13 June 2018

RPP TEKS EKSPLANASI KD 3.3 DAN 4.3 EDISI REVISI KELAS XI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Teks Eksplanasi
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, eksplanasial, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan eksplanasial pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
 
B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.3 Mengidentifikasi informasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1  Memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca.
3.3.2  Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.3.1  Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.
4.3.2  Menyajikan hasil teks eksplanasi.

C.    Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik, peserta didik dapat memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca, menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis, menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi, dan menyajikan hasil teks eksplanasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses embelajaran.
D.    Materi
Teks Eksplanasi:
  • Fakta
  • Pernyataan-pernyataan sebab-akibat (kausalitas).
Struktur Teks Eksplanasi:
  • Pengetahuan
  • Deretan Penjelas
  • Interpretasi (opsional)
E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                : Saintifik
2.      Model Pembelajaran : Active Learning
3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.      Sumber Belajar :
a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.       Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.       Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati video terjadinya hujan.
2.      Peserta didik mengidentifikasi video tersebut berhubungan dengan teks eksplanasi
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang video tersebut berhubungan dengan teks eksplanasi
2.      Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut dihubungkan dengan teks eksplanasi
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk teks eksplanasi
3.      Peserta didik mencari contoh teks eksplanasi dari berbagai sumber.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menganalisis informasi dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi yang didapat.
2.      Peserta didik mencoba menganalisis makna tersirat dalam teks eksplanasi yang didapat.
3.      Peserta didik mencatat hasil analisis informasi, urutan kejadian, dan makna tersirat dalam teks eksplanasi yang didapat.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

Literasi





Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)





Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)




Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks eksplanasi lainnya
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.        Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.        Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.        Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.        Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati contoh teks eksplanasi
2.      Peserta didik mengidentifikasi informasi (pengetahuan), urutan kejadian, dan makna yang tersirat dalam teks
3.      Peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian pokok dalam teks
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang bagian-bagian pokok dari teks
2.      Peserta didik memberi komentar bagian-bagian pokok teks eksplanasi yang dibahas
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bagian-bagian pokok teks eksplanasi untuk selanjutnya dapat disajikan hasilnya
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menyusun hasil teks eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah diidentifikasi dan didiskusikan.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok menyajikan hasil kerjanya
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

Literasi







Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)



Kreativitas (Creativity)


Komunikatif (Communicative

150 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membawa contoh lain dari teks eksplanasi baik dari koran, majalah atau buku sumber lainnya.
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya,.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
15 menit

H.    Penilaian
1.       Teknik Penilaian:
a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan
b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis
c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.       Bentuk Penilaian:       
a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja
c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi
d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio
3.       Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.      Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

LAMPIRAN: MATERI TEKS EKSPLANASI
Eksplanasi berasal dari bahasa asing (Inggris) yang berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan. Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Eksplanasi adalah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial
Teks ini disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pengetahuan (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup. Bagian pengetahuan berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Sementara itu, bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak ada.

Struktur Teks Eksplanasi

1)      Pengetahuan, Berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam tersebut bisa terjadi.
2)      Deretan Penjelas, Berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan akibat dari sebuah bencana alam yang terjadi.
3)      Interpretasi (Opsional), Teks penutup yang bersifat pilihan; bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pengetahuan dan deretan penjelas. Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan        : SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran                       : 2017/2018
Kelas/Semester                        : XI / 1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






2






7






8






9






10






11









INSTRUMEN PENUGASAN 1

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.3 
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
Indikator
:
3.3.1  
Memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca.


3.1.2  
Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
Materi
:
Teks Eksplanasi

Contoh Tugas:
Jawablah pertanyaan berikut!
1.       
Apa yang menjadi dasar jika teks tersebut dinamakan teks eksplanasi?
2.       
Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi?
3.       
Teks eksplanasi dibentuk oleh unsur apa saja?
4.       
Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?
5.       
Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi?

Apa saja bukti bahwa semua teks di bawah ini berbentuk eksplanasi?
Apa pula gagasan umum serta fakta penting di dalam teks tersebut?
a.        
Pertumbuhan dimulai dari kecambah. Struktur awal yang muncul berupa radikula atau akar primer. Hal ini menunjukkan bahwa yang pertama kali dibutuhkan kecambah adalah air dan kebutuhan untuk melekat pada tanah. Akar primer akan tumbuh secara lateral, membentuk akar sekunder, dan selanjutnya tumbuhlah cabang-cabang menjadi suatu sistem akar.
b.       
Percabangan suatu bahasa proto menjadi dua bahasa baru atau lebih; serta tiap-tiap bahasa baru itu dapat bercabang pula dan seterusnya, dapat disamakan dengan percabangan sebatang pohon. Pada suatu waktu batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru, lalu tiap cabang bertunas dan bertumbuh menjadi cabang-cabang baru. Cabang-cabang yang baru kemudian mengeluarkan ranting-ranting  yang baru. Demikian seterusnya. Begitu pula percabangan pada bahasa.


Teks
Bukti sebagai Eksplanasi
Gagasan Umum
Fakta Penting
1



2





INSTRUMEN PENUGASAN 2

Satuan Pendidikan
:
SMA N 2  Boyolali
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.3
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
Indikator
:
4.3.1  
Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi


4.3.2  
Menyajikan hasil teks eksplanasi
Materi
:
Teks Eksplanasi

Contoh Tugas:
Bacalah satu teks eksplanasi, kemudian ikutilah instruksi di bawah ini!
1.      Tentukanlah mana yang merupakan pengetahuan, deretan penjelas, dan interpretasi.
2.      Carilah kalimat-kalimat yang memuat informasi berdasarkan fakta (faktual).

RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………
Kelas                                                   : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

No
Kategori
Skor
Alasan
1.
1. Apakah teks eksplanasi yang ditulis lengkap ?


2.
3. Apakah terdapat uraian tentang struktur eksplanasi?


3.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?


4.
Apakah terdapat bagian-bagian pokok teks eksplanasi?


5.
Apakah terdapat informasi atau pengetahuan dalam teks?


Jumlah



Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang


INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.3 
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
Indikator
:
3.3.1  
Memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca.


3.3.2  
Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.

Tes Tertulis
Disediakan dua teks eksplanasi
1.      Identifikasilah informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi.
2.      Tuliskan makna tersirat dalam teks eksplanasi tersebut
3.      Kemukakan komentarmu terhadap kedua teks eksplanasi tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1.      Identifikasilah teks eksplanasi dengan memperhatikan isi,  informasi, urutan kejadian, dan makna tersirat yang disampaikan dalam teks eksplanasi!
2.      Buatlah rancangan teks eksplanasi dengan bagian-bagian pokok!
3.      Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan teman-temanmu.

RUBRIK PENILAIAN
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik mengidentifikasi informasi dan urutan kejadian teks eksplanasi dengan sangat tepat
4
a.                      Peserta didik mengidentifikasi informasi dan urutan kejadian teks eksplanasi dengan tepat
3
b.                      Peserta didik mengidentifikasi informasi dan urutan kejadian teks eksplanasi dengan kurang tepat
2
c.                      Peserta didik mengidentifikasi informasi dan urutan kejadian teks eksplanasi dengan tidak tepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2
Peserta didik membuat rancangan bagian-bagian pokok teks eksplanasi dengan sangat tepat
4

d.                     Peserta didik membuat rancangan bagian-bagian pokok teks eksplanasi dengan tepat
3

e.                      Peserta didik membuat rancangan bagian-bagian pokok teks eksplanasi dengan kurang tepat
2

f.                       Peserta didik membuat rancangan bagian-bagian pokok teks eksplanasi dengan tidak tepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
3
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat
4

g.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat
3

h.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat
2

i.                        Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat
1




INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
X
Materi
:
Menganalisis dan memerankan dialog eksplanasi
Kompetensi dasar
:
4.3 
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

Indikator
:
4.3.1  
Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.



4.3.2  
Menyajikan hasil teks eksplanasi.

1.      Lembar Soal Keterampilan
1.      Susunlah bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi!
2.      Sajikanlah hasil teks eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah disusun!
2.      Rubrik Penilaian
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik menyusun bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi sangat baik
4
j.                        Peserta didik menyusun bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi baik
3
k.                      Peserta didik menyusun bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi kurang baik
2
l.                        Peserta didik menyusun bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi tidak baik
1
2
Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah disusun sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik
4
m.                    Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah disusun lengkap dan sesuai dengan topik
3
n.                      Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah disusun kurang lengkap dan  kurang dengan topik
2
o.                      Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah disusun tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks
1















INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Materi
:
Menganalisis Teks eksplanasi
Kompetensi dasar
:
3.3 
 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis



4.3
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

Indikator
:
3.3.1  
Menunjukan pengetahuan atau pengetahuan dalam suatu kegiatan



3.3.2  
Menuliskan urutan kejadian sebagai eksplanasi melakukan suatu kegiatan



4.3.1
Mengungkapkan pengetahuan dan urutan kejadian secara lisan.



4.3.2
Menuliskan pengetahuan dan urutan kejadian

Tugas I
1.             Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.             Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3.             Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
Peserta didik menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu
4
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
3
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
2
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
1
Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
0


LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

Jenis Tugas                            :
Kelas                                       : XI
Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018 - 2019

No
Nama Peserta didik
Tugas KD
Nilai
Tanda Tangan
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
Peserta Didik
Guru



























































KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program             :  XI
Semester                      :  1 (dua)
Kurikulum                   :  2013

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.3  Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
Memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca.

XI/1
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menunjukan informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian
C4
Uraian
1
2
Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
XI/1
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
C5
uraian
2
3
4.3 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.
XI/1
Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat enyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.
C2
uraian
3
4
Menyajikan hasil teks eksplanasi.
XI/1
Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menyajikan hasil teks eksplanasi.
C5
uraian
4
5

Mengomentari teks eksplanasi
XI/1
Disajikan video tentang eksplanasi peserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar.
C2
uraian
5


KARTU  SOAL HOTS

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : XI  / 1 (satu)
Kurikulum                 : 2013

Kompetensi Dasar
:
3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
4.3 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
Materi
:
Teks eksplanasi
Indikator Soal Nomor 1
:
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menunjukan informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dengan benar
Indikator Soal Nomor 2
:
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis dengan benar
Indikator Soal Nomor 3
:
Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.dengan benar.
Indikator Soal Nomor 4
:
Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menyajikan hasil teks eksplanasi.
Indikator Soal Nomor 5
:
Disajikan video tentang eksplanasi peserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar.


Boyolali,     2 Juli 2018
Mengetahui,
 Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                            Guru Mata Pelajaran,



     Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                          Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014                                    NIP 197207081998011001



10 comments:

  1. Pak numpang copy
    makasih banyak, Pak.

    ReplyDelete
  2. silakan, bu Asma Husna. terima kasih jg

    ReplyDelete
  3. ternuwun pak, sukses terus, semoga segala urusannya dipermudah Allah ...

    ReplyDelete
  4. Keren Banget pak... izin save pak.. terimakasih ilmunya

    ReplyDelete
  5. ijin kopi dan mempelajari pak
    terima kasih
    semoga amal baik anda di balas Tuhan YME

    ReplyDelete
  6. Terima kasih pak Zuhri .. izin menggunakan ... sangat membantu

    ReplyDelete
  7. pak kalau boleh tau sumber penilaian dan sumber belajar didapat dari kurikulum nasional dan dirubah sendiri ya pak ? atau bagaimana ?

    ReplyDelete
  8. Terima kasih.Izin coppy ya

    ReplyDelete