CONTOH RPP KURIKULUM
2013 REVISI TAHUN 2018 INTEGRASI PPK, LITERASI, PEMBELAJARAN ABAD 21 ATAU 4C,
HOTS
RPP Kurikulum 2013 revisi
tahun 2018 merupakan kelanjutan implementasi Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 yang
mengintegrasikan PPK, keterampilan Abad 21 atau 4C, Literasi, dan HOTS.
1.
Mengintegrasikan PPK (Penguatan
Pendidikan Karakter) di dalam pembelajaran, yaitu mengintegrasikan dan
mengembangkan karakter terutama 5 karakter: religius, nasionalis, mandiri,
gotong royong, dan integritas.
2.
Mengintegrasikan literasi, yaitu kemampuan
mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai
aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.
3.
Mengintegrasikan dan mengembangkan keterampilan
abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking,
Communicative, dan Collaborative);
4. Mengintegrasikan HOTS, yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir
kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
BACA PENJELASAN LENGKAP DAN CONTOH RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017
KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/05/rpp-k13-revisi-2017.html
catatan: RPP INI MASIH DRAF DAN DALAM PROSES REVISI
Berikut contoh RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2018
Sejak dulu, di pengasingan, aku selalu menyanyikan lagu
Diiringi bunyi kegelapan yang menyuarakan luka waktu
Liriknya tentang kemerdekaan yang menghilangkan ragu
Terdendang bersama belenggu kelabu pada kesendirianku
Sebenarnya, aku tak sendirian, ada gelisah yang menemani
Juga dengung kenangan yang terdengar sendu sekali
Menambah merdu alunan lagu yang kunyanyikan
Hingga bertabuhan air mata yang berlinang
Seringkali, sambil menyanyi, aku merindukan mentari
Ia selalu tersenyum padaku saat datangnya hari
Dan mengecupku dengan embun-embun puisi
Di pengasingan, mentari diusir hingga pergi
Seharusnya, dengan sadar, aku tak boleh menyanyi
Di pengasingan, ada peraturan “dilarang menyanyi”
Bila melanggar, sepi akan menghukum dengan keji
Atas undang-undang fana berlandaskan lara hati
Sayang sekali, aku tak peduli, walau aku selalu dihukum
Biar langit jiwaku membasah, agar hujan kasih kian turun
Berharap membanjiri pengasingan hingga luluh dan runtuh
Walau perjuangan telah mengorbankan hakikat tubuh
(6 September 2009 18:04 WIB)
CONTOH 2KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/05/rpp-k13-revisi-2017.html
catatan: RPP INI MASIH DRAF DAN DALAM PROSES REVISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA ……..
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi Pelajaran : Menganalisis Puisi
Kelas/Semester :
X/Genap
Alokasi Waktu : 3 x 45’
A. Kompetensi Inti
(KI)
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional.
KI3:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI4:
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif, dalam
ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8
Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan
memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa
figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi
(tema, feeling, nada, dan amanat)
|
3.8.1
Mengidentifikasi struktur fisik dan stuktur batin teks puisi
3.8.2 Menjelaskan struktur fisik dan struktur batin
teks puisi
3.8.3
Menanggapi struktur fisik dan struktur batin teks puisi.
3.8.4 Menafsirkan isi struktur fisik dan strutur
batin dalam puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan
|
4.8
Menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memerhatikan struktur
fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi:
rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan
amanat)
|
4.8.1
Memilih tema sosial, budaya, dan atau kemanusiaan
4.8.2
Mengamati objek yang sesuai dengan tema pilihan
4.8.3
Mendata katakunci sesuai dengan tema pilihan
4.8.4 Menulis puisi dengan memperhatikan struktur
fisik dan struktur batin
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan pedagogi genre peserta didik dapat menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan
kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata
konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur
batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat) hingga terampil menulis puisi bertema sosial,
budaya, dan kemanusiaan dengan kreatif, kerja keras dan penuh percaya diri.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
struktur fisik (tipografi, diksi, imaji,
kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum)
2.
struktur batin puisi (tema, feeling, nada,
dan amanat)
E.
Pendekatan
Pembelajaran/ Model/ Metode
Pendekatan : saintifik
Model : sintesis
dari tiga pendekatan(pedagogi genre, saintifik, dan CLIL)
Metode :
ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab,
F.
Media/Alat/Bahan
Puisi Subagyo Sastro Wardoyo yang berjudul “Gadis
Peminta-minta” dan “Nuansa Budaya Indonesia” karya Destriani Hamidah
G.
Sumber Belajar
Bambang Pramono.
2016. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk
SMA kelas X. Surakarta: Mediatama.
Kosasih, Engkos. 2004. Kompetensi
Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung:
Yrama
Widya.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama: (3 x 45 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1. Peserta didik
merespon salam tanda mensykuri anugerah Tuhan dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan pembelajaran sebelumnya.
2. Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
3. Peserta didik
menerima informasi kompetensi, indikator, materi, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Peserta didik
menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai
khususnyatentang
|
Nilai Karakter
Religiolitas
|
Membangun Konteks:
Dialog informasi
tentang fungsi dan wujud teks puisi dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran
dapat dimulai dengan membaca puisi yang disediakan oleh pendidik
|
Inti
1.
Peserta didik membaca dan menikmati
puisi-puisi dengan tema tertentu yang dipilih guru. Misalnya, tentang tema
sosial: kemiskinan.
2.
Peserta didik mengajukan pertanyaan
tentang variasi strukturfisik
(diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/
3.
Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang struktur
batin (tema/makna
(sense),rasa (feeling), nada (tone),dan amanat/tujuan/maksud (itention)
dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.
4.
Peserta didik mencermati struktur fisik
dengan fokus mencermati diksi yang digunakan, kata berimaji, kata konkret,
gaya bahasa, rima/
5.
Peserta didik mencermati struktur batin (tema/makna
(sense),rasa (feeling), nada (tone),dan amanat/tujuan/maksud (itention)
dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.
6.
Peserta didik mengumpulkan informasi dengan
panduan lembar kerja berdasarkan hasil pencermatan
7.
Peserta didik dan guru melakukan pembahasan
informasi yang didapat dengan melakukan pengasosian (penalaran)
8.
Peserta didik menyimpulkan variasi struktur fisik
(diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa, rima/
9.
Peserta didik menyimpulkan struktur batin (tema/makna
(sense),rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention)
) dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.
10.
Peserta didik mempresentasikan hasil
pengamatan tentang struktur puisi dari 2 atau 3 puisi yang dibacanya.
|
Kerja keras
|
Menelaah Model: Tujuan kegiatan ini (langkah 14-24) agar
peserta didik mendapatkan pemahaman tentang puisi secara mandiri dengan
bimbingan guru agar dapat menikmati puisi dan menulis puisi.
Kegiatan ini dapat
dilakukan secara berpasangan dengan teman sebangku atau berkelompok 3 orang.
Panduan lembar kerja menelaah model puisi sangat dianjurkan untuk digunakan.
Kesimpulan dibahas
secara klasikal dengan panduan guru agar kelas aktif menarik namun pengaturan
waktu efesien
|
11. Peserta didik
mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan
kompetensiyang sesuai dengan pembuatan puisi:
a. latihan kosa kata konkret,
imaji, diksi
b. latihan majas
c. latihan pengembangan
rima
12. Peserta didik
berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan
menyusun tema puisi. Latihan pengembangan tema dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang
dapat digunakan seperti pengamatan lingkungan.
|
Gotongroyong
|
Mengonstruksi Terbimbing::Kegiatan ini merupakan
aplikasi dari pemahaman tentang teks dan latihan kebahasan yang digunakan
dalam me-nyusun puisi.
|
1.
Peserta didik menentukan topik puisi (sosial,
budaya, atau kemanusiaan).
2.
Peserta didik membaca berbagai reverensi
sesuai dengan topik yang dipilih.
3.
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
sesuai dengan topik yang telah dipilih.
4.
Peserta didik menulis
puisidengan
memperhatikan struktur fisik ((diksi, imaji, kata konkret, gaya bahasa,
rima/irama,dantipografi) dan struktur batin (tema/makna
(sense),rasa (feeling), nada (tone),danamanat/tujuan/maksud
(itention)).
5.
Peserta didik mempresentasikan puisi yang
telah ditulisnya.
6.
Peserta didik lainnyamenanggapi puisi yang
dipresentasikan.
7.
Peserta didik merevisi puisi berdasarkan
masukan dari teman
|
Mengonstruksi Mandiri:
Setelah peserta didik
berkegiatan untuk mendapatkan pemahaman dan berbagai latihan subkompetensi
menulis (atau berbicara) diharapkan peserta didik sudah memiliki kepercayaan
diri untuk menyusun teks secara mandiri.
|
|
Penutup
20. Peserta didik menyimpulkan materi yang
telah dipelajari
21. Peserta didik melaksanakan penilaian
pembelajaran yang diberikan pendidik.
22. Peserta didik saling memberikan umpan
balik/refleksi hasil pembelajaran yang
telah dicapai.
23. Pendidik menutup pembelajaran dengan
ucapan salam
|
Kegiatan penutup
merupakan refleksi guru dan peserta didik terhadap proses dan hasil
pembelajaran se-bagai upaya pe-ningkatan mutu berkelanjutan
|
H.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
a.
Penilaian Sikap
1) Teknik : Pengamatan sikap dan jurnal
2) Bentuk : Lembar pengamatan dan catatan
3) Instrumen : Contoh terlampir
b.
Penilaian Pengetahuan
1) Teknik : Tes tertulis
2) Bentuk : Uraian
3) Instrumen : Terlampir
2.
Pertemuan ketiga
a.
Penilaian Sikap
1) Teknik : Pengamatan sikap dan jurnal
2) Bentuk : Skala penilaian
3) Instrumen : Contoh terlampir
b.
Penilaian Keterampilan
1) Teknik : Tertulis
2) Bentuk : Produk
3) Instrumen : Terlampir
Lampiran 1 Materi
STRUKTUR PEMBANGUN PUISI
Seperti karya
sastra lainnya, puii mempunyai
struktur-struktur dan unsur yang membangunnya.
Secara garis besar, unsur-unsur
puisi terbagi dalam dua macam, yakni struktur fisik dan struktur batin.
A.
Struktur fisik puisi merupakan unsur-unsur puisi yang
tampak dari penulisan kata-katanya. Struktur fisik puisi meliputi beberapa hal
berikut ini.
1.
Tipografi(tata wajah)
Tipografi menjadi pembeda antara puisi dengan prosa
atau drama. Larik-larik dalam puisi tidak membentuk paragraph, melainkan
membentuk bait. Dalam puisi kontemporer seperti karya Sutardji Coulzoum Bachri, tipografi itu
dipandang begitu penting, sehingga menggeser kedudukan makna kata-kata.
2.
Diksi
Diksi disebut juga pilihan kata. Kata-kata yang digunakan dalam puisi
merupakan hasil pemilihan yang sangat cermat. Kata-katanya merupakan hasil
pertimbangan, baik itu makna, susunan bunyi, maupum hubungan kata itu dengan
kata lain dalam baris dan baitnya. Kata-kata yang terdapat dalam puisi bersifat
konotatif da nada pula kata-kata
yang berlambang. Makna kata-kata itu
mungkin lebih dari satu. Kata-kata yang
dipilih hendaknya bersifat puitis yang mempunyai efek keindahan.
3.
Imaji
Imaji sering juga disebut citraan. Untuk membuat
(lebih) hidup gambaran dalam pikiran dan
juga untuk menarik perhatian, penyair juga menggunakan gambaran-gambaran angan
disamping alat kepuitisan yang lain. Gambaran angan dalam dalam sajak itu
disebut citraan. Dengan kata-kata yang
digunakan penyair, pembaca seolah-olah:
a.
Mendengar suara(imaji auditif)
b.
Melihat benda-benda(imaji visual), atau
c.
Meraba dan menyentuh benda-benda(inajinasi taktil)
4.
Kata konkret
Puisi harus menggunakan kata konkret atau jelas. Jika
penyair mahir memperkonkret kata-kata, maka pembaca seolah-olah melihat,
mendengar, atau merasa apa yang dilukiskan penyair
5.
Bahasa figuratis\f
Bahasa figurative disebut juga majas atau bahasa kiasan. Bahasa figurative atau majas
bertujuan untuk mempersamakan ataupun membandingkan sesuatu dengan hal
lain. Jenis-jenis majas tersebut antara
lain:
a.
Perbandingan langsung(simile)
b.
Metafora
c.
Perumpamaan
d.
personifikasi, dsb.
6.
Verifikasi (rima, ritme, metrum)
Rima adalah pengulangan bunyi pada puisi
Ritme dan metrum merupakan bagian dari irama
Ritme adalah irama yang disebabkan pertentangan atau
pergantian bunyi tinggi rendah secara
teratur.
Metrum adalah irama yang tetap.,artinya pergantiannya
sudah tetap menurut pola tertentu.
B.
Struktur batin
Struktur batin puisi meliputi unsur yang tidak tampak
secara langsung dari penulisan kata-katanya. Struktur batin puisi adalah
sebagai berikut:
1.
Tema
Tema
merupakan gagasan pokok yang yang diungkapkan penyair dalam puisinya. Tema
itulah yang menjadi kerangka pengembangan puisi.
2.
Feeling
Feeling
sering disebut perasaan penyair. Jadi puisi merupakan karya sastra yang paling
mewakili ekspresi perasaan penyair. Ekspresi tersebut bias berupa kerinduan,
kegelisahan, pengaguman dsb.
3.
Nada
Nada
puisi merupakan sikap penyair kepada pembaca. Sikap ini bias mengurui,
menasihati, mengejek, menyindir, atau hanya menceritakan sesuatu pada pembaca.
C.
Amanat
Amanat merupakan hal yang mendorong penyair
menciptakan puisinya. Amanat dapat ditelaah setelah kita memahami tema, rasa,
dan nada puisi tersebut.
Lampiran 2 Instrumen Penilaian
1. Pertemuan Pertama
Penilaian
Sikap
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Perilaku
|
Butir Sikap
|
Pos/Neg
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
3/5/2017
|
Tomi
|
Tidak mau mengerjakan tugas dan mengganggu teman
yang sedang bekerja
|
Tanggung jawab,
disiplin
|
-
|
- Dipanggil untuk
diberi pemahaman tentang perilaku tidak baiknya.
- Dilakukan
pembinaan.
|
2.
|
3/5/2017
|
Astuti
|
Sangat aktif dalam diskusi dan rajin membantu teman
yang kurang paham terhadap materi pelajaran
|
Kerja sama, proaktif
|
+
|
Diberikan apresiasi/pujian
|
dst
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
Penilaian
Pengetahuan
Kisi-kisi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No. Soal
|
Bentuk Soal
|
Menganalisis puisi bertema sosial,
budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi,
imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum)
dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat
|
Struktur fisik dan struktur batin puisi
|
Disajikan sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang
Lapar”, dan “Di Pengasingan”peserta didik menentukan menidentifikasi tema
dari puisi tersebut.
|
1
|
Uraian
|
|
1.
|
Disajikan sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang
Lapar” dan Di Pengasihan”, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur
fisik dan struktur batin dengan benar.
|
2
|
Uraian
|
||
2.
|
Disajikan sebuah puisi yang berjudul “Syair Orang
Lapar” dan Di Pengasihan”, peserta didik dapat membandingkan struktur fisik
dan struktur batin puisi dengan benar.
|
3
|
Uraian
|
Soal evaluasi
Bacalah dengan
cermat puisi berikut ini!
Syair Orang Lapar
Lapar menyerang
desaku
Kentang
dipanggang kemarau
Surat orang
kampungku
Kuguratkan kertas
Risau
Lapaar lautan
pidato
Ranah dipanggang
kemarau
Ketika berduyun
mengemis
Kesinikan hatimu
Kuiris
Lapar di
Gunungkidul
Mayat dipanggang
kemarau
Berjajar masuk
kubur
Kuulang jua
Kalau
Di Pengasingan
Iman
Budi Santosa
Sejak dulu, di pengasingan, aku selalu menyanyikan lagu
Diiringi bunyi kegelapan yang menyuarakan luka waktu
Liriknya tentang kemerdekaan yang menghilangkan ragu
Terdendang bersama belenggu kelabu pada kesendirianku
Sebenarnya, aku tak sendirian, ada gelisah yang menemani
Juga dengung kenangan yang terdengar sendu sekali
Menambah merdu alunan lagu yang kunyanyikan
Hingga bertabuhan air mata yang berlinang
Seringkali, sambil menyanyi, aku merindukan mentari
Ia selalu tersenyum padaku saat datangnya hari
Dan mengecupku dengan embun-embun puisi
Di pengasingan, mentari diusir hingga pergi
Seharusnya, dengan sadar, aku tak boleh menyanyi
Di pengasingan, ada peraturan “dilarang menyanyi”
Bila melanggar, sepi akan menghukum dengan keji
Atas undang-undang fana berlandaskan lara hati
Sayang sekali, aku tak peduli, walau aku selalu dihukum
Biar langit jiwaku membasah, agar hujan kasih kian turun
Berharap membanjiri pengasingan hingga luluh dan runtuh
Walau perjuangan telah mengorbankan hakikat tubuh
(6 September 2009 18:04 WIB)
Kerjakanlah soal-soal berikut!
1.
Identifikasikan unsur fisik dan unsur batin puisi di
atas!
2.
Analisislah puisi di atas berdasarkan struktur fisik
dan struktur batinnya!
Pedoman
Penilaian
Jawaban
|
Skor
|
Mengidentifikasi
struktur fisik dan struktur batin puisi
a. Menentukan tema
puisi
b. Menentukan struktur
fisik dan batin puisi dengan lengkap
c. Menentukan strutur
fisik dan batin kurang lengkap
d. Menentukan
salah satu struktur saja/dua struktur tetapi kurang lengkap
e. Tidak mampu
menentukan struktur fisik maupun batin
|
1
9
7
3
0
|
Membandingkan struktur fisik dan struktur batin dua
buah puisi
a. Menemukan
persamaan struktur fisik puisi
b.
Menemukan persamaan
struktur batin puisi
c.
Menemukan persamaan
struktur fisik puisi
d.
Menemukan persamaan
struktur batin puisi
e. Tidak menemukan
persamaan dan perbedaan struktur fisik dan struktur batin puisi
|
10
10
10
10
0
|
Jumlah Skor
|
60
|
2. Pertemuan Kedua
Penilaian Sikap
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Perilaku
|
Butir Sikap
|
Pos/Neg
|
Tindak Lanjut
|
1.
|
5/5/2017
|
Arinta
|
Tidak mau berperan serta menulis puisi dan
mengganggu teman
|
Tanggung jawab,
disiplin
|
-
|
- Dipanggil untuk
diberi pemahaman tentang perilaku tidak baiknya.
- Dilakukan pembinaan.
|
2.
|
5/5/2017
|
Pandu
|
Membantu dengan penuh semangat rekan-rekannya dalam
kegiatan Jumat Bersih; menanam bunga, membuat pot dari botol minuman bekas,
dan mengangkat tanaman dalam pot-pot kecil dari lt 1 ke lt 4.
|
Gotong royong dan tanggung jawab
|
+
|
Diberikan apresiasi/pujian
|
dst
|
……
|
…..
|
……..
|
……
|
…..
|
……
|
Format
observasi diskusi kelompok
Nama
Kelompok: Chairil Anwar
No
|
Nama
|
Gagasan
|
Tema
|
Diksi yang digunakan
|
Rima
|
||||
Y
|
T
|
Y
|
T
|
Y
|
T
|
Y
|
T
|
||
1.
|
Fanny
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
||||
2.
|
Rani
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
||||
3.
|
Keterangan
:
Diisi
tanda cek (Ö); Y = ya/benar/tepat. T = tidak tepat
Hasil
observasi ini dimaksudkan untuk melihat kelemahan maupun kekuatan penguasaan
kompetensi pengetahuan dan memperbaiki proses pembelajaran khususnya pada
indikator-indikator yang belum muncul.
Kompetensi Dasar : 4.8.1
menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memerhatikan
struktur fisik dan struktur batin
Indikator soal : Peserta didik dapat menulis sebuah puisi
dengan memerhatikan struktur fisik dan struktur batin
Instrumen : 1. Buatlah sebuah puisi dengan memilih salah
satu tema berikut!
a.
sosial
b.
budaya
c.
kemanusiaan
Rubrik penilaian
menulis
Kriteria
|
Skor
|
Indikator
|
Diksi (pilihan kata)
|
5
3
|
a. Pilihan kata
yang digunakan tepat
b. Pilihan kata yang
digunakan kurang tepat
|
Imaji /citraan
|
5
2
|
a. Pencitraan menimbulkan imajinasi tinggi
b. Pencitraan
kurang mendukung imaji
|
Majas /metafor
|
5
3
1
|
a. Penggunaan
majas/metafor tepat
b. Penggunaan
majas/metafor kurang tepat
c. Tanpa
menggunakan majas/metafor
|
Verifikasi
|
5
3
|
a.
Terdapat permainan bunyi
b.
Permainan bunyi tidak
|
Tema
|
5
3
|
a.
Kalimat mendukung tema
b.
Kalimat tidak mendukung tema
|
Amanat
|
5
3
|
a.
Amanat yang disampaikan jelas
b.
Amanat yang disampaikan tidak jelas
|
Total skor
|
30
|
Contoh pengisian
format penilaian menulis
No.
|
Nama
|
Diksi
|
Imaji
|
Majas
|
Verifikasi
|
Tema
|
Amanat
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
1.
|
Rina
|
5
|
5
|
3
|
3
|
5
|
3
|
24
|
80
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
…
|
Keterangan :
Ø Skor maksimal = jumlah skor
tertinggi setiap kriteria
Pada contoh di atas, skor
maksimal = 1 + 2 + 2 = 5
Jumlah soal perolehan
Ø Nilai unjuk kerja =
x 100
Jumlah skor maksimal
24
Ø Pada contoh di atas nilai unjuk kerja
Rina = x 100 = 80
30
UNDUH FILE KLIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
:Teks Prosedur
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan)
|
A. Kompetensi Inti
K3
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
| |
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
3.1.2 menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
| |
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1.1 mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan.
4.1.2 menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
|
C. Tujuan pembelajaran
(1) Pertemuan 1 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran. (PPK)
(2) Pertemuan 2 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan diskusi dan penugasan, peserta didik terampil mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa jujur, tanggung jawab, kreatif, dan komunikatif. (PPK)
D. Materi
Struktur teks prosedur:
· Pernyataan Umum
· Tahapan-tahapan
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Buku Bahasa Indonesia (Wajib) Kelas XI, Kementerian dan Kebudayaan Tahun 2017.
b. Internet
c. Video
d. Buku/ sumber lain yang relevan.
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK)
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. (PPK)
5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari,metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati dua contoh teks prosedur (Literasi)
2. Peserta didik mengidentifikasi dua contoh teks prosedur bersama-sama
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
2. Peserta didik memberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Menalar
1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). (4C=Collaboration)
2. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.
3. Peserta didik secara berkelompok mencari contoh teks prosedur lain dari berbagai sumber.
Mencoba
1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks prosedur yang dipilih. (4C=Critical thinking)
2. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks prosedur yang dipilih.
3. Peserta didik mencoba menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan dalam teks prosedur.(4C=Creatuvity)
Mengomunikasikan/menyajikan
1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.(4C= Communication)
2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan guru bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan penilaian. (HOTS)
2. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Pesertadidikmenerimainformasitentanghal-halyang akandipelajari, metode dan media, langkahpembelajarandanpenilaian pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati video “langkah-langkah membuat slime”.
2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang video “langkah-langkah membuat slime”.
2. Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut mana yang termasuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
Menalar
1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2. Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dalam video.
Mencoba
1. Peserta didik mencoba menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan sesuai dengan video yang diamati.
Mengomunikasikan/menyajikan
1. Peserta didik secara berkelompok mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara lisan dengan memperhatikan intonasi dan lainnya.
2. Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukanatas penampilan temannya.
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan guru bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan penilaian.
2. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membawa contoh lain dari teks prosedur baik dari koran, majalah atau buku sumber lainnya.
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
10 menit
|
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : TesTertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembarpengamatanaktivitaspesertadidik
b. Tes tertulis :uraian danlembarkerja
c. Unjuk kerja :lembar penilaian presentasi
d. Portofolio :pedoman penilaian portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
……….., Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA ……………, Guru Mata Pelajaran,
........................................
NIP. NIP.
LAMPIRAN MATERI TEKS PROSEDUR
TEKS PROSEDUR
A. Contoh
Kiat Berwawancara Kerja
Bagi perusahaan, wawancara merupakan kesempatan untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya jawab antara pewawancara dengan
calon.
Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
calon.
Agar mudah dipahami oleh mitra bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga agar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga suara agar jelas terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara suara yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara agar kita dapat memerikan jawaban yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, jangan melakukannya terlalu sering karena justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, karena kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
Singkatnya, akan lebih baik jika kita mampu menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh karena itu, hindari bahasa tubuh yang dapat diartikan negatif, seperti menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Cara berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong dapat menarik minat pewawancara.
Pada saat berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terfokus, namun tetap menarik. Kita diharapkan mampu menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengkritik atasan atau rekan kerja sebelumnya karena ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba mengatakan sesuatu yang menurut kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan memberikan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut hanyalah karangan. Tunjukkan bahwa kita mampu mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
Pewawancara biasanya memberikan kesempatan kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di akhir wawancara. Gunakanlah kesempatan ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi tugas posisi yang dilamar, kesempatan pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, karena bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan, karena dianggap dapat melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka kesempatan untuk negosiasi.
Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
B. Pengertian
Teks prosedur adalah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam melakukan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik dan berhasil..
C. Fungsi
Teks prosedur berfungsi untuk menjelaskan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik.
D. Struktur Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
(Sumber: Buku Bahasa Indonesia untuk kelas XI SMA/SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Tahun 2017)1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
E. Aspek kebahasaan
Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.
1. Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
kerja imperatif dibentuk oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
Bentuk dasar
|
Imbuhan/Partikel
|
Bentukan Kata
|
perhati
|
-kan
|
perhatikan
|
pasti
|
-kan
|
pastikan
|
tunjuk
|
-kan
|
tunjukkan
|
cerita
|
-kan
|
ceritakan
|
hindar
|
-i
|
hindari
|
jadi
|
-lah
|
jadilah
|
2. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topic yang dibahasnya.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA …….
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK LANJUT
|
1
| ||||||
2
| ||||||
3
| ||||||
4
| ||||||
5
| ||||||
2
| ||||||
7
| ||||||
8
| ||||||
9
| ||||||
10
| ||||||
11
|
........, Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA ………., Guru Mata Pelajaran,
…………. ……………….
NIP NIP.
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA ………
| |
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia - Wajib
| |
Kelas
|
:
|
XI
| |
Kompetensi dasar
|
:
|
3.1
|
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Indikator
|
:
|
3.1.1
|
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
|
3.1.2
|
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
| ||
Materi
|
:
|
Teks Prosedur
|
Contoh Tugas:
Jawablah pertanyaan berikut!
| |
1.
|
Mengapa bagian atas dinamakan “penjelasan umum”?
|
2.
|
Apakah tahapan-tahapan pada bagian selanjutnya sudah jelas?
|
3.
|
Apakah perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya?
|
4.
|
Dari isinya, menjelaskan tentang apakah teks prosedur tersebut?
|
5.
|
Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur?
|
6.
|
Berdasarkan isinya, apa fungsi teks prosedur i
|
7.
|
Kemukakanlah sebuah contoh teks prosedur yang kamu temukan dari koran atau majalah!
|
Jawablah pertanyaan berikut!
| |
1.
|
Bacalah kembali kedua teks berjudul “cara menghidupkan komputer”dan “cara mematikan komputer”! manakah bagian-bagian yang termasuk ke dalam penyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan?
|
2.
|
Carilah bacaan atau buku tentang perintah melakukan suatu kegiatan. Catatlah langkah-langkahnya. Kemudian, simpulkan menurut pendapatmu sehingga kamu memahami makna langkah-langkah tersebut!
|
….., Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA ……………, Guru Mata Pelajaran,
…………………………… ………………...
NIP………………………. NIP.
INSTRUMEN PENUGASAN2
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA …………
| |
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
| |
Kelas
|
:
|
XI
| |
Kompetensi dasar
|
:
|
4.1
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
Indikator
|
:
|
4.1.1
|
Mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan
|
4.1.2
|
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan
| ||
Materi
|
:
|
Teks Prosedur
|
Contoh Tugas:
1. Identifikasilah teks prosedur di atas berdasarkan format tabel berikut!
2. Dari isinya menjelaskan tentang apakah teks prosedur itu?
3. Temukan kata kerja imperatif pada teks prosedur di atas!
4. Temukan enam konjungsi pada teks prosedur tersebut!
5. Temukan pernyataan persuasif pada teks prosedur di atas!
6. Berikanlah tanggapan dengan bahasamu sendiri pada teks tersebut?
7. Tuliskan kembali isi teks prosedur tersebut dengan menggunakan bahasamu sendiri secara singkat dan jelas!
|
…………, Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA ………….., Guru Mata Pelajaran,
……………. ………………….
NIP............... NIP.
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan : ...............................................................
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1.
|
1. Apakahteks prosedur yang ditulis lengkap?
| ||
2.
|
3. Apakaht erdapat uraian tentang struktur prosedur?
| ||
3.
|
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan Ekaidah PUEBI?
| ||
4.
|
Apakah terdapat pernyataan umum?
| ||
5.
|
Apakah terdapat tahapan-tahapan?
| ||
Jumlah
|
Kriteria:
5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
…….., Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA …., Guru Mata Pelajaran,
………… ...............
NIP…………… NIP.
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA ……………..
| |
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
| |
Kelas
|
:
|
XI
| |
Kompetensi dasar
|
:
|
3.1
|
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Indikator
|
:
|
3.1.1
|
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
|
3.1.2
|
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
|
Tes Tertulis
Disediakan dua teks prosedur
1. Identifikasilah pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
2. Tuliskan tahapan-tahapan dalam teks prosedur tersebut
3. Kemukakan komentarmu terhadap kedua teks prosedur tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1. Identifikasilah teks prosedur dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur!
2. Buatlah rancangan teks prosedur dengan memuat pernyataan umum dan tahapan-tahapannya!
3. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan sangat tepat
|
4
|
a. Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengantepat
|
3
| |
b. Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengan kurangtepat
|
2
| |
c. Peserta didik mengidentifikasi isi teks prosedur dengantidaktepat
|
1
| |
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2
|
Peserta didik menulis tahapan teks prosedur sangat tepat
|
4
|
a. Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tepat
|
3
| |
b. Peserta didik menulis tahapan teks prosedurkurang tepat
|
2
| |
c. Peserta didik menulis tahapan teks prosedur tidak tepat
|
1
| |
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
3
|
Pesertadidik mengemukakan komentar dengan sangat tepat
|
4
|
a. Pesertadidik mengemukakan komentar dengan tepat
|
3
| |
b. Pesertadidik mengemukakan komentar dengan kurangtepat
|
2
| |
c Pesertadidik mengemukakan komentar dengan tidaktepat
|
1
|
………, Juni 2018
Mengetahui,
Kepala ……………, Guru Mata Pelajaran,
…………. ……………
NIP………….. NIP.
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA …………
| ||
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
| ||
Kelas
|
:
|
XI
| ||
Materi
|
:
|
Menganalisis dan memerankan dialog prosedur
| ||
Kompetensi dasar
|
:
|
4.1
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
| |
Indikator
|
:
|
4.1.1
|
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.
| |
4.1.2
|
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan
|
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Buatlah sebuah teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.
2. Identifikasilah teks tersebut sesuai dengan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya.
2. Rubrik Penilaian
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannyasangat sesuai isi teks
|
4
|
a. Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya sesuai isi teks
|
3
| |
b. Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya kurang sesuai isi teks
|
2
| |
c. Peserta didik membuat teksprosedur dengan memperhatikan pernyataan umum dan tahapan-tahapannya tidaksesuaiisiteks
|
1
| |
2
|
Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik
|
4
|
a. Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur lengkapdansesuaidengantopik
|
3
| |
b. Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur kurang lengkap dan kurang dengantopik
|
2
| |
c Peserta mengidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks
|
1
|
……., Juni 2018
Mengetahui,
Kepala …………., Guru Mata Pelajaran,
…………. . …………………….
NIP……….. NIP.
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA ……………
| ||
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
| ||
Kelas
|
:
|
XI
| ||
Materi
|
:
|
Menganalisis Teks prosedur
| ||
Kompetensi dasar
|
:
|
3.1
|
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
| |
4.1
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
| |||
Indikator
|
:
|
3.1.1
|
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
| |
3.1.2
|
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
| |||
4.1.1
|
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.
| |||
4.1.2
|
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan
|
Tugas I
1. Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI
|
SKOR MAKSIMAL
|
Peserta didikmenyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu
|
4
|
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
|
3
|
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
|
2
|
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
|
1
|
Peserta didiktidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
|
0
|
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas :
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018/2019
No
|
Nama Peserta didik
|
Tugas KD
|
Nilai
|
Tanda Tangan
|
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
| |
Peserta Didik
|
Guru
| |||||
……….., Juni 2018
Mengetahui,
Kepala SMA , Guru Mata Pelajaran,
…………. ………………
NIP.............. NIP.
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
|
XI/1
|
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan
|
C4
|
Uraian
|
1
|
2
|
Menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
|
XI/1
|
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
|
C5
|
uraian
|
2
| |
3
|
4.1 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
Mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.
|
XI/1
|
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan.
|
C2
|
uraian
|
3
|
4
|
Menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan
|
XI/1
|
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan.
|
C5
|
uraian
|
4
| |
5
|
Mengomentari teks prosedur
|
XI/1
|
Disajikan video tentangprosedurpeserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedur dengan benar
|
C2
|
uraian
|
5
|
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1(satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar
|
:
|
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
Materi
|
:
|
Teks prosedur
|
Indikator Soal Nomor 1
|
:
|
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dengan benar
|
Indikator Soal Nomor 2
|
:
|
Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatandengan benar
|
Indikator Soal Nomor 3
|
:
|
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat mengungkapkan pernyataan umum dantahapan-tahapan secara lisan dengan jelas.
|
Indikator Soal Nomor 4
|
:
|
Disajikan teks prosedur peserta didik dapat menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan benar.
|
Indikator Soal Nomor 5
|
:
|
Disajikan video tentang prosedur peserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks prosedurdengan benar
|
CONTOH 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Sekolah : SMA
Kelas/ Semester : X IPA-IPS/ Gasal
Materi pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi waktu : 4 X 45 menit (2 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
4.1.1 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.2 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran discovery learning peserta didik dapat Menentukan isi pokok laporan hasil observasi dan menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
Pertemuan 2 : melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan diskusi dan penugasan, peserta didik terampil menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dan terampil mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi dengan rasa jujur, tanggung jawab, kreatif, dan komunikatif.
D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran pertemuan 1
a. Teks laporan hasil observasi
b. Isi teks laporan hasil observasi
c. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
1. Kata serta frasa verba dan nomina
2. Afiksasi
3. Kalimat definisi dan deskriptif
4. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Pedagogi genre, Pendekatan Saintifik, CLIL
Model : discovery learning (pertemuan 1)
: penugasan (pertemuan 2)
Metode : penugasan, diskusi, tanya jawab
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit )
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. (PPK)
2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik dengan memberikan dua gambar yang berbeda, yaitu gambar lingkungan terawat dan lingkungan tidak terawat. Peserta didik merespon pertanyaan pendidik: “Apa yang kalian amati dari gambar tersebut?”, “Hal-hal menarik apa saja yang kalian amati dari dua gamabr tersebut?”serta “Apa yang harus kamu lakukan ketika menghadapi permasalahan yang terdapat dalam gambar tersebut?”
3. Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi.
|
10 menit
|
2. INTI
|
Discovery
1. Stimulasi ( pemberian rangsangan)
a. Peserta didik membaca teks Laporan Hasil Observasi dengan judul Wayang pada halaman 9 (buku siswa). (Literasi)
b. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan empat orang.
2. Identifikasi Masalah
Peserta didik menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi mengidentifikasi masalah yang akan dibahas dalam teks Laporan Hasil Observasi, yaitu
1. Isi pokok teks laporan hasil observasi
2. Ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
3. Pengumpulan data
Peserta didik berdiskusi kelompok untuk menentukan isi pokok teks laporan hasil observasi serta menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. (4C= Collaborative)
4. Pengolahan data
a. Peserta didik mendiskusikan isi pokok yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi
b. Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi (Critical Thinking)
5. Pemeriksaan data
a. Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain tentang isi pokok teks laporan hasil observasi (4C=Communicative)
b. Dua kelompok secara bergantian melaporkan hasil kerja kelompoknya untuk ditanggapi oleh kelompok lain tentang ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
6. Penarikan kesimpulan
Di bawah bimbingan pendidik, peserta didik menyimpulkan:
a. Isi teks laporan hasil observasi
b. Ciri-ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
|
70 menit
|
3. Penutup
|
Kegiatan pendidik bersama peserta didik yaitu :
a. Memberi penghargaan kepada satu kelompok yang berhasil menjadi kelompok yang mempunyai jawaban yang paling benar dan mampu bekerja sama secara tim.
b. Menjelaskan rencana pembelajaran berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemua ke-2
(2 x 45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
1. Pendahuluan
|
1. Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan pendidik tentang materi pembelajaran sebelumnya, “ apa yang kalian tentang teks laporan hasil observasi?”Bagaimana ciri kebahasaan teks Laporan hasil observasi.
3. Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan yang akan dipelajari dalam teks Laporan Hasil Observasi hari ini.
|
10 menit
|
2. Inti
|
1. Pendidik dengan rasa ingin tahu membaca teks yang berjudul “D’ Topeng Museum Angkut” pada halaman 16 di buku Siswa.
2. Peserta didik dikelompokkan menjadi beebrapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat orang. Setiap siswa menyusun ringkasan teks “D’ Topeng Museum Angkut” secara mandiri. (Creatuvity)
3. Secara bergantian setiap siswa mempresentasikan ringkasan yang dibuatnya dalam kelompmpok masing-masing.
4. Siswa lain menilai temannyadengan mengisi rubrik penilaian yang dibagikan guru
5. Setiap kelompok memilih ringkasan yang terbaik
6. Siswa yang ringkasannya menjadi ringkasan terbaik di kelompoknya harus mempresentasikan ringkasan di depan kelas.
|
70 menit
|
Penutup
|
Kegiatan peserta didik bersama pendidik, yaitu:
a. Membuat kesimpulan bersama-sama tentang cara membuat ringkasan yang benar
b. Mengingatkan tentang pembelajaran di hari berikutnya.
|
10 menit
|
G. Penilaian (HOTS)
1. Kompetensi keagamaan dan sosial
a. Teknik penilaian : observasi/ pengamatan
b. Bentuk : catatan hasil observasi
c. Instrumen : jurnal (terlampir)
2. Kompetensi Pengetahuan:
a. Teknik penilaian : tes tulis dan tes penugasan
b. Bentuk Penilaian : tugas individu dan tugas kelompok.
c. Instrumen penilaian: lembar kerja. (terlampir)
3. Kompetensi keterampilan :
a. Teknik penilaian : tes penugasan
b. Bentuk : tugas tertulis.
c. Instrumen penilaian : lembar kerja
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b. Siwa yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
a. LCD, Laptop
b. Lembar kerja
2. Bahan : Teks laporan observasi
3. Sumber Belajar :
a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemdikbud.
b. Internet
………….
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
Lampiran
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK LANJUT
|
1
| ||||||
2
| ||||||
3
| ||||||
4
| ||||||
5
| ||||||
6
| ||||||
7
| ||||||
8
| ||||||
9
| ||||||
10
| ||||||
11
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Indikator : 3.1.1Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
3.1.2 Menentukan ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
Materi : 1. Isi teks laporan hasil observasi
2. Ciri-ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi
a. Kata serta frasa verba dan nomina
b. Afiksasi
c. Kalimat definisi dan deskriptif
d. Kalimat simpleks dan kalimat kompleks
Petunjuk : Bacalah teks berikut, secara berkelompok jawablah pertanyaan yang terdapat di bawahnya!
1. Jawablah pertanyaan sebagai berikut!
a. Apakah wayang itu?
b. Apa fungsi dari pertunjukkan wayang?
c. Ada berapa jenis wayang berdasarkan pembuatannya?
d. Apa yang dimaksud dengan wayang suket?
2. Mengapa teks tersebut digolongkan teks laporan hasil observasi?
3. Analisilah kebahasaan teks laporan hasil observasi di atas dengan menggunakan bagan berikut!
No
|
Hal
|
Pengertian
|
Contoh
|
1
|
Nomina
|
Kata :
Frasa:
| |
2
|
Verba
|
Kata:
Frasa:
| |
3
|
Kalimat definisi dan kalimat deskripsi
| ||
4
|
Kalimat simpleks
| ||
5
|
Kalimat kompleks
|
4. Lalu presentasikan di depan kelas!
Rubrik Penilaian Penugasan kelompok:
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Nama kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Penugasan :...............................................................
Pedoman penyekoran:
No soal
|
Deskripsi
|
Skor
|
Skor maksimal
|
1a
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat
|
5
| ||
1b
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat
|
5
| ||
1c
|
Menjawab dengan benar disertai 3 contoh.
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai 2 contoh
|
5
| ||
Menjawab dengan benar disertai 1 contoh
|
3
| ||
1d
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab hampir benar dengan alasan yang kurang tepat .
|
5
| ||
2
|
Menjawab dengan benar disertai alasan yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab kurang benar disertai alasan yang kurang tepat
|
5
| ||
3.1
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.2
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.3
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.4
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
3.5
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang tepat
|
10
|
10
|
Menjawab dengan benar disertai pengertian dan contoh yang kurang tepat
|
5
| ||
Menjawab dengan kurang benar disertai pengertian dan contoh yang tidak tepat
|
3
| ||
Total
|
100
|
Kunci
1.a. wayang adalah suatu jenis pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia
1.b.fungsi pertunjukkan wayang adalah sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.
1. c. Berdasarkan pembutannya, wayang dibedakan menjadi tiga jenis, yakni wayang kulit, wayang wong, dan wayang golek.
1.d. wayang suket adalah wayang yang merupakan tirua dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput(bahasa jawa : suket)
2. teks tersebut dikategorikan dalam teks laporan hasil observasi karena ditulis berdasarkan hasil pengamatan/observasi pada kenyataan dan objek yang dilaporkan yaitu wayang dituliskan secara detail
3.
No
|
Hal
|
Pengertian
|
Contoh
|
1
|
Nomina
|
Nomina adalah kata benda
Kata adalah satuan bahasa terkecil yang bersifat bebas
Frasa adalah unsur yang lebih luas, yaitu kelompok nonprediktif
|
Kata : wayang
Frasa: wayang orang
|
2
|
Verba
|
Verba adalah kata kerja
|
Kata: adalah
Frasa: sudah membagi
|
3
|
Kalimat definisi
|
Kalimat yang menggunakan verba definitif
|
Wayang adalah seni pertunjukkan yang telah ditetapkan sebagai budaya asli Indonesia
|
Kalimat simpleks
|
Kalimat yang menggunakan verba deskriptif
|
Wayang ini terbua dari kulit kerbau yang ditatah dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit
| |
4
|
Kalimat kompleks
|
Kalimat yang memiliki dua atau lebih kompleks
|
Dalam budaya modern, wayang berfungsi menghibur dan mendidik
|
5
|
Kalimat simpleks
|
Kalimat yang hanya memiliki satu klausa
|
Kelelawar merupakan hewan unik
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.3 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.4 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
1. Bacalah teks laporan hasil observasi yang berjudul Wayang lalu buatlah ringkasannya!
2. Presentasikan hasil ringkasan kalian di depan kelas!
RUBRIK PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas : X IPA-IPS
Kompetensi dasar :
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
Indikator pencapaian kompetensi :
4.1.5 Menyusun ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
4.1.6 Mempresentasikan hasil ringkasan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi
Materi : ringkasan teks Laporan hasil observasi
Rubrik penilaian presentasi ringkasan
No
|
Nama
|
Aspek penilaian
|
Total nilai
| ||
kelancaran
|
Kelengkapan informasi
|
Kebenaran isi
| |||
1
| |||||
2
| |||||
3
| |||||
4
|
Aspek penilaian
|
kriteria
|
Rentang skor
|
Skor maksimal
|
Kelancaran
|
Sangat lancar menyamapiakn isi teks
|
85-100
|
100
|
Cukup lancar menyampaikan isi teks
|
70-84
| ||
Kurang lancar menyampaikan isi teks
|
55-69
| ||
Tidak lancar menyampaikan isi teks
|
54-40
| ||
Kelangkapan informasi
|
Isi teks yang disampaikan sangat lengkap
|
85-100
|
100
|
Isi teks yang disampaikan sedikit kurang lengkap
|
70-84
| ||
Hanya separuh isi teks yang disampaikan
|
55-69
| ||
Isi teks yang disampaikan hanya sedikit
|
54-40
| ||
Kebenaran isi
|
Isi teks yang disampaikan benar semua
|
85-100
|
100
|
Isi teks yang disampaikan sebagaian besar benar
|
70-84
| ||
Isi teks yang disampaikan separuh yang benar
|
55-69
| ||
Isi teks yang disampaikan sebagian besar salah
|
54-40
| ||
Total
|
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1 (satu)
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
3.1
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis
|
Menentukan isi pokok laporan hasil observasi
|
X/1
|
Disajikan teks laporan hasil
observasi, peserta didik dapat menentukan isi pokok laporan hasil observasi
|
C4 (menganalisis)
|
Uraian
|
1
|
Menentukan ciri
kebahasaan teks laporan hasill observasi
|
X/1
|
Disajikan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan ciri kebahasaan
teks laporan hasil observasi
|
C4 (menganalisis)
|
uraian
|
2
|
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : X
Semester : 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Nomor
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator Soal
|
Level Keterampilan
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
4.1
Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi
baik secara lisan maupun tulisan
|
Isi pokok laporan
hasil observasi
|
X/1
|
Disajikan teks laporan hasil
observasi , peserta didik mampu
menentukan gagasan utama tiap paragraf
|
P3; Presisi
Menunjukkan
|
Uraian
|
3
|
Disajikan teks laporan
hasil observasi, peserta didik mampu menyusun gagasan pokok yang sudah ditemukan menjadi
sebuah ringkasan
|
P5: naturalisasi
Mendesain
|
uraian
|
4
|
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp ☎ 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
ReplyDelete1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
Maju bersama hebat semuaaaaaa
ReplyDeleteterimakasih sharenya..
ReplyDeletebagi yang butuh aplikasi rapor k13 dan aplikasi-aplikasi sekolah lainnya bisa cek di https://mustilan.blogspot.com/2015/08/daftar-aplikasi-sekolah.html
RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2018 merupakan kelanjutan implementasi Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 yang mengintegrasikan PPK, keterampilan Abad 21 atau 4C, Literasi, dan HOTS.
ReplyDeletehttp://www.bolavita.net/category/freebet/
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteRPP Kurikulum 2013 sekarang menggunakan kegiatan pembelajan LITERASI demi meningkatkan minat baca, PPK menguatkan karakter, 4C memperkaya keterampilan abad 21, dan HOTS memperdalam daya pikir siswa.
ReplyDeleteTerima kasih infonya,
situs judi qq online terpercaya
ReplyDeletebandar online terpercaya
agen judi online terpercaya
judi ceme terpercaya
agen poker online terpercaya
judi qq terpercaya
poker indonesia terbaik
judi poker online terpercaya
p2play
poker online
idn poker
ReplyDeleteidn poker
idn poker
idn poker
idn poker
idn poker
idn poker
idn poker
idn poker
idn poker
Terima kasih. Smg jadi amal. Sukses sll
ReplyDeleteTerima kasih...sangat membantu
ReplyDelete√ Download RPP K13 Kelas 1-6 Revisi 2018 Kurikulum 2018 (Lengkap) https://gudangrppsilabus.blogspot.com/2019/08/download-rpp-k13-kelas-1-6-revisi-2018.html
ReplyDeleteterimakasih
ReplyDeleteRPP akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan siswa.
ReplyDelete