Berikut disajikan penentuan materi pembelajaran berdasarkan KI, KD, dan IPK mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013.
ANALISIS KETERKAITAN KOMPETENSI INTI (KI), KOMPETENSI
DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
SMA ………………….
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan
|
3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran
pekerjaan yang dibaca
|
3.1.1.
Menentukan isi dan sistematika dalam surat
lamaran pekerjaan
3.1.2.
Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan
|
Surat Lamaran
Pekerjaan:
·
identifikasi surat
·
Isi
·
Sistematika
·
Bahasa
·
Lampiran
Kalimat efektif
|
4.1. Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi
surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
|
4.1.1.
Mengidentifikasi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan.
4.1.2.
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur
isi surat lamaran pekerjaan
|
||
3.2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan
|
3.2.1.
Menjelaskan unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan
3.2.2.
Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan.
|
Surat Lamaran
Pekerjaan:
·
unsur kebahasaan;
·
penulisan EYD; dan
daftar riwayat
hidup.
|
|
4.2. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan
|
4.2.1.
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan.
4.2.2.
Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
|
||
3.3. Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi,
rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam
cerita sejarah lisan atau tulis
|
3.3.1.
Mendata informasi penting dalam novel sejarah
3.3.2.
Menentukan struktur teks novel sejarah.
3.3.3.
Membandingkan novel sejarah dengan teks sejarah
|
Teks cerita (novel)
sejarah
·
struktur teks
cerita sejarah;
·
isi teks cerita
sejarah;
·
nilai-nilai cerita
(novel) sejarah; dan
·
kebahasaan teks
cerita sejarah
|
|
4.3. Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita
sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
4.3.1.
Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel sejarah
4.3.2.
Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam
sebuah teks eksplanasi.
4.3.3.
Mempresentasikan, menanggapi, merevisi
teks eksplanasi yang disusun
|
||
3.4. Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
3.4.1.
Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam novel sejarah
3.4.2.
Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering digunakan dalam novel sejarah
|
Teks cerita (novel)
sejarah
·
kebahasaan cerita (novel) sejarah;
·
unsur-unsur cerita;
·
topik; dan
kerangka karangan.
|
|
4.4. Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan
kebahasaan
|
4.4.1. Menentukan
topik sebagai dasar penyusunan kerangka novel sejarah
4.4.2. Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah yang utuh.
4.4.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks cerita (novel) sejarah yang telah
ditulis
|
||
3.5. Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif
solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
|
3.5.1.
Mengidentifikasi isi dalam teks
editorial.
3.5.2.
Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial
|
Teks Editorial:
·
isi teks editorial;
·
pendapat;
·
ragam informasi;
dan
·
simpulan..
|
|
4.5. Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks
editorial baik secara lisan maupun tulis
|
4.5.1.
Menentukan isu aktual dari berbagai
media informasi (cetak, elektronik, maupun internet)
4.5.2.
Menuliskan pendapat terhadap isu aktual dilengkapi argumen pendukung (data
dan alasan logis).
4.5.3.
Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan
|
||
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
|
3.6.1.
Menentukan struktur
dalam teks editorial
3.6.2.
Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial
|
Teks Editorial:
·
struktur;
·
unsur kebahasaan;
·
topik; dan
·
kerangka karangan.
|
|
4.6. Merancang teks editorial dengan memerhatikan
struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
4.6.1. Menyusun argumen atau pendapat terhadap
isu aktual
4.6.2. Menyusun saran (rekomendasi) terhadap isu aktual
4.6.3. Menulis teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan
4.6.4. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks
editorial yang telah disusun
|
||
3.7. Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek
atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
3.7.1.
Menentukan kelebihan dan kekurangan buku
kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca
3.7.2.
Menentukan kelebihan dan kekurangan buku
nonfiksi yang dibaca
|
Buku Pengayaan:
Laporan Hasil Membaca Buku
·
nilai-nilai dalam
novel (agama, sosial, budya, moral, dll);
·
kaitan nilai dalam
novel dengan kehidupan;
·
amanat dalam novel;
dan
·
laporan hasil
membaca buku.
|
|
4.7. Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu
topik baik secara lisan maupun tulis
|
4.7.1.
Menyusun laporan hasil diskusi buku baik lisan maupun tulis
4.7.2.
Mempresentasikan laporan yang
ditulisnya di depan kelas.
4.7.3.
Menanggapi laporan yang dipresentasikan.
|
||
3.8. Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan
dalam novel yang dibaca
|
3.8.1.
Menemukan pandangan
pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
3.8.2.
Menjelaskan pandangan pengarang terhadap
kehidupan dalam novel.
|
Pandangan pengarang
|
|
4.8. Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan
pengarang baik secara lisan maupun tulis
|
4.8.1.
Menyusun interpretasi pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
4.8.2.
Mempresentasikan dan menanggapi hasil
interpretasi pandangan pengarang dengan kalimat yang baik dan benar
|
||
3.9. Menganalisis isi dan kebahasaan novel
|
3.9.1.
Menentukan isi novel berdasarkan unsur intrinsiknya.
3.9.2.
Menentukan unsur kebahasaan novel.
|
· Unsur intrinsik dan ekstrinsik
· Unsur kebahasaan
· Ungkapan
· Majas
Peribahasa
|
|
4.9. Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi
dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
4.9.1.
Merancang novel dengan memerhatikan isi.
4.9.2.
Merancang novel dengan memerhatikan
kebahasaan.
4.9.3.
Mempresentasikan, mengomentari, dan
merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil
penyusunan novel
|
||
3.10.
Mengevaluasi informasi, baik
fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
|
3.10.1.
Menemukan informasi dalam artikel opini.
3.10.2.
Membedakan antara informasi (fakta) dan opini penulis.
|
Artikel
·
masalah
·
fakta dan opini
·
penyusunan opini
·
topik
·
masalah
kerangka
|
|
4.10.
Menyusun opini dalam bentuk
artikel
|
4.10.1.
Mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat
yang benar.
4.10.2.
Menyusun opini dalam bentuk paragraf.
4.10.3.
Menyusun opini dalam bentuk artikel.
4.10.4.
Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil
menyusunan opini dalam bentuk artikel.
|
||
3.11.
Menganalisis kebahasaan artikel
dan/atau buku ilmiah
|
3.11.1.
Menemukan unsur
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
3.11.2.
Membandingkan kebahasaan dalam artikel opini dan buku ilmiah.
|
Artikel:
• Masalah;
• fakta dan
opini;
• penyusunan
opini
• topik
• masalah
• kerangka
• Persamaan dan
perbedaan penggunaan bahasa.
|
|
4.11.
Mengonstruksi sebuah artikel
dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
4.11.1.
Menyusun artikel opini sesuai dengan
fakta.
4.11.2.
Mempresentasikan artikel opini dengan kebahasaan yang baik dan benar,
|
||
3.12.
Membandingkan kritik sastra dan
esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
|
3.12.1.
Menentukan
unsur-unsur kritik dan esai.
3.12.2.
Membandingkan kritik dan esai berdasarkan pengetahuan dan sudut pandang penulisnya.
|
Kritik dan Esai:
·
pengertian kritik;
·
jenis-jenis esai;
·
bagian-bagian esai
(pembukaan, isi, penutup);
·
perbedaan kritik
dan esai; dan
penyusunan kritik dan
|
|
4.12.
Menyusun kritik dan esai dengan
memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun
tulis
|
4.12.1.
Menyusun kritik terhadap karya sastra
4.12.2.
Menyusun pernyataan esai terhadap suatu
objek atau permasalahan.
4.12.3.
Mempresentasikan, menanggapi, merevisi
kritik dan esai yang telah ditulis
|
||
3.13.
Menganalisis sistematika dan
kebahasaan kritik dan esai
|
3.13.1.
Menentukan sistematika kritik sastra dan esai.
3.13.2.
Menentukan kebahasaan kritik sastra dan esai.
|
Kritik dan Esai
·
pengertian kritik dan
esai;
·
jenis-jenis kritik
dan esai;
·
bagian-bagian
kritik dan esai (pembukaan, isi, penutup);
·
perbedaan kritik
dan esai; dan
·
penyusunan kritik
dan esai
|
|
4.13.
Mengonstruksi sebuah kritik
atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan
maupun tulis
|
4.13.1.
Mengonstruksi kritik sastra dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya.
4.13.2.
Mengonstruksi esai dengan memerhatikan
sistematika dan kebahasaannya.
4.13.3.
Mempresentasikan, Memberikan penilaian terhadap kritik dan
esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan
|
||
3.14.
Mengidentifikasi nilai-nilai
yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama
(fiksi)
|
3.14.1.
Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi).
3.14.2.
Menentukan nilai-nilai yang terdapat
dalam satu buku drama (fiksi).
|
Laporan Hasil Membaca Buku
Laporan hasil pembacaan buku nonfiksi dan drama fiksi
|
|
4.14.
Menulis refleksi tentang
nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu
buku drama (fiksi)
|
4.14.1.
Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku
pengayaan (nonfiksi)
4.14.2.
Menulis refleksi tentang nilai-nilai
yang terkandung dalam satu buku drama (fiksi)
4.14.3.
Mempresentasikan laporan buku yang ditulis.
|
……………., Juni 2018
Mengetahui
Kepala
SMA……….
Guru Mata Pelajaran
……………………..
………………………
NIP NIP
Terima kasih... sangat membantu saya sebagai pengajar mapel bin
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih juga
DeleteTerimakasih banyak pak Zuhri ��
ReplyDeleteTerima kasih banyak, Bapak Zuhri.. Semua yang ada di blog ada ini sangat membantu dan bermanfaat bagi saya sebagai pengajar Bahasa Indonesia.. Semoga ilmu Bapak semakin barokah, manfaat, dan dilancarkan rejekinya karena telah memudahkan urusan orang lain... salam dari Blitar
ReplyDeleteaamiin yra... terima kasih juga Ibu Silvia Siwi. salam sukses
DeleteAssalamualaikum
ReplyDeleteMaaf pak, cara unduhnya bagaimana?
Terima kasih pak zuhri atas semua yang bapak bagikan di blog ini. Dengan sangattulus saya doakan bapak sekeluarga selalu diberikan kesehatan, panjang umur dan murah rezeki. aamiin
ReplyDeleteterima kasih pak.. ini sangat membantu saya dalam penyusunan perangkat pembelajaran. semogaa bapak sehat selalu agar selalu memberi manfaat untuk para guru
ReplyDelete