16 June 2018

RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 TEKS CERPEN KD 3.9 DAN 4.9



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Cerita pendek
Alokasi Waktu
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan) 

A.    Kompetensi Inti

K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, cerita pendekal, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan cerita pendekal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9.1   Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek
3.9.2   Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.9 Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.9.1  Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek
4.9.2  Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.

C.    Tujuan pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek, menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah, menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek, dan menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.

D.    Materi

Struktur Cerita Pendek

Abstrak-Orientasi-Komplikasi-Resolusi-Evaluasi-Koda

Unsur-unsur Cerita Pendek

Tema, tokoh, penokohan, alur, latar, gaya bahasa, sudut pandang, amanat.

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

1.      Pendekatan                : Kolaboratif

2.      Model Pembelajaran : Menulis Terbimbing

3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar

1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD

2.      Sumber Belajar :

a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Inti
1.      Siswa duduk secara berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 4 orang. Setiap kelompok diberikan lembar kerja (kerangka karangan) untuk draf kasar yang memuat unsur-unsur cerita pendek
2.      Siswa mengamati powerpoint atau video interaktif tentang struktur dan unsur-unsur cerpen (materi hanya berupa ulasan).
3.      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dibahas.
Pramenulis
1.      Siswa mengamati gambar peristiwa yang disajikan guru dalam proyektor.
2.      Siswa mengembangkan ide cerita dari gambar peristiwa yang diamati secara berkelompok dengan mempertanyakan unsur-unsur cerpen dengan bimbingan guru.
3.      Siswa mengomunikasikan ide cerita dengan teman kelompoknya dan saling memberi saran.
4.      Siswa bersama kelompoknya menyusun kerangka karangan (draf kasar cerita) sesuai topik gambar peristiwa berdasarkan unsur-unsur dalam cerpen
Pendrafan
1.      Siswa bersama kelompoknya kembali merinci kerangka karangan (draf kasar cerita) yang akan dibuat cerpen utuh. Dalam proses pendrafan ini, siswa menggunakan masukan dari kelompoknya.
2.      Siswa mulai menulis cerita pendek utuh secara individu berdasarkan kerangka karangan (draf kasar cerita) yang telah disusun bersama kelompoknya. Dengan kreativitas dan imajinasi masing-masing, siswa boleh menambahkan, atau mengubah akhir cerita.
3.      Siswa dibimbing oleh guru dari mulai tahap menulis awal cerpen, tengah, hingga akhir cerpen.

Literasi





Rasa ingin tahu





Kerja sama (Collaborative)







Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)






Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca cerita pendek lainnya dan memilih satu cerita pendek untuk diidentifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Inti
1.      Siswa kembali duduk dengan kelompoknya masing-masing.
2.      Cerita pendek dan peta konsep dikembalikan kepada siswa
3.      Siswa mengamati powerpoint atau video interaktif tentang materi cerpen (penulisan kreatif cerpen).
4.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang kiat-kiat kreatif menulis cerpen dan dan bagaimana menulis cerpen yang baik.
5.      Siswa dan guru membahas kesalahan dan kekurangan cerita pendek yang ditulis siswa
Perbaikan
·        Siswa dalam kelompoknya masing-masing membaca karyanya dan meminta masukan dari teman kelompoknya.
·        Siswa memperbaiki tulisan sesuai masukan dari teman kelompok.
Penyuntingan
·        Siswa dan guru membahas dan menyunting kesalahan teknis dalam cerpen. Seperti ejaan, penulisan kalimat yang rancu dan sebagainya.
Publikasi
·         Siswa menyampaikan hasil cerpen utuhnya di depan kelas.
·         Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap hasil cerita pendek yang ditulis siswa.
1.      Bersama kelompoknya, siswa menempelkan karyanya di mading kelas.

Literasi






Rasa ingin tahu





Kerja sama (Collaborative)

Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu struktur dan unsur kebahasaan cerita pendek.
3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)





HOTS
10 menit



H.    Penilaian

1.       Teknik Penilaian:

a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan

b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis

c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian:       

a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik

b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja

c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi

d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio

3.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan

b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.



LAMPIRAN: MATERI CERITA PENDEK

1.      Struktur Teks Cerpen

1)      Abstrak (sinopsis).

2)      Orientasi (pengenalan cerita).

3)      Komplikasi (puncak konflik).

4)      Evaluasi (komentar).

5)      Resolusi (penyelesaian akhir).

6)      Koda (komentar akhir terhadap keseluruhan isi cerita).

Abstrak, evaluasi dan koda bersifat opsional. Artinya sebagian besar cerpen tidak mengharuskan ada abstrak, evaluasi dan koda.

2.      Unsur-unsur Pembangun Cerpen

1)      Tema

     Tema adalah gagasan yang menjalin struktur isi cerita. Tema jarang dituliskan secara tersurat oleh pengarangnya. Untuk dapat merumuskan tema cerita fiksi, seorang pembaca harus mengenali unsur-unsur intrinsik yang dipakai oleh pengarang untuk mengembangkan cerita fiksinya.

2)      Tokoh

Tokoh merupakan pelaku pada sebuah cerita. Tokoh adalah individu rekaan yang mengalami peristiwa dalam cerita.

3)      Penokohan (Perwatakan)

Penokohan adalah cara pengarang dalam menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Metode yang digunakan untuk menetukan karakter suatu tokoh  ada 2 (dua) macam yaitu sebagai berikut.

(1)   Metode analitik

Metode analitik adalah metode yang digunakan untuk menetukan karakter tokoh dengan cara memaparkan ataupun menyebutkan sifat tokoh secara langsung.

(2)   Metode dramatik

Metode dramatik adalah suatu metode yang digunakan untuk menetukan karakter tokoh dengan cara tidak langsung menggambarkan sifat tokoh. Penggambaran tokoh dilakukan melalui percakapan yang dilakukan oleh tokoh lain. Metode ini dapat juga disebut sebagai  metode reaksi tokoh lain (berupa pandangan, pendapat, sikap, dan sebagainya).

4)      Alur (Plot)

Plot adalah cerita yang berisi urutan kejadian, tiap kejadian dihubungkan secara sebab akibat, peristiwa satu disebabkan oleh peristiwa lain atau peristiwa satu menyebabkan peristiwa lain. Dalam membuat alur atau plot penulis harus memperhatikan karakter tokoh  yang akan di ceritakan. Biasanya semakin baik karakter tokoh maka semakin besar konflik yang akan timbul.

5)      Setting atau Latar

Setting adalah latar atau tempat kejadian, waktu kejadian sebuah cerita. Setting bisa menunjukkan tempat, waktu, suasana batin, saat cerita itu terjadi.

2)      Sudut Pandang (Point of View)

Point of view adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita. Posisi pengarag terdiri atas dua macam, yaitu berperan langsung sebagai orang pertama (sebagai tokoh yang terlibat dalam cerita yang bersangkutan) dan sebagai orang ketiga yang berperan sebagai pengamat.

3)      Gaya Bahasa

Gaya bahasa dalam karya sastra mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai alat penyampaian maksud pengarang dan sebagai penyampaai perasaan. Artinya, melalui karya sastra seorang pengarang bukan hanya sekedar bermaksud memberitahukan kepada pembaca mengenai apa yang dilakukan dan dialami tokoh dalam ceritanya, melainkan bermaksud pula untuk mengajak pembacanya untuk ikut merasakan apa yang dilakukan oleh tokoh cerita.

4)      Amanat atau Pesan

Amanat merupakan ajaran moral atau pesan didaktis yang hendak disampaikan oleh pengarang kepada pembaca melalui karyanya. Pesan bisa berupa harapan, nasehat, dan sebagainya. Pesan merupakan hal penting dalam sebuah cerpen, karena dengan pesan yang baik pengarang dapat menyajikan cerita yang baik sehingga tokoh-tokoh dalam ceritanyapun dapat diteladani.



INTRUMEN PENILAIAN SIKAP


Nama Satuan pendidikan        : SMA NEGERI 2 BOYOLALI

Tahun pelajaran                       : 2018/2019

Kelas/Semester                        : XI / 1

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib


NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






2






7






8






9






10






11











INSTRUMEN PENUGASAN 1

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.9 
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
Indikator
:
3.9.1  
Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek


3.9.2  
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
Materi
:
Cerita pendek

Contoh Tugas:

Carilah sebuah cerpen, kemudian analisislah unsur-unsur dan struktur teksnya!





INSTRUMEN PENUGASAN 2

Satuan Pendidikan
:
SMA N 2  Boyolali
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.9
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
Indikator
:
4.9.1  
Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek


4.9.2  
Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.
Materi
:
Cerita pendek

Contoh Tugas:

1.      Buatlah sebuah cerita pendek berdasarkan pengalaman hidup yang kamu alami sendiri ataupun pengalaman orang lain.

2.      Tentukanlah topiknya yang menarik dan dianggap khas atau langka.

3.      Catatlah kata-kata kunci yang berkaitan dengan topic, lalu susunlah menjadi kerangka cerpen secara kronologis.

4.      Kembangkanlah kerangka itu menjadi cerpen yang utuh dengan menggunakan kekuatan emosi.

5.      Lakukanlah silang baca dengan teman sebangku untuk saling memberikan koreksi berkaitan dengan pilihan kata,ejaan, dan tanda bacanya.





RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………

Kelas                                                   : …………………………………………………

Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................


No
Kategori
Skor
Alasan
1.
1. Apakah cerita pendek yang ditulis lengkap dengan unsur-unsurnya?


2.
3. Apakah terdapat uraian tentang memenuhi strukturnya?


3.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?


Jumlah





Kriteria:

5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang




INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.9 
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
Indikator
:
3.9.1  
Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek


3.9.2  
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
Materi
:
Cerita pendek



Tes Tertulis

Disediakan teks cerita pendek

1.      Identifikasilah unsur-unsur dan struktur cerpen!

2.      Kemukakan komentarmu terhadap teks cerita pendek tersebut


RUBRIK PENILAIAN

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur dan struktur cerpen dengan sangat tepat
4
a.                      Peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur dan struktur cerpen dengan tepat
3
b.                      Peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur dan struktur cerpen dengan kurang tepat
2
c.                      Peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur dan struktur cerpen dengan tidak tepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
3
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat
4

d.                     Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat
3

e.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat
2

f.                       Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat
1




INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan
:
SMA N 2  Boyolali
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.9
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
Indikator
:
4.9.1  
Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek


4.9.2  
Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.
Materi
:
Cerita pendek



1.      Lembar Soal Keterampilan

1.      Buatlah sebuah cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya..

2.      Rubrik Penilaian

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan sangat baik
4
g.                      Peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan baik
3
h.                      Peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan kurang baik
2
i.                        Peserta didik membuat cerita pendek dengan memperhatikan struktur, unsur, dan kaidah kebahasaannya dengan tidak baik
1




INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO


Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Materi
:
Menganalisis Cerita pendek
Kompetensi dasar
:
3.9 
Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek



4.9
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.

Indikator
:
3.9.1  
Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek



3.9.2  
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah



4.9.1
Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek



4.9.2
Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.


Tugas I

1.             Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map

2.             Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.

3.             Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir

PEDOMAN PENSKORAN:

KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
Peserta didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu
4
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
3
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
2
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
1
Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
0




LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

Jenis Tugas                            :

Kelas                                       : XI

Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018 - 2019



No
Nama Peserta didik
Tugas KD
Nilai
Tanda Tangan
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
Peserta Didik
Guru



























































KISI-KISI SOAL HOTS

Tahun Pelajaran 2012/2017



Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia

Kelas/Program             :  XI

Semester                      :  1 (dua)

Kurikulum                   :  2013



No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
Menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek
XI/1
Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek
C4
Uraian
1
2
Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
XI/1
Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
C5
uraian
2
3
4.9 Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
Menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek
XI/1
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek
C2
uraian
3
4
Menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.
XI/1
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.
C5
uraian
4



KARTU  SOAL HOTS

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1 (satu)

Kurikulum                 : 2013

Kompetensi Dasar
:
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
Materi
:
Cerita pendek
Indikator Soal Nomor 1
:
Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur pembangun cerita pendek dengan benar
Indikator Soal Nomor 2
:
Disajikan cerita pendek, peserta didik dapat menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah dengan benar
Indikator Soal Nomor 3
:
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menentukan topik tentang kehidupan dalam cerita pendek dengan baik
Indikator Soal Nomor 4
:
Disajikan cerita pendek peserta didik dapat menulis cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun.dengan benar.



Boyolali,     2 Juli 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                            Guru Mata Pelajaran,





     Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                          Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP 196505041989031014                                    NIP 197207081998011001




1 comment: