13 June 2018

RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 EDISI REVISI TAHUN 2018 KD 3.4 DAN 4.4 TEKS EKSPLANASI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Teks Eksplanasi
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, eksplanasial, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan eksplanasial pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1   Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi
3.4.2   Menelaah kebahasaan teks ekplanasi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.4  Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.4.1  Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi
4.4.2  Menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan


C.    Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks eksplanasi, menelaah kebahasaan teks ekplanasi, menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi, dan menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran..
D.    Materi
Skematik Eksplanasi
·      General Statement
·      Sequence of explanations
·      Closing
E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                : Saintifik
2.      Model Pembelajaran : Active Learning
3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.      Sumber Belajar :
a.     Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c.     Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati contoh teks eksplanasi yang dibawa.
2.      Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.
Menanya
3.      Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.
4.      Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.
5.      Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

Literasi





Rasa ingin tahu





Kerja sama (Collaborative)




Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks eksplanasi lainnya.
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati berbagai jenis teks eksplanasi
2.      Peserta didik mengidentifikasi pola pengembangan dalam berbagai jenis teks yang disajikan.
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang jenis teks eksplanasi
2.      Peserta didik bertanya jawab dan berkomentar tentang pola pengembangan teks eksplanasi
Menalar
1.      Peserta didik menentukan tema teks eksplanasi yang akan ditulisnya
2.      Peserta didik menentukan satu pola pengembangan teks eksplanasi dari berbagai teks yang sudah diidentifikasi
3.      Peserta didik merancang langkah-langkah teks eksplanasi dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menuliskan teks eksplanasi secara utuh dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya
2.      Peserta didik yang lain mengomentari dan memberi masukan.

Literasi





Rasa ingin tahu





Kerja sama (Collaborative)







Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communicative)
150 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
15 menit

H.    Penilaian
1.       Teknik Penilaian:
a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan
b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis
c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.       Bentuk Penilaian:       
a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja
c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi
d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio
3.       Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.      Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.







LAMPIRAN: MATERI TEKS EKSPLANASI
Teks eksplanasi memiliki struktur baku sebagaimana halnya jenis teks lainnya. Sesuai dengan karakteristik umum dari isinya, teks eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian berikut.
1.      Identifikasi fenomena
Mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya.
2.      Penggambaran rangkaian kejadian
Memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
a.       Rincian yang berpola atas pertanyaan ‘bagaimana’ akan melahirkan uraian yang tersusun  secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
b.      Rincian yang berpola atas pertanyaan ‘mengapa’ akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan sebab akibat.
3.      Ulasan (review), berupa komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.
Skematik Eksplanasi
  1. General Statement, Berisi satu statemen umum tentang suatu topik, yang akan dijelaskan proses keberadaannya keberadaannya, proses terjadinya terjadinya, proses terbentuknya, dsb. Harus bersifat ringkas, menarik, dan jelas, yang mampu membangkitkan minat pembaca untuk membaca detailnya.
  2. Sequence of explanations, Berisikan tentang detail penjelasan proses keberadaan, proses terjadinya. Sangat relatif untuk menjawab pertanyaan how, yang jawabannya berupa statemen atau declarative sentence. Penggunaan sequence markers sangat dimungkinkan mengingat proses perlu dijelaskan bertahap, pertama, kedua, ketiga, dsb. atau pertama, berikutnya, terakhir.
  3. Closing, Berisikan kesimpulan atau statemen tentang topik/proses yang dijelaskan.
Menulis teks eksplana si merupakan sebuah komponen yang dibelajarakan dalam suatu kegiatan belajara mengajar. Kegiatan menulis teks ini merupakan kegiatan dari hasil pengamatan siswa mengenai teks tersebut. Hasil akhir dari sebuah pembelajaran adalah menulis hasil observasi siswa mengenai teks  ini, baik isi, struktur, maupun kebahasaan yang terdapat dalam teks eksplanasi.
            Berdasarkan kaidah kebahasaan secara umum, teks eksplanasi sama dengan kaidah pada teks prosedur. Sebagai teks yang berkategori factual (nonsastra), teks eksplanasi menggunakan banyak kata yang bermakna denotatif.
            Sebagai teks yang berisi paparan proses, baik itu secara kausalitas maupun kronologis, teks tersebut menggunakan banyak konjungsi kausalitas ataupun kronologis.
a.       Konjungsi kausalitas, antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga.
b.      Konjungsi kronologis (hubungan waktu), seperti kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.
Teks eksplanasi yang berpola kronologis juga menggunakan banyak keterangan waktu pada kalimat-kalimatnya.


































INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan        : SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran                       : 2018/2019
Kelas/Semester                        : XI / 1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






2






7






8






9






10






11




























INSTRUMEN PENUGASAN 1

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.4 
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
Indikator
:
3.4.1  
Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi


3.4.2  
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi
Materi
:
Teks Eksplanasi

Contoh Tugas:
1.      Bacalah contoh teks eksplanasi! Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan kelengkapannya!
Bagian-bagian Teks
Petunjuk Isi
a.       Identifikasi fenomena
……………………………………………………….
b.      Proses kejadian
……………………………………………………….
c.       Ulasan
……………………………………………………….
Simpulan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

2.      Presentasikanlah pendapat-pendapat kelompokmu tentang struktur itu. Kemudian, mintalah teman-teman dari kelompok lain untuk memberikan penilaian atau tanggapan-tanggapannya berdasarkan ketepatan, kelengkapan, dan kejelasan!
Nama Penanggap
Tanggapan

Ketepatan
Kelengkapan
Kejelasan





Tugas Analisis Kebahasaan
1.      Kerjakanlah secara berkelompok. Untuk berlatih, tulislah masing-masing lima contoh kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas, kronologi, dan yang berketerangan waktu. Kamu bisa mengerjakan tugas ini pada buku kerjamu!
Kaidah Kebahasaan
Contoh Penggunaan
Konjungsi Kausalitas

Konjungsi Kronologis

Keterangan Waktu


2.      Perhatikan kembali teks eksplanasi yang telah kamu baca. Secara berkelompok, lakukanlah penelaahan terhadap kaidah kebahasaan yang terdapat di dalam teks tersebut. Kemudian, laporkanlah hasil diskusi kelompokmu di depan kelasuntuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain!
Judul Teks : ………………………….
Penulis      : ………………………….
Sumber     : ………………………….
Kaidah Kebahasaan
Kutipan Teks































INSTRUMEN PENUGASAN 2

Satuan Pendidikan
:
SMA N 2  Boyolali
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.4
Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
Indikator
:
4.4.1  
Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi


4.4.2  
Menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan
Materi
:
Teks Eksplanasi

Contoh Tugas:
1.      Carilah bagian paragraph dalam teks eksplanasi, cermati, lalu amatilah teks tersebut dikembangkan dengan pola apa.
Cuplikan Teks
Topik
Pola Pengembangan









2.      Susunlah kalimat-kalimat di bawah ini sehingga menjadi teks-teks yang utuh dan padu!
No
Kalimat-kalimat
Urutan yang Benar
1
a.       Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dari Kalimantan Barat.
b.      Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga.
c.       Tentu saja harga sudah 7 atau 8 kali lipat harga di Kalimantan Barat
d.      Kemudian dikirim ke Jakarta, dan terkenal sebagai kayu jati Singapura.

2
a.       Bahkan, kalau goyangan atau goncangannya besar, bumi seakan-akan mau runtuh.
b.      Ketika itu, seolah-olah bumi ini bergerak-gerak , bukan?
c.       Gempa bumi sering diartikan sebagai getaran atau goncangan yang terjadi pada permukaan bumi.
d.      Ketika terjadi gempa bumi, memang kita akan merasakan bumi yang kita diami ini bergerak atau bergoyang-goyang.

Tugas Individu
Lakukanlah kegiatan berikut!
1.      Daftarlah topik yang berkaitan dengan kegiatan belajar di sekolahmu!
2.      Susunlah topic-topik secara runtut ke dalam struktur eksplanasi: identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan!
3.      Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah karangan eksplanasi dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang benar!
































RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………
Kelas                                                   : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

No
Kategori
Skor
Alasan
1.
1. Apakah teks eksplanasi yang ditulis lengkap ?


2.
3. Apakah terdapat uraian tentang struktur eksplanasi?


3.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?


Jumlah



Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang


















INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.4 
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
Indikator
:
3.4.1  
Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi


3.4.2  
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi
Tes Tertulis
Disediakan teks eksplanasi
1.      Identifikasilah struktur dan aspek kebahasaan dalam teks eksplanasi
2.      Kemukakan hasil identifikasimu terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi tersebut
Tertulis (soal HOTS)
a.       Identifikasilah teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan dalam teks eksplanasi!
b.      Buatlah rancangan teks eksplanasi dengan memuat struktur dan aspek kebahasaannya!
c.       Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.

RUBRIK PENILAIAN
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan sangat tepat
4
a.                      Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan tepat
3
b.                      Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan kurang tepat
2
c.                      Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks eksplanasi dengan tidak tepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
3
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat
4

d.                     Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat
3

e.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat
2

f.                       Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat
1



INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Materi
:
Menganalisis dan memerankan dialog eksplanasi
Kompetensi dasar
:
4.4 
Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

Indikator
:
4.4.1  
Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi



4.4.2  
Menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan

1.      Lembar Soal Keterampilan
Mari berlatih menyusun teks eksplanasi! Langkah-langkah penyusunan teks eksplanasi sebagai berikut.
a.       Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
b.      Menentukan tema kegiatan
c.       Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d.      Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan mudah dipahami pembaca.
e.       Mengumpulkan bahan-bahan.
f.       Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap.
Buatlah sebuah teks eksplanasi dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai
Skor
Peserta didik membuat teks eksplanasi dengan sangat baik
4
g.                      Peserta didik membuat teks eksplanasi dengan  baik
3
h.                      Peserta didik membuat teks eksplanasi kurang baik
2
i.                        Peserta didik membuat teks eksplanasi tidak baik
1










INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Materi
:
Menganalisis Teks eksplanasi
Kompetensi dasar
:
3.4 
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi



4.4
Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan

Indikator
:
3.4.1  
Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi




3.4.2  
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi



4.4.1
Menyusun rancangan garis besar suatu eksplanasi



4.4. 2
Mengembangkan teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan

Tugas I
1.             Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.             Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3.             Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
Peserta didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu
4
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
3
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
2
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
1
Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
0


LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

Jenis Tugas                            :
Kelas                                       : XI
Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018 - 2019

No
Nama Peserta didik
Tugas KD
Nilai
Tanda Tangan
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
Peserta Didik
Guru













































































KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program             :  XI
Semester                      :  1 (dua)
Kurikulum                   :  2013

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi
Mengindentifikasi struktur teks eksplanasi
XI/1
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks eksplanasi
C4
Uraian
1
2
Menelaah kebahasaan teks ekplanasi
XI/1
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menelaah kebahasaan teks ekplanasi
C5
uraian
2
3
4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi
XI/1
Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi
C2
Uraian
3
4
Menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan
XI/1
Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan
C5
Uraian
4
5

Mengomentari teks eksplanasi
XI/1
Disajikan penampilan siswa membaca teks eksplanasi, peserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar
C2
Uraian
5


KARTU  SOAL HOTS

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : XI  / 1 (satu)
Kurikulum                 : 2013

Kompetensi Dasar
:
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara lisan ataustulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
Materi
:
Teks eksplanasi
Indikator Soal Nomor 1
:
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks eksplanasi dengan benar
Indikator Soal Nomor 2
:
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menelaah kebahasaan teks ekplanasi dengan benar
Indikator Soal Nomor 3
:
Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menentukan pola pengembangan dalam menulis teks eksplanasi dengan benar
Indikator Soal Nomor 4
:
Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan benar
Indikator Soal Nomor 5
:
Disajikan penampilan siswa membaca teks eksplanasi, peserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar


Boyolali,     2 Juli 2018
Mengetahui,
 Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                            Guru Mata Pelajaran,




     Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                          Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014                                    NIP 197207081998011001




1 comment: