SILABUS
Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.
Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.
Silabus
dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk
satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada
setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam
pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.
a. Identitas mata pelajaran (khusus SMP/MTs/SMPLB/Paket B dan SMA/MA/SMALB/SMK/MAK/Paket C/ Paket C Kejuruan);
b. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
c. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran;
d. kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran;
e. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A);
f. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
g. pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan; h. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan
informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik;
i. alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan
j.
sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar
atau sumber belajar lain yang relevan.
(Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah)
(Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah)
CONTOH SILABUS
Berikut contoh pengembangan silabus oleh guru.
S I L A B U S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/Semester
: XI/1
Tahun Pelajaran :
2018/2019
Alokasi Waktu
: 64 x 45 menit
Kompetnsi
inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif
dalam berinteraksi secara efektif sesuai
dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
IPK
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1. Mengonstruksi
informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur
|
· Isi Teks Prosedur.
|
3.1.1. Mengidentifikasi
teks prosedur dengan memperhatikan isi,
pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam
teks prosedur.
3.1.2. Membuat
rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
|
· Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/
tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
· Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
· Suherli,
dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII
Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII
Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat
Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·
Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks
dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
·
Internet
·
Alam sekitar dan sumber
lain yang relevan
|
4.1. Merancang
pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi
yang tepat secara lisan dan tulis
|
4.1.1. Menyusun pernyataan
umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat
secara lisan dan tulis
4.1.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.2. Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Teks Prosedur:
· struktur;
· kebahasaan;
· konjungsi ;
· jenis kalimat; dan
· verba material dan verba tingkah laku.
|
3.2.1. Mengidentifikasi
struktur teks prosedur
3.2.2. Mengidentifikasi
kebahasaan teks prosedur
|
· Mengidentifikasi struktur, kebahasaan, topik, isi teks prosedur
· Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang
disusun.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.2. Mengembangkan
teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan
kebahasaan
|
4.2.1. Menyusun
teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan
4.2.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.3. Mengidentifikasi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan
tulis
|
Teks
Eksplanasi:
· pengertian;
· isi; dan
· kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
|
3.3.1. Menganalisis
teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan
kausalitas, dan topik.
3.3.2. Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
· Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan
kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.
· Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian)
dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
· Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang
disusun
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.3. Mengkonstruksi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara
lisan dan tulis
|
4.3.1. Menulis
kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis
4.3.2. Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
Produk, Praktik
|
||||
3.4. Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
|
Teks Eksplanasi:
· Struktur;
· Kebahasaan; dan
· Konjungsi.
|
3.4.1. Mengidentifikasi
teks eksplanasi dengan memerhatikan
istilah, pokok isi, referensi,
dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
3.4.2.
Mengidentifikasi
struktur teks eksplanasi
3.4.3. Mengidentifikasi kebahasaan teks eksplanasi
|
· Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan istilah, pokok isi, referensi, dan pengetahuan dan urutan
kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
· Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan.
· Mempresentasikan, memberikan komentar, dan merevisi teks
eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.4. Memproduksi
teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan
|
4.4.1. Menyusun
teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
4.4.2. Mempresentasikan,
memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam
diskusi kelompok.
|
Produk,
Praktik
|
||||
3.5. Mengidentifikasi
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
Ceramah:
· unsur-unsur;
· kebahasaan; dan
· isi.
|
3.5.1. Menentukan unsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
3.5.2. Menemukan informasi dan permasaahan aktual dalam teks ceramah
|
· Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
· Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih
dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah
yang disusun
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.5. Menyusun
bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan
dalam ceramah
|
4.5.1. Menulis
kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan
isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
4.5.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
|
Produk, Praktik
|
||||
3.6. Menganalisis
isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
Teks ceramah:
· isi;
· struktur;
· kebahasaan; dan
· teknik orasi ceramah.
|
3.6.1. Mengidentifikasi
isi dan struktur teks ceramah.
3.6.2. Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
|
· Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
· Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan,
kebahasaan, tema, dan struktur.
· Menyampaikanteks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan
dengan memperhatikan teknik cermah
(intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
· Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.6. Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan
menggunakan struktur yang tepat
|
4.6.1. Menyusun
kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema, dan struktur.
4.6.2. Menyampaikan teks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan
memperhatikan teknik cermah (intonasi,
ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
4.6.3. Mengomentari
dan memperbaiki cermah temannya.
|
Portofolio,
praktik
|
||||
3.7. Mengidentifikasi
butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku pengayaan nonfiksi:
· isi buku;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
· simpulan.
|
3.7.1. Menentukan
unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
3.7.2. Menyusun
laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya.
|
· Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
· Menyusun laporan hasil kerja kelompok
dengan mempertimbangkan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya.
· Mempresentasikan dan
memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
4x 45’
|
|
4.7. Menyusun
laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
|
4.7.1. Menyusun
laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
4.7.2. Mempresentasikan
dan memberi tanggapan, dan
merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Proyek, praktik
|
||||
3.8. Mengidentifikasi
nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang
dibaca
|
Cerpen:
· Isi cerpen
· Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
· Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
· Kebahasaan cerpen
·
Majas
·
peribahasa
·
ungkapan
|
3.8.1. Menentukan
unsur intrinsikdan ekstrinsik cerpen
3.8.2. Menemukan
nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek
|
· Menentukan unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam
cerpen serta menerapkan nilai-nilai
dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari.
· Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi
kelas.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.8. Mendemonstrasikan
salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek
|
4.8.1.
Menentukan
nilai kehidupan dalam teks cerita pendek
4.8.2. Mendemonstrasikan
nilai kehidupan dalam teks kehidupan
4.8.3. Mempresentasikan
dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.9. Menganalisis
unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
|
Cerpen:
· Unsur-unsur pembangun cerpen
· Merekonstruksi cerpen.
|
3.9.1. Mengidentifikasi
cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
3.9.2. Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
|
· Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen
· Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam
diskusi kelas.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.9. Mengkonstruksi
sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
|
4.9.1. Menyusun
kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
4.9.2. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.10. Menemukan
butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku nonfiksi:
· isi buku pengayaan;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
· simpulan.
|
3.10.1. Menentukan
butir-butir prnting buku nonfiksi yang dibaca
3.10.2. Membuat
simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
|
· Membuat simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
· Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
· Memberi tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
4x 45’
|
|
4.10. Mempertunjukkan
kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks
eksplanasi singkat
|
4.10.1. Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas.
4.10.2. Memberi
tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
Produk, Praktik
|
||||
3.11. Menganalisis
pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
Buku Fiksi:
· isi buku fiksi;
· bagian-bagian dalam buku fiksi; dan
· ulasan terhadap buku fiksi.
|
3.11.1. Mengidentifikasi
dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
3.11.2. Menentukan
pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
· Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun
cerita fiksi yang dibaca.
· Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan
keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
· Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
4x 45’
|
|
4.11. Menyusun
ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
|
4.11.1. Menyusun
ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan
isi buku fiksi yang dibaca.
4.11.2. Mempresentasikan,
memberitanggapan dan memperbaiki hasil
kerja dalam diskusi kelas.
|
Proyek,
Praktik
|
terima kasih
ReplyDeleteGa bisa di downlpad ya
ReplyDelete