KI. KD, IPK,
DAN MATERI PEMBELAJARAN
SEMESTER
1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
Kompetnsi inti
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
1.
|
3.1.
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan
tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
3.1.1. Mengidentifikasi
teks prosedur dengan memperhatikan isi,
pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam
teks prosedur.
3.1.2. Membuat rancangan
teks prosedur dengan organisasi yang tepat
|
· Isi Teks Prosedur.
|
2.
|
4.1.
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan
organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
4.1.1. Menyusun pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
4.1.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
|
3.
|
3.2.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
3.2.1. Mengidentifikasi
struktur teks prosedur
3.2.2. Mengidentifikasi kebahasaan teks prosedur
|
Teks Prosedur:
· struktur;
· kebahasaan;
· konjungsi ;
· jenis kalimat; dan
· verba material dan
verba tingkah laku.
|
4.
|
4.2.
Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap
isi, struktur, dan kebahasaan
|
4.2.1. Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur
dan kebahasaan yang dominan
4.2.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
|
|
5.
|
3.3.
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks
ekplanasi lisan dan tulis
|
3.3.1. Menganalisis teks
eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan
topik.
3.3.2. Menemukan makna tersirat dalam teks
eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
Teks Eksplanasi:
· pengertian;
· isi; dan
· kejadian yang
menunjukkan hubungan kausalitas.
|
6.
|
4.3.
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks
eksplanasi secara lisan dan tulis
|
4.3.1. Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
4.3.2. Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
|
7.
|
3.4.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
|
3.4.1. Mengidentifikasi
teks eksplanasi dengan memerhatikan
istilah, pokok isi, referensi,
dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
3.4.2. Mengidentifikasi struktur teks
eksplanasi
3.4.3. Mengidentifikasi kebahasaan teks eksplanasi
|
Teks Eksplanasi:
· Struktur;
· Kebahasaan; dan
· Konjungsi.
|
8.
|
4.4.
Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan
struktur dan kebahasaan
|
4.4.1. Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan
struktur dan kebahasaan.
4.4.2. Mempresentasikan,
memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam
diskusi kelompok.
|
|
9.
|
3.5.
Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan
dalam ceramah
|
3.5.1. Menentukan unsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
3.5.2. Menemukan informasi dan
permasaahan aktual dalam teks ceramah
|
Ceramah:
· unsur-unsur;
· kebahasaan; dan
· isi.
|
10.
|
4.5.
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan
untuk disajikan dalam ceramah
|
4.5.1. Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik
yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
4.5.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
|
|
11.
|
3.6.
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
3.6.1. Mengidentifikasi isi dan struktur teks ceramah.
3.6.2. Mengidentifikasi kaidah
kebahasaan dalam teks ceramah
|
Teks ceramah:
· isi;
· struktur;
· kebahasaan; dan
· teknik orasi
ceramah.
|
12.
|
4.6.
Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan
aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
|
4.6.1. Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan
isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan
struktur.
4.6.2. Menyampaikan teks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan
dengan memperhatikan teknik cermah
(intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
4.6.3. Mengomentari dan
memperbaiki cermah temannya.
|
|
13.
|
3.7.
Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
yang dibaca
|
3.7.1. Menentukan
unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
3.7.2. Menyusun laporan
hasil kerja kelompok dengan
mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
|
Buku pengayaan nonfiksi:
· isi buku;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
· simpulan.
|
14.
|
4.7.
Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
|
4.7.1. Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan
mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
4.7.2. Mempresentasikan
dan memberi tanggapan, dan merevisihasil
kerja dalam diskusi kelas.
|
|
15.
|
3.8.
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan
cerita pendek yang dibaca
|
3.8.1. Menentukan unsur
intrinsikdan ekstrinsik cerpen
3.8.2. Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek
|
Cerpen:
· Isi cerpen
· Nilai-nilai
kehidupan dalam cerpen
· Unsur intrinsik dan
ekstrinsik cerpen
· Kebahasaan cerpen
·
Majas
·
peribahasa
·
ungkapan
|
16.
|
4.8.
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita
pendek
|
4.8.1. Menentukan nilai kehidupan
dalam teks cerita pendek
4.8.2. Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks
kehidupan
4.8.3. Mempresentasikan
dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
|
17.
|
3.9.
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan
cerita pendek
|
3.9.1. Mengidentifikasi
cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
3.9.2. Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan
kaidah
|
Cerpen:
· Unsur-unsur
pembangun cerpen
· Merekonstruksi
cerpen.
|
18.
|
4.9.
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen
|
4.9.1.
Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan
unsur-unsur pembangun cerpen
4.9.2.
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil
kerja dalam diskusi kelas.
|
|
19.
|
3.10.
Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang
dibaca
|
3.10.1. Menentukan butir-butir prnting buku nonfiksi yang
dibaca
3.10.2. Membuat simpulan
tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
|
Buku nonfiksi:
· isi buku pengayaan;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
· simpulan.
|
20.
|
4.10.
Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca
dalam bentuk teks eksplanasi singkat
|
4.10.1. Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas.
4.10.2. Memberi tanggapan
dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
|
21.
|
3.11.
Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
3.11.1. Mengidentifikasi
dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
3.11.2. Menentukan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
Buku Fiksi:
· isi buku fiksi;
· bagian-bagian dalam
buku fiksi; dan
· ulasan terhadap buku
fiksi.
|
22.
|
4.11.
Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
4.11.1. Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan
mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
4.11.2. Mempresentasikan,
memberitanggapan dan memperbaiki hasil
kerja dalam diskusi kelas.
|
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru
Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh
Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP
196505041989031014 NIP 197207081998011001
post stamps
ReplyDeleteforever stamps
stamps