21 June 2018

KKM BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas : X
Tahun Pelajaran : 2018/ 2019
KKM : 65
Kompetensi Inti    : 
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam  berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kriteria Penentuan Ketuntasan
Komplek sitas Sarana pendukung Intake siswa
3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. 66      
  3.1.1. Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi. 66 67 68 63
  3.1.2. Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. 66 66 69 63
4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. 64      
  4.1.1 Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi. 64 63 66 63
  4.1.2 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi 64 64 65 63
3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi 66      
  3.2.1. Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil observasi. 67 68 70 63
  3.2.2. Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan hasil observasi. 66 67 68 63
  3.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. 65 65 67 63
4.2. Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun tulis. 64      
  4.2.1 Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi  65 64 68 63
  4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi  64 63 66 63
  4.2.3 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang telah disusun. 63 62 64 63
3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca 66      
  3.3.1. Menggali struktur (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 66 66 69 63
  3.3.2. Menggali isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 66 67 68 63
  3.3.3. Menggali  kebahasaan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 66 67 68 63
4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. 64      
  4.3.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi 64 64 65 63
  4.3.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun. 64 63 66 63
3.4. Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi. 66      
  3.4.1. Menemukan struktur teks eksposisi yang dibaca. 65 65 67 63
  3.4.2. Menumukan kebahasaan teks yang dibaca. 67 68 70 63
  3.4.3. Membandingkan dua teks eksposisi 66 69 66 63
4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. 64      
  4.4.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan. 64 63 66 63
  4.4.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun. 64 64 65 63
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. 66      
  3.5.1. Menilai isi tersirat dalam teks anekdot 65 65 67 63
  3.5.2. Menilai aspek makna tersirat dalam teks anekdot 67 68 70 63
4.5. Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis 64      
  4.5.1 Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca 64 63 66 63
  4.5.2 Mempresentasikan eks anekdot yang telah disusun. 64 64 65 63
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. 66      
  3.6.1. Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) anekdot 66 67 68 63
  3.6.2. Mengidentifikasi kebahasaan anekdot 66 66 69 63
4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis 64      
  4.6.1 Menyusun teks anekdot  dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan. 64 64 65 63
  4.6.2 Mempresentasikan teks anekdot yang telah disusun. 64 63 66 63
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. 66      
  3.7.1. Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat. 66 67 68 63
  3.7.2. Mendata karakteristik dalam hikayat. 66 66 69 63
  3.7.3. Mendata nilai-nilai dalam hikayat. 66 67 68 63
4.7. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. 64      
  4.7.1 Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi dalam hikayat. 64 63 66 63
  4.7.2 Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok nilai-nilai dalam hikayat. 64 64 65 63
  4.7.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang telah disusun 64 63 66 63
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 66      
  3.8.1. Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam cerpen dan cerita rakyat.  67 68 70 63
  3.8.2. Menjelaskan perbedaan dan persamaan  nilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.   65 65 67 63
4.8. Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 64      
  4.8.1 Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 65 64 68 63
  4.8.2 Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun. 63 62 64 63
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 66      
  3.9.1  Mengungkapkan butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca 66 66 69 63
  3.9.2  Mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca  66 66 69 63
4.9. Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. 64      
  4.9.1 Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar. 64 64 65 63
  4.9.2 Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan. 64 64 65 63
KKM SEMESTER I 65      
Mengetahui, Boyolali, 2 Juli 2018
Kepala SMA N 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP  197207081998011001

UNDUH FILE EXCEL PENGHITUNGAN KKM KLIK https://drive.google.com/open?id=1Xp7UIerVHLtnlH1B0RRzllFRw3mIfu7d

6 comments:

  1. Alhmdulillah sangat membantu. Trima kasih.

    ReplyDelete
  2. Makasih sobat sy sangat terbantu sekali semoga Allah membalas kebaikan sobat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yra... alhamdulillah,terima kasih juga

      Delete
  3. Trima kasih Pak, saya sangat terbantu denhan mengikuti tetus blog ini

    ReplyDelete
  4. TERIMAKASIH BANYAK PAK GURU. ALLAH YANG MEMBALAS

    ReplyDelete