02 June 2018

KETERKAITAN KI, KD, IPK, DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013


Berikut disajikan penentuan materi pembelajaran berdasarkan KI, KD, dan IPK mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013. 
ANALISIS KETERKAITAN KOMPETENSI INTI (KI), KOMPETENSI DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN 
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA ………………….



Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran
3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
1.   
2.   
3.   
3.1.  Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.1.1.  Menentukan isi dan  sistematika dalam  surat lamaran pekerjaan
3.1.2.  Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan
Surat Lamaran Pekerjaan:
·      identifikasi surat
·      Isi
·      Sistematika
·      Bahasa
·      Lampiran
Kalimat efektif
4.   
4.1.  Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
4.1.1.  Mengidentifikasi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
4.1.2.  Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.  Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.2.1.  Menjelaskan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
3.2.2.  Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan.
Surat Lamaran Pekerjaan:
·     unsur kebahasaan;
·     penulisan EYD; dan
·      daftar riwayat hidup.
4.   
4.1.   
4.2.  Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
4.2.1.  Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
4.2.2.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.  Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.3.1.  Mendata informasi penting dalam novel sejarah
3.3.2.  Menentukan struktur teks novel sejarah.
3.3.3.  Membandingkan novel sejarah dengan teks sejarah
Teks cerita (novel) sejarah
·     struktur teks cerita sejarah;
·     isi teks cerita sejarah;
·     nilai-nilai cerita (novel) sejarah; dan
·      kebahasaan teks cerita sejarah
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.  Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
4.3.1.  Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel sejarah
4.3.2.  Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam sebuah teks eksplanasi.
4.3.3.  Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.  Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.4.1.  Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam novel sejarah
3.4.2.  Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering digunakan dalam novel sejarah
Teks cerita (novel) sejarah
·     kebahasaan  cerita (novel) sejarah;
·     unsur-unsur cerita;
·     topik; dan
·      kerangka karangan.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.  Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
4.4.1.  Menentukan topik sebagai dasar penyusunan kerangka novel sejarah
4.4.2.  Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah yang utuh.
4.4.3.  Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi  teks cerita (novel) sejarah yang telah ditulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.  Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.5.1.  Mengidentifikasi isi dalam teks editorial.
3.5.2.  Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial
Teks Editorial:
·     isi teks editorial;
·     pendapat;
·     ragam informasi; dan
·    simpulan..
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.  Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis
4.5.1.  Menentukan isu aktual dari berbagai media informasi (cetak, elektronik, maupun internet)
4.5.2.  Menuliskan pendapat terhadap isu aktual dilengkapi argumen pendukung (data dan alasan logis).
4.5.3.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.6.1.  Menentukan struktur dalam teks editorial
3.6.2.  Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial
Teks Editorial:
·     struktur;
·     unsur kebahasaan;
·     topik; dan
·     kerangka karangan.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.  Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
4.6.1.  Menyusun argumen atau pendapat terhadap isu aktual
4.6.2.  Menyusun saran (rekomendasi) terhadap isu aktual
4.6.3.  Menulis teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan
4.6.4.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.  Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.7.1.  Menentukan kelebihan dan kekurangan buku kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca
3.7.2.  Menentukan kelebihan dan kekurangan buku nonfiksi yang dibaca
Buku Pengayaan:
Laporan Hasil Membaca Buku
·     nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budya, moral, dll);
·     kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan;
·     amanat dalam novel; dan
·     laporan hasil membaca buku.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.   
4.7.  Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
4.7.1.  Menyusun laporan hasil diskusi buku baik lisan maupun tulis
4.7.2.  Mempresentasikan laporan yang ditulisnya di depan kelas.
4.7.3.  Menanggapi laporan yang dipresentasikan.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.  Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.       
3.8.       
3.8.1.      Menemukan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
3.8.2.      Menjelaskan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
Pandangan pengarang

4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.   
4.7.   
4.8.  Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis
4.8.1.  Menyusun interpretasi pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
4.8.2.  Mempresentasikan dan menanggapi hasil interpretasi pandangan pengarang dengan kalimat yang baik dan benar
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.  Menganalisis isi dan kebahasaan novel
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.9.1.  Menentukan isi novel berdasarkan unsur intrinsiknya.
3.9.2.  Menentukan unsur kebahasaan novel.
· Unsur intrinsik dan ekstrinsik
· Unsur kebahasaan
· Ungkapan
· Majas
· Peribahasa
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.   
4.7.   
4.8.   
4.9.  Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
4.9.1.  Merancang novel dengan memerhatikan isi.
4.9.2.  Merancang novel dengan memerhatikan kebahasaan.
4.9.3.  Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan  novel
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.        Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.10.1.  Menemukan informasi dalam artikel opini.
3.10.2.  Membedakan antara informasi (fakta) dan opini penulis.
Artikel
·   masalah
·   fakta dan opini
·   penyusunan opini
·   topik
·   masalah
·   kerangka
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.        Menyusun opini dalam bentuk artikel
4.10.1.  Mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat yang benar.
4.10.2.  Menyusun opini dalam bentuk paragraf.
4.10.3.  Menyusun opini dalam bentuk artikel.
4.10.4.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel.
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.        Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.11.1.  Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
3.11.2.  Membandingkan kebahasaan dalam artikel opini dan buku ilmiah.
Artikel:
Masalah;
fakta dan opini;
penyusunan opini
topik
masalah
kerangka
Persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa.


4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.        Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
4.11.1.  Menyusun artikel opini sesuai dengan fakta.
4.11.2.  Mempresentasikan artikel opini dengan kebahasaan yang baik dan benar,
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.         
3.12.        Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.12.1.  Menentukan unsur-unsur kritik dan esai.
3.12.2.  Membandingkan kritik dan esai berdasarkan  pengetahuan dan sudut pandang penulisnya.
Kritik dan Esai:
·     pengertian kritik;
·     jenis-jenis esai;
·     bagian-bagian esai (pembukaan, isi, penutup);
·     perbedaan kritik dan esai; dan
·   penyusunan kritik dan
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.         
4.12.        Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
4.12.1.  Menyusun kritik terhadap karya sastra
4.12.2.  Menyusun pernyataan esai terhadap suatu objek atau permasalahan.
4.12.3.  Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.         
3.12.         
3.13.        Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.13.1.  Menentukan sistematika kritik sastra dan esai.
3.13.2.  Menentukan kebahasaan kritik sastra dan esai.
Kritik dan Esai
·     pengertian kritik dan esai;
·     jenis-jenis kritik dan esai;
·     bagian-bagian kritik dan esai (pembukaan, isi, penutup);
·     perbedaan kritik dan esai; dan
·     penyusunan kritik dan esai
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.         
4.12.         
4.13.        Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
4.13.1.  Mengonstruksi kritik sastra dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya.
4.13.2.  Mengonstruksi esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya.
4.13.3.  Mempresentasikan,  Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.         
3.12.         
3.13.         
3.14.        Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.   
3.14.1.  Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi).
3.14.2.  Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam satu buku drama (fiksi).
Laporan Hasil Membaca Buku
Laporan hasil pembacaan buku nonfiksi dan drama fiksi
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.         
4.12.         
4.13.         
4.14.        Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
4.14.1.  Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi)
4.14.2.  Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam satu buku drama (fiksi)
4.14.3.  Mempresentasikan laporan buku yang ditulis.

                                                                                                                ……………., Juni 2018

 Mengetahui

Kepala SMA……….                                                                             Guru Mata Pelajaran  


……………………..                                                                             ………………………

NIP                                                                                                         NIP                                                                                                                                                                                                              



                                                                                                                                                                                                                       

8 comments:

  1. Terima kasih... sangat membantu saya sebagai pengajar mapel bin

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak pak Zuhri ��

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak, Bapak Zuhri.. Semua yang ada di blog ada ini sangat membantu dan bermanfaat bagi saya sebagai pengajar Bahasa Indonesia.. Semoga ilmu Bapak semakin barokah, manfaat, dan dilancarkan rejekinya karena telah memudahkan urusan orang lain... salam dari Blitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin yra... terima kasih juga Ibu Silvia Siwi. salam sukses

      Delete
  4. Assalamualaikum
    Maaf pak, cara unduhnya bagaimana?

    ReplyDelete
  5. Terima kasih pak zuhri atas semua yang bapak bagikan di blog ini. Dengan sangattulus saya doakan bapak sekeluarga selalu diberikan kesehatan, panjang umur dan murah rezeki. aamiin

    ReplyDelete
  6. terima kasih pak.. ini sangat membantu saya dalam penyusunan perangkat pembelajaran. semogaa bapak sehat selalu agar selalu memberi manfaat untuk para guru

    ReplyDelete