30 June 2018

PPT STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI




Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi dapat disamakan dengan teks yang menceritakan prosedur atau proses terjadinya sesuatu. Dengan teks tersebut, pembaca dapat memperoleh pemahaman mengenai latar belakang terjadi sesuatu secara jelas dan logis. Teks eksplanasi menggunakan banyak fakta dan pernyataan-pernyataan yang memiliki hubungan sebab akibat (kausalitas).Namun, sebab-sebab ataupun akibat-akibat itu berupa sekumpulan fakta menurut penulisnya.

Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan suatu proses atau peristiwa tentang asal-usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena, mungkin berupa peristiwa alam, sosial, ataupun budaya (Kosasih, 2014:178)

Fungsi Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi  berfungsi untuk memperluas wawasan, pengetahuan, dan keyakinan para  pembaca ataupun pendengarnya. Dengan demikian, pembaca menjadi tahu fenomena yang ada di sekitarnya atau bahkan di tingkat nasional dan luar negeri. Fenomena dimaksud berupa fenomena sosial, budaya, politik, kriminalitas, dan lainnya. Khalayak menjadi tahu dan memiliki wawasan yang lebih luas sehingga akan berpengaruh pula pada sikap dan tindakannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut.

a. Identifikasi fenomena (phenomenon identification), mengidentifikasi sesuatu yang  akan diterangkan.

b. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana  atau mengapa.

    1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya  disusun berdasarkan urutan waktu.

    2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.

c. Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang  dipaparkan sebelumnya.














UNDUH FILE PPT TEKS EKSPLANASI KLIK https://drive.google.com/open?id=1l67hMUCXOteB_7bu-BnglwDv-H-adc6X

UNDUH PEMBAHASAN TEKS MATERI PEMBELAJARAN JENIS-JENIS TEKS BAHASA INDONESIA  SMA/SMK DALAM BENTUK TAYANGAN POWERPOINT BERIKUT.



Kelas X :





Kelas XI:





Kelas XII:




1 comment: