18 June 2018

RPP TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                                   : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                        : X/1

Alokasi Waktu                        : 8 X 45 menit



A.    Kompetensi Inti (KI)



1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
 Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)


3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi

3.2.1. Membedakan isi teks yang dibandingkan
3.2.2. Membedakan aspek kebahasaan teks yang dibandingkan
3.2.3. Menguraikan isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi

4.2. Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.

4.2.1. Menentukan garis besar isi teks
4.2.2. Menulis teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan aspek kebahasaan


C.    Tujuan  Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran diskoveri, peserta didik dapat membedakan  dan menguraikan isi dan aspek kebahasaan teks LHO, dan pola penyajian karakter “wayang”, dan terampil menganalisis aspek kebahasaan dalam menulis  teks  LHO dengan rasa ingin tahu, toleransi, dan semangat kebangsaan selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah.


D.    Materi Pembelajaran

Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)

·      Isi teks

·      Struktur teks

·      Aspek kebahasaan

·      Kerangka teks 


E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran

Pendekatan           : Pedagogi genre,  Saintifik approach, CILL

Model                    : discovery learning (pertemuan pertama),

  Penugasan  (pertemuan ke 2)

Metode                  : penugasan, tanya jawab, diskusi.


F.     Media/Alat Belajar

Media/Alat    : Lembar Kerja,  LCD


  1. Bahan dan Sumber Belajar
1.       Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2.       Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3.       Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
4.       Teks negosiasi dalam bentuk dialog

H.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (@4 ×45 menit)

Tahap
Langkah-Langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
1.       
Pendahuluan:

1.        Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerahTu­han dan saling mendoakan.
2.          Peserta didik merespon apersepsi yang disampaikan Pendidik dengan pertanyaan : “ Apa yang kamu ketahui tentang wayang ?, Apa saja jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia?, Dari daerah mana  sajakah asal wayang-wayang itu?, Bagaimanakah ciri-ciri wayang itu ?
3.      Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks LHO


Religius


Rasa Ingin Tahu
15  menit
2.      Inti

















DISCOVERY
1. Stimulation (pemberian rangsangan)
·      Peserta didik membaca teks LHO yang disediakan oleh guru yaitu teks LHO Wayang (hal. 9 - 15 buku Siswa)

2. Problem Statement (identifikasi masalah)
Peserta didik menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah yang akan dibahas dalam teks LHO Wayang, yaitu
·      Pertanyaan isi teks LHO Wayang;
·      Ciri teks LHO Wayang
·      Struktur teks LHO
·      Pola penyajian karakter  wayang
·      Aspek kebahasaan

3. Data collection (Pengumpulan Data)
Peserta didik berdiskusi kelompok untuk mengumpulkan data/informasi sebanyak mungkin dari teks LHO tentang:
·      Ciri teks LHO wayang berdasarkan isinya.
·      Struktur teks LHO; 
·      Pola penyajian karakter  wayang
·      Aspek kebahasaan

4. Data Processing (Pengolahan Data)
Peserta didik mendiskusikan data yang didapat dari teks LHO berupa:
·      Merumuskan ciri teks LHO Wayang berdasarkan isinya.
·      Mengklasifikaikan isi teks LHO wayang berdasarkan strukturnya (pernyataan umum/klasifikasi, deskripsi bagian , dan deskripsi manfaat).
·      Menjelaskan pola penyajian karakter wayang dalam teks LHO.
5. Verification (Pemeriksaan data)
Dua kelompok dengan secara bergantian mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dalam diskusi kelas untuk memverifikasikan hasil kerjanya;  kelompok lain memberikan tanggapan meliputi
·         Ciri teksLHO wayang berdasarkan isinya;
·         struktur teks LHO wayang
·         pola penyajian karakter wayang dalam teks LHO.Rounded Rectangular Callout: Pemantapan Karakter
Rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab.

6. Generalisation (penarikan kesimpulan)
Di bawah bimbingan Pendidik, peserta didik menyimpulkan
·      ciri teks LHO wayang berdasarkan isinya;
·      struktur teks LHO wayang ;
·      pola penyajian karakter wayang dalam teks LHO.




Literasi







Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)













Kerja sama (Collaborative)












Kreativitas (Creativity)













Komunikatif (Communicative)










Kreativitas (Creativity)
150    menit
3.      Penutup


Kegiatan Pendidik  bersama peserta didik yaitu:
·      menghubungkan pola penyajian karakter  wayang dalam teks LHO dengan cara seseorang menunjukkan perilaku toleransi dalam kehidupan sehari-hari.
·      Mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dikuasai.
·      Meringkas hasil pembelajaran hari itu.

Kegiatan guru yaitu:
·      Melaksanakan penilaian
·      Menyampaikan tugas yang harus dikerjakan peserta didik  untuk pertemuan kedua.
·      Menjelaskan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.



Kreativitas (Creativity)








HOTS
15 menit


Pertemuan kedua

(4 X 45 menit)

Tahap
Langkah-Langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Pendahuluan:



1.    Peserta didik merespon salam dan mensyukuri anugerah Tu­handan saling mendoakan.
2.   Peserta didik merespon apersepsi yang     disampaikan pendidik dengan pertanyaan
   : “ Apa yang kamu ketahui tentang wayang ?, Apa
   saja jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia?,
   Dari daerah mana  sajakah asal wayang-wayang
   itu?, Bagaimanakah ciri-ciri wayang itu ?

3.Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks LHO


Religius


Rasa Ingin Tahu
15 menit
Inti
1.        Peserta didik membaca  teks Laporan hasil observasi dari buku teks.
2.        Melalui diskusi kelompok, peserta didik mengidentifikasi isi, struktur, dan aspek kebahasaan teks LHO.
3.        Peserta didik menyusun kerangka teks LHO
4.        Peserta didik mengembangkan kerangka tulisan menjadi tulisan utuh dengan memperhatikan isi, struktur, dan kebahasaan.
5.        Peserta didik menyunting teks laporan hasil observasi yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.
6.        Peserta didik memperbaiki teks laporan hasil observasi berdasarkan hasil suntingan.
7.        Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
8.        Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun..


Literasi

Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)







Kerja sama (Collaborative)





Kreativitas (Creativity)


Komunikatif (Communicative)
150 menit
3. Penutup

Kegiatan Pendidik bersama peserta didikyaitu:
·      Membuat simpulan hasil pembelajaran.
·      Merefleksi manfaat pembelajaran teks LHO bagi kehidupan nyata.

Kegiatan Pendidik yaitu:
·      Melaksanakan penilaian
·      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk menyusun LHO
·      Menginformasikan materi pembelajaran berikutnya.




Kreativitas (Creativity)




HOTS




15 menit


I.       Penilaian

1.       Kompetensi keagamaan dan sosial

a.          Teknik penilaian : observasi/ pengamatan

b.         Bentuk               : catatan hasil observasi

c.          Instrumen           : jurnal (terlampir)

2.       Kompetensi Pengetahuan:

a.          Teknik penilaian  :tes

b.         Bentuk Penilaian :Teks tulis dan penugasan  kelompok.

c.          Instrumen penilaian: menulis LHO dan lembar kerja. (terlampir)

3.       Kompetensi keterampilan        :          

a.       Teknik penilaian  :penugasan.

b.      Bentuk                 :tugas tertulis.

c.       Instrumen penilaian :lembar kerja dan penilaian presentasi

4.       Remedial

a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas

b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.

c.       Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali  yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

5.      Pengayaan

Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:

a.       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

b.      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


                                                                                                        Boyolali, 2 Juli 2018

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                                              Guru Mata Pelajaran





Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                                             Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP 1996505041989031014                                                   NIP 97207081998011001                      


7 comments:

  1. Terima kasih juga.. silakan copi dan revisi

    ReplyDelete
  2. Cara copy nya bagaimana,,maklum baru belajar teknologi

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Pak MuhZuhri, sangat membantu.

    ReplyDelete
  4. cara downloadnya gimana ya pak? terima kasih atas ilmunya. sangat membantu. semoga Allah Swt membalas kebaikan pak Zuhri.

    ReplyDelete
  5. izin copy paste ya Pak. Terima kasih atas ilmunya.

    ReplyDelete
  6. MOHON IZIN SHARE, KARENA SANGAT BERMANFAAT. SMG MENDAPAT BALASAN DARI ALLOH SWT, AMIN

    ReplyDelete