RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
SMA Negeri 2 Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Cerita pendek
|
Alokasi Waktu
|
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan)
|
A.
Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, cerita
pendekal, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan cerita pendekal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.9
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita
pendek
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.9.1 Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek
3.9.2 Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
|
KOMPETENSI
DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.9 Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.9.1 Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek
4.9.2 Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.
|
C.
Tujuan pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model saintifik
peserta didik dapat menentukan unsur-unsur pembangun cerita
pendek, menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah, menentukan
topik tentang kehidupan dalam cerita pendek, dan menulis cerita pendek dengan
memperhatikan unsur-unsur pembangun.
D. Materi
Struktur Cerita Pendek
Abstrak-Orientasi-Komplikasi-Resolusi-Evaluasi-Koda
Unsur-unsur Cerita Pendek
Tema, tokoh, penokohan, alur, latar, gaya
bahasa, sudut pandang, amanat.
E.
Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.
Pendekatan : Kolaboratif
2.
Model Pembelajaran : Menulis Terbimbing
3.
Metode : diskusi
kelompok, tanya jawab, penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat :
Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi,
4C, HOTS
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri
anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru
berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta
didik
menerima
informasi
tentang
hal-hal
yang akan
dipelajari,
metode dan media, langkah
pembelajaran
dan
penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Inti
1.
Siswa duduk secara berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri
atas 4 orang. Setiap kelompok diberikan lembar kerja (kerangka karangan)
untuk draf kasar yang memuat unsur-unsur cerita pendek
2. Siswa mengamati powerpoint atau video interaktif tentang struktur dan
unsur-unsur cerpen (materi hanya berupa ulasan).
3.
Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dibahas.
Pramenulis
1. Siswa mengamati gambar peristiwa yang disajikan guru dalam proyektor.
2.
Siswa mengembangkan ide
cerita dari gambar peristiwa yang diamati secara berkelompok dengan
mempertanyakan unsur-unsur cerpen dengan bimbingan guru.
3.
Siswa mengomunikasikan ide cerita dengan
teman kelompoknya dan saling memberi saran.
4.
Siswa bersama
kelompoknya menyusun kerangka karangan
(draf kasar cerita) sesuai topik gambar peristiwa berdasarkan unsur-unsur
dalam cerpen
Pendrafan
1.
Siswa bersama kelompoknya kembali merinci
kerangka karangan (draf kasar cerita) yang akan dibuat cerpen utuh. Dalam
proses pendrafan ini, siswa menggunakan masukan dari kelompoknya.
2.
Siswa mulai menulis cerita pendek utuh secara individu berdasarkan kerangka karangan (draf
kasar cerita) yang telah disusun bersama
kelompoknya. Dengan kreativitas dan imajinasi masing-masing, siswa boleh
menambahkan, atau mengubah akhir cerita.
3.
Siswa dibimbing
oleh guru dari mulai tahap menulis awal cerpen, tengah, hingga akhir cerpen.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan
guru bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan
guru
1. Melakukan penilaian.
2. Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca cerita
pendek lainnya dan memilih satu cerita pendek untuk
diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan
belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan
2 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai
Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri
anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik merespon pertanyaan dari guru
berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
5.
Peserta
didik
menerima
informasi
tentang
hal-hal
yang akan
dipelajari,
metode dan media, langkah
pembelajaran
dan
penilaian pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Inti
1.
Siswa kembali duduk dengan kelompoknya masing-masing.
2.
Cerita pendek dan peta konsep dikembalikan kepada siswa
3. Siswa mengamati powerpoint atau video interaktif tentang materi cerpen
(penulisan kreatif cerpen).
4. Siswa dan guru melakukan tanya
jawab tentang kiat-kiat kreatif menulis cerpen dan dan bagaimana menulis cerpen yang
baik.
5. Siswa dan guru membahas kesalahan dan kekurangan cerita pendek yang ditulis
siswa
Perbaikan
·
Siswa dalam
kelompoknya masing-masing membaca karyanya dan meminta masukan dari teman
kelompoknya.
·
Siswa memperbaiki
tulisan sesuai masukan dari teman kelompok.
Penyuntingan
·
Siswa dan guru
membahas dan menyunting kesalahan teknis dalam cerpen. Seperti ejaan,
penulisan kalimat yang rancu dan sebagainya.
Publikasi
·
Siswa menyampaikan hasil cerpen utuhnya
di depan kelas.
·
Siswa yang lain memberikan tanggapan
terhadap hasil cerita pendek yang ditulis siswa.
1.
Bersama
kelompoknya, siswa menempelkan karyanya di mading kelas.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan
guru bersama peserta didik
1.
Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan
guru
1.
Melakukan penilaian.
2.
Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan
cerita pendek.
3.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian
Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/
Portofolio
2. Bentuk
Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian
dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar
penilaian presentasi
d.
Portofolio :pedoman penilaian portofolio
3. Remedial
a.
Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c.
Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes
remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas
tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta
didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan
sebagai berikut:
a.
Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa
yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI CERITA PENDEK
1.
Struktur Teks Cerpen
1)
Abstrak
(sinopsis).
2)
Orientasi
(pengenalan cerita).
3)
Komplikasi
(puncak konflik).
4)
Evaluasi
(komentar).
5)
Resolusi
(penyelesaian akhir).
6)
Koda
(komentar akhir terhadap keseluruhan isi cerita).
Abstrak,
evaluasi dan koda bersifat opsional. Artinya sebagian besar cerpen tidak
mengharuskan ada abstrak, evaluasi dan koda.
2.
Unsur-unsur Pembangun Cerpen
1)
Tema
Tema adalah gagasan yang menjalin struktur
isi cerita. Tema jarang dituliskan secara tersurat oleh pengarangnya. Untuk
dapat merumuskan tema cerita fiksi, seorang pembaca harus mengenali unsur-unsur
intrinsik yang dipakai oleh pengarang untuk mengembangkan cerita fiksinya.
2)
Tokoh
Tokoh merupakan pelaku pada sebuah cerita.
Tokoh adalah individu rekaan yang mengalami peristiwa dalam cerita.
3)
Penokohan (Perwatakan)
Penokohan adalah cara pengarang dalam
menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Metode yang
digunakan untuk menetukan karakter suatu tokoh ada 2 (dua) macam yaitu
sebagai berikut.
(1)
Metode analitik
Metode analitik adalah metode yang digunakan
untuk menetukan karakter tokoh dengan cara memaparkan ataupun menyebutkan sifat
tokoh secara langsung.
(2)
Metode dramatik
Metode dramatik adalah suatu metode yang
digunakan untuk menetukan karakter tokoh dengan cara tidak langsung
menggambarkan sifat tokoh. Penggambaran tokoh dilakukan melalui percakapan yang
dilakukan oleh tokoh lain. Metode ini dapat juga disebut sebagai metode
reaksi tokoh lain (berupa pandangan, pendapat, sikap, dan sebagainya).
4)
Alur (Plot)
Plot adalah cerita yang berisi urutan kejadian,
tiap kejadian dihubungkan secara sebab akibat, peristiwa satu disebabkan oleh
peristiwa lain atau peristiwa satu menyebabkan peristiwa lain. Dalam membuat
alur atau plot penulis harus memperhatikan karakter tokoh yang akan di
ceritakan. Biasanya semakin baik karakter tokoh maka semakin besar konflik yang
akan timbul.
5)
Setting atau Latar
Setting adalah latar
atau tempat kejadian, waktu kejadian sebuah cerita. Setting bisa
menunjukkan tempat, waktu, suasana batin, saat cerita itu terjadi.
2)
Sudut Pandang (Point of View)
Point of view adalah posisi
pengarang dalam membawakan cerita. Posisi pengarag terdiri atas dua macam,
yaitu berperan langsung sebagai orang pertama (sebagai tokoh yang terlibat
dalam cerita yang bersangkutan) dan sebagai orang ketiga yang berperan sebagai
pengamat.
3)
Gaya Bahasa
Gaya bahasa
dalam karya sastra mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai alat penyampaian maksud
pengarang dan sebagai penyampaai perasaan. Artinya, melalui karya sastra
seorang pengarang bukan hanya sekedar bermaksud memberitahukan kepada pembaca
mengenai apa yang dilakukan dan dialami tokoh dalam ceritanya, melainkan
bermaksud pula untuk mengajak pembacanya untuk ikut merasakan apa yang
dilakukan oleh tokoh cerita.
4)
Amanat atau Pesan
Amanat merupakan ajaran moral atau pesan
didaktis yang hendak disampaikan oleh pengarang kepada pembaca melalui karyanya. Pesan bisa berupa harapan, nasehat, dan
sebagainya. Pesan merupakan hal penting dalam sebuah cerpen, karena dengan
pesan yang baik pengarang dapat menyajikan cerita yang baik sehingga
tokoh-tokoh dalam ceritanyapun dapat diteladani.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran :
2018/2019
Kelas/Semester : XI / 1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia– Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK
LANJUT
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
2
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia - Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi dasar
|
:
|
3.9
|
Menganalisis unsur-unsur pembangun
cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
|
Indikator
|
:
|
3.9.1
|
Menentukan unsur-unsur pembangun cerita
pendek
|
3.9.2
|
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan
kaidah
|
||
Materi
|
:
|
Cerita pendek
|
Contoh Tugas:
Carilah sebuah cerpen, kemudian analisislah unsur-unsur dan struktur
teksnya!
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA N 2 Boyolali
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.9
|
Mengkonstruksi sebuah cerita
pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
|
Indikator
|
:
|
4.9.1
|
Menentukan topik tentang kehidupan dalam
cerita pendek
|
4.9.2
|
Menulis cerita pendek dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun.
|
||
Materi
|
:
|
Cerita pendek
|
Contoh Tugas:
1. Buatlah sebuah cerita pendek berdasarkan
pengalaman hidup yang kamu alami sendiri ataupun pengalaman orang lain.
2. Tentukanlah topiknya yang menarik dan
dianggap khas atau langka.
3. Catatlah kata-kata kunci yang berkaitan
dengan topic, lalu susunlah menjadi kerangka cerpen secara kronologis.
4. Kembangkanlah kerangka itu menjadi cerpen
yang utuh dengan menggunakan kekuatan emosi.
5. Lakukanlah silang baca dengan teman
sebangku untuk saling memberikan koreksi berkaitan dengan pilihan kata,ejaan,
dan tanda bacanya.
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Pengumpulan :
...............................................................
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1.
|
1. Apakah cerita pendek yang ditulis lengkap dengan unsur-unsurnya?
|
||
2.
|
3. Apakah terdapat uraian tentang memenuhi strukturnya?
|
||
3.
|
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana,
runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?
|
||
Jumlah
|
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 =
kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi dasar
|
:
|
3.9
|
Menganalisis unsur-unsur pembangun
cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
|
Indikator
|
:
|
3.9.1
|
Menentukan unsur-unsur pembangun cerita
pendek
|
3.9.2
|
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan
kaidah
|
||
Materi
|
:
|
Cerita pendek
|
Tes Tertulis
Disediakan teks cerita pendek
1.
Identifikasilah
unsur-unsur dan struktur cerpen!
2.
Kemukakan
komentarmu terhadap teks cerita pendek
tersebut
RUBRIK
PENILAIAN
Soal
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur dan struktur cerpen dengan sangat tepat
|
4
|
a.
Peserta
didik mengidentifikasi unsur-unsur dan struktur cerpen dengan tepat
|
3
|
|
b.
Peserta
didik mengidentifikasi unsur-unsur dan struktur cerpen dengan kurang tepat
|
2
|
|
c.
Peserta
didik mengidentifikasi unsur-unsur dan struktur cerpen dengan tidak tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
3
|
Peserta didik
mengemukakan komentar dengan sangat tepat
|
4
|
d.
Peserta didik
mengemukakan komentar dengan tepat
|
3
|
|
e.
Peserta didik
mengemukakan komentar dengan kurang tepat
|
2
|
|
f.
Peserta didik
mengemukakan komentar dengan tidak tepat
|
1
|
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA N 2 Boyolali
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.9
|
Mengkonstruksi sebuah cerita
pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
|
Indikator
|
:
|
4.9.1
|
Menentukan topik tentang kehidupan dalam
cerita pendek
|
4.9.2
|
Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur
pembangun.
|
||
Materi
|
:
|
Cerita pendek
|
1. Lembar
Soal Keterampilan
1.
Buatlah
sebuah cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya..
2.
Rubrik Penilaian
Soal
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan sangat
baik
|
4
|
g.
Peserta
didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan baik
|
3
|
|
h.
Peserta
didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan kurang
baik
|
2
|
|
i.
Peserta
didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan tidak
baik
|
1
|
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
|
||
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
||
Kelas
|
:
|
XI
|
||
Materi
|
:
|
Menganalisis Cerita pendek
|
||
Kompetensi dasar
|
:
|
3.9
|
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku
kumpulan cerita pendek
|
|
4.9
|
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan
unsur-unsur pembangun cerpen.
|
|||
Indikator
|
:
|
3.9.1
|
Menentukan unsur-unsur pembangun cerita
pendek
|
|
3.9.2
|
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
|
|||
4.9.1
|
Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek
|
|||
4.9.2
|
Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.
|
Tugas I
1.
Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map
individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda
warna map
2.
Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah
diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3.
Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan
terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI
|
SKOR MAKSIMAL
|
Peserta didik menyimpan
semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan
benar, serta dikumpulkan tepat waktu
|
4
|
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi
kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
|
3
|
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah,
kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
|
2
|
Peserta didik
menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan
salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
|
1
|
Peserta didik tidak
menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah
mengumpulkan tugas
|
0
|
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/
2018 - 2019
No
|
Nama Peserta didik
|
Tugas KD
|
Nilai
|
Tanda Tangan
|
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
|
|
Peserta Didik
|
Guru
|
|||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2012/2017
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Program :
XI
Semester : 1
(dua)
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator Soal
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku
kumpulan cerita pendek
|
Menentukan unsur-unsur pembangun cerita
pendek
|
XI/1
|
Disajikan cerita pendek,
peserta didik dapat menentukan unsur-unsur pembangun cerita
pendek
|
C4
|
Uraian
|
1
|
2
|
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan
struktur dan kaidah
|
XI/1
|
Disajikan cerita pendek, peserta
didik dapat menelaah teks cerita pendek berdasarkan
struktur dan kaidah
|
C5
|
uraian
|
2
|
|
3
|
4.9
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun
cerpen.
|
Menentukan topik tentang kehidupan dalam
cerita pendek
|
XI/1
|
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menentukan topik
tentang kehidupan dalam cerita pendek
|
C2
|
uraian
|
3
|
4
|
Menulis cerita pendek dengan
memperhatikan unsur-unsur pembangun.
|
XI/1
|
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menulis cerita pendek
dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.
|
C5
|
uraian
|
4
|
KARTU SOAL
HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI
/ 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Mengkonstruksi
sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
|
Materi
|
:
|
Cerita pendek
|
Indikator
Soal Nomor 1
|
:
|
Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek
dengan benar
|
Indikator
Soal Nomor 2
|
:
|
Disajikan
cerita pendek, peserta didik dapat menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan
kaidah dengan benar
|
Indikator
Soal Nomor 3
|
:
|
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita
pendek dengan baik
|
Indikator
Soal Nomor 4
|
:
|
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menulis cerita pendek dengan memperhatikan
unsur-unsur pembangun.dengan benar.
|
Boyolali,
2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2
Boyolali Guru
Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP
197207081998011001
terima kasih sudah sangat membantu
ReplyDelete