PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
Kompetnsi inti
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, esni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
3.1.1. Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil
observasi.
3.1.2.
Menentukan ciri
kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
|
|
2.
|
4.1
Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis.
|
4.1.1
Menafsirkan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks
laporan hasil observasi.
4.1.2
Mempresentasikan
teks laporan hasil observasi
|
|
3.
|
3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks
laporan hasil observasi
|
3.2.1. Mengidentifikasi isi dalam
teks laporan hasil observasi.
3.2.2. Mengidentifikasi struktur dalam
teks laporan hasil observasi.
3.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan
hasil observasi.
|
|
4.
|
4.2 Mengkonstruksikan
teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun
tulis.
|
4.2.1 Menyusun garis besar isi teks
laporan hasil observasi
4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi
4.2.3 Mempresentasikan teks
laporan hasil observasi yang telah disusun..
|
|
5.
|
3.3. Menganalisis struktur, isi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
3.3.1. Menggali struktur (permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam
teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.2. Menggali isi (permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam
teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.3. Menggali kebahasaan
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks
eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
|
|
6.
|
4.3
Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan / tulis.
|
4.3.1 Menyusun teks eksposisi dengan
memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, rekomendasi
4.3.2
Mempresentasikan teks eksposisi yang telah
disusun.
|
|
7.
|
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
3.4.1. Menemukan
struktur teks eksposisi yang dibaca.
3.4.2. Menumukan
kebahasaan teks yang dibaca.
3.4.3. Membandingkan
dua teks eksposisi
|
|
8.
|
4.4
Mengonstruksikan
teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
4.4.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi
(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek
kebahasaan.
4.4.2
Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun.
|
|
9.
|
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
3.5.1. Menilai isi tersirat dalam teks anekdot
3.5.2. Menilai aspek makna tersirat dalam teks anekdot
|
|
10.
|
4.5 Mengonstruksi makna
tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
4.5.1
Menyusun kembali teks anekdot dengan
memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
4.5.2
Mempresentasikan eks anekdot yang telah disusun.
|
|
11.
|
3.6. Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks anekdot.
|
3.6.1. Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian
teks) anekdot
3.6.2. Mengidentifikasi kebahasaan anekdot
|
|
12.
|
4.6
Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan
maupun tulis
|
4.6.1 Menyusun teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan.
4.6.2
Mempresentasikan teks anekdot yang telah disusun.
|
|
13.
|
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan
isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
3.7.1. Mendata pokok-pokok isi dalam
hikayat.
3.7.2. Mendata karakteristik dalam
hikayat.
3.7.3. Mendata nilai-nilai dalam hikayat.
|
|
14.
|
4.7
Menceritakan
kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
|
4.7.1 Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi
dalam hikayat.
4.7.2 Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok
nilai-nilai dalam hikayat.
4.7.3
Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang
telah disusun
|
|
15.
|
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan
kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.8.1. Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi
dalam cerpen dan cerita rakyat.
3.8.2. Menjelaskan perbedaan dan persamaan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
|
|
16.
|
4.8
Mengembangkan
cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai.
|
4.8.1 Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk
cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.2
Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun..
|
|
17.
|
3.9. Mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.9.1 mengungkapkan butir-butir
penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca
3.9.2 mengungkapkan
butir-butir penting dari satu novel yang dibaca
|
|
18.
|
4.9
Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu
novel yang dibaca.
|
4.9.1 Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk
ikhtisar.
4.9.2
Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan.
|
|
19.
|
3.10. Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
3.10.1. Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan
pengajuan dalam bernegosiasi.
3.10.2. Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan
penawaran dalam bernegosiasi.
3.10.3. Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan
pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
|
|
20.
|
4.10
Menyampaikan
pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara
lisan atau tulis.
|
4.10.1
Mengungkapkan cara
pengajuan dalam bernegosiasi.
4.10.2
Mengungkapkan cara penawaran dalam bernegosiasi.
4.10.3
Mengungkapkan cara
pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
4.10.4
Memberikan
tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan berupa kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi dan kalimat
|
|
21.
|
3.11. Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
|
3.11.1. Menentukan struktur: orientasi
(pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
3.11.2. Menentukan struktur:
permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
3.11.3. Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan
kesantunan) dalam teks negosiasi.
|
|
22.
|
4.11
Mengkonstruksikan
teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
|
4.11.1 Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikan struktur
teks.
4.11.2 Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikan aspek
kebahasaan.
4.11.3
Mempresentasikan teks negosiasi yang telah disusun.
|
|
23.
|
3.12. Menghubungkan permasalahan/ isu,
sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
|
3.12.1. Mengidentifikasi permasalahan dari
simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta
didik..
3.12.2. Mengidentifikasi simpulan dari simulasi debat yang
menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik.
|
|
24.
|
4.12
Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan
untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
4.12.1
Melaksanakan debat
4.12.2
Mengevaluasi
pelaksanaan debat.
|
|
25.
|
3.13. Menganalisis
isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
|
3.13.1. Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut
pandang dan argumen beberapa pihak,
dan simpulan).
3.13.2. Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan)
terhadap pihak-pihak pelaku debat..
|
|
26.
|
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut
pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
|
4.13.1
Melaksanakan debat.
4.13.2
Mengevaluasi
pelaksanaan debat.
|
|
27.
|
3.14. Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
|
3.14.1. Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan
pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
|
|
28.
|
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat
diteladani dari tokoh yang terdapat
dalam teks biografi yang dibaca secara
tertulis.
|
4.14.1
Menyampaikan
kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam
dalam teks biografi
4.14.2
Memberikan komentar
secara lisan terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
4.14.3
Memberikan komentar
secara tertulis
terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
|
|
29.
|
3.15. Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks
biografi.
|
3.15.1. Mendata
pokok-pokok isi biografi dalam teks biografi.
3.15.2. Mendata ciri
kebahasaan dalam teks biografi.
|
|
30.
|
4.15 Menceritakan kembali isi teks
biografi baik lisan maupun tulis
|
4.15.1
Menulis teks biografi tokoh dengan
memerhatikan isi (antara lain: perjalanan, pendidikan, karier, perjuangan)
4.15.2
Memberikan
tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman
|
|
31.
|
3.16. Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa
puisi yang terkandung dalam antologi
puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
|
3.16.1. Mendata suasana dalam
puisi yang didengar dan atau dibaca.
3.16.2. Mendata tema dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
3.16.3. Mendata makna dalam puisi yang didengar dan atau
dibaca.
|
|
32.
|
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
4.16.1
Memusikalisasikan
dan menanggapi salah satu puisi dari
antologi puisi atau kumpulan puisi dengan
memerhatikan vokal
4.16.2
Memusikalisasikan
dan menanggapi salah satu puisi dari
antologi puisi atau kumpulan puisi dengan
memerhatikan ekspresi
4.16.3
Memusikalisasikan
dan menanggapi salah satu puisi dari
antologi puisi atau kumpulan puisi dengan
memerhatikan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).
|
|
33.
|
3.17. Menganalisis
unsur pembangun puisi.
|
3.17.1. Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); dalam puisi.
3.17.2. Mendata kata-kata yang menunjukkan rasa (feeling), nada, dan amanat dalam
puisi.
|
|
34.
|
4.17 Menulis puisi
dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji,
struktur, perwajahan)
|
4.17.1 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya
bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense).
4.17.2 Menulis puisi dengan memerhatikan rasa (feeling), nada, dan amanat
4.17.3
Mempresentasikan puisi yang telah ditulis
|
|
35.
|
3.18. Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan
satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
|
3.18.1. Menganalisis kelebihan buku yang dibaca
3.18.2. Menganalisis kekurangan buku yang dibaca
|
|
36.
|
4.18 Mempresentasikan
replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
|
4.18.1
Menyusun resensi buku nonfiksi yang
dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi
4.18.2
Mempresentasikan
dan menanggapiresensi yang ditulis
|
Boyolali,
2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru
Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh
Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041998031014 NIP 197207081998011001
0 komentar:
Post a Comment