S I L A B U S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan
Pendidikan
: SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/Semester :
X/1
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu :
64 x 45 menit
Kompetnsi
inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab,
responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
IPK
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.1 Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
Isi pokok laporan hasil observasi:
·
pernyataan umum;
·
hal yang dilaporkan;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
·
maksud
isi teks (tersirat dan tersurat).
|
·
Menentukan isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri
kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
·
Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur,
ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
·
Mempresentasikan dan menanggapi teks laporan hasil observasi
|
3.1.1.
Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi.
3.1.2.
Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
|
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
·
Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·
Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
·
Internet
·
Alam sekitar dan sumber lain yang relevan
|
4.1
Menginterpretasi isi teks laporan hasil
observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
4.1.1 Menafsirkan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks
laporan hasil observasi.
4.1.2 Mempresentasikan teks
laporan hasil observasi
|
Produk, Praktik
(Penilaian Praktik)
|
||||
3.2.
Mengonstruksi teks
laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik
lisan maupun tulis
|
Isi pokok teks laporan hasil observasi:
·
pernyataan
umum;
·
deskripsi
bagian;
·
deskripsi
manfaat; dan
·
kebahasaan
(kalimat definisi, kata sifat).
|
·
Mengidentifikasi isi, struktur, dan ciri kebahasaan.
·
isi, ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
·
Menyusun kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca dengan
memerhatikan isi, struktur, dan ciri kebahasaan.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks laporan hasil
observasi yang telah disusun.
|
3.2.1.
Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil observasi.
3.2.2.
Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan hasil observasi.
3.2.3.
Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks
laporan hasil observasi.
|
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.2 Mengidentifikasi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi
yang didengar dan atau dibaca
|
4.2.1
Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi
4.2.2
Menyusun teks laporan hasil observasi
4.2.3
Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang telah
disusun..
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik), portofolio
|
||||
3.3.
Menganalisis struktur,
isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi),
kebahasaan teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca
|
Isi teks eksposisi:
·
pernyataan
tesis;
·
argumen;
·
pernyataan
ulang; dan
·
kebahasaan.
Komentar terhadap:
·
Kekurangan
dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk
mendukung tesis).
|
·
Menggali struktur, isi, (permasalahan, argumentasi, pengetahuan,
dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar dan atau
dibaca.
·
Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi,
permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksposisi yang
telah disusun.
|
3.3.1.
Menggali struktur (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan
rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.2.
Menggali isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan
rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.3.
Menggali
kebahasaan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi)
dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
|
4.3.1
Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan
struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, rekomendasi
4.3.2 Mempresentasikan
teks eksposisi yang telah disusun.
|
Produk, Praktik, portofolio
|
||||
3.4.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
Struktur teks eksposisi:
·
pernyataan
tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
·
argumen
(data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan
·
pernyataan
ulang.*
Kebahasaan:
·
kalimat
nominal dan
·
kalimat
verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
·
deduksi
dan
·
induksi
|
·
Menggali struktur dan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang
dibaca.
·
Menyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi
(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan
kebahasaan.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
3.4.1.
Menemukan struktur teks eksposisi yang
dibaca.
3.4.2.
Menumukan kebahasaan teks yang dibaca.
3.4.3.
Membandingkan dua teks eksposisi
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.4
Mengonstruksikan teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur dan kebahasaan.
|
4.4.1
Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan.
4.4.2 Mempresentasikan teks
eksposisi yang telah disusun.
|
Produk,
Praktik
|
||||
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
Isi teks anekdot:
·
peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
·
peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
|
·
Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
·
Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat
dalam teks anekdot yang dibaca
·
Mempresentasikan, mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang
telah disusun.
|
3.5.1.
Menilai isi tersirat dalam teks anekdot
3.5.2.
Menilai aspek makna tersirat dalam teks anekdot
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.5
Mengonstruksi makna
tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
4.5.1 Menyusun kembali teks
anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
4.5.2 Mempresentasikan eks
anekdot yang telah disusun.
|
Produk, Praktik
|
||||
3.6.
Menganalisis struktur
dan kebahasaan teks anekdot.
|
·
Isi anekdot
·
Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
·
Sindiran.
·
Unsur humor.
·
Kata dan Frasa idiomatis
|
·
Mengidentifikasi struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan
kebahasaan .
·
Menyusun kembali teks anekdot
dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
·
Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang
telah disusun.
|
3.6.1.
Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) anekdot
3.6.2.
Mengidentifikasi kebahasaan anekdot
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.6
Menciptakan kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
4.6.1
Menyusun teks anekdot
dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan.
4.6.2 Mempresentasikan teks
anekdot yang telah disusun.
|
Portofolio,
praktik
|
||||
3.7.
Mengidentifikasi
nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan
maupun tulis.
|
·
Karakeristik hikayat.
·
Isi hikayat.
·
Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
|
·
Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam
hikayat.
·
Menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan
nilai-nilai dalam hikayat.
·
Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang
telah disusun
|
3.7.1.
Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat.
3.7.2.
Mendata karakteristik dalam hikayat.
3.7.3.
Mendata nilai-nilai dalam hikayat.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.7
Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang
didengar dan dibaca.
|
4.7.1
Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi dalam
hikayat.
4.7.2
Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok nilai-nilai
dalam hikayat.
4.7.3 Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang telah disusun
|
Proyek, praktik
|
||||
3.8.
Membandingkan nilai-nilai
dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
·
Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
·
Gaya bahasa.
·
Kata arkais (kuno).
|
·
Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam
cerpen dan cerita rakyat.
·
Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan
memerhatikan isi dan nilai-nilai.
·
Mempresesntasikan, menanggapi, dan merevisiteks cerpen yang disusun.
|
3.8.1.
Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam cerpen dan cerita
rakyat.
3.8.2.
Menjelaskan perbedaan dan persamaan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita
rakyat.
|
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.8
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam
bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
4.8.1 Menyusun kembali isi
cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.2 Mempresesntasikan teks
cerpen yang disusun..
|
Produk, Praktik
(Penilaian Praktik)
|
||||
3.9.
Mengidentifikasi
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
·
Ikhtisar
|
Laporan Hasil Membaca
Buku
·
Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
·
Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi ikhtisar yang dilaporkan.
|
3.9.1 mengungkapkan butir-butir penting dari
buku pengayaan nonfiksi yang dibaca
3.9.2 mengungkapkan butir-butir penting dari
satu novel yang dibaca
|
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.9
Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku
pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
4.9.1
Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
4.9.2 Mempresentasikan
ikhtisar yang dilaporkan.
|
Produk, Proyek
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
Suyanta,
S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
UNDUH FILE WORD SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK https://drive.google.com/open?id=1_GkHhS-8fVVvP-QI8TBg9YTeykYuZ7Zq
BACA DAN UNDUH SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/silabus-bahasa-indonesia-smasmk-kelas-x.html
GARA-GARA INI SALAH OM, BAGIAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS LHONYA TAK ADA
ReplyDeleteterima kasih atas masukan Anda, siap koreksi
DeleteMakasih atas file-nya.
ReplyDelete