PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
KELAS X SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
KELAS X SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
SKL
|
KI
|
KD
|
IPK
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan
tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai
pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, esni budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan
hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
3.1.1. Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil
observasi.
3.1.2. Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan
hasil observasi.
|
Isi pokok laporan hasil
observasi:
· pernyataan
umum;
· hal
yang dilaporkan;
· deskripsi
bagian;
· deskripsi
manfaat; dan
· maksud isi
teks (tersirat dan tersurat).
|
·
Menentukan isi pokok, hal-hal yang
dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
·
Menafsirkan teks laporan hasil observasi
berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
·
Mempresentasikan dan menanggapi teks
laporan hasil observasi
|
4.1 Menginterpretasi isi teks
laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun
tulis.
|
4.1.1
Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur,
ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
4.1.2
Mempresentasikan teks laporan hasil observasi
|
||||
3.2.
Mengonstruksi
teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik
lisan maupun tulis
|
3.2.1. Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil
observasi.
3.2.2. Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan
hasil observasi.
3.2.3.
Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil
observasi.
|
Isi pokok teks laporan
hasil observasi:
·
pernyataan umum;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
·
kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
|
·
Mengidentifikasi isi, struktur, dan ciri kebahasaan.
·
isi, ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
·
Menyusun kembali teks laporan hasil
observasi yang dibaca dengan memerhatikan isi, struktur, dan ciri kebahasaan.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks laporan hasil
observasi yang telah disusun.
|
||
4.2 Mengidentifikasi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi
yang didengar dan atau dibaca
|
4.2.1
Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi
4.2.2
Menyusun teks laporan hasil observasi
4.2.3 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi
yang telah disusun..
|
||||
3.3.
Menganalisis
struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi),
kebahasaan teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca
|
3.3.1. Menggali struktur (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau
dibaca.
3.3.2. Menggali isi (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau
dibaca.
3.3.3.
Menggali kebahasaan
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks
eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
|
Isi teks
eksposisi:
·
pernyataan tesis;
·
argumen;
·
pernyataan ulang; dan
·
kebahasaan.
Komentar terhadap:
· Kekurangan
dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk
mendukung tesis).
|
·
Menggali struktur, isi, (permasalahan, argumentasi, pengetahuan,
dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
·
Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan
struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan
kebahasaan.
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksposisi
yang telah disusun.
|
||
4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
|
4.3.1
Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan
struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, rekomendasi
4.3.2
Mempresentasikan teks eksposisi yang telah
disusun.
|
||||
3.4.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
3.4.1. Menemukan struktur teks
eksposisi yang dibaca.
3.4.2. Menumukan kebahasaan teks
yang dibaca.
3.4.3. Membandingkan dua teks
eksposisi
|
Struktur teks eksposisi:
·
pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
·
argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan
·
pernyataan ulang.*
Kebahasaan:
·
kalimat nominal dan
·
kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
·
deduksi dan
·
induksi
|
·
Menggali struktur dan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi
yang dibaca.
·
Menyusun kembali teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur, dan kebahasaan.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
||
4.4
Mengonstruksikan teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur dan kebahasaan.
|
4.4.1
Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan.
4.4.2
Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun.
|
||||
3.5.
Mengevaluasi teks
anekdot dari aspek makna tersirat.
|
3.5.1. Menilai isi tersirat dalam teks anekdot
3.5.2. Menilai aspek makna tersirat dalam teks
anekdot
|
Isi teks anekdot:
·
peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan
publik,
Unsur anekdot:
· peritiwa/tokoh
yang perlu dikritisi, sindiran, humor,
dan penyebab kelucuan.
|
·
Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam
teks anekdot
·
Menyusun kembali teks anekdot dengan
memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
·
Mempresentasikan, mengomentari,dan merevisi
teks anekdot yang telah disusun.
|
||
4.5
Mengonstruksi makna tersirat dalam
sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
4.5.1
Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat
dalam teks anekdot yang dibaca
4.5.2
Mempresentasikan eks anekdot yang telah disusun.
|
||||
3.6.
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks anekdot.
|
3.6.1. Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks)
anekdot
3.6.2. Mengidentifikasi kebahasaan anekdot
|
· Isi
anekdot
· Peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik.
· Sindiran.
· Unsur
humor.
· Kata
dan Frasa idiomatis
|
·
Mengidentifikasi struktur(bagian-bagian
teks) anekdot dan kebahasaan .
·
Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan.
·
Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi
teks anekdot yang telah disusun.
|
||
4.6
Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan
struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
4.6.1
Menyusun teks anekdot
dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan.
4.6.2
Mempresentasikan teks anekdot yang telah disusun.
|
||||
3.7.
Mengidentifikasi
nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan
maupun tulis.
|
3.7.1. Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat.
3.7.2. Mendata karakteristik dalam hikayat.
3.7.3. Mendata nilai-nilai dalam hikayat.
|
· Karakeristik
hikayat.
· Isi
hikayat.
· Nilai-nilai
dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
|
·
Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan
nilai-nilai dalam hikayat.
·
Menyusunteks eksposisi berdasarkan
pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
·
Mempresentasikan, menanggapi,dan
merevisi,teks eksposisi yang telah disusun
|
||
4.7
Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang
didengar dan dibaca.
|
4.7.1
Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi dalam
hikayat.
4.7.2
Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok nilai-nilai
dalam hikayat.
4.7.3
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang
telah disusun
|
||||
3.8.
Membandingkan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.8.1. Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam
cerpen dan cerita rakyat.
3.8.2. Menjelaskan perbedaan dan persamaan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita
rakyat.
|
· Nilai-nilai
dalam cerpen dan hikayat.
· Gaya
bahasa.
· Kata
arkais (kuno).
|
·
Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi
dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
·
Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam
bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
·
Mempresesntasikan, menanggapi, dan merevisiteks cerpen yang disusun.
|
||
4.8
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam
bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
4.8.1 Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam
bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.2
Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun..
|
||||
3.9.
Mengidentifikasi
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.9.1 mengungkapkan butir-butir penting dari
buku pengayaan nonfiksi yang dibaca
3.9.2 mengungkapkan butir-butir penting dari
satu novel yang dibaca
|
· Ikhtisar
|
Laporan
Hasil Membaca Buku
·
Melaporkan isi buku yang dibaca dalam
bentuk ikhtisar.
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi ikhtisar yang dilaporkan.
|
||
4.9
Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku
pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
4.9.1
Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
4.9.2
Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan.
|
Boyolali,
2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru
Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh
Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041998031014 NIP 197207081998011001
Boleh Minta file doc nya pak
ReplyDeletePak, semester 2nya sudah ada belum Pak. trims
ReplyDelete