PEMETAAN STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS XI SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SKL
|
KI
|
KD
|
IPK
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Pengetahuan
Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena
dan kejadian
Keterampilan
Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
|
3.1.
Mengonstruksi informasi berupa
pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
3.1.1. Mengidentifikasi
teks prosedur dengan memperhatikan isi,
pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam
teks prosedur.
3.1.2. Membuat
rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
|
·
Isi
Teks Prosedur.
|
· Mengidentifikasi
teks prosedur dengan memperhatikan isi,
pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam
teks prosedur.
· Membuat
rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
4.1.
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
4.1.1. Menyusun
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis
4.1.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
||||
3.2.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
3.2.1. Mengidentifikasi
struktur teks prosedur
3.2.2. Mengidentifikasi
kebahasaan teks prosedur
|
Teks
Prosedur:
·
struktur;
·
kebahasaan;
·
konjungsi
;
·
jenis
kalimat; dan
·
verba
material dan verba tingkah laku.
|
· Mengidentifikasi
struktur, kebahasaan, topik, isi teks
prosedur
· Menyusun
teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
|
||
4.2.
Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan
hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
|
4.2.1. Menyusun teks
prosedur dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan yang dominan
4.2.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
|
||||
3.3.
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
|
3.3.1. Menganalisis
teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan
kausalitas, dan topik.
3.3.2. Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
Teks Eksplanasi:
·
pengertian;
·
isi;
dan
·
kejadian
yang menunjukkan hubungan kausalitas.
|
· Menganalisis
teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan
kausalitas, dan topik.
· Menulis
kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis
· Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
||
4.3.
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
4.3.1. Menulis kembali
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara
lisan dan tulis
4.3.2. Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
||||
3.4.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
eksplanasi
|
3.4.1. Mengidentifikasi
teks eksplanasi dengan memerhatikan
istilah, pokok isi, referensi,
dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
3.4.2. Mengidentifikasi struktur teks eksplanasi
3.4.3. Mengidentifikasi kebahasaan teks eksplanasi
|
Teks
Eksplanasi:
·
Struktur;
·
Kebahasaan;
dan
·
Konjungsi.
|
· Mengidentifikasi
teks eksplanasi dengan memerhatikan
istilah, pokok isi, referensi,
dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
· Menyusun
teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam
diskusi kelompok.
|
||
4.4.
Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis
dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
4.4.1. Menyusun teks
eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
4.4.2. Mempresentasikan,
memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam
diskusi kelompok.
|
||||
3.5.
Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan
aktual yang disajikan dalam ceramah
|
3.5.1. Menentukan
unsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
3.5.2. Menemukan informasi dan permasaahan aktual dalam teks ceramah
|
Ceramah:
·
unsur-unsur;
·
kebahasaan;
dan
·
isi.
|
· Menentukanunsur-unsur
ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
· Menulis
kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan
isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
|
||
4.5.
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan
aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
4.5.1. Menulis
kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan
isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
4.5.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
|
||||
3.6.
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam
ceramah
|
3.6.1. Mengidentifikasi
isi dan struktur teks ceramah.
3.6.2. Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
|
Teks
ceramah:
·
isi;
·
struktur;
·
kebahasaan;
dan
·
teknik
orasi ceramah.
|
· Menggali
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
· Menyusun
kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur.
· Menyampaikanteks
ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan memperhatikan teknik
cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa
tubuh) yang baik dan sesuai.
· Mengomentari
dan memperbaiki cermah temannya.
|
||
4.6.
Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual
dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
|
4.6.1. Menyusun
kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur.
4.6.2. Menyampaikan
teks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan memperhatikan teknik
cermah (intonasi, ekspresi, dan bahasa
tubuh) yang baik dan sesuai.
4.6.3. Mengomentari
dan memperbaiki cermah temannya.
|
||||
3.7.
Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu
buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
3.7.1. Menentukan
unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
3.7.2. Menyusun
laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
|
Buku
pengayaan nonfiksi:
·
isi
buku;
·
keunggulan
buku;
·
kelemahan
buku; dan
·
simpulan.
|
· Menentukan
unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
· Menyusun
laporan hasil kerja kelompok
dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
· Mempresentasikan
dan memberi tanggapan, dan
merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
||
4.7.
Menyusun laporan butir-butir penting dari satu
buku pengayaan (nonfiksi)
|
4.7.1. Menyusun
laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
4.7.2. Mempresentasikan
dan memberi tanggapan, dan
merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
||||
3.8.
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang
terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
|
3.8.1. Menentukan
unsur intrinsikdan ekstrinsik cerpen
3.8.2. Menemukan
nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek
|
Cerpen:
·
Isi
cerpen
·
Nilai-nilai
kehidupan dalam cerpen
·
Unsur
intrinsik dan ekstrinsik cerpen
·
Kebahasaan
cerpen
·
Majas
·
peribahasa
·
ungkapan
|
· Menentukan
unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam cerpen serta menerapkan
nilai-nilai dalam cerpen ke dalam
kehidupan sehari-hari.
· Mempresentasikan
dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
||
4.8.
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang
dipelajari dalam cerita pendek
|
4.8.1. Menentukan nilai kehidupan dalam teks cerita
pendek
4.8.2. Mendemonstrasikan
nilai kehidupan dalam teks kehidupan
4.8.3. Mempresentasikan
dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
||||
3.9.
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek
dalam buku kumpulan cerita pendek
|
3.9.1. Mengidentifikasi
cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
3.9.2. Menelaah
teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
|
Cerpen:
·
Unsur-unsur
pembangun cerpen
·
Merekonstruksi
cerpen.
|
· Mengidentifikasi
cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
· Menyusun
kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
||
4.9.
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan
memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
|
4.9.1. Menyusun
kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
4.9.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
||||
3.10.
Menemukan butir-butir penting dari dua buku
pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
3.10.1. Menentukan
butir-butir prnting buku nonfiksi yang dibaca
3.10.2. Membuat
simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
|
Buku
nonfiksi:
·
isi
buku pengayaan;
·
keunggulan
buku;
·
kelemahan
buku; dan
·
simpulan.
|
· Membuat
simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
· Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas.
· Memberi
tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
||
4.10.
Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu
buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
|
4.10.1. Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas.
4.10.2. Memberi
tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
||||
3.11.
Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang
dibaca
|
3.11.1. Mengidentifikasi
dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
3.11.2. Menentukan
pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
Buku
Fiksi:
·
isi
buku fiksi;
·
bagian-bagian
dalam buku fiksi; dan
·
ulasan
terhadap buku fiksi.
|
· Mengidentifikasi
dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
· Menyusun
ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan
isi buku fiksi yang dibaca.
· Mempresentasikan,
memberitanggapan dan memperbaiki hasil
kerja dalam diskusi kelas
|
||
4.11.
Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku
fiksi yang dibaca
|
4.11.1. Menyusun ulasan
buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku
fiksi yang dibaca.
4.11.2. Mempresentasikan,
memberitanggapan dan memperbaiki hasil
kerja dalam diskusi kelas.
|
ASSALAMU'ALAIKUM PAK,,,
ReplyDeleteKALAU sudah disusun saya minta file analisis SKL semester 2 ya....maaf terimakasih byk.....
analisis skl semester 2 sudah ada pak?
Deletealhamdulillah file file yang kami dapat sangat membantu,,,,maksih banyak pak...
ReplyDeleteMohon bagikan filenya ya. Terima kasih. Semoga menjadi amal ibadahnya.
ReplyDeleteminta file skl ki kd semester 2 pak
ReplyDeletethanks pak
ReplyDeletePak izin boleh meminta filenya
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete