18 June 2018

RPP TEKS ANEKDOT KELAS X SEMESTER 1 KD 3.6 DAN 4,6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 



Satuan Pendidikan      : SMA

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          : X /  1 ( Ganjil)

Materi Pokok              : Teks Anekdot

Alokasi Waktu        : 8 x 45 menit 

A.    Kompetensi Inti .

1.    . Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.      Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kopetensi

3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.

3.6.1        Mengidentifikasi struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda).
3.6.2 Menemukan ciri bahasa teks anekdot     (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
3.6.3 Menjelaskan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.

4.6  Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis



4.6.1 Menyusun teks anekdot sesuai dengan struktur isi teks anekdot dan kebahasaan.
4.6.2 Mempresentasikan teks anekdot dengan intonasi dan ekspresi yang tepat serta saling memberikan komentar.


  1. Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre saintifik dan  
CLIL dengan model pembelajaran discoveri peserta didik dapat mengidentifikasi struktur isi  teks anekdot dan pola penyajian karakter unggul tokoh anekdot,  menjelaskan makna kata istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot dengan menggunakan teks narasi, menyusun teks anekdot dan mempresentasikannya dengan rasa ingin tahu, responsif dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap, jujur, percaya diri serta pantang menyerah.


D.    Materi Pembelajaran

Teks anekdot

§  Ciri-ciri, pengertian anekdot dnegan 

§  Struktur  anekdot

§  makna kata, istilah, dan isi teks anekdot

§  isi anekdot

E.    Pendekatan,Metode, dan Model Pembelajaran

1.         Pendekatan     : Saintifik

2.         Metode            : Curah pendapat, diskusi, dan penugasan

3.         Model              : Discovery Learning ( pertemuan pertama)

  Penugasan (pertemuan kedua)

F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

1.      Media :

§  Internet

§  Multimedia

2.      Alat/bahan

§  LCD, laptop

§  Naskah Anekdot

 G. Bahan dan Sumber Belajar

1.      Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.      Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.      Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.


H.     Kegiatan Pembelajaran

             Pertemuan Pertama

Pertemuan 1 (@4 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
15 menit
Kegiatan Inti
1.    Mengamati
a.     membaca contoh  teks anekdot
b.     mencermati uraian yang berkaitan dengan  unsur-unsur dan struktur teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
c.     membaca contoh teks anekdot yang lain
2.    Menanya
Mempertanyakan unsur-unsur dan struktur  teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
3.    Mengeksplorasi
Menemukan unsur-unsur dan  struktur  teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
4.    Mengasosiasi
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan unsur-unsur dan struktur teks (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda)
5.    Mengkomunikasikan
mengomunikasikan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan antarkelompok menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun

Literasi





Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)


Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communicative)
150 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks ceramah lainnya.
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
15 menit


Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)

Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
15 menit
Kegiatan Inti
1.                            Mengamati
a.       membaca contoh  teks anekdot lain
b.      mencermati uraian yang berkaitan dengan  ciri-ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal)
2.                            Menanya
a.       menanyakan ciri-ciri bahasa teks anekdot
b.      membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks anekdot
3.                            Mengekplorasi
a.    menemukan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal)
b.    menjelaskan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anekdot
c.    menemukan isi teks anekdot.

4.                            Mengasosiasi
a.    mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan teks anedot dalam  diskusi kelas dengan saling menghargai
b.    mendiskusikan isi teks anekdot.

5.                            Mengkomunikasikan
a.    mempresentasikan makna kata, istilah, ungkapan teks anedot dengan rasa percaya diri
b.   mempresentasikan isi teks anekdot
c.    menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun


Literasi





Rasa ingin tahu






Kerja sama (Collaborative)







Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)


Komunikatif (Communicative)
150 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
15 menit


I.       PENILAIAN

1)      Jenis/teknik penilaian

a.       Kompetensi sikap

b.      Kompetensi Pengetahuan:

§  Tes tertulis

§  Tes lisan

c.       Kompetensi Keterampilan:

§  Tes praktik,

§  Projek, dan

§  Portofolio.

2)      Bentuk instrumen dan instrumen

3)      Pedoman Penskoran



Lampiran

Penilaian KI-1 dan KI-2

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL

(LEMBAR OBSERVASI)

A.      Petunjuk Umum

1.         Instrumen penilaian sikap spiritual dan sosial ini berupa lembar observasi

2.         Pelaksanaan penilaian sikap dilakukan setiap hari selama pembelajaran satu semester

3.         Penilaian sikap spiritual dan sosial dilakukan oleh guru mata pelajaran, wali kelas, BK yang nantinya dilaporkan kepada wali kelas.

4.         Perilaku yang diamati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong), kerjasama, responsif dan  pro-aktif

5.         Guru mencatat sikap yang menonjol, baik positif (+) maupun negatif (-)

6.         Semua siswa pada dasarnya baik

JURNAL PENILAIAN SIKAP

No
Tanggal
Nama
Kejadian/Prilaku
Butir Sikap
+/-
Tindak lanjut
1





2






3






Dst








No
Muatan KI-1 (sikap spiritual)
No
Muatan K-2 (Sikap Sosial)
1
Ketaatan beribadah
1
Jujur
2
Perilaku syukur
2
Disiplin
3
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
3
Tanggung jawab
4
Toleransi dalam beribadah.
4
Santun


5
Peduli


6
Percaya diri


7
Kerja sama


8
Responsif


9
Pro-aktif

Penilaian KI-3

Pengetahuan

a.       Teknik Penialaian : Tes tertulis

b.      Bentuk Instrumen : Uraian



Bacalah teks anekdot di bawah ini!


POLITISI BLUSUKAN BANJIR

 Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan,

termasuk Darman (maaf bukan nama sebenarnya dan bukan sebenarnya

nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah.

Kebetulan di sana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat

menyerahkan bingkisan.

2 Darman juga tidak mau menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia

mencari strategi agar tetap menjadi perhatian media. Darman berusaha

masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial baginya, dia

terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha sekuat

tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.

3Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman

masih bisa diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di

bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget

melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang

blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa tertulis di dinding: “Ya Allah,

hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!

(Diadaptasi dari http://arje.blog.esaunggul.ac.id/anekdot-politisi-blusukan-banjir/)


Tes Uraian


IPK
Indikator soal
HOTS/LOTS
Rumusan soal
Jawaban
3.6.1
Mengidentifikasi struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan coda).

Siswa dapat mengidentifikasi struktur isi teks anekdot
Lots
1.Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam teks anekdot di atas!
2.Jelaskan struktur teks anekdot di atas!



1. Pada malam Jumat
2. abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan coda
3.6.2
Menemukan ciri bahasa teks anekdot     (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).

Siswa dapat menemukan ciri bahasa teks anekdot     
Hots
3.Sebutkan ciri-ciri bahasa teks anekdot di atas. Jelaskan!


3. Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman
masih bisa diselamatkan
3.6.3
Menjelaskan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.
Siswa dapat menjelaskan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.
Hots
4.Jelaskan makna  ungkapan yang terdapat dalam teks anekdot di atas !
5. Jelaskan isi anekdot di atas!


4. Ya Allah,
hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”
5. politisi melakukan blusukan di daerah banjir


Rubrik Penilaian Kemampuan memahami struktur dan mengintepretasikan Teks Anekdot

No.
Aspek
Deskripsi
bobot
Skor
1.
Unsur-unsur teks anekdot
Menemukan seluruh unsur
4

Menemukan 3-4 unsur
3
Menemukan 1-2  unsur
2
2.
Struktur teks anekdot
Menyebutkan struktur dengan lengkap, tepat dan sistematis
4

Menyebutkan struktur  kurang lengkap, tepat dan sistematis
3
Menyebutkan struktur kurang lengkap, tidak tepat dan tidak sistematis
2
3.
Ciri kebahasaan
Menyebutkan seluruh ciri-ciri kebahasaan secara lengkap
4

Menyebutkan  3-4  ciri-ciri kebahasaan
3
Menyebutkan 1-2 ciri-ciri kebahasaan
2
4.
Kata, istilah dan ungkapan
Menjelaskan makna kata, istilah dan ungkapan seluruhnya
4

Menjelaskan makna kata, istilah dan ungkapan sebagian besar
3
Menjelaskan makna kata, istilah dan ungkapan sebagian kecil
2
5
Isi teks anekdot
Menjelaskan isi anekdot dengan tepat dengan bahasa yang santun, baik dan benar
4

Menjelaskan isi anekdot kurang tepat dengan bahasa yang santun, baik dan benar
3
Menjelaskan isi anekdot kurang tepat, dengan bahasa yang kurang santun, baik dan benar
2



Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal
= NA

Skor Maksimal



KI-4


INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Instrumen Penilaian Keterampilan

Indikator:  peserta didik mampu membuat dan menghasilkan produk, karya, portofolio dan proyek

A.  Tes Praktik

Tugas membuat makalah, minimal  4 halaman  secara kelompok , setiap kelompok 5 orang dengan sistematika :

1.    Judul

2.    Pendahuluan

3.    Isi/Pembahasan

4.    Penutup

Rambu-rambu :

a.    Makalah diketik menggunakan kertas A4, huruf Time New Roman, spasi 1,5,

b.    Rubrik Penugasan

No
Nama
Kegiatan/Perilaku
Jumlah nilai
Kreteria
Judul
Makalah
Orisinal
Karya
Kebenaran
konsep
Ketajaman
Analisis
Alur
paparan
1








2









Keterangan :

Aspek yang dinilai
Uraian
Judul
Singkat, padat, jelas
Urgensi masalah yang dipilih
Pemilihan masalah  yang  kontekstual
Kebenaran konsep
Kemampuan untuk menggunakan konsep sosiologi secara tepat
Ketajaman
Kemampuan menguraikan masalah dengan  menggunakan konsep teori sosiologi
Alur paparan
Kemampuan menggunakan logika berfikir dan bahasa yang sesuai dengan kaidah serta komunikatif

  Kriteria perilaku :

1 =
2 =
3 =
4 =
5 =
Sangat Kurang
Kurang
Sedang
Baik
Amat Baik

Kreteria penilaian :

1)        Nilai  20 – 25 = Amat Baik

2)        Nilai 15 –  19 = Baik

3)        Nilai 10 – 14 = Cukup

4)        Nilai  5 –    9 = Kurang

5)        Nilai  1 – 4   = Sangat Kurang

B.     Tes Proyek

-  Proyek

            Tehnik Penilaian Proyek

Mata Pelajaran
Nama Proyek
Alokasi Waktu
:
:
:

Guru Pembiombing
Nama
Kelas
:
:
:



No
ASPEK
SKOR (1-5)
1
PERENCANAAN :
Rancangan alat
-  Alat dan Bahan : Pedoman wawancara

2
PELAKSANAAN :
Keakuratan sumber informasi
Kuantitas sumber data
Analisi data
Penarikan kesimpulan

3
LAPORAN PROYEK :
Sistematika laporan
Presentasi


TOTAL SKOR



- Produk

         Tehnik Penilaian Produk

Mata Pelajaran
Nama Produk
Alokasi Waktu
:
:
:

Guru Pembiombing
Nama
Kelas
:
:
:




No
TAHAPAN
SKOR( 1-5)
1
Tahap perencanaan Bahan

2
Tahap proses Pembuatan :
a.       Persiapan alat dan bahan
b.      Teknik pengolahan

3
Tahap Akhir
a.       Bentuk
b.      Inovasi



c.    Portofolio

Mata Pelajaran
Alokasi Waktu
:
:


Guru Pembimbing
Nama
Kelas
:
:
:

No
Waktu
Jenis Tugas
Kriteria
Catatan
Guru
Tindak Lanjut








Penilaian Ketrampilan

C.                  Tes Praktek  (Presentasi)

Mata Pelajaran            : _____________________________________________________

Nama Produk              : _____________________________________________________

Alokasi Waktu            : _____________________________________________________

Nama                           : _____________________________________________________

Kelas                           : _____________________________________________________


No.
Komponen
Skor (1-4)
1.
Penguasaan Materi
a.       Kemampuan konseptualisasi
b.      Kemampuan menjelaskan
c.       Kemampuan berargumentasi

2.
Penyajian
a.       Sistematika Penyajian
b.      Visualisasi

3
Komunikasi Verbal
a.       Penggunaan Verbal
b.      Intonasi dan Tempo

Total Skor



Aspek yang dinilai

Penilaian
1
2
3
4
Penguasaan Materi
Kemampuan konseptualisasi, menjelaskan dan berargumentasi sangat tidak menguasai
Kemampuan konseptualisasi, menjelaskan dan berargumentasi tidak menguasai
Penguasan materi tentang kemampuan konseptualisasi, menjelasan dan berargumentasi bagus tapi belum terarah
Penguasan materi tentang kemampuan konseptualisasi, menjelasan dan berargumentasi bagus dan sudah terarah
Penyajian
Sistematika penyajian dan visualisasi sangat tidak tersaji
Sistematika penyajian dan visualisasi sangat tersaji
Penyajian materi yang tersistematis dan visualisasi bagus tetapi belum menemukan konsep yang jelas
Penyajian materi yang tersistematis dan visualisasi bagus dan  konsepnya jelas
Komunikasi Verbal
Penggunaan bahasa verbal, intonasi dan temponya sangat tidak baik
Penggunaan bahasa verbal, intonasi dan temponya tidak baik
Penggunaan bahasa verbal, intonasi dan temponya sudah baik tapi belum menggunakan ejaan yang benar
Penggunaan bahasa verbal, intonasi dan temponya sudah baik dan menggunakan ejaan yang benar


Lampiran 

1.    Rekapitulasi Hasil Penilaian

a.         KI-1 Dan KI- 2




Mata Pelajaran             :

Kelas/Semester            :

TP                                       :


No
Tanggal
Nama
Kejadian/Prilaku
Butir Sikap
+/-
Tindak lanjut
1





2






3






4
5
dst








Nilai Rapot Sikap

Sikap
Predikat
Diskripsi
Sikap Spiritual


Sikap Sosial




b.         KI-3 ( Pengetahuan)

Format Nilai Pengetahuan

No
NIS
Nama
Nilai KD 3.1
Nilai KD 3.1
Nilai KD 3.2
Nilai KD 3.2
dst
Tulis
Lsn
Tugas
Tulis
lsn
Tgs
1












2












3












4












dst















Perhitungan Nilai Rapor

Nilai Pengetahuan



No
NIS
Nama
Nilai KD
NR (Rerata)
3.1
3.2
3.3
3.4
dst
1








2








3








Dst









c.         KI-4 (Keterampilan)


Format nilai Keterampilan

No
NIS
Nama
Nilai KD 4.1
Nilai KD 4.
Nilai KD 4.2
Nilai KD 4.
dst
N1
N2
N3
N4
N1
N2
N3
N4
1










2












3












4












dst













Catatan:

1.        N1: nilai kinerja; N2: nilai proyek, N3: nilai produk dan N4: nilai portofolio

2.        Nilai KD dari N1, N2, N3 dan N4 tiap KD diambil yang optimum


Perhitungan Nilai Rapor

Nilai Pengetahuan



No
NIS
Nama
Nilai KD
NR (Rerata)
4.1
4.2
4.3
4.4
dst
1








2








3








Dst













                                                                                                          Boyolali, 2 Juli 2018

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                      Guru Mata Pelajaran




Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                      Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP 1996505041989031014                            NIP 197207081998011001                                             


                                                                                             

1 comment: