KI, KD, IPK, DAN MATERI PEMBELAJARAN
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
Kompetnsi inti
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, esni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
1.
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
3.1.1. Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil
observasi.
3.1.2. Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil
observasi.
|
Isi pokok laporan
hasil observasi:
·
pernyataan umum;
·
hal yang dilaporkan;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
·
maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
|
2.
|
4.1
Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis.
|
4.1.1
Menafsirkan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks
laporan hasil observasi.
4.1.2
Mempresentasikan
teks laporan hasil observasi
|
|
3.
|
3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks
laporan hasil observasi
|
3.2.1. Mengidentifikasi isi dalam
teks laporan hasil observasi.
3.2.2. Mengidentifikasi struktur dalam
teks laporan hasil observasi.
3.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan
hasil observasi.
|
Isi pokok teks
laporan hasil observasi:
·
pernyataan umum;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
·
kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
|
4.
|
4.2 Mengkonstruksikan
teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun
tulis.
|
4.2.1 Menyusun garis besar isi teks
laporan hasil observasi
4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi
4.2.3 Mempresentasikan teks
laporan hasil observasi yang telah disusun..
|
|
5.
|
3.3. Menganalisis struktur, isi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
3.3.1. Menggali struktur (permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam
teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.2. Menggali isi (permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam
teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.3. Menggali kebahasaan
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks
eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
|
Isi teks eksposisi:
·
pernyataan tesis;
·
argumen;
·
pernyataan ulang; dan
·
kebahasaan.
Komentar terhadap:
·
Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan
argumen untuk mendukung tesis).
|
6.
|
4.3
Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan / tulis.
|
4.3.1 Menyusun teks eksposisi dengan
memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, rekomendasi
4.3.2
Mempresentasikan teks eksposisi yang telah
disusun.
|
|
7.
|
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
3.4.1. Menemukan
struktur teks eksposisi yang dibaca.
3.4.2. Menumukan
kebahasaan teks yang dibaca.
3.4.3. Membandingkan
dua teks eksposisi
|
Struktur teks
eksposisi:
·
pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
·
argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
·
pernyataan ulang.*
Kebahasaan:
·
kalimat nominal dan
·
kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
·
deduksi dan
·
induksi
|
8.
|
4.4
Mengonstruksikan
teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
4.4.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi
(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek
kebahasaan.
4.4.2
Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun.
|
|
9.
|
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
3.5.1. Menilai isi tersirat dalam teks anekdot
3.5.2. Menilai aspek makna tersirat dalam teks anekdot
|
Isi teks anekdot:
·
peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
·
peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
|
10.
|
4.5 Mengonstruksi makna
tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
4.5.1
Menyusun kembali teks anekdot dengan
memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
4.5.2
Mempresentasikan eks anekdot yang telah disusun.
|
|
11.
|
3.6. Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks anekdot.
|
3.6.1. Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian
teks) anekdot
3.6.2. Mengidentifikasi kebahasaan anekdot
|
·
Isi teks anekdot
·
Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan
publik.
·
Sindiran.
·
Unsur humor.
·
Kata dan Frasa idiomatis
Unsur anekdot:
·
peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
|
12.
|
4.6
Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan
maupun tulis
|
4.6.1 Menyusun teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan.
4.6.2
Mempresentasikan teks anekdot yang telah disusun.
|
|
13.
|
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan
isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
3.7.1. Mendata pokok-pokok isi dalam
hikayat.
3.7.2. Mendata karakteristik dalam
hikayat.
3.7.3. Mendata nilai-nilai dalam hikayat.
|
·
Karakeristik hikayat.
·
Isi hikayat.
·
Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama,
budaya, dan pendidikan).
|
14.
|
4.7
Menceritakan
kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
|
4.7.1 Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi
dalam hikayat.
4.7.2 Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok
nilai-nilai dalam hikayat.
4.7.3
Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang
telah disusun
|
|
15.
|
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan
kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.8.1. Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi
dalam cerpen dan cerita rakyat.
3.8.2. Menjelaskan perbedaan dan persamaan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita
rakyat.
|
·
Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
·
Gaya bahasa.
·
Kata arkais (kuno).
|
16.
|
4.8
Mengembangkan
cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai.
|
4.8.1 Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk
cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.2
Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun..
|
|
17.
|
3.9. Mengidentifikasi butir-butir
penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
3.9.1 mengungkapkan butir-butir penting dari
buku pengayaan nonfiksi yang dibaca
3.9.2 mengungkapkan butir-butir penting dari satu
novel yang dibaca
|
·
Ikhtisar
|
18.
|
4.9
Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu
novel yang dibaca.
|
4.9.1 Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk
ikhtisar.
4.9.2
Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan.
|
Boyolali,
2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru
Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh
Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041998031014 NIP 197207081998011001
Mantap memudahkan teman2 untuk menyelesaikan adm pembelajaran
ReplyDeleteAlhamdulillah, semoga bermanfaat. Terima kasih
ReplyDeleteterimakasuih bapa guru, semoga dedikasi bapa menjadi suatu amal yang berlipat ganda
ReplyDeleteMantap. Terima kasih Pak.
ReplyDeleteusps postage
ReplyDeleteforever stamps
postage stamps