dan Manfaat Teks Resensi

Tugas penulis resensi adalah memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya
apakah layak dibaca atau tidak.

Dengan perbedaan-perbedaan objek karya yang diresensi, informasi yang kita dapat pun akan bermacam-macam pula. Misalnya, dari resensi novel atau kumpulan cerpen, informasi yang kita dapatkan adalah tentang alur, penokohan, latar, dan hal-hal lainnya yang terdapat di dalam buku -buku cerita itu. Berbeda halnya apabila resensi itu tentang buku populer, informasi yang kita dapatkan berupa sejumlah ilmu pengetahuan yang dapat memperluas wawasan kita tentang topik yang dibahas oleh buku itu.

D. Struktur Teks Resensi
Hal-hal yang dapat ditanggapi dalam resensi ialah kualitas isi, penampilan, unsur-unsur, bahasa, dan manfaat bagi pembaca. Kemudian, unsur-unsur atau sistematika yang terdapat dalam resensi di antaranya ialah sebagai berikut.
1. Judul resensi
2. Identitas buku yang diresensi
3. Pendahuluan (memperkenalkan pengarang, tujuan pengarang buku, dll)
4. Inti/isi resensi
5. Keunggulan buku
6. Kekurangan buku
7. Penutup

Sumber:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2017. Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK.. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 


Baca juga:

Teks Resensi/Ulasan

1.       Pengertian, Jenis, dan Fungsi Teks Resensi/Ulasan


2.       Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan


3.       Contoh Analisis Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan



4 comments: