S
I L A B U S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/Semester : XI/1
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Alokasi
Waktu :
64 x 45 menit
Kompetnsi
inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab,
responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
IPK
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.1.
Mengonstruksi
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
·
Isi Teks Prosedur.
|
·
Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/
tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
·
Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
3.1.1. Mengidentifikasi
teks prosedur dengan memperhatikan isi,
pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam
teks prosedur.
3.1.2. Membuat
rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
·
Suherli,
dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI
Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Kosasih, E. 2014.
Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung:
Yrama Widya
· Internet
· Alam
sekitar dan sumber lain yang relevan
|
4.1.
Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis
|
4.1.1. Menyusun pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
4.1.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
Produk, Praktik (Penilaian
Praktik)
|
||||
3.2.
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Teks Prosedur:
·
struktur;
·
kebahasaan;
·
konjungsi ;
·
jenis kalimat; dan
·
verba material dan verba tingkah laku.
|
·
Mengidentifikasi struktur, kebahasaan, topik, isi teks prosedur
·
Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang
disusun.
|
3.2.1. Mengidentifikasi
struktur teks prosedur
3.2.2. Mengidentifikasi kebahasaan teks prosedur
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.2.
Mengembangkan
teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan
kebahasaan
|
4.2.1. Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan
4.2.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.3.
Mengidentifikasi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan
tulis
|
Teks Eksplanasi:
·
pengertian;
·
isi; dan
·
kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
|
·
Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan
kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.
·
Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian)
dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi
yang disusun
|
3.3.1. Menganalisis
teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan
kausalitas, dan topik.
3.3.2. Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.3.
Mengkonstruksi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara
lisan dan tulis
|
4.3.1. Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks
eksplanasi secara lisan dan tulis
4.3.2. Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
Produk, Praktik
|
||||
3.4.
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
|
Teks Eksplanasi:
·
Struktur;
·
Kebahasaan; dan
·
Konjungsi.
|
·
Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan istilah, pokok isi, referensi, dan pengetahuan dan urutan
kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
·
Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan.
·
Mempresentasikan, memberikan komentar, dan merevisi teks
eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok.
|
3.4.1. Mengidentifikasi
teks eksplanasi dengan memerhatikan
istilah, pokok isi, referensi,
dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
3.4.2.
Mengidentifikasi
struktur teks eksplanasi
3.4.3. Mengidentifikasi kebahasaan teks
eksplanasi
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.4.
Memproduksi
teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
4.4.1. Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
4.4.2. Mempresentasikan,
memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam
diskusi kelompok.
|
Produk, Praktik
|
||||
3.5.
Mengidentifikasi
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
Ceramah:
·
unsur-unsur;
·
kebahasaan; dan
·
isi.
|
·
Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
·
Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih
dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah
yang disusun
|
3.5.1. Menentukan unsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
3.5.2. Menemukan informasi dan permasaahan aktual dalam
teks ceramah
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.5.
Menyusun
bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan
dalam ceramah
|
4.5.1. Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan
memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
4.5.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
|
Produk, Praktik
|
||||
3.6.
Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
Teks ceramah:
·
isi;
·
struktur;
·
kebahasaan; dan
·
teknik orasi ceramah.
|
·
Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
·
Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan,
kebahasaan, tema, dan struktur.
·
Menyampaikanteks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan
dengan memperhatikan teknik cermah
(intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
·
Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya.
|
3.6.1. Mengidentifikasi isi dan struktur teks ceramah.
3.6.2. Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks
ceramah
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.6.
Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
4.6.1. Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan,
kebahasaan, tema, dan struktur.
4.6.2. Menyampaikan teks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan
memperhatikan teknik cermah (intonasi,
ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
4.6.3. Mengomentari
dan memperbaiki cermah temannya.
|
Portofolio, praktik
|
||||
3.7.
Mengidentifikasi
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku pengayaan nonfiksi:
·
isi buku;
·
keunggulan buku;
·
kelemahan buku; dan
·
simpulan.
|
·
Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
·
Menyusun laporan hasil kerja kelompok
dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
·
Mempresentasikan dan
memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
3.7.1. Menentukan
unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
3.7.2. Menyusun
laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
4x 45’
|
|
4.7.
Menyusun
laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
|
4.7.1. Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
4.7.2. Mempresentasikan
dan memberi tanggapan, dan
merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Proyek, praktik
|
||||
3.8.
Mengidentifikasi
nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang
dibaca
|
Cerpen:
·
Isi cerpen
·
Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
·
Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
·
Kebahasaan cerpen
·
Majas
·
peribahasa
·
ungkapan
|
·
Menentukan unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam
cerpen serta menerapkan nilai-nilai
dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi
kelas.
|
3.8.1. Menentukan
unsur intrinsikdan ekstrinsik cerpen
3.8.2. Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.8.
Mendemonstrasikan
salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek
|
4.8.1. Menentukan nilai
kehidupan dalam teks cerita pendek
4.8.2. Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
4.8.3. Mempresentasikan
dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Produk, Praktik (Penilaian
Praktik)
|
||||
3.9.
Menganalisis
unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
|
Cerpen:
·
Unsur-unsur pembangun cerpen
·
Merekonstruksi cerpen.
|
·
Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen
·
Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam
diskusi kelas.
|
3.9.1. Mengidentifikasi
cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
3.9.2. Menelaah
teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.9.
Mengkonstruksi
sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
|
4.9.1. Menyusun
kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
4.9.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.10.
Menemukan
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku nonfiksi:
·
isi buku pengayaan;
·
keunggulan buku;
·
kelemahan buku; dan
·
simpulan.
|
·
Membuat simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
·
Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
·
Memberi tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
3.10.1. Menentukan butir-butir prnting buku nonfiksi yang dibaca
3.10.2. Membuat
simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
4x 45’
|
|
4.10.
Mempertunjukkan
kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks
eksplanasi singkat
|
4.10.1. Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas.
4.10.2. Memberi
tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
Produk, Praktik
|
||||
3.11.
Menganalisis
pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
Buku Fiksi:
·
isi buku fiksi;
·
bagian-bagian dalam buku fiksi; dan
·
ulasan terhadap buku fiksi.
|
·
Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun
cerita fiksi yang dibaca.
·
Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan
keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
·
Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas
|
3.11.1. Mengidentifikasi
dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
3.11.2. Menentukan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
4x 45’
|
|
4.11.
Menyusun
ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
4.11.1. Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan
dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
4.11.2. Mempresentasikan,
memberitanggapan dan memperbaiki hasil
kerja dalam diskusi kelas.
|
Proyek, Praktik
|
Boyolali, 2 Juli
2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
Suyanta,
S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
BACA DAN UNDUH SILABUS KELAS XI SEMESTER 2 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/silabus-bahasa-indonesia-smasmk-7-kolom.html
izin unduh silabusnya Pak, terima kasih
ReplyDeleteIZIN UNDUH BOLEHKAN ??
ReplyDeleteIzin mengunduh silabus Bhs. Indonesianya Pak 🙇
ReplyDeleteIzin download... 🙏
ReplyDeleteizin mengunduh silabus Pak
ReplyDeleteizin mengunduh silabusnya, Pak!
ReplyDeleteIzin unduh silabusx Pak🙏
ReplyDeleteizin mengunduh silabus ya pak
ReplyDeleteIzin mengunduh silabusnya pak
ReplyDeleteizin mengunduh silabusnya Pak
ReplyDeleteterimakasih
GBU.
forever stamps
ReplyDeletepostage stamps
stamps