12 June 2018

SILABUS TERBARU EDISI TAHUN 2018 (PENGEMBANGAN OLEH GURU)





SILABUS
Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.

Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Silabus paling sedikit memuat:
a. Identitas mata pelajaran (khusus SMP/MTs/SMPLB/Paket B dan SMA/MA/SMALB/SMK/MAK/Paket C/ Paket C Kejuruan);
b. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas;
c. Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran;
d. kompetensi dasar, merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran;
e. tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A);
f. materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi;
g. pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan; h. penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan
informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik;
i. alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun; dan

j. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.
(Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah)
CONTOH SILABUS


Berikut contoh pengembangan silabus oleh guru.










S I L A B U S

Mata Pelajaran                               : Bahasa Indonesia

Satuan Pendidikan         : SMA Negeri 2 Boyolali

Kelas/Semester                : XI/1

Tahun Pelajaran             : 2018/2019

Alokasi Waktu                 : 64 x 45 menit

Kompetnsi inti

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam  berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
IPK
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.     
2.     
3.     
3.1.    Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
·       Isi Teks Prosedur.

3.1.1.      Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
3.1.2.      Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
·       Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
·       Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur

Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6 x 45’
·       Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi  Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·       Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi  Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
·       Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
·       Internet
·       Alam sekitar dan sumber lain yang relevan

4.     
4.1.    Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
4.1.1.      Menyusun pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
4.1.2.      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.    Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
Teks Prosedur:
·       struktur;
·       kebahasaan;
·       konjungsi ;
·       jenis kalimat; dan
·       verba material dan verba tingkah laku.
3.2.1.      Mengidentifikasi struktur teks prosedur
3.2.2.      Mengidentifikasi kebahasaan teks prosedur
·       Mengidentifikasi struktur, kebahasaan, topik, isi  teks prosedur
·       Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan  kebahasaan yang dominan
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6 x 45’
4.     
4.1.     
4.2.    Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
4.2.1.      Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan  kebahasaan yang dominan
4.2.2.      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.    Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
Teks Eksplanasi:
·       pengertian;
·       isi; dan
·       kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
3.3.1.      Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.
3.3.2.      Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
·   Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.
·  Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
·  Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun

Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6 x 45’
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.    Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
4.3.1.      Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
4.3.2.      Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
Produk, Praktik
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.    Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
Teks Eksplanasi:
·       Struktur;
·       Kebahasaan; dan
·       Konjungsi.


3.4.1.      Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan  istilah, pokok isi,  referensi, dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
3.4.2.      Mengidentifikasi struktur teks eksplanasi
3.4.3.      Mengidentifikasi kebahasaan teks eksplanasi
·   Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan  istilah, pokok isi,  referensi, dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
·   Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
·  Mempresentasikan, memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6 x 45’
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.    Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
4.4.1.      Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
4.4.2.      Mempresentasikan, memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok.

Produk, Praktik
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.    Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
Ceramah:
·       unsur-unsur;
·       kebahasaan; dan
·       isi.

3.5.1.      Menentukan unsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
3.5.2.      Menemukan informasi dan permasaahan aktual dalam teks ceramah
·       Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
·       Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6 x 45’
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.    Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
4.5.1.      Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
4.5.2.      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
Produk, Praktik
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.    Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
Teks ceramah:
·       isi;
·       struktur;
·       kebahasaan; dan
·       teknik orasi ceramah.

3.6.1.      Mengidentifikasi isi dan struktur teks ceramah.
3.6.2.      Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
·      Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
·       Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema,   dan struktur.
·       Menyampaikanteks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan memperhatikan teknik cermah  (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
·       Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6 x 45’
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.    Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
4.6.1.      Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema,   dan struktur.
4.6.2.      Menyampaikan teks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan memperhatikan teknik cermah  (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
4.6.3.      Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya.
Portofolio, praktik
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.     
3.7.    Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Buku pengayaan nonfiksi:
·       isi buku;
·       keunggulan buku;
·       kelemahan buku; dan
·       simpulan.
3.7.1.      Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
3.7.2.      Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
·       Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
·       Menyusun laporan hasil kerja kelompok
dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
·       Mempresentasikan dan  memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.

Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
4x 45’
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.     
4.7.    Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
4.7.1.      Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
4.7.2.      Mempresentasikan dan  memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
Proyek, praktik
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.     
3.7.     
3.8.    Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
Cerpen:
·       Isi cerpen
·       Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
·       Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
·       Kebahasaan cerpen
·         Majas
·         peribahasa
·         ungkapan
3.8.1.      Menentukan unsur intrinsikdan ekstrinsik cerpen
3.8.2.      Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek
·       Menentukan unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam cerpen serta menerapkan nilai-nilai  dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari.
·       Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6 x 45’
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.     
4.7.     
4.8.    Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek
4.8.1.       Menentukan nilai kehidupan dalam teks cerita pendek
4.8.2.      Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
4.8.3.      Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.     
3.7.     
3.8.     
3.9.    Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
Cerpen:
·       Unsur-unsur pembangun cerpen
·       Merekonstruksi cerpen.

3.9.1.      Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
3.9.2.      Menelaah teks cerita pendek berdasarkan struktur dan kaidah
·       Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
·       Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6 x 45’
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.     
4.7.     
4.8.     
4.9.    Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
4.9.1.      Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
4.9.2.      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
1.  
2.  
3.  
3.1.  
3.2.  
3.3.  
3.4.  
3.5.  
3.6.  
3.7.  
3.8.  
3.9.  
3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Buku nonfiksi:
·       isi buku pengayaan;
·       keunggulan buku;
·       kelemahan buku; dan
·       simpulan.
3.10.1.  Menentukan butir-butir prnting buku nonfiksi yang dibaca
3.10.2.  Membuat simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.

·       Membuat simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
·       Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
·       Memberi tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.


Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
4x 45’
4.  
4.1.  
4.2.  
4.3.  
4.4.  
4.5.  
4.6.  
4.7.  
4.8.  
4.9.  
4.10. Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
4.10.1.  Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
4.10.2.  Memberi tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
Produk, Praktik
1.  
2.  
3.  
3.1.  
3.2.  
3.3.  
3.4.  
3.5.  
3.6.  
3.7.  
3.8.  
3.9.  
3.10.  
3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
Buku Fiksi:
·       isi buku fiksi;
·       bagian-bagian dalam buku fiksi; dan
·       ulasan terhadap buku fiksi.

3.11.1.  Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
3.11.2.  Menentukan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
·       Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.
·       Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
·       Mempresentasikan, memberitanggapan dan  memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
4x 45’
4.  
4.1.  
4.2.  
4.3.  
4.4.  
4.5.  
4.6.  
4.7.  
4.8.  
4.9.  
4.10.  
4.11. Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
4.11.1.  Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
4.11.2.  Mempresentasikan, memberitanggapan dan  memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
Proyek, Praktik


2 comments: