31 March 2018

JUKNIS / PEDOMAN PEMILIHAN PENGAWAS TK BERPRESTASI TAHUN 2018



PEDOMAN PEMILIHAN PENGAWAS TAMAN KANAK-KANAK BERPRESTASI TAHUN 2018

Pengawas Taman Kanak-Kanak (TK) mempunyai peran yang sangat penting dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan pada TK di wilayah yang menjadi binaannya. Peran pengawas TK dalam mengembangkan kualitas pendidikan di sebuah TK melalui pembinaan di bidang akademik dan manajerial merupakan kebutuhan utama untuk meraih prestasi dalam rangka menghasilkan sumberdaya manusia unggul dan berdaya saing. Selain itu, peran strategis pengawas TK adalah membina kemampuan profesional guru, kepala TK, dan tenaga kependidikan lainnya di wilayah binaannya.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 40 ayat (2) poin c menyatakan bahwa “pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi dan kedudukan dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.” Mengingat fungsi strategis pengawas TK dalam meningkatkan kualitas TK di wilayah binaannya, maka perlu diberi apresiasi (penghargaan) yang layak kepada Pengawas TK yang secara nyata berprestasi dalam melaksanakan tugas pembinaan sehingga TK yang ada di wilayah binaannya menjadi lebih bermutu.
Sistem penghargaan dalam bentuk Pemilihan Pengawas TK Berprestasi Tahun 2018 dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Pemilihan Pengawas TK Berprestasi dilaksanakan secara selektif, transparan, dan terukur sehingga dapat menumbuhkan motivasi dan rasa bangga sebagai pengawas TK. Bentuk penghargaan ini diharapkan dapat mendorong pengawas untuk melaksanakan tugas pembinaan dengan lebih baik lagi dan mampu memfasilitasi kepala dan guru TK untuk melaksanakan tugas secara efektif.
Untuk kelancaran pelaksanaan dan ketercapaian tujuan kegiatan Pemilihan Pengawas TK Berprestasi Tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direkorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan PAUD dan Dikmas menerbitkan Pedoman Pemilihan Pengawas Taman Kanak-Kanak Berprestasi Tahun 2018.

UNDUH PEDOMAN PEMILIHAN PENGAWAS TAMAN KANAK-KANAK BERPRESTASI TAHUN 2018 DI SINI

JUKNIS/PEDOMAN PEMILIHAN GURU, KEPALA SEKOLAH, PENGAWAS BERPRESTASI TINGKAT TK, SD, SMP, SMA, SMK TAHUN 2018

1.       Juknis / Pedoman Pemilihan Guru TK Berprestasi Tahun 2018


2.       Juknis / Pedoman Pemilihan Guru SMA/SMK  Berprestasi Tahun 2018


3.       Juknis / Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK  Berprestasi Tahun 2018


4.       Juknis / Pedoman Pemilihan Pengawas Sekolah TK Berprestasi Tahun 2018


5.       Juknis / Pedoman Pemilihan Pengawas Sekolah SD, SMP, SMA, SMK  Berprestasi Tahun 2018


0 komentar:

Post a Comment