21 June 2018

ANALISIS STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X SEMESTER 1



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

SMA NEGERI 2 BOYOLALI

KELAS X SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2018/2019







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

SMA NEGERI 2 BOYOLALI

KELAS X SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2018/2019



SKL
KI
KD
IPK
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, esni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
3.1       Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.1.1.  Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi.
3.1.2.  Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
Isi pokok laporan hasil observasi:
·       pernyataan umum;
·       hal yang dilaporkan;
·       deskripsi bagian;
·       deskripsi manfaat; dan
·       maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
·         Menentukan isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
·         Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
·         Mempresentasikan dan menanggapi teks laporan hasil observasi
4.1       Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
4.1.1  Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
4.1.2   Mempresentasikan teks laporan hasil observasi
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.      Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.2.1.  Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil observasi.
3.2.2.  Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan hasil observasi.
3.2.3.  Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
Isi pokok teks laporan hasil observasi:
·       pernyataan umum;
·       deskripsi bagian;
·       deskripsi manfaat; dan
·       kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).


·         Mengidentifikasi isi, struktur, dan ciri kebahasaan.
·         isi, ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
·         Menyusun kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca dengan memerhatikan isi, struktur, dan ciri kebahasaan.
·         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks laporan hasil observasi yang telah disusun.
4        
4.1        
4.2       Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
4.2.1 Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi
4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi
4.2.3   Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang telah disusun..
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.      Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.3.1.  Menggali struktur (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.2.  Menggali isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.3.  Menggali  kebahasaan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
Isi teks eksposisi:
·       pernyataan tesis;
·       argumen;
·       pernyataan ulang; dan
·       kebahasaan.

Komentar terhadap:
·       Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).
·         Menggali struktur, isi, (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
·         Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
·         Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
4.3       Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
4.3.1  Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi
4.3.2   Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.      Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.4.1.  Menemukan struktur teks eksposisi yang dibaca.
3.4.2.  Menumukan kebahasaan teks yang dibaca.
3.4.3.  Membandingkan dua teks eksposisi
Struktur teks eksposisi:
·       pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
·       argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan
·       pernyataan ulang.*

Kebahasaan:
·       kalimat nominal dan
·       kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
·       deduksi dan
·       induksi
·         Menggali struktur dan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca.
·         Menyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan.
·         Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi  teks eksposisi yang telah disusun.
4.4       Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
4.4.1  Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan.
4.4.2   Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.      Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.5.1.  Menilai isi tersirat dalam teks anekdot
3.5.2.  Menilai aspek makna tersirat dalam teks anekdot
Isi teks anekdot:
·       peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
·       peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi,  sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
·         Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
·         Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
·         Mempresentasikan, mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
4.5       Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
4.5.1   Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
4.5.2   Mempresentasikan eks anekdot yang telah disusun.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.      Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.6.1.  Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) anekdot
3.6.2.  Mengidentifikasi kebahasaan anekdot
·       Isi anekdot
·       Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
·       Sindiran.
·       Unsur humor.
·       Kata dan Frasa idiomatis
·         Mengidentifikasi struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan kebahasaan .
·         Menyusun kembali teks anekdot  dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
·         Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
4.6       Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis
4.6.1  Menyusun teks anekdot  dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan.
4.6.2   Mempresentasikan teks anekdot yang telah disusun.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.      Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.7.1.  Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat.
3.7.2.  Mendata karakteristik dalam hikayat.
3.7.3.  Mendata nilai-nilai dalam hikayat.
·       Karakeristik hikayat. 
·       Isi hikayat.
·       Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).



·         Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat.
·         Menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
·         Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun
4.7       Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
4.7.1  Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi dalam hikayat.
4.7.2  Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok nilai-nilai dalam hikayat.
4.7.3   Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang telah disusun

1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.       
3.8.      Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.8.1.  Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam cerpen dan cerita rakyat.
3.8.2.  Menjelaskan perbedaan dan persamaan  nilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat. 
·       Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
·       Gaya bahasa.
·       Kata arkais (kuno).


·         Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
·         Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
·         Mempresesntasikan, menanggapi, dan  merevisiteks cerpen yang disusun.
4.8       Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.1 Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.2   Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun..
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.       
3.8.       
3.9.      Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
1. 
2. 
3. 
3.1. 
3.2. 
3.3. 
3.4. 
3.5. 
3.6. 
3.7. 
3.8. 
3.9. 
3.9.1   mengungkapkan butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca
3.9.2    mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca
·       Ikhtisar



Laporan Hasil Membaca Buku
·         Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
·         Mempresentasikan,  mengomentari, dan merevisi ikhtisar yang dilaporkan.
4.9       Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
4.9.1  Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
4.9.2   Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan.

                                                                                                                                                                                        

                                                                                                                                                                   Boyolali, 2 Juli 2018

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                                  Guru Mata Pelajaran

  

Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                                 Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.   

NIP 196505041998031014                                         NIP 197207081998011001

2 comments: