02 June 2018

PENGEMBANGAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK) BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Salah satu langkah penting dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah mengembangkan indikator pencapaian kompetensi (IPK) berdasarkan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran. 
Berikut disajikan contoh pengembangan indikator pencapaian kompetensi (IPK) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019.
PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA …………………. 
Kompetnsi Inti

1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.  Menunjukkan   perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


No
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.   
2.   
3.   
3.1.  Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.1.1.  Mendata isi dan  sistematika dalam  surat lamaran pekerjaan
3.1.2.  Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan
2.
4.   
4.1.  Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
4.1.1.  Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
4.1.2.  Mempresentasikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
3.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.  Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.2.1.  Menentukan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
3.2.2.  Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan.
4.
4.   
4.1.   
4.2.  Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
4.2.1.  Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
4.2.2. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
5.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.  Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.3.1.  Mendata informasi penting dalam novel sejarah
3.3.2.  Menentukan struktur teks novel sejarah.
3.3.3.  Membandingkan novel sejarah dengan teks sejarah
6.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.  Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
4.3.1.  Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel sejarah
4.3.2.  Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam sebuah teks eksplanasi.
4.3.3. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun
7.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.  Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.4.1.  Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam novel sejarah
3.4.2.  Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering digunakan dalam novel sejarah
8.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.  Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
4.4.1.  Menentukan topik sebagai dasar penyusunan kerangka novel sejarah
4.4.2.  Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah yang utuh.
4.4.3.      Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi  teks cerita (novel) sejarah yang telah ditulis
9.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.  Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.5.1.  Mengidentifikasi isi dalam teks editorial.
3.5.2.  Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial
10.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.  Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis
4.5.1.  Menentukan isu aktual dari berbagai media informasi (cetak, elektronik, maupun internet)
4.5.2.  Menuliskan pendapat terhadap isu aktual dilengkapi argumen pendukung (data dan alasan logis).
4.5.3. Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial.
11.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.6.1.  Menentukan struktur dalam teks editorial
3.6.2.  Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial
12.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.  Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
4.6.1.  Menyusun argument atau pendapat terhadap isu aktual
4.6.2.  Menyusun saran (rekomendasi) terhadap isu aktual
4.6.3.  Menulis teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan
4.6.4.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun
13.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.  Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.7.1.  Menentukan kelebihan dan kekurangan buku kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca
3.7.2.  Menentukan kelebihan dan kekurangan buku nonfiksi yang dibaca
14.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.   
4.7.  Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
4.7.1.  Menyusun laporan hasil diskusi buku baik lisan maupun tulis
4.7.2.  Mempresentasikan laporan yang ditulisnya di depan kelas.
4.7.3.  Menanggapi laporan yang dipresentasikan.
15.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.  Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.       
3.8.       
3.8.1.      Menemukan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
3.8.2.  Menjelaskan pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
16.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.   
4.7.   
4.8.  Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis
4.8.1.  Menyusun interpretasi pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
4.8.2.  Mempresentasikan dan menanggapi hasil interpretasi pandangan pengarang dengan kalimat yang baik dan benar
17.
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.  Menganalisis isi dan kebahasaan novel
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.9.1.  Menentukan isi novel berdasarkan unsur intrinsiknya.
3.9.2.  Menentukan unsur kebahasaan novel.
18.
4.   
4.1.   
4.2.   
4.3.   
4.4.   
4.5.   
4.6.   
4.7.   
4.8.   
4.9.  Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
4.9.1.  Merancang novel dengan memerhatikan isi.
4.9.2.  Merancang novel dengan memerhatikan kebahasaan.
4.9.3.  Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan  novel
19.
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.        Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.10.1.  Menemukan informasi dalam artikel opini.
3.10.2.  Membedakan antara informasi (fakta) dan opini penulis.
20.
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.        Menyusun opini dalam bentuk artikel
4.10.1.  Mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat yang benar.
4.10.2.  Menyusun opini dalam bentuk paragraf.
4.10.3.  Menyusun opini dalam bentuk artikel.
4.10.4.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel.
21.
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.        Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.11.1.  Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
3.11.2.  Membandingkan kebahasaan dalam artikel opini dan buku ilmiah.
22.
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.        Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
4.11.1.  Menyusun artikel opini sesuai dengan fakta.
4.11.2.  Mempresentasikan artikel opini dengan kebahasaan yang baik dan benar,
23.
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.         
3.12.        Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.12.1.  Menentukan unsur-unsur kritik dan esai.
3.12.2.  Membandingkan kritik dan esai berdasarkan  pengetahuan dan sudut pandang penulisnya.
24.
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.         
4.12.        Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
4.12.1.  Menyusun kritik terhadap karya sastra
4.12.2.  Menyusun pernyataan esai terhadap suatu objek atau permasalahan.
4.12.3.  Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis
25.
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.         
3.12.         
3.13.        Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.13.1.  Menentukan sistematika kritik sastra dan esai.
3.13.2.  Menentukan kebahasaan kritik sastra dan esai.
26.
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.         
4.12.         
4.13.        Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
4.13.1.  Mengonstruksi kritik sastra dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya.
4.13.2.  Mengonstruksi esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya.
4.13.3.  Mempresentasikan,  Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan
27.
1.         
2.         
3.         
3.1.         
3.2.         
3.3.         
3.4.         
3.5.         
3.6.         
3.7.         
3.8.         
3.9.         
3.10.         
3.11.         
3.12.         
3.13.         
3.14.        Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
1.   
2.   
3.   
3.1.   
3.2.   
3.3.   
3.4.   
3.5.   
3.6.   
3.7.   
3.8.   
3.9.   
3.10.   
3.11.   
3.12.   
3.13.   
3.14.   
3.14.1.  Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi).
3.14.2.  Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam satu buku drama (fiksi).
28.
4.         
4.1.         
4.2.         
4.3.         
4.4.         
4.5.         
4.6.         
4.7.         
4.8.         
4.9.         
4.10.         
4.11.         
4.12.         
4.13.         
4.14.        Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
4.14.1.  Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi)
4.14.2.  Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam satu buku drama (fiksi)
4.14.3.  Mempresentasikan laporan buku yang ditulisnya

                                                                                                                 ……………., Juni 2018 

Mengetahui 
Kepala SMA……….                                                                             Guru Mata Pelajaran  


……………………..                                                                             ………………………
NIP                                                                                                        NIP                                                                                                                                                                                                              
                 

BACA DAN UNDUH

BUKU KERJA GURU 1

BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013

TAHUN PELAJARAN 2018/2019


2. KETERKAITAN KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/keterkaitan-ki-kd-ipk-dan-materi.html







9. KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM) / KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/kkm-bahasa-indonesia-kelas-xii.html

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

10. RPP 1 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4.1 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13.html

11. RPP 2 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13_21.html

12. RPP 3 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.3 DAN 4.3 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii.html

13. RPP 4 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.4 DAN 4.4 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-smasmk.html



16. RPP 7 MENYUSUN LAPORAN BUKU YANG DIBACA (LITERASI) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-menyusun-laporan-buku-yang-dibaca.html 



      

0 komentar:

Post a Comment