Salah satu langkah penting dalam menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah mengembangkan indikator pencapaian
kompetensi (IPK) berdasarkan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran.
Berikut disajikan contoh pengembangan indikator pencapaian
kompetensi (IPK) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013 tahun
pelajaran 2018/2019.
PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
SMA ………………….
Kompetnsi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan
pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.
|
3.1.
Mengidentifikasi isi dan
sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
|
3.1.1.
Mendata isi dan sistematika dalam surat
lamaran pekerjaan
3.1.2.
Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan
|
|
2.
|
4.1.
Menyajikan simpulan sistematika
dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
|
4.1.1.
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur
isi surat lamaran pekerjaan.
4.1.2.
Mempresentasikan simpulan sistematika
dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
|
|
3.
|
3.2.
Mengidentifikasi unsur
kebahasaan surat lamaran pekerjaan
|
3.2.1.
Menentukan unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan
3.2.2.
Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan.
|
|
4.
|
4.2.
Menyusun surat lamaran
pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
|
4.2.1.
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan.
4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat
lamaran pekerjaan yang telah disusun
|
|
5.
|
3.3.
Mengidentifikasi informasi,
yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi
dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
3.3.1.
Mendata informasi penting dalam novel sejarah
3.3.2.
Menentukan struktur teks novel sejarah.
3.3.3.
Membandingkan novel sejarah dengan teks sejarah
|
|
6.
|
4.3.
Mengonstruksi nilai-nilai dari
informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
4.3.1.
Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel sejarah
4.3.2.
Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam
sebuah teks eksplanasi.
4.3.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks
eksplanasi yang disusun
|
|
7.
|
3.4.
Menganalisis kebahasaan cerita
atau novel sejarah
|
3.4.1.
Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam novel sejarah
3.4.2.
Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering digunakan dalam novel sejarah
|
|
8.
|
4.4.
Menulis cerita sejarah pribadi
dengan memerhatikan kebahasaan
|
4.4.1.
Menentukan topik sebagai dasar penyusunan kerangka
novel sejarah
4.4.2.
Mengembangkan kerangka menjadi novel
sejarah yang utuh.
4.4.3.
Mempresentasikan, mengomentari,
dan merevisi teks cerita (novel)
sejarah yang telah ditulis
|
|
9.
|
3.5.
Mengidentifikasi informasi
(pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks
editorial
|
3.5.1.
Mengidentifikasi isi dalam teks
editorial.
3.5.2.
Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial
|
|
10.
|
4.5.
Menyeleksi ragam informasi
sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis
|
4.5.1.
Menentukan isu aktual dari berbagai
media informasi (cetak, elektronik, maupun internet)
4.5.2.
Menuliskan pendapat terhadap isu aktual dilengkapi argumen pendukung (data
dan alasan logis).
4.5.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi
informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan simpulan,
informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks
editorial.
|
|
11.
|
3.6.
Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks editorial
|
3.6.1.
Menentukan struktur
dalam teks editorial
3.6.2.
Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial
|
|
12.
|
4.6.
Merancang teks editorial dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
4.6.1.
Menyusun argument atau pendapat terhadap isu aktual
4.6.2.
Menyusun saran (rekomendasi) terhadap
isu aktual
4.6.3.
Menulis teks editorial dengan memerhatikan
struktur dan kaidah kebahasaan
4.6.4.
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik,
kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun
|
|
13.
|
3.7.
Menilai isi dua buku fiksi
(kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan
(nonfiksi) yang dibaca
|
3.7.1.
Menentukan kelebihan dan kekurangan buku
kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca
3.7.2.
Menentukan kelebihan dan kekurangan buku
nonfiksi yang dibaca
|
|
14.
|
4.7.
Menyusun laporan hasil diskusi
buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
|
4.7.1.
Menyusun laporan hasil diskusi buku baik lisan maupun tulis
4.7.2.
Mempresentasikan laporan yang
ditulisnya di depan kelas.
4.7.3.
Menanggapi laporan
yang dipresentasikan.
|
|
15.
|
3.8.
Menafsir pandangan pengarang
terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca
|
3.8.1.
Menemukan pandangan
pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
3.8.2.
Menjelaskan pandangan pengarang terhadap
kehidupan dalam novel.
|
|
16.
|
4.8.
Menyajikan hasil interpretasi
terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis
|
4.8.1.
Menyusun interpretasi pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
4.8.2.
Mempresentasikan dan menanggapi hasil
interpretasi pandangan pengarang dengan kalimat yang baik dan benar
|
|
17.
|
3.9.
Menganalisis isi dan kebahasaan
novel
|
3.9.1.
Menentukan isi novel berdasarkan unsur intrinsiknya.
3.9.2.
Menentukan unsur kebahasaan novel.
|
|
18.
|
4.9.
Merancang novel atau novelet
dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
4.9.1. Merancang novel dengan memerhatikan isi.
4.9.2. Merancang novel dengan memerhatikan kebahasaan.
4.9.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi
unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan novel
|
|
19.
|
3.10.
Mengevaluasi informasi, baik
fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
|
3.10.1.
Menemukan informasi dalam artikel opini.
3.10.2.
Membedakan antara informasi (fakta) dan opini penulis.
|
|
20.
|
4.10.
Menyusun opini dalam bentuk
artikel
|
4.10.1.
Mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat
yang benar.
4.10.2.
Menyusun opini dalam bentuk paragraf.
4.10.3.
Menyusun opini dalam bentuk artikel.
4.10.4.
Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil
menyusunan opini dalam bentuk artikel.
|
|
21.
|
3.11.
Menganalisis kebahasaan artikel
dan/atau buku ilmiah
|
3.11.1.
Menemukan unsur
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
3.11.2.
Membandingkan kebahasaan dalam artikel opini dan buku ilmiah.
|
|
22.
|
4.11.
Mengonstruksi sebuah artikel
dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
4.11.1.
Menyusun artikel opini sesuai dengan
fakta.
4.11.2.
Mempresentasikan artikel opini dengan kebahasaan yang baik dan benar,
|
|
23.
|
3.12.
Membandingkan kritik sastra dan
esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
|
3.12.1.
Menentukan
unsur-unsur kritik dan esai.
3.12.2.
Membandingkan kritik dan esai berdasarkan pengetahuan dan sudut pandang penulisnya.
|
|
24.
|
4.12.
Menyusun kritik dan esai dengan
memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun
tulis
|
4.12.1.
Menyusun kritik terhadap karya sastra
4.12.2.
Menyusun pernyataan esai terhadap suatu
objek atau permasalahan.
4.12.3.
Mempresentasikan, menanggapi, merevisi
kritik dan esai yang telah ditulis
|
|
25.
|
3.13.
Menganalisis sistematika dan
kebahasaan kritik dan esai
|
3.13.1.
Menentukan sistematika kritik sastra dan esai.
3.13.2.
Menentukan kebahasaan kritik sastra dan esai.
|
|
26.
|
4.13.
Mengonstruksi sebuah kritik
atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan
maupun tulis
|
4.13.1.
Mengonstruksi kritik sastra dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya.
4.13.2.
Mengonstruksi esai dengan memerhatikan sistematika
dan kebahasaannya.
4.13.3.
Mempresentasikan, Memberikan penilaian terhadap kritik dan
esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan
|
|
27.
|
3.14.
Mengidentifikasi nilai-nilai
yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama
(fiksi)
|
3.14.1.
Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi).
3.14.2.
Menentukan nilai-nilai yang terdapat
dalam satu buku drama (fiksi).
|
|
28.
|
4.14.
Menulis refleksi tentang
nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu
buku drama (fiksi)
|
4.14.1.
Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku
pengayaan (nonfiksi)
4.14.2.
Menulis refleksi tentang nilai-nilai
yang terkandung dalam satu buku drama (fiksi)
4.14.3.
Mempresentasikan laporan buku yang
ditulisnya
|
……………., Juni 2018
Mengetahui
Kepala
SMA……….
Guru Mata Pelajaran
……………………..
………………………
NIP NIP
BACA
DAN UNDUH
BUKU
KERJA GURU 1
BAHASA
INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
1.
PENGEMBANGAN INDIKATOR KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/pengembangan-indikator-pencapaian.html
2.
KETERKAITAN KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/keterkaitan-ki-kd-ipk-dan-materi.html
3.
ANALISIS SKL KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/analisis-skl-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
4.
PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/pemetaan-teknik-penilaian-bahasa.html
5.
SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/silabus-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
6.
PROGRAM TAHUNAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/program-tahunan-bahasa-indonesia-kelas.html
7.
RINCIAN MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rincian-minggu-efektif-tahun-pelajaran.html
8.
PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/program-semester-1-tahun-pelajaran.html
9.
KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM) / KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/kkm-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
10.
RPP 1 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4.1 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13.html
11.
RPP 2 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13_21.html
12.
RPP 3 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.3 DAN 4.3 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
13.
RPP 4 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.4 DAN 4.4 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-smasmk.html
14.
RPP 5 TEKS EDITORIAL KD 3.5 DAN 4.5 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
15.
RPP 6 TEKS EDITORIAL KD 3.6 DAN 4.6 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-teks-editorial-edisi-revisi-tahun.html
16.
RPP 7 MENYUSUN LAPORAN BUKU YANG DIBACA (LITERASI) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-menyusun-laporan-buku-yang-dibaca.html
0 komentar:
Post a Comment